Connect with us

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Informasi

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan – Mempelajari budaya Indonesia selalu menyenangkan dan menarik karena setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. BTW saya ingin merekomendasikan tempat yang bagus untuk hang out dengan pemandangan yang santai * eh! Situs ini terletak di kawasan Setu Babakan di selatan Jakarta. Yayaya, sebenarnya Setu Babakan adalah desa budaya Betawi, jadi saatnya untuk bergabung dan belajar tentang budaya Betawi 😉

Ada yang pernah main kesini? Sangat mudah untuk sampai ke sini. Karena di pinggir jalan Anda bisa melihat gapura besar bertuliskan “Masuk I Bang Pitung Desa Betawi Budaya Setu Babkan”. Berkali-kali jembatan itu melewati daerah Babkan, tetapi tidak pernah sampai ke sini. Dia tinggal di sini sampai akhir. Blogger merupakan sahabat dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB).

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Ya, bagi yang ingin mengunjungi Kampung Budaya Betawi Setu Babakan bisa menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta (Jalan M-Cipedak) atau menggunakan KRL untuk turun di Stasiun Universitas Panchashila Ojol yang berjarak sekitar 4,6 km.

Itbbs: In The Bedroom Before Sleep: Mei 2019

Kesan pertama saat memasuki Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, pekarangannya luas, asri, tenang dan bersih. Yang lebih menarik lagi, begitu masuk ke dalam, adalah Museum Betawi. Terdapat berbagai bangunan rumah Betawi yang membuat anda betah dan nyaman serta bersantai sejenak, dan kehijauan membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.

Kampung Budaya Betawi merupakan kawasan Jakarta Selatan tempat berkembangnya kebudayaan, meliputi segala hasil gagasan dan kegiatan, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, yaitu: seni, tradisi, mitologi, sastra, masakan, pakaian, dan ciri arsitektur Betawi.

Kawasan Budaya Betawi terletak di Desa Serengse Sawa, Kecamatan Jagkarsa, Jakarta Selatan, dengan luas 289 hektar, di kawasan ini Anda bisa belajar tentang kegiatan sehari-hari masyarakat Betawi seperti pencak silat, negeres, akika. Anda dapat berdagang untuk bisnis. .

Jadi saya berbicara tentang makanan, di antara banyak makanan yang saya sebutkan di atas, bir Paletok unik dan istimewa menurut saya, saya benar-benar ingat pertama kali saya melihat minuman khusus yang dipesan lebih dahulu ini dengan seorang teman saya. Dia mencobanya pada orang yang putus asa. Ya, minuman menyegarkan ini diracik dengan campuran berbagai bumbu seperti jahe, lemon, dan daun jeruk. Bagaimana perasaannya… Sebenarnya, dia benar-benar menyusui hahaha.

Sejarah Terbentuknya Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, kawasan wisata budaya, merupakan wisata air dan wisata pertanian yang memiliki potensi lingkungan asri dan asri yang sulit ditemukan di tengah hiruk pikuk Jakarta. Kampung Budaya Betawi memiliki dua jembatan alam yaitu: Setu Babkan dan Setu Manga Bolong yang dikelilingi oleh pohon buah-buahan Betawi yang hijau dan rindang seperti jangkar, bintang, biji sawo, dll. Penduduknya hidup dalam keindahan alam yang menarik wisatawan. Hah. , Tak hanya itu, ada konser Betawi rutin setiap hari Sabtu dan Minggu.

Misalnya di dalam kampung budaya Setu Babakan Betawi, kita akan menemukan banyak rumah adat Betawi, seperti rumah yang dibangun pada gambar ini. Bangunan ini berisi pohon-pohon kecil yang dikenal sebagai Gigi Balang. Ini unik dan mengasyikkan!

Frances adalah Caitlin Tirtaguna, seorang wanita muda yang telah mencapai banyak hal dan pada saat yang sama terus menginspirasi para pemuda masa kini. Caranya, perempuan yang menulis buku Ondel-Ondel Gallau tentang budaya Betawi ini juga membuat website Perkampungan Budaya Betawi (PBB).

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Fransiskus meluncurkan buku berjudul Ondel-Ondel Galau pada April 2018 untuk kepentingan budaya Betawi. Ketertarikannya pada budaya Betawi dimulai ketika seorang siswa SMA di Jakarta terjebak kemacetan di ibu kota dan melihat ondal-ondal muda bernyanyi di jalanan.

Kampung Betawi Setu Babakan Juarai Anugerah Desa Wisata Indonesia

Gadis kelahiran Jakarta pada September 2002 ini langsung tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang budaya Betawi, dan memutuskan untuk melakukan penelitian yang akhirnya membawanya ke Desa Setu Babakan Betawi.

“Sejak kecil, Francis suka bercerita, bercerita tentang pengalamannya. Sepulang sekolah dia selalu bercerita kepada ibunya… Terkadang dengan kehidupan kerjanya, dia selalu menjadi anak kecilnya.” seperti yang dikatakan ibunya, Fransiskus.

Saat meneliti bukunya tentang PBB Setu Babakan tahun lalu, pengalaman penelitiannya membuatnya memikirkan banyak hal terkait PBB Setu Babakan, mulai dari minimnya informasi terpercaya di Internet yang memuat PBB Setu dan perekonomian masyarakat. Babakan. Dan beliau berinisiatif untuk membuat website Perserikatan Bangsa-Bangsa Setu Babakan, agar semua orang dapat dengan mudah menemukan informasi yang lengkap dan sederhana tentang Budaya Betawi dan Kampung Betawi.

Dengan adanya buku Ondel-ondel Galau dan website www.setubabakanbetawi.com, Frances berharap generasi muda di Indonesia dapat belajar, melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi. Website ini didedikasikan untuk masyarakat Betawi agar mereka dapat mempromosikan desa ini kepada masyarakat Indonesia dan luar negeri.

Menikmati Sejuknya Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Ya, kita bisa menemukan berbagai informasi menarik di situs ini dari berbagai budaya, wisata, festival dan acara dan mitra bisnis (tentang tempat memasak Betavi, kerajinan dan batik, seni, dll). Situs ini juga berfungsi sebagai ensiklopedia digital berisi pengetahuan tentang budaya Betawi.

Website ini berisi sejarah, profil, sumber daya, keragaman budaya (dari seni, adat dan tradisi, pakaian tradisional, transportasi tradisional, rumah adat, olahraga, seniman dan patung hingga masakan cupang), acara dan berita dan mitra bisnis.

Kami berharap jembatan Perserikatan Bangsa-Bangsa ini melalui website ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Babakan. Karena pengunjung dapat dengan mudah menemukan makanan dan minuman tradisional Betawi, kerajinan Betawi dan batik di Sanggar Seni Betawi.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Francis menandatangani dan mempublikasikan websitenya bersama timnya yang didirikan oleh Ibu HJ, ketua UPK PBB Setu Babakan. Rofikoh Mustofa, bersama Budayawan Betawi Bang Indra Sutisna, Bang Yahya Andy Saputra, Pusat Budaya Betawi, dan Forum Jibang (Penelitian dan Pengembangan Desa Betawi) di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan pada 15 Mei 2019.

Upkpbb « Setu Babakan Betawi

Pada hari ini, Fransiskus juga memberikan perhatian kepada anak-anak yatim piatu yang masih muda, mampu dan terurus. Ya, itu adalah gambar Francis yang sangat melekat. Insya Allah pahalanya berlipat ganda setelah berpartisipasi di bulan suci Ramadhan. Saya berharap kebaikan Francis menular dan banyak anak muda lainnya akan mengikuti!

Misalnya, mengunjungi museum merupakan salah satu cara untuk mengenalkan budaya pada anak sejak dini. Ayo rencanakan untuk mengunjungi teman atau keluarga tersayang sambil belajar Betawi di Kampung Budaya Betawi Setu Babaka 😉

Assalamualaikum, Halo, nama saya Melinda Niswantari, Fruit Hollic, Strawberry Lover, Menyukai dunia memasak, dan suka jalan-jalan dunia 🙂 Resmi mulai tanggal 23 Oktober lalu. Hal tersebut menjadi angin segar bagi para pedagang kaki lima yang bisa kembali berjualan di dekat Danau Setu Babkan.

Agung Darmawan, salah satu penyedia ondal-ondal di Setu Babkan yang juga tinggal di kawasan tersebut, menyampaikan pemikiran dan harapannya untuk membuka wisata Setu Babkan. Menurutnya, masyarakat yang paling terdampak saat jembatan ditutup beberapa bulan lalu adalah para pedagang di kawasan danau.

Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi

“Kalau pengelolanya digaji pemerintah, maka masalahnya pengusaha. Banyak yang sering datang untuk wisata, jadi sedikit. Ada aturan dan regulasi khusus yang mengatur pariwisata. Itu yang meresahkan pengusaha. adalah,” jelasnya saat mereka bertemu beberapa saat yang lalu.

Agung juga meyakini begitu kebijakan PPKM berakhir, keadaan di sini bisa kembali normal. Dengan begitu tamu bisa datang dengan leluasa tanpa alasan apapun.

Tidak hanya para tamu, para pedagang di sekitar Setu Babakan mendapatkan persyaratan khusus untuk berbisnis, yaitu aturan khusus. Setiap toko lokal diberi nomor dan mereka dapat menjual setiap item atau tanggal khusus setelah nomor mereka.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Untuk itu, Agung yakin Pemprov dan Pemkab Setu Babkan bisa menginformasikan kesulitan yang dihadapi para pedagang di kawasan wisata tersebut. Ia meminta pengelola lebih memperhatikan pedagang, misalnya diberi kesempatan berdagang setiap hari.

Ini Impian Perkampungan Budaya Betawi, Pasti Girang Kalau Kesampean

Karena sebenarnya para saudagar juga berperan dalam mengenalkan masyarakat pada budaya Betawi. Orang-orang dapat menikmati keterampilan para koki melalui makanan dan masakan yang mereka jual. Jembatan ini merupakan salah satu tempat wisata Babkan.

Ia mengatakan, “Saya percaya kepada Ketua Setu Babakan, untuk memberikan kesempatan kepada para pedagang. Saat ini jarang-bahkan, Anda berdagang sekali atau dua kali seminggu, sedih. Keadaan tenang, jarang, bahkan Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. ” dia berkata.

“Sementara kita yang berbisnis di sini mengisi Setu Babakan, pedagang membawa ke sini. Makanan Betawi, dalam rangka mempromosikan budaya Betawi. Tolong jaga pemerintah,” tutupnya. Melawan penjajah di Batavia.

Konservasi seni diadakan setiap minggu di belakang Museum Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan. (Foto: / Nurul Yaqin)

Website Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Jakarta – Penduduk asli yang dominan di wilayah Jakarta dikenal dengan suku Betawi. Etnisitas sangat erat kaitannya dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya kisah perjuangan melawan kolonialisme dan kolonialisme di Indonesia.

Berkesempatan mengunjungi UPK PBB Betawi, salah satu bagian dari Desa Betawi yang masih terjaga kelestariannya.

Desa Betawi terletak di kawasan Serengseng Sawa Jagkarsa, yang memiliki dua danau buatan yaitu Setu Babkan dan Setu Manga Bolong.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Selain dua danau permanen yang indah, berbagai bangunan besar budaya Betawi seperti rumah adat Kebaya dan Museum Betawi juga berada di tempat ini.

Foto: Begini Kondisi Kampung Betawi Setu Babakan Saat Ditutup Akibat Covid 19

Tidak hanya gedung, pagelaran budaya betwi seperti lenong, topeng, gambang kromong, tari, dll juga digelar secara rutin untuk hiburan para pengunjung.

Perkampungan betawi setu babakan, kampung setu babakan, kampung budaya betawi, kampung budaya sarawak, wisata kampung betawi setu babakan, kampung budaya bogor, setu babakan, alamat setu babakan kampung betawi, setu babakan perkampungan budaya betawi, rumah betawi setu babakan, dodol betawi setu babakan, kampung betawi setu babakan

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top