Connect with us

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Informasi

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu – Gunung Tanguban Perahu adalah salah satu tempat wisata paling populer di Bandung. Gunung dan pintu gerbang Tanguban Perahu sangat indah. Selain itu, mudah dipahami oleh penonton.

Tempatnya sangat istimewa. Dari tempat parkir, Anda bisa langsung menikmati keindahan Kawah Tanguban Perahu. Tidak perlu naik dulu.

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Gunung Tanguban Perahu terletak di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, sekitar 30 km dari pusat kota Bandung. Kawasan Taman Wisata Tanguban Berahu merupakan bagian dari Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Jalan dari Bandung ke tempat itu bagus. Selain itu, mudah diikuti. Dengan menggunakan Google Maps Anda bisa sampai ke tujuan Anda.

Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa mendapatkan angkutan umum dari Stasiun Hall – Lembang, yang berhenti di Terminal Lembang. Juga terhubung dengan transportasi umum Lembang – Sikol.

Pilihan lainnya adalah naik Elf atau transportasi sejenis dari Terminal Ledeng di Jalan Sediabudi Bandung atau dari Terminal Lembang ke Subang.

Jika menggunakan bus (group tour), tidak bisa langsung berhenti di area parkir kawah. Namun, Anda harus berhenti di terminal tertentu. Dari sana, pengunjung dapat menggunakan transportasi wara-wiri atau berjalan kaki menuju goa.

Pesona Wisata Gunung Tangkuban Parahu — Steemit

Jarak dari terminal bus ke kawah sangat jauh. Jadi lebih baik menggunakan Wara-Viri saja (ada biaya tambahan per orang).

Menurut saya kurang baik menggunakan angkutan umum menuju Tanguban Perahu karena tidak ada bus yang rutin mengantar penumpang dari pintu masuk menuju kawasan kawah. Lebih baik menggunakan mobil pribadi atau sewaan.

Kawasan kawah menjadi daya tarik utama tempat wisata di Bandung ini. Di Tanguban Perahu, ada banyak gerbang yang bisa Anda kunjungi.

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Kava Ratu adalah gerbang utama di sini. Sangat luas dan bisa dikatakan sebagai daya tarik wisata utama Kompleks Wisata Tangupan Perahu. Anda bisa memarkir mobil langsung di pinggir muara, sehingga tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke tempat tersebut.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Sejarahnya Sangkuriang

Mulut Rathu memiliki kedalaman sekitar 500 meter. Bentuknya seperti mangkuk besar. Pada 2019, mulut kehampaan meletus untuk terakhir kalinya.

Jika Anda ingin menikmati suasana damai, atau bersantai dan minum kopi sambil melihat bibir kawah, Anda bisa menuju kawasan di sebelah kanan Kava Ratu.

Lingkungan di sana sangat damai. Selain itu, ada banyak toko dan bangku di sepanjang tepi kawah untuk kopi dan istirahat Anda.

Jalan disana paling unik (instagrammable) lho. Di sebelah kiri dan kanan Anda bisa melihat jalan setapak dengan bayangan pohon bayangan hitam. Jika Anda beruntung, Anda mungkin melihat lutung liar di sini.

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Menjadi Simbolik Kota Bandung

Mulut Upas kecil dan di atas Kava Rathu. Jaraknya sekitar 1,5 km dari Kava Rathu. Anda dapat menggunakan jalan di area yang tepat untuk sampai ke sini.

Mulut Upas memiliki pasir putih dengan air biru. Namun sayang pengunjung tidak diperbolehkan turun karena masih berbahaya.

Chikahuripan merupakan sumber air di Thangupan Perahu yang dianggap bermanfaat. Terletak di hutan kecil, dan Anda harus berjalan beberapa ratus meter dari pintu masuk ngarai Upas.

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Padahal, ada kawah lain yang patut dikunjungi di Tanguban Perahu, yaitu Kawah Tomas. Ada sumber air panas alami belerang tinggi di Kawah Tomas.

Cari Tahu Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu Yang Indah Untuk Dikunjungi

Anda bisa berendam di lumpur belerang, beberapa di kolam air panas. Atau, rebus telur dalam semangkuk air panas.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Kawah Tomas, disarankan untuk mengunjungi tempat tersebut dari gerbang khusus Kawah Tomas. Letaknya sekitar 1km setelah pintu masuk TWA Tanguban Perahu (sebelah kanan jalan).

Dari kava ratu seseorang harus berjalan jauh menaiki tangga dan setelah sampai di rumah harus menaiki tangga lagi. Seperti diketahui, dari kawasan Kawah Radu menuju Kawah Tomas berjarak sekitar 1 km anak tangga.

Perhatikan bahwa jika Anda pergi ke Kawah Tomas, Anda harus membayar lebih. Ini karena manajer harus menggunakan panduan.

Harga Tiket Masuk Terbaru Gunung Tangkuban Perahu Tahun 2022, Tempat Wisata Bandung Paling Favorit Cocok Liburan Bareng Keluarga

Untuk parkir, Anda bisa parkir langsung di sisi Kava Ratu. Untuk bus, ada tempat parkir di area khusus sebelum pit. Ada tempat parkir sepeda motor di samping masjid.

Ada tempat makan dan minum di sekitar lubang. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan rasa lapar atau haus. Ada juga bagian khusus untuk penjual suvenir.

Selain itu, ada beberapa menara observasi. Dari sini Anda dapat melihat area yang luas atau Taman Nasional Tangupan Perahu.

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Fasilitas lain seperti gazebo untuk relaksasi, bangku, toilet dan lainnya tersebar di sekitar gerbang. Selain itu, jalur pengunjung di sekitar kawasan wisata juga sudah bagus.

Bandung Cultural Tour: Tangkuban Perahu Volcano, Museum Asia Africa And Saung Angklung Udjo

Tidak ada hotel atau penginapan di Kompleks Wisata Bukit Tanguban Perahu. Namun Anda bisa menemukan akomodasi dan hotel di kawasan Lembang yang dekat dengan tempat tersebut.

Gunung Tanguban terkenal dengan legenda Perahu Sanguriang dan Dayang Chumbi. Bukit ini terlihat seperti kapal terbalik dari jauh, yang dikenal sebagai Thangupan Berahu (kapal terbalik).

Legenda Tanguban Perahu menceritakan kisah Sanguriang, seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumpi. Jadi keinginan Sanguriang tidak terpenuhi, Dayang Sumbi mengusulkan langkah-langkah untuk memperbaiki danau dan perahu pada malam hari.

Berkat usaha Dayang Sumbi, Sanguriang hanya bisa memenuhi tuntutan tersebut. Sanguriang kemudian menunjukkan kemarahannya dengan menendang perahu yang tersangkut di tengah.

Kelebihan Wisata Tangkuban Perahu Yang Wajib Diketahui

Menurut legenda, perahu yang ditendang oleh Sanguriang terbalik dan Tanguban menjadi Gunung Berahu. Tunggul pohon yang ditebang dan diubah menjadi perahu menjadi dasar Gunung Bukit.

Pemotretan pre-wedding atau acara bisnis lainnya juga bisa dilakukan di Tanguban Perahu. Untuk harga bisa anda lihat pada tabel berikut ini Warga Bandung wajib mengetahui wisata gunung Tanguban Perahu. Gunung ini dikaitkan dengan cerita rakyat dari cerita Sanguriang dan Tayang Chumbi. Alkisah, seorang pemuda bernama Sanguriyang jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Dayang Sumpi. Investigasi wanita itu mengungkapkan bahwa dia adalah ibu Sanguriyang. Dayang Chumbi langsung kaget mengetahui hal ini. Suatu hari, Sanguriang ingin menikahi Dayang Chumbi, tetapi Dayang Chumbi menolak, memberi tahu Sanguriang bahwa dia adalah putra kandungnya. Sanguriyang tidak percaya ini dan tetap memaksa Dayang Chumbi menjadi istrinya. Dayang Chumbi meminta perbekalan untuk danau dan berperahu semalaman. Namun, upaya Sangurian gagal sampai Sangurian menjadi marah dan menendang kapal, yang melompat dari kapal dan mendarat terbalik. Kisah ini diyakini oleh masyarakat sebagai asal muasal dibangunnya Bukit Perahu Tangupan.

Objek wisata Gunung Perahu Tanguban terletak di provinsi Jawa Barat, 20 km sebelah utara kota Bandung. Pegunungan Tanguban Perahu dikelilingi oleh hutan pinus dan perkebunan teh. Ketinggian gunung ini 2.084 meter di atas permukaan laut. Suhu udara 2°C pada malam hari dan 17°C pada siang hari.

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Sebelum menikmati perahu Gunung Tanguban dan asesorisnya, wisatawan harus membayar tiket masuk mingguan sebesar Rs. 15.000 – Rp. 20.000 wisatawan domestik dan Rs. 100.000 – Rp.200.000 untuk wisatawan asing. Jika hari libur banyak wisatawan yang berkunjung ke Gunung Feri Tanguban, namun harga tiket masuknya juga berbeda yaitu Rp. 22.500 – Rp. 30.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 150.000 – Rp. 300.000 untuk turis asing. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Berkunjung Ke Obyek Wisata Gunung Tangkuban Parahu

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas di sekitar bukit dari hotel Mallikai hingga hotel bintang 5 di Bukit Perahu Tangupan. Selain itu, terdapat restoran dengan berbagai macam makanan dan toko oleh-oleh khas Jawa Barat.

Wisatawan yang berkunjung ke Resor Wisata Gunung Tangupan Perahu memiliki minat tersendiri dalam melakukan aktivitas yang berbeda-beda. Sebagai salah satu cara untuk melengkapi musim liburan, selain udaranya yang sejuk dan segar, tempat ini juga memiliki lokasi foto yang menarik untuk dibagikan di jejaring sosial. Selain manfaatnya, ada pula yang digunakan untuk keperluan foto prewedding atau sebagai video.

Nah, itulah sejarah singkat kapal nelayan yang terkenal. Bagi yang belum, rencanakan liburan akhir pekan dengan mengunjungi bukit perahu Tangupan yang indah. Ajak keluarga atau orang tersayang untuk menikmati panorama alam Bukit Tangupan Perahu. Ini gila!

Dapatkan aplikasi, aplikasi seluler terbaru untuk memesan hotel di seluruh dunia dan paket perjalanan ke seluruh Indonesia, di Google Store! Informasi lebih lanjut tentang aplikasi di sini

Tangkuban Perahu Wisata Gunung Berapi Yang Masih Aktif Di Bandung

Mohon tunggu, kami sedang memproses reservasi Anda, mungkin butuh 2 menit, jangan tutup jendela ini Jam buka dan harga tiket masuk Tanguban Perahu – Kota Bandung adalah salah satu daerah di Jawa Barat, tidak hanya budaya. Tetapi juga populer sebagai tujuan wisata. Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bandung, dengan berbagai wisata yang menarik terutama wisata alam seperti Gunung Tanguban Perahu. Tanguban Perahu adalah salah satu makhluk yang paling indah dan menakjubkan.

Tempat ini terletak di Sikol Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat, tempat ini terkenal tidak hanya di masyarakat sekitar tetapi di seluruh wilayah Indonesia. Gunung Tanguban Perahu merupakan salah satu gunung yang ada di provinsi Jawa Barat dan telah menjadi tujuan wisata yang sangat populer dan ramai hingga saat ini. Salah satu alasan mengapa gunung ini dikenal masyarakat adalah legenda Sanguriyang, yang menceritakan tentang seorang pemuda yang ingin menikahi ibunya.

Di balik legenda yang populer dan mendarah daging di masyarakat sekitar Gunung Tangupan Perahu, gunung ini memiliki pemandangan indah yang tak terhitung jumlahnya. Sebuah tujuan perjalanan

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Wisata bandung tangkuban perahu, paket wisata tangkuban perahu, wisata gunung tangkuban perahu bandung, tempat wisata tangkuban perahu bandung, wisata gunung tangkuban perahu, tempat wisata tangkuban perahu, tangkuban perahu bandung, legenda gunung tangkuban perahu, objek wisata gunung tangkuban perahu, tempat wisata gunung tangkuban perahu, objek wisata tangkuban perahu, gunung tangkuban perahu bandung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top