Connect with us

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Informasi

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat – Wisata Padang Panjang – Padang Panjang adalah sebuah kota kecil di provinsi Sumatera Barat. Dijuluki Egypte Van Andalas, kota ini berjarak 96,7 km dari Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, dua setengah jam perjalanan. Kota yang menjadi pusat pemerintahan Sumatera Barat pada masa Belanda ini memiliki keindahan alam dan pesona budaya dan kuliner yang luar biasa.

Berwisata ke kota ini pasti tidak akan membosankan. Perbukitan dan pepohonan hijau di sekitarnya memberikan perasaan yang menyenangkan. Kota yang oleh penulis Ali Akbar Navis disebut sebagai kota bahagia ini memiliki potensi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Salah satu maskot pariwisata Sumatera Barat, air terjun ini mungkin menjadi daya tarik wisata utama yang Anda kunjungi di Padang Panjang. Dari Kota Padang melalui Jalan Raya Padang Bukittinggi, air terjun ini dapat ditempuh dengan jarak 66,4 km dalam waktu normal sekitar 1 jam 50 menit.

Tempat Wisata Di Padang Paling Recommended!

Air terjun ini termasuk dalam kawasan Cagar Alam Lembah Anai dan wilayah administrasi Kabupaten Tanah Datar. Namun karena jaraknya yang sangat dekat dengan Padang Panjang, mampir dulu ke Lembah Anai.

Lembah Anai merupakan kawasan hutan lindung, sehingga di sekitar air terjun terdapat pepohonan hijau dan banyak satwa liar yaitu kera di sekitar air terjun. Anda bisa berenang di danau yang airnya sangat bersih, berwarna kebiruan.

Tempat wisata terkenal di Sumatera ini layak menjadi destinasi liburan di Padang Panjang selanjutnya. Mifan Water Park menawarkan berbagai permainan air. Mifan merupakan destinasi wisata air dengan luas 9,8 hektar dan terlengkap di Sumatera.

Lokasinya sangat alami dan hijau karena berada di antara pegunungan Bukit Barisan. Di dalam situs Mifan terdapat perkampungan Minangkabau yang digunakan sebagai resort atau tempat menginap para wisatawan. Tidak seperti tempat wisata air lainnya yang memiliki sisi modern, Mifan memiliki konsep tradisional yang membuat tempat ini benar-benar berbeda dan unik.

Tempat Wisata Di Sumatera Barat Rekomended Buat Pecinta Alam

Dengan kapasitas 25.000 pengunjung, Mifan menawarkan tiket dengan harga tiket Mifan dari Senin sampai Jumat Rp 40.000,00 dan dari Sabtu sampai Minggu atau hari libur Rp 50.000,00. Sedangkan jam kerja dari Senin sampai Jumat pukul 10:00-17:00 WIB dan Sabtu-Minggu atau hari libur pukul 08:00-18:00 WIB.

Merupakan museum yang terletak di Kecamatan Silang Bawah Kota Padang Panjang. Museum ini memiliki berbagai koleksi budaya Minangkabau dalam bentuk audio dan visual. Bangunan museum ini sangat indah dan memiliki koleksi lukisan yang sangat menarik. Selain itu, kita bisa belajar banyak tentang Minangkabau setelah mengunjungi museum ini.

Masjid ini merupakan masjid tertua di Padang Panjang. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Asasi Nagari Gunung. Masjid di Jorong Siganda ini memiliki arsitektur tradisional Minangkabau.

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Masjid ini sering disebut sebagai saksi sejarah perkembangan Islam di kota Padang Panjang. Masjid ini dibangun oleh seorang pendeta yang menyebarkan agama Islam di kota Padang Panjang. Kondisi masjid ini sangat terawat dan bersih karena pemerintah telah mencanangkan masjid ini sebagai cagar budaya.

Ranah Minang Holiday Tour And Travel Padang

Kucing Lubuk Mata adalah destinasi wisata renang terpopuler di Padang Panjang. Disebut bagian bawah mata kucing karena airnya sebening mata kucing. Sayangnya, objek wisata ini sedang hiatus karena objek wisata air lainnya, yakni Mifan, sedang dalam tahap pembangunan.

Nah, jika ingin merasakan sensasi yang berbeda dari Mifa, Lubuk Cat’s Eye bisa menjadi salah satu tempat mandi atau berenang di Padang Panjang.

Ini adalah salah satu pilar utama pariwisata di Padang Panjang, salah satu atraksi baru. Akses ke air terjun ini sangat sulit karena Anda melewati jalanan berbatu yang masih alami. Petualangan dimulai dari jalan setapak yang berada tepat di bawah Jembatan Tinggi Silaing Bawah dan memakan waktu sekitar satu jam. Sangat indah, sehingga air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika ke Padang Panjang. Tapi Anda harus siap untuk lelah!

Bagi pecinta alam, Goa pasti sangat menarik. Disebut Batu Batirai karena gua ini memiliki bebatuan yang menjorok keluar seperti tirai. Relief gua ini sangat menarik. Sebenarnya perjalanan ke Goa cukup melelahkan. Bagi yang ingin berkunjung ke goa ini terletak di Desa Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat. Beberapa di antaranya menjadi viral di TikTok.

Daftar Tempat Wisata Di Sumatera Barat Buat Kamu Traveler Sejati

– Sebagai ibu kota Sumatera Barat (Sumatera Barat), kota Padang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selama ini wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang hanya mengetahui dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di wilayah barat.

Seperti Pantai Padang, Pantai Air Manis, Pantai Pasir Jambak, Pantai Nirwana, Pantai Caroline, Gunung Padang, Bukit Gado-Gado dan lain-lain.

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Ternyata tempat wisata di kota padang tidak hanya pantai. Ada beberapa tempat wisata di bagian timur Padang. Diantaranya adalah sungai, air terjun, goa dan lain-lain.

BACA JUGA!!!  Itinerary Yogyakarta 3 Hari 2 Malam

Tempat Wisata Di Padang Yang Lagi Hits (2022)

Berikut tempat wisata menarik di kawasan timur kota Padang, diambil dari Instagram @pariwisata.padang dan berbagai sumber lainnya:

Lubuk Tempurung terletak di Kecamatan Guo, Desa Kuranji, Kecamatan Kuranji. Air Terjun Lubuk Tempurung tingginya sekitar 37 meter.

Destinasi wisata ini berada di tengah hutan dan berada di hulu Sungai Batang Guo. Airnya dingin dan sangat dingin.

Jika diperhatikan, Lubuk Tempurung berbentuk seperti cangkang berongga. Makanya masyarakat menyebutnya Lubuk Tempurung.

Tempat Wisata Eksotik Di Sumatera Barat Yang Bikin Kamu Naksir Berat!

Akses menuju tempat ini sangat mudah dijangkau dari pusat kota Padang sekitar 17 km dengan kondisi jalan yang cukup baik melalui jalan Bypass-Balai Baru menuju Perumnas Belimbing.

Kemudian dilanjutkan menuju kawasan Guo yang berjarak 3 km, dan dilanjutkan dengan sepeda motor atau jalan kaki sejauh 350 m.

Lubuk Tempurung merupakan satu dari empat tempat wisata di kawasan timur yang menjadi pertimbangan Pemkot Padang pada 2022.

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Lubuk Paraku merupakan salah satu spa alami yang ada di kawasan Lubuk Kilangan (Luki). Pemandian ini juga unik dengan kolam berwarna biru. Suasananya bagus dan sejuk.

Spot Foto Instagramable Di Payakumbuh, Ada New Zealandnya Sumbar

Aliran sungai Lubuk Paraku digunakan untuk menggerakkan turbin PLTA Rasak Bungo yang nantinya digunakan untuk kebutuhan listrik pabrik Semen Padang.

Pemandian Lubuk Minturu terletak di kawasan Koto Tangah. Pemandian ini terbentuk secara alami dan sudah cukup tua.

Area di sekitar lokasi terasa sejuk di bawah bayang-bayang lingkungan yang rimbun. Yang jelas Pemandian Lubuk Minturu sebagai tempat pemandian menawarkan fasilitas toilet yang memadai.

Salah satu faktor yang membuat pengunjung menyukai destinasi wisata ini adalah biaya masuk dan parkir kendaraan yang cukup murah. Kecuali, tentu saja, untuk kenyamanan dan keindahan alam.

Inilah 7 Tempat Wisata Di Padang Panjang Yang Menarik

Selain itu, Pemandian Lubuk Minturu masih menjadi tempat populer bagi warga Padang dan juga pengunjung luar sebagai destinasi liburan di Bali.

Air Terjun Ngungun Saoki terletak di Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah. Destinasi wisata ini juga menjadi hits di media sosial dan banyak dikunjungi wisatawan.

Akses ke situs sudah diatur oleh masyarakat setempat. Namun pengunjung tetap tidak bisa menghindari tebing 80 derajat untuk didaki.

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Namun usaha untuk sampai ke tempat ini tidak sia-sia, karena di sepanjang aliran sungai banyak keindahan dan kesejukan, dan puncaknya adalah gua batu dan air terjun Ngungun Saok.

Wisata Pulau Dekat Dari Kota Padang Sumatera Barat

Bukit Nobita terletak di Desa Kampung Juan, Kecamatan Lubuk Begalung. Tempat tersebut bernama Bukit Batu Langka, namun dinamakan Bukit Nobita karena terinspirasi dari kartun Doraemon.

Dalam film, sering dikatakan bahwa karakter Nobita pergi bermain di bukit belakang sekolahnya. Ia menikmati pemandangan kota dari atas bukit bersama teman-temannya.

Bukit Nobita dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan sepeda motor atau mobil dengan jarak 10 kilometer dari pusat kota Padang.

Untuk mencapai puncak Bukit Nobita, pengunjung harus mengeluarkan tenaga lebih karena beberapa akses jalan memiliki tanjakan yang cukup tinggi dan berat.

Paket Wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat, Destinasi Laut Yang Memesona

Hampir mencapai puncak, pengunjung dapat melihat kapal besar berdiri kokoh di atas Bukit Nobita.

Dari atas kapal, Anda bisa melihat pemandangan seluruh kota Padang dari perbatasan paling timur, berbatasan di barat dengan Bukit Barisa di perbatasan Samudera Hindia.

Air Terjun Lubuk Hitam juga dikenal sebagai Air Terjun Tiga Tingkat. Nama itu muncul karena ada tiga tingkat air terjun dengan ketinggian dan fitur yang berbeda.

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Air terjun ini terletak di kaki Bukit Barisan, tersembunyi di Desa Koto Lubuk Hitam, Desa Teluk Kabung Utara, Kecamatan Teluk Kabung.

Destinasi Wisata Pulau Yang Ada Di Sumatera Barat

Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Padang. Waktu tempuh ke desa ini sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota.

Awal jalan setapak menuju air terjun menanjak melewati kebun kakao warga. Kali ini permukaan jalan tidak lagi beton, melainkan jalan setapak yang dibuat oleh penduduk setempat untuk mengakses air terjun.

Dibutuhkan sekitar 10 menit dari tempat parkir ke air terjun di tingkat pertama. Sementara itu, dibutuhkan waktu hampir 20 menit dari tahap pertama air terjun ke tahap kedua.

Perjalanan menuju air terjun ini cukup menantang. Singkat cerita, jalur yang ditempuh begitu terjal dan cukup licin naik turun.

Kenapa Padang Sumatera Barat Menjadi Destinasi Wisata Populer Di Indonesia Dan Dunia, Ini Alasanya

Semakin Anda berjalan semakin dalam, Anda akan sampai di sebuah kawasan hutan tropis yang masih asri. Selain itu, kicau burung dan suara merdu berbagai serangga.

Selain suasana, suara air terjun juga bisa terdengar dengan jelas. Suaranya sangat nyaring sehingga membangkitkan semangat. Menariknya, pada tahap kedua air terjun mulai terlihat dari kejauhan.

Air Terjun Sarasah atau lebih dikenal dengan Sarasah Banyak Gariang terletak di Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Ulu Gadut, Desa Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauhi.

Tempat Wisata Padang Sumatera Barat

Sudah ada jalan yang membutuhkan 30 menit tracking untuk mencapai lokasi air terjun ini.

Tempat Wisata Di Padang Sumatera Barat

Di atas batu

Penginapan di padang sumatera barat, padang sumatera barat, objek wisata padang sumatera barat, hotel ibis padang sumatera barat, hotel di padang sumatera barat, hotel padang sumatera barat, wisata di padang sumatera barat, wisata kota padang sumatera barat, tempat wisata di padang panjang sumatera barat, axana hotel padang sumatera barat, tempat wisata di padang sumatera barat, wisata padang sumatera barat

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top