Connect with us

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

Informasi

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran – Ketika saya mengetahui saya positif hamil, saya sebenarnya berencana untuk menggunakan BPJS (Badan Kesejahteraan Sosial) untuk pemeriksaan kehamilan dan persalinan setiap bulan.

Puskesmas Kelapa Gading, Jakarta Utara (BPJSku Faskes). Saya sangat nyaman di Puskesmas di Kecamatan Kelapa Gading, jadi kalaupun pindah ke Bekasi saya tidak mau pindah ke fasilitas kesehatan (karena saya bekerja di Kecamatan Kelapa Gading).

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

Saya melakukan pemeriksaan kebidanan bulanan di Puskesma yang selalu gratis termasuk 2 kali tes darah. Kalau tidak salah ada 1 jenis pemeriksaan yang tidak ditanggung BPJS, kalau tidak salah saya akan melakukan tes fungsi hati dan meminta saya membayar 30.000 rubel.

Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Saat Melahirkan Di Masa Pandemi

Periksa kandungan sebulan sekali sampai usia kehamilan 7 bulan. Setiap dua minggu sekali selama 7-8 bulan kehamilan. Seminggu sekali hamil selama 9 bulan. Sayangnya saat saya hamil 8 bulan, terjadi wabah Covid-19, sehingga tidak ada pemeriksaan kebidanan yang ditawarkan kepada ibu hamil yang tidak mengeluh, dan jika tidak ada keluhan, layanan persalinan tetap buka 24 jam. Semua dokter praktik swasta tutup, jadi saya tidak menjalani pemeriksaan panggul atau USG selama beberapa minggu.

Jika ada tanda-tanda komplikasi kehamilan atau masalah kebidanan, pemeriksaan USG juga ditanggung oleh BPJS (Puskesmas/Rumah Sakit) sesuai prosedur yang ditetapkan. Alhamdulillah perut saya selalu sehat, jadi scan USG tidak ditanggung BPJS, dan setiap bulan saya melakukan USG di dokter.

Sebenarnya BPJS ada di hampir semua sektor kesehatan tetapi harus ada prosedur dan ketentuannya jadi jika ingin menggunakan BPJS harus memahami prosedur dan ketentuan tersebut.

Saat saya hamil 7 bulan, bidan di Puskemas memberi tahu saya dokumen-dokumen yang perlu disiapkan untuk melahirkan di Puskemas dengan layanan BPJS, serta perlengkapan untuk ibu dan bayi. Berikut adalah daftarnya.

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Persalinan Dan Perlengkapan Bayi Yang Harus Disiapkan

Kelapa Gading District 2 tas besar lengkap dengan perlengkapan ibu dan bayi serta segala dokumen yang dibutuhkan untuk melahirkan.

Singkat cerita, setelah 13 jam di Puskesmas, kondisi saya tidak memungkinkan untuk melahirkan di Puskesmas karena detak jantung bayi tidak normal (terlalu cepat), sehingga saya dirujuk ke RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur. Saya pribadi memilih rumah sakit ini karena lokasinya yang sangat dekat, merupakan rumah sakit bersalin, tidak menerima pasien positif Covid-19, dan yang terpenting rumah sakit tersebut menerima pasien BPJS.

Bidan dari Puskésmas membawa saya ke rumah sakit dan ketika saya tiba di rumah sakit saya disambut oleh staf medis. Setelah hampir 5 jam di rumah sakit, alhamdulillah saya bisa melahirkan dengan normal.

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

Saya lahir pada hari Sabtu 18 April 2020 pukul 23.35 WIB dan diperbolehkan pulang pada sore hari tanggal 20 April 2020. Selama di rumah sakit, kondisi saya dan bayi saya sehat dan normal. Saya pulang tanpa membayar sepeser pun.

Perlengkapan Ibu Dan Bayi Baru Lahir

Layanan ini tidak memiliki batasan, sehingga peserta BPJS dapat menggunakan layanan ini setiap kali hamil dan melahirkan.

Jadi, waktu saya di RS ± 10 ibu melahirkan. Salah satunya jika berat bayi 2,4 kg, jika berat bayi di bawah 2,5 kg, aturan rumah sakit, meski bayi sehat dan normal harus dirawat di inkubator. Sepertinya perawatan khusus, persalinan dan sumber daya tidak ditanggung oleh BPJS, lho. Jadi kalau tidak mau membayar biaya inkubator, harus punya BPJS sebelum bayi pulang dari rumah sakit.

Bisakah Anda melakukan BPJS untuk bayi baru lahir? Kamu bisa melakukannya. Saya terus menghubungi kantor HRD saya untuk menghasilkan BPJS untuk anak saya, syaratnya hanya akta kelahiran rumah sakit, KTP Ibu FC dan Ibu BPJS, dalam waktu kurang dari 2 jam BPJS anak saya sudah siap, meskipun anak saya tidak membutuhkan BPJS pada waktu itu. .

Jika Anda adalah kontributor BPJS mandiri, Anda bisa meminta ayah anak untuk segera mengurus BPJS. Saya tidak tahu apakah istilahnya sama, tetapi mereka sama.

Isi Tas Persiapan Melahirkan Normal Di Bidan

Seminggu setelah saya pulang dari rumah sakit, saya kembali ke rumah sakit untuk memantau kondisi jahitan perineum saya setelah melahirkan. Singkat cerita, jahitannya keluar, jadi saya harus pergi ke rumah sakit untuk memeriksa jahitannya. Semuanya gratis. Tentu ada obat yang tidak ditanggung BPJS dan harga obatnya tidak murah karena dokter saya memberikan obat yang bagus dan mahal.

Nah, kalau masih ada gambaran, bagaimana prosedur dan syaratnya jika ingin punya bayi dengan BPJS? Sangat mudah, bukan? Selama menggunakan BPJS saya tidak pernah merasa terbebani, saya tidak bisa membedakan dengan pasien non-BPJS, pelayanannya sama. Untung saya senyaman pakai BPJS.

Selanjutnya, mungkin saya akan membagikan proses persalinan normal dan masalah jahitan perineum di postingan selanjutnya, jadi sering-seringlah mampir ke blog saya ya? Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di postingan saya selanjutnya. Saya menjalani operasi caesar terjadwal Desember lalu. Jadi saya menjalani operasi caesar yang sudah direncanakan sebelumnya, bukan kejutan. Awalnya saya tahu rencananya akan menginap selama 4 hari 3 malam. Sebelum ini, tentu saja saya meneliti dan membuat daftar barang-barang yang harus dibawa ke rumah sakit. Akhirnya barang-barang ini sampai di tas saya. Saya membawa 3 tas, masing-masing untuk ibu, ayah, dan bayi. Saya lebih suka memisahkan tas daripada mengatur konten yang rumit atau berantakan 🙂

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

Dua hari sebelum operasi caesar, rumah sakit menelepon saya untuk mengkonfirmasi dan mengingatkan saya apa yang harus dibawa. Selain barang-barang pribadi, dokumen administrasi ini harus disimpan dan diarsipkan bersama. Jangan lupa beritahu suamimu dimana kita menyimpan dokumen-dokumen penting juga, karena dialah yang akan mengurus pendaftaran, pembayaran dan lainnya nanti.

Persalinan Normal Di Rumah Sakit Dengan Bpjs, Gratis Atau Bayar?

Buku Rekam Medis Sejak saya masih di Surabaya pada awal kehamilan, trimester kedua di Bandung, saya memiliki dua buku rekam medis. Aku membawa semuanya.

Kartu Asuransi Sebelum melahirkan, pastikan untuk memeriksa apakah rumah sakit tempat Anda melahirkan ditanggung oleh asuransi. Jika ingin menggunakan BPJS, ketahui dulu prosesnya.

Booklet Karena saya sudah merencanakan operasi caesar, 2 minggu sebelum hari H saya diberikan surat rujukan dari dokter spog untuk operasi.

POSISI DASAR DEPAN Pertama, pastikan apakah baju tidur tersedia di rumah sakit. Omong-omong, jika saya tidak memiliki rumah sakit, bawalah rumah sakit Anda.

Daftar Biaya Melahirkan Terbaru 2022, Siapkan Dari Sekarang!

PULANG DARI RUMAH SAKIT Bawa juga sesuatu yang mudah untuk disusui bayi, sehingga ia tahu kapan ia ingin makan dalam perjalanan ke rumah adik bayinya.

TOILETRIES Meskipun disediakan, sabun dan sampo sangat bagus sehingga kita menggunakannya setiap hari, bukan? Membawa jumlah perjalanan yang tidak lengkap. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci muka.

PERAWATAN KULIT Tujuannya adalah untuk merawat kulit Anda selama berada di rumah sakit. Sebenarnya dengan face wash + moisturizer, Alhamdulillah. Jangan lupa bawa lipbalm ya. Setelah operasi, dia tidak bisa makan/minum sampai dia pingsan atau ususnya mulai bekerja lagi. Saya sendiri baru bisa minum jam 3 sore setelah operasi jam 6 pagi. Bayangkan Anda haus dan bibir Anda kering.

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

Pertama, jika ada tamu, bawalah agar tidak menggosok dengan buruk. Pada akhirnya, saya benar-benar bodoh. HAHAHA, saya sudah cemberut karena orang memikirkan drama wajah bengkak setelah operasi karena alergi obat.

Persiapan Melahirkan Bagi Bunda (orang Tua)

Korset Pertama, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda dapat menggunakannya setelah operasi. Dokter saya tidak menyarankan memakai korset pada waktu itu. Saya akhirnya memakai kembali korset ketika saya sampai di rumah. Saya membeli korset murah dari Sorella.

KERTAS NIFAS Ini tidak disediakan oleh rumah sakit. Anda dapat membayar biaya tambahan jika Anda mau. Awalnya saya membawa 2 paket. Setelah selesai, lanjutkan dengan papan biasa. Saya membeli merek Dacco.

PENCIPTAAN HIDUP Jika terjadi stroke. Sebenarnya menyusui tahap pertama memang ada lecet 🙁 tapi saya tidak pakai krim nadi, saya pakai ASI seperti kata orang, Alhamdulillah sembuh setelah beberapa hari.

Dry Shampoo Saya bangun dari tempat tidur setelah operasi dan mulai mandi H+1. Sehari setelah operasi, padahal ruangan sudah full AC, kenapa rambutmu berkeringat seperti lari-lari di lapangan?!?! Anda benar-benar harus siap untuk mencuci sampo. Meskipun saya mengenakan kerudung, saya merasa tidak nyaman ketika saya tenggelam.

Barang Yang Wajib Dimiliki Setelah Melahirkan

RSTAN UNTUK RUMAH. Jika demikian, Anda harus membawa pakaian untuk dibawa pulang. Saya membawa beberapa pola saya sendiri (piyama, gaun panjang, pisah), tetapi yang terbaik adalah jika polanya sudah dikancing sebelumnya untuk membuatnya lebih mudah.

KAOS KAKI + SARUNG TANGAN Untuk melindungi kaki dan tangan anak dari hawa dingin. Kalau inget, duh, tangan dan kaki bayi baru lahir masih kecil 🙂

CAP ini juga melindungi kepala dari hawa dingin. Saat membeli perlengkapan Bali, saya membeli ukuran topi yang paling kecil, berharap bisa muat di kepala yang kecil. Ini tidak cukup! Meskipun ukuran kepalanya normal saat lahir, yaitu 36,5 cm. Itu sebabnya ada baiknya membeli beberapa ukuran topi saat berbelanja perlengkapan. Waktu itu saya beli di Toko Anak RS.

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Lahiran

KAIN BEDONG/BEDONG Bahkan disediakan selama di rumah sakit. Saya menyebutkan ini untuk berjaga-jaga. Bisa juga digunakan oleh mereka yang ingin menggendong bayi, sehingga tidak langsung menyentuh pakaian.

Sisir Bayi Reliable

BUKA POPOK Ini juga jika bayi kita tidak muat di popok yang disediakan oleh rumah sakit. Setelah bayi lahir, rumah sakit tempat saya melahirkan menggunakan popok sekali pakai merek Mamy Poko untuk bayi baru lahir. Alhamdulillah konsisten dan tidak terburu-buru.

TOILETRIIES Sebenarnya ini tidak digunakan karena saya tidak pernah memandikan bayi selama perawatan. Anak selalu dibawa ke TK untuk mandi.

Saya tidak ingin bertanya kepada suami saya ketika saya di rumah sakit (ya, setidaknya) “Yang mana ini?

Perlengkapan persalinan yang harus dibawa, perlengkapan lahiran yang harus dibawa, perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung, perlengkapan yang harus dibawa saat liburan, perlengkapan yang harus dibawa saat traveling, barang yang harus dibawa saat lahiran, perlengkapan yang dibawa saat lahiran, perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan, yang dibawa saat lahiran, perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan, perlengkapan yang harus dibawa saat bersalin, yang harus dibawa saat lahiran

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top