Connect with us

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Informasi

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok – Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat menjadi tujuan wisata yang semakin banyak mendapat perhatian. Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, budayanya yang unik juga menjadi daya tarik. Masyarakat Lombok juga memproduksi berbagai oleh-oleh yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Souvenir ini umumnya dibuat secara tradisional, namun ada juga yang menjadi populer di luar negeri.

Daftar oleh-oleh khas inilah yang wajib Anda ketahui jika akan berlibur ke Lombok. Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh khas Lombok! Selain unik, Anda akan membantu perekonomian masyarakat di sana. Yuk, belanja yuk!

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Sentra tenun ini bisa Anda temukan saat berkunjung ke desa Sukarara di Lombok tengah tempat tinggal suku Sasak. Para wanita di desa semuanya pandai menenun, keterampilan yang diperlukan untuk menikah. Ada dua jenis kain tenun yang umum digunakan, yaitu kain tenun ikat dan kain tenun Song.

Dari Rembiga Hingga Soto Kambing, Kuliner Khas Lombok

Bagaimana membedakan? Kain tenun songket memiliki hiasan timbul yang terbuat dari benang katun, emas atau perak. Dan kain ikat mendapatkan namanya dari proses pembuatan pola, dengan menghubungkan bagian-bagian tertentu untuk membentuk pola yang diinginkan.

Selain indah, pola-pola ini memiliki arti yang berbeda. Kain ini juga bisa menjadi simbol kasta tertentu. Juga karena keindahannya, banyak desainer terkenal yang menggunakan kain tenun ini dalam karyanya, lho!

Untuk hadiah yang sehat, minuman ini tidak boleh dilewatkan! Madu adalah komoditas yang populer dan di Lombok Anda dapat menemukan dua jenis madu, madu Lombok dan madu Sumbawa.

Yang membedakan adalah jenis lebah yang menghasilkan madu. Madu dapat diperoleh dengan berburu di hutan atau dengan memelihara lebah. Perbedaan ini menyebabkan madu terlihat dan terasa berbeda. Varian yang bisa kamu temukan adalah White Honey, Sumbawa Forest Honey dan Lombok Spice Honey. Wah, menarik dan penasaran!

Kuliner Khas Mataram Kampung Halaman Suharso Monoarfa

Susu kuda liar ini mengandung khasiat yang tak kalah menyehatkan dari susu sapi, lho! Bahkan dikatakan susu ini memiliki kandungan gizi yang sama dengan ASI dan kualitas protein yang lebih baik. Susu kuda liar rendah kalori, melancarkan pencernaan, dan cocok untuk orang yang alergi terhadap susu sapi.

Susu Bronco dapat disimpan hingga empat bulan dan bebas bahan pengawet. Di Lombok, Anda juga bisa menemukan susu kuda liar yang diolah menjadi manisan. Kemasan yang disediakan umumnya dalam bentuk botol plastik, yang nyaman untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

Tuak adalah minuman beralkohol yang disuling dari nira aren atau beras ketan yang difermentasi. Jika Anda ingin meminumnya, Anda harus memeriksa kandungan alkoholnya terlebih dahulu, karena bervariasi dari 5% hingga 20%.

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Meski beralkohol, toddy ini juga memiliki manfaat kesehatan! Nira aren dapat meningkatkan penglihatan dan produksi susu melalui penelitian di Journal of Experimental and Clinical Anatomy, sehingga sering ditambahkan ke dalam pengobatan herbal.

Kue Bantal, Oleh Oleh Khas Lombok Dari Ketan Dan Pisang

Di Gili Trawangan, Anda bisa menemukan banyak sekali minuman tuak manis yang dijual di Gili Trawangan. Jika Anda menginginkan toddy non-alkohol, cari toddy yang baru dibuat di situs. Karena jika dibiarkan, akan ada alkohol di dalam toddy.

Tersedia untuk pembelian di: Tuak Manis Hj. Enner, Jl. Raya Mataram – Tj. Kekait, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 83351.

Jika Anda suka memasak atau ingin membeli oleh-oleh untuk pecinta makanan, jangan lupa untuk membeli teras dari Lombok ini! Dikenal dengan kualitasnya, terasi Lombok bahkan menjadi favorit pakar kuliner William Wanso.

Terasi ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Ada dua jenis teras yang populer, teras lakara atau lengkare dan teras berok atau beraw. Opsional mencoba terasi kering, umumnya dikenal sebagai terasi panggang atau terasi basah. Jika Anda sudah mencoba terasi Lombok yang enak dan beraroma harum ini, siap-siap gagal diet!

Peta Wisata Lombok

Tersedia untuk pembelian di: Lombok Shrimp Terasi Bunda Zaenab, Jl. Masbagik – Pancor No.02, Dasan Lekong, Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83652.

Jika Anda menyukai kopi, Anda harus mencoba kopi dari Lombok ini! Tidak hanya menyegarkan, kopi ini memiliki cita rasa yang khas. Varietas yang terkenal adalah sembalun arabica dan gangga lombok robusta.

Rasa yang bisa didapatkan dari kopi Robusta Gangga Lombok adalah rasa ringan dari leci, kacang tanah, coklat atau gula merah. Sedangkan Sambalon Arabica memiliki rasa rempah, karamel, dan cokelat. Kopi spesial ini banyak dijual di tempat-tempat di Lombok, jadi tidak sulit untuk membelinya, Anda bisa memilih sesuai selera Anda sendiri.

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Lombok memiliki banyak pantai yang melestarikan sumber daya alam, yaitu rumput laut. Rumput laut yang padat nutrisi dan rendah kalori ini kemudian diolah oleh masyarakat setempat menjadi permen warna-warni ini.

Sate Bulayak, Kuliner Lombok Barat Yang Menggoda

Selain permen, rumput laut juga diolah menjadi biji-bijian. Kepala rumput laut ini memiliki berbagai rasa buah seperti asam, nangka, tomat, bawang merah dan banyak lagi. Sedangkan manisan rumput laut memiliki rasa agar-agar dan warnanya hampir semua sama. Oleh-oleh ini cocok untuk segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa, sebagai manisan atau snack.

BACA JUGA!!!  Objek Wisata Di Garut Jawa Barat

Tersedia di: Showroom Makanan Phoenix, Jl. A.A Gede Ngurah, Cakranegara Sel. Baru, Mataram, Nusa Tenggara Barat 83232.

Mutiara Lombok dikenal di luar negeri karena kualitasnya karena ukurannya yang besar dan kilaunya yang cerah. Produksi mutiara di Lombok berasal dari dua sumber, kerang mutiara dari laut dan kerang budidaya air tawar.

Kualitas dan harga mutiara ditentukan oleh beberapa aspek kilau mutiara, bentuk sempurna, lapisan warna, kondisi permukaan dan ukuran. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi harga mutiara tentunya. Tetapi jika Anda memiliki anggaran yang ketat, jangan khawatir! Meskipun mutiaranya tidak berkualitas tinggi, Anda tetap dapat membelinya. Ada banyak penjual mutiara yang tersebar di sekitar Lombok, dan mereka menawarkan mutiara yang tetap terlihat elegan dan lebih terjangkau. Desain mutiara ini umumnya minimalis, sehingga cocok untuk segala acara dan mudah dipadupadankan.

Tembolak Pelangi, Jadi Landmark Destinasi Wisata Kota Mataram, Lombok

Tersedia untuk pembelian di: Mutiara Lombok Sekarbela, Jl. Masjid Sultan Kaharudin Gang Ar Raisiah No. 7, Sekarbela Karang Pule, Mataram, Nusa Tenggara Barat 83116.

Kacang mete di Lombok dijual dalam berbagai rasa seperti kacang mete rasa (asin, manis atau pedas), kacang mete bakar, kacang mete madu, dan kacang mete gurih. Budidaya jambu mete sedang booming di Lombok, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan penjual jambu mete ini. Harganya juga bisa lebih murah dari Jakarta.

Kacang mete sangat enak sebagai hidangan pembuka. Selain enak, kacang ini dikatakan dapat meningkatkan mood karena mengandung tryptophan, yang menghasilkan hormon serotonin, sehingga Anda akan merasa lebih bahagia setelah memakannya.

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Ketak sendiri adalah nama tumbuhan paku yang menjalar. Awalnya, anyaman ketak ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat Lombok. Melihat potensi yang ada, pemerintah mengarahkan masyarakat sekitar agar bisa menghasilkan berbagai bentuk tenun yang indah untuk dijual.

Oleh Oleh Makanan Khas Lombok Yang Unik Untuk Keluarga

Strip tebal ini bisa berupa tas atau barang-barang rumah tangga seperti meja, kursi, sofa dan bean box. Ini adalah hadiah yang sempurna untuk keluarga Anda atau bahkan untuk Anda gunakan sendiri!

Tersedia untuk dibeli di: Ketak Nusa Indah Artshop, Jl. Karang Bayan No.01, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83371.

Pemilihan oleh-oleh khas Lombok sangat berbeda dan menarik bukan? Anda dapat mulai merencanakan perjalanan Anda ke Lombok dan berhati-hatilah agar tidak menjadi gila ketika Anda sampai di sana!

Pengembara dunia dan pembuat kata. Saya harap Anda menemukan waktu untuk dihabiskan bersama teman, hewan, dan petualangan. Ikuti perjalanan Lydia di @mrs.stork (IG). Perjalanan Anda ke Lombok pasti tidak lengkap jika pulang tanpa oleh-oleh khas Lombok, mulai dari makanan, kerajinan tangan, lagu hingga mutiara Lombok yang semuanya sangat menarik. buat souvenir..

Dug Dag, Kaos Lombok ‘cinta Rinjani’

Tentu saja, selain suvenir yang indah, harga juga merupakan salah satu indikator terpenting saat membeli. Berikut 5 tempat jual oleh-oleh khas Lombok dengan harga yang sangat terjangkau berdasarkan pengalaman tour dan wisatawan Gadiza Lombok.

Seperti namanya, pasar ini terletak di kawasan Cakranegara, salah satu kota utama di Lombok. Di pasar ini berbagai jenis oleh-oleh dijual dengan harga yang sangat murah, mulai dari makanan khas Lombok seperti dodol, kaliadem, jajanan mako, dll. Harga makanan mulai dari Rp 500.

Selain makanan, mutiara, batu akik, lagu, baju lombok, terasi lombok, kangkung, madu, susu kuda liar, kopi lombok dan perhiasan lainnya, serta segala macam oleh-oleh yang menarik, juga tersedia di negeri ini. Anda dapat menemukan barang-barang ini di lantai 1 dan 2.

Oleh Oleh Khas Mataram Lombok

Tidak jauh atau sekitar 2 kilometer dari pasar Cakranegara terdapat sentra pengolahan makanan yang berbahan baku alami khususnya rumput laut, seperti rumput laut, kepala jahe, labu siam, mangga, dodol nangka, dodol nanas, manisan rumput laut, kacang mete, sengatan dan lainnya. Produk ini semua tersedia di phoenix food di jln AA. Gede Ngurah Cakranegara, Kota Mataram.

Oleh Oleh Khas Lombok Untuk Kado Pasanganmu

Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari 12k untuk 90g hingga ratusan ribu, tergantung seberapa banyak yang harus dibawa.

Sekarbela adalah nama sebuah kecamatan yang terletak di kota Mataram. Sebagian besar aktivitas penduduk kabupaten Sekarbela adalah pengrajin emas dan mutiara, sehingga mutiara Sekarbela dikenal dengan kualitas tinggi dan harga murah.

Ada banyak toko mutiara yang mudah ditemukan di sepanjang jalan, Anda bisa memilih toko yang menarik dan langsung melihat berbagai jenis mutiara hasil karya pengrajin lokal. Tentunya harganya juga sangat terjangkau, pin jenis ini atau bisa mulai dari 20

Tempat oleh oleh khas lombok, oleh oleh khas lombok murah, oleh oleh khas lombok timur, oleh oleh khas lombok online, oleh oleh khas lombok, oleh oleh makanan khas lombok, jual oleh oleh khas lombok, pusat oleh oleh lombok di mataram, toko oleh oleh khas lombok, oleh oleh khas mataram, toko oleh oleh lombok di mataram, oleh oleh khas lombok mataram

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top