Connect with us

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

Informasi

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh – Sudah 17 tahun sejak gempa dan tsunami melanda ujung Banda. Cari tahu lagi apa yang terjadi di Aceh pada tahun 2004. (Foto: AFP/CHOO YOUN-KONG)

Setiap tanggal 26 Desember, Indonesia memperingati bencana tsunami di Aceh. Kini sudah 17 tahun berlalu sejak peristiwa yang merenggut banyak nyawa.

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

Tsunami Aceh 2004 masih menjadi perdebatan, mulai dari ketinggian gelombang air, gempa besar yang menjadi penanda, hingga total kerusakan dan korban jiwa.

Tsunami Aceh 2004 Bukan Yang Pertama

Berat tsunami yang menghancurkan sebagian pantai Aceh itu terjadi hanya dalam waktu 30 menit, dengan ketinggian hingga 30 meter dan kecepatan 100 meter per detik atau 360 kilometer per jam. Akibatnya, lebih dari 120.000 orang tewas dalam bencana tersebut.

Lebih dari 600 ribu orang harus mengungsi. Tercatat sekitar 139 ribu rumah rusak akibat bencana, 2.600 km jalan rusak, dan 669 gedung pemerintahan rusak.

PBB menyatakan tsunami Aceh 2004 sebagai salah satu bencana kemanusiaan terburuk yang pernah ada. Komunitas internasional bergerak untuk melakukan evakuasi dan pemulihan di provinsi Aceh.

Peneliti BRIN Wisyanto mengkaji bencana tersebut secara lebih mendalam. Kemudian ia menulis dalam jurnal berjudul “Tsunami Aceh 2004 Sebagai Dasar Penataan Ruang Kota Meulaboh”.

Hoaks Soal Tsunami Aceh Dan Ledakan Nuklir Diulas Bmkg

Ia mencontohkan laporan USGS yang menyebutkan bahwa tsunami Aceh diawali oleh gempa tektonik pada 26 Desember 2004. Gempa terjadi pada pukul 07.59 WIB, berpusat di 3316 derajat LU, 95854 derajat BT dengan kekuatan 9,1 Mw.

Gempa tersebut memicu gelombang tsunami yang masih diingat banyak orang hingga saat ini. Tidak hanya di Indonesia, gempa 9,1 Mw dirasakan di Sri Lanka, India, Bangladesh, Thailand, Maladewa, Malaysia dan Somalia.

Gempa besar tersebut disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi di bawah pulau Sumatera, termasuk provinsi Aceh. Namun disebutkan bahwa ada tiga daerah yang bisa menyebabkan gempa kuat di serambi Mekah.

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

Dalam jurnal berjudul “Melihat Potensi Gempa dan Tsunami Aceh” terbitan tahun 2017, ditemukan bahwa gempa tersebut bisa disebabkan oleh pertemuan lempeng Indo-Australia atau zona subduksi, zona patahan Sumatera atau peneliti. Zona fraktur (IFZ).

Sinopis Film Hafalan Shalat Delisa Mengenang Kembali Tragedi Tsunami Aceh

Gempa Aceh 17 tahun yang memicu tsunami memiliki periode berulang, yang berarti gempa bumi dengan tsunami dapat terjadi lagi di masa depan. Ini adalah pengingat untuk terus kembali ke alam gempa.

Setelah 17 tahun, bencana tsunami masih membekas di ingatan sebagian masyarakat Aceh. Pemerintah Aceh memperingati bencana tsunami di pelataran parkir Pelabuhan Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Minggu (26/12).

Dalam peringatan tersebut ada beberapa rangkaian acara, seperti doa bersama dan ziarah ke makam para syuhada dan syuhada dalam bencana tsunami, dikutip Antara. sebuah gua di dekat pantai di Meunasah Lhok, Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar.

“Tim peneliti Unsyiah bekerjasama dengan Nanyang Technological University (NTU) melakukan penelitian di Kabupaten Lhoong, Aceh Besar,” kata peneliti Unsyiah yang berbasis di Darussalam Nazli Ismail Banda Aceh, Senin (31/7).

Desember 2020 Mengenang 16 Tahun Tsunami Aceh, Syeikh Ali Jaber Bakal Pandu Zikir Dan Doa

Mereka mengidentifikasi lapisan pasir yang diendapkan oleh peristiwa tsunami di masa lalu di dalam gua, di mana lapisan pasir tsunami terjalin sempurna dengan endapan guano.

Menurutnya, melalui proses identifikasi lapisan, penentuan usia radioaktif unsur karbon dan analisis fosil mikroskopis atau foraminifera, para ilmuwan mampu merekonstruksi peristiwa besar tsunami purba yang melanda daratan Aceh.

Dikatakannya, sejak 7.400 tahun lalu, tsunami Aceh selalu berulang dengan periode perulangan yang sangat berbeda. Ada tsunami yang berulang setiap 2.000 tahun, tetapi ada juga tsunami yang berulang dalam waktu kurang dari 100 tahun.

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

“Kemungkinan terulangnya kembali tsunami destruktif di Aceh sangat tinggi. Berdasarkan hubungan antara ketebalan lapisan pasir tsunami di dalam gua dan interval pengulangan tsunami, kita dapat menyimpulkan bahwa periode latensi yang panjang kemungkinan mendekati tahun 2004. tsunami,” katanya.

Tahun Pasca Gempa Dan Tsunami Aceh, Sudahkah Warga Sadar Bencana?

Kajian Gua Tsunami Aceh memberikan gambaran yang sangat penting tentang terulangnya bahaya tsunami di sepanjang zona subduksi (Sunda Megathrust) yang memanjang ke barat pantai Sumatera.

Dengan mempelajari bukti tsunami purba di gua dekat pantai, ada baiknya upaya para ahli geologi memecahkan teka-teki prediksi tsunami serupa tsunami 2004 di masa depan.

“Hingga saat ini, informasi kejadian tsunami masa lalu berdasarkan catatan sejarah dan catatan dari peralatan seismik masih sangat pendek durasinya, sehingga catatan tersebut belum mampu memberikan gambaran yang utuh tentang potensi tsunami besar,” ujarnya.

Oleh karena itu, harus dicari bukti adanya tsunami besar yang lebih lama, baik dari segi waktu maupun pengulangannya. Informasi ini akan sangat berguna dalam mengurangi risiko bencana bagi masyarakat Aceh yang umumnya tinggal di wilayah pesisir.

Kronologi Tsunami 2004 Di Aceh

Nazli mengingatkan, salah satu yang patut dicermati dari hasil tersebut adalah bukti ketidakteraturan periode ulang tsunami besar yang terjadi di Aceh dalam kurun waktu 7.400 tahun itu.

BACA JUGA!!!  Tempat Makan Enak Untuk Keluarga Di Jakarta

“Ini merupakan tantangan besar bagi para ilmuwan dan pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat pesisir dari bahaya tsunami. Rekaman dari dalam gua menunjukkan bahwa pengulangan tsunami besar di Aceh terjadi dalam waktu yang sangat singkat dan juga terjadi di jangka waktu 200 tahun,” katanya.

Ia berharap pemerintah meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman tsunami melalui pendidikan. Guha Ek Lenutie di Distrik Lhong merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan tempat mengajar.

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

“Unsyiah berharap keberadaan goa tsunami bisa tetap terjaga, mengingat pernah terjadi aktivitas penambangan batu besar-besaran di sekitar Guha Ek Leuntie pada tahun 2016 lalu,” pungkasnya. (OL-2)

Mengenang 17 Tahun Tsunami Aceh

Berbagai kegiatan olahraga dan bantuan kemanusiaan mengiringi pernyataan sandi Minggu, 16 Oktober 2022, 12:52 WIB

Lomba senam Bedana berlangsung pagi ini di Jl Desa Gunung Agung RT 04, Desa Gunung Agung, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung…

“Fenomena banjir bandang dan kekeringan yang memicu kebakaran menunjukkan bahwa penyerapan lahan gambut telah menurun dan…

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mendapat tekanan dari berbagai faksi dalam koalisi yang berkuasa untuk mengadakan pemungutan suara lebih awal. Stephen A Sutton menerima Penghargaan Penelitian Pascasarjana Australia dan Beasiswa dari Pusat Penelitian Koperasi Pameran dan Bahaya Alam.

Proses Terjadinya Tsunami Dan Apa Itu Tsunami, Simak Penjelasan Lengkapnya

Alfi Rahman tidak bekerja untuk, berkonsultasi dengan, memiliki saham, atau menerima dana dari perusahaan atau organisasi mana pun yang mendapat manfaat dari artikel ini, dan tidak mengungkapkan afiliasi yang relevan di luar janji akademiknya.

Tampaknya kita masih gagap tentang bencana, melihat apa yang terjadi di Lombok, dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa bulan lalu. 2018 masih seperti 2004.

Penting bagi kita semua untuk membuat perubahan yang dapat mengubah pemahaman kita tentang bencana alam dan pada akhirnya menyelamatkan banyak nyawa.

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

Cara penting untuk melakukan ini adalah dengan memberikan tempat khusus untuk pengetahuan tradisional lokal dan untuk memperingati peristiwa mengerikan ini. Minggu depan adalah peringatan 14 tahun tsunami Aceh.

Galeri Foto Peringatan 16 Tahun Gempa Dan Tsunami Di Aceh

International Framework for Disaster Risk Reduction (DRR) atau Sendai Framework for Disaster Risk Reduction (SFDRR) 2015-2030 menekankan pentingnya kearifan lokal. Untuk mengurangi risiko bencana, kita harus menciptakan dinamika sosial yang memperkuat kearifan lokal pada setiap individu dan masyarakat secara keseluruhan.

: Pada tanggal 26 Desember 2004, seorang mahasiswa bernama Almahdi merokok di sebuah jembatan tinggi di atas sungai di Banda Aceh. Lahir di Simeulue, ketika gempa melanda dan laut surut, dia tahu apa yang terjadi selanjutnya. Dia mulai berteriak”

Dan jangan lari Dalam waktu kurang dari satu jam kemudian, banyak dari mereka tewas oleh gelombang besar. Almahdi melihat tubuh mereka mengambang di sungai.

Almahdi selamat, tetapi dia tidak tahu bahwa semua desanya di Pulau Simeulue juga aman. Laporan yang dia terima mengatakan bahwa “Simeulue telah tenggelam” dan dia telah mengkhawatirkan yang terburuk selama lebih dari seminggu.

Wisata Museum, Tempat Mengenang Dahsyatnya Tsunami Aceh

Itu muncul dari sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 4 Januari 1907. Gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang pulau Simeulue dan beberapa saat kemudian tsunami dahsyat menghancurkan pantai Simeulue. Sejak hari itu, beberapa penyintas bertekad untuk menghormati keluarga almarhum dan menyelamatkan keturunannya jika terjadi peristiwa serupa dengan cara mendongeng.

United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR) mempersembahkan Penghargaan Sasakawa Perserikatan Bangsa-Bangsa kepada masyarakat Simeulue pada 12 Oktober 2005. Penghargaan tersebut diberikan di Bangkok, Thailand sebagai pengakuan atas upaya mereka dan mendorong mereka untuk berkontribusi. . budaya lokal pencegahan bencana, sehingga mempromosikan tujuan dari strategi internasional untuk pengurangan bencana.

Telah menjadi kebanggaan masyarakat Aceh secara keseluruhan dan telah diadopsi dalam berbagai upaya adaptasi terhadap bencana gempa dan tsunami. Masyarakat Simeulue sangat mengapresiasi bantuan data dari berbagai kalangan untuk rekonstruksi pascabencana 2004, mereka ingin menumbuhkan kebanggaan akan “efisiensi”

Kapan Terjadi Tsunami Di Aceh

Itu diuji pada 26 Desember 2004 bencana gempa dan tsunami dengan hasil yang mengesankan. Keberadaan kata dalam bahasa memberikan definisi (mengetahui sesuatu, atau

Ramalan Bencana Alam Besar Di Banten, Aceh, Sulawesi, Anak Indigo Hard Gumay: Berhubungan Dengan Air Laut

). Pengetahuan ini memotivasi masyarakat Simeulue untuk mengambil tindakan cepat dan tepat ketika membaca tanda-tanda alam gempa dan tsunami.

. Namun, seiring waktu, pengetahuan yang terkait dengan kata-kata ini memudar. Banyak nyawa yang hilang sebagai akibatnya.

Berasal dari bahasa Devayan Simeulue dan mengacu pada peristiwa yang melibatkan rangkaian gempa bumi/surut/gelombang raksasa khas tsunami di Indonesia. Istilah ini terbagi menjadi lagu-lagu tradisional Simeulue,

Bentuk lagu yang sangat emosional ini dinyanyikan pada acara gathering dan pernikahan. Menceritakan kisah yang sama secara teratur adalah sistem yang sangat sederhana, tetapi memiliki kekuatan untuk menggerakkan orang dan menyelamatkan nyawa.

Dahsyatnya Gempa Bumi Dan Tsunami Di Aceh Pada Tahun 2004 Halaman All

Meskipun Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi online kelima menambahkan kata “semong” sebagai padanan kata “tsunami”, sebagian besar peneliti menggunakan kata “smong” – tanpa “e” – dan artikel mereka seperti McAdoo et al. . (2006), Syafwina (2014) dan Sany (2007). Definisi kata “Smong” dalam KBBI belum menjelaskannya

Kronologi tsunami di aceh, kisah tsunami di aceh, kapan tsunami terjadi, kapan tsunami di aceh, tsunami yang terjadi di aceh, korban tsunami di aceh, terjadi tsunami di aceh, gambar tsunami di aceh, kapan tsunami di aceh terjadi, akibat tsunami di aceh, tsunami aceh kapan, kapan terjadi tsunami aceh

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top