Connect with us

Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Informasi

Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Wisata Di Nusa Tenggara Barat – Wisata Bima NTB tak kalah dari Bali lho! Ada banyak tempat wisata alam yang kurang populer di kalangan wisatawan domestik. Nyatanya, sama seperti Pulau Moyo, wisata Sumbawa cukup mendapat perhatian wisatawan mancanegara.

Kementerian Pariwisata semakin gencar mempromosikan pariwisata Lombok dan Sumbawa (Kemerdekaan Rakyat) setelah Indonesia dinobatkan sebagai negara wisata halal terbaik dunia tahun 2019 menurut standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Pasalnya, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu brand wisata halal terbaik di Indonesia. Keindahan alam yang mempesona, tradisi yang mengakar, dan pengalaman perjalanan yang memacu adrenalin. Semua di dalam dan sekitar Bima. Berikut wisata Bima yang perlu Anda ketahui.

Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Festival Pesona Tambora (FPT) berakhir pada 11 April lalu. Tahun ini, FPT menggelar rangkaian acara di seluruh wilayah administratif Pulau Sumbawa, yakni Kota dan Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Lombok; Situs utama Festival Pesona Tambora terletak di Doro Nkanga, Taman Nasional Gunung Tambora. Festival ini dimeriahkan dengan berbagai tarian dan penampilan musik tradisional seperti Tari Doro Mantika Kolosal yang dibawakan oleh 300 penari.

Tempat Wisata Yang Sedang Hits Di Nusa Tenggara Barat

Festival Sulap Tambora menampilkan kedekatan masyarakat dengan Gunung Tambora. Setelah letusan dahsyat pada tahun 1815, Gunung Tambora meninggalkan banyak kekayaan alam dan, tentu saja, pemandangan yang sangat indah. Gunung Tambora dikenal sebagai “kawah terbesar di Indonesia” karena memiliki kawah dengan diameter sekitar 7 km dan luas sekitar 16 km. Bagi yang suka menjelajahi pegunungan di Indonesia, jalur ini bisa menjadi jalur pendakian selanjutnya!

Wisatawan kerap mengejar sunset di puncak Tambora, bukan sunrise. Mereka biasanya berangkat jam sembilan pagi dengan kendaraan off-road. Kemudian lanjutkan berjalan dari tas ke-5 ke atas selama kurang lebih dua jam. Dalam perjalanan, Anda akan menikmati hamparan padang rumput sabana Doro Nkanga. Di sini sapi, kerbau, dan kuda dibiarkan bebas mencari makan. Sungguh menyegarkan, apalagi jika Anda terbiasa bekerja berjam-jam di depan laptop.

Ingin menaklukkan gunung berapi aktif lainnya? Pergi ke pulau Sangeang yang tidak berpenghuni. Gunung Sangeang Api dengan dua puncaknya yaitu Doro Api (1.949 m.) dan Doro Mantoi (1.795 m.) sebenarnya dalam keadaan siaga aktif. Padahal, gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 2014. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak menetap di pulau ini secara permanen.

Namun para pendaki yang berjiwa besar tidak melewatkan kesempatan untuk mendaki Sangiang Api. Wisata Bima ini tak hanya menyimpan berbagai mitos menakjubkan, tapi juga jalur pendakian yang menantang. Sayang sekali untuk dilewatkan!

Daftar Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat Yang Mempesona

Pernahkah Anda bermimpi berjalan di atas laut? Pantai Lariti memiliki gundukan pasir putih yang “membelah lautan” antara pantai dan pulau kecil di seberangnya. Menariknya, tidak ada standar khusus untuk kapan “jalur” terjadi. Meski demikian, warga setempat tetap berdatangan untuk menikmati keindahan Pantai Lariti.

Di penghujung tahun 2018 lalu, pemerintah setempat memperbaiki jalan menuju pantai Lariti. Tak hanya itu, fasilitas umum seperti toilet, jalan setapak pantai, dan photo booth juga telah dibangun demi kenyamanan pengunjung.

Jangan heran jika Anda berkunjung ke Lakey Beach dan menemukan banyak turis mancanegara yang sedang berselancar. Pantai ini terkenal di dunia karena ombaknya tergolong “kidal”, artinya arah ombaknya tidak ke kanan, melainkan ke kiri seperti pantai lainnya.

Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Peselancar dari Australia, AS, dan Eropa datang ke sini untuk melatih keterampilan mereka. Anda tahu, mereka bisa tinggal di Lakey Beach selama berminggu-minggu. Pada waktu-waktu tertentu ada lomba selancar yang bisa mengumpulkan hingga 300 peserta!

Wisata Nusa Tenggara Barat

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada bulan April hingga Oktober karena cuacanya cerah dan ombaknya tinggi. Jika Anda bukan penggemar selancar, Anda masih bisa bermain air di pantai sambil menunggu matahari terbenam yang menakjubkan.

Tempat wisata ini mengingatkan Anda dengan Bukit Kampuhan di Ubud, bukan? Dari puncak bukit setinggi 100m ini, Anda akan terpikat oleh pemandangan laut, padang rumput yang hijau dan Gunung Tambora di kejauhan. Tak heran jika anak muda senang menghabiskan sore hari di Bukit Matompo. Suasananya sangat keren!

Bukit Matompo terletak di Desa Mbuju, Kecamatan Kilo. Berjarak sekitar 100 km dari Bima, Anda bisa singgah di bukit ini jika ingin mengunjungi Taman Nasional Gunung Tambora.

Jika Anda terbang ke Bima menuju Nusa Tenggara Barat, Anda akan mendarat di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin. Dari bandara, Anda bisa menuju pusat kota melalui jalan baru yang membentang di sepanjang tepi Pantai Kalaki. Tidak ada salahnya untuk berfoto di sini!

Wisata Budaya Di Nusa Tenggara, Tradisi Terjaga Hingga Kini

Terletak di ujung Teluk Bima, pantai ini memiliki ombak yang tenang. Jangan khawatir jika ingin berenang di Pantai Kaliki. Selain itu, masyarakat sekitar juga memanfaatkan pantai ini untuk budidaya ikan keramba.

BACA JUGA!!!  Destinasi Bulan Madu Di Indonesia

Nama Labangka sebenarnya mengacu pada sebuah kabupaten kecil di bagian timur negara bagian Sumbawa. Jika Anda menghabiskan hari di sini, Anda dapat mengunjungi pantai terdekat seperti Pantai Dewa, Pantai Lepu/Leppu, Pantai Sedudu dan Pantai Sebekil. Mereka semua memiliki satu kesamaan yang tidak diketahui oleh sebagian besar wisatawan dari Sumbawa! Sebab, pantai-pantai ini masih sangat bersih dan alami.

Yang paling terkenal di kalangan penduduk setempat adalah pantai Lepu/Leppu karena garis pantainya yang terjal. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk bermain air sepuasnya di pantai. Warna pasirnya berubah-ubah dari waktu ke waktu, kadang putih, coklat atau merah jambu. Menarik, bukan?

Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Apakah Anda mencari tujuan wisata lain di sekitar Bima untuk dijelajahi? Pergilah ke daerah bernama Lambu di sisi timur pulau. Daerah ini terkenal dengan pertambangan emas dan ladang bawang. Namun, ada permata yang memikat hati. Salah satunya adalah Pulau Kelapa. Anda bisa menyeberang ke pulau tersebut melalui dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sape.

Wisata Bukit Di Lombok Yang Begitu Menawan

Di Pulau Kelapa, Anda bisa berkeliling pulau lalu berkemah di atas bukit untuk menunggu indahnya matahari terbit.

Begitu kembali ke pantai, jangan hanya berjemur di pantai yang relatif sepi ini. Luangkan waktu untuk berenang bersama anak-anak nelayan. Mereka akan membawa Anda ke perairan yang dipenuhi terumbu karang hijau. Sungguh pengalaman yang unik!

Jika Anda tidak takut ular, kunjungi Pulau Ular. Pulau di selatan Pulau Sangeang ini sebenarnya kecil dan tidak berpenghuni. “Penghuni” pulau ini adalah ribuan spesies ular berbisa dengan warna dan corak yang unik. Beberapa ahli mengatakan ular itu berbisa, tetapi itu tidak menghentikan pengunjung untuk mengelus atau memotret ular tersebut.

Ular ini konon dikutuk oleh Bima atas pengkhianatan Raja Flores yang bekerja sama dengan Belanda. Dahulu, Raja Bima mengutuk anak buah kapal Raja Flores menjadi ular, dan tiang kapalnya menjadi pohon tinggi di tengah pulau hingga saat ini. Percaya atau tidak, sensasi melihat ular mendesis di celah-celah bumi pasti tak terlukiskan!

File:wisata Wadu Naru, Soro , Kempo, Dompu, Nusa Tenggara Barat.jpg

Sekitar 18 km dari pusat kota Bima, terdapat kompleks rumah adat bernama Uma Lengge yang hingga kini masih dipertahankan oleh warga setempat. Rumah beratap miring ini sebenarnya setinggi tiga lantai, lho! Lantai pertama yang terbuka adalah ruang tamu, lantai kedua adalah kamar tidur, dan lantai ketiga adalah tempat penyimpanan makanan. Antik, bukan?

Di tempat wisata Bima ini Anda wajib mencoba Rimpu wanita, cara berpakaian masyarakat Dompu-Bima dengan dua sarung (ndo’o). Sedangkan pria mencoba teknik “katente”, atau melilitkan sarung di pinggang. Anda juga bisa berinteraksi dengan warga dan belajar tentang cara bercocok tanam berdasarkan kearifan lokal yang masih mereka anut.

Pantai Tanjung Meriam terletak di kawasan Lambu dan agen tur biasanya merekomendasikan untuk mengunjungi pantai ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Kelapa. Keistimewaan Tanjung Meriam adalah bentuk tebing yang membentuk perbukitan di sepanjang garis pantai. Ahli geologi menyebut batuan ini sebagai sambungan kolom. Mereka percaya bahwa sambungan kolom di Pantai Tanjung Meriam adalah struktur alam asli, bukan bawaan atau buatan manusia.

Wisata Di Nusa Tenggara Barat

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, sebut saja “Toro Maria” karena nama Tanjung Meriam kurang dikenal masyarakat setempat. Selain mendaki bukit berbatu untuk fotografi, Anda juga bisa berenang di perairan dangkal. Pantai yang sepi akan menjadi puncak liburan Anda ke Bima. Tertarik?

Wouw, Seekor Buaya Berkeliaran Di Pantai Wisata Nambung

Pariwisata Bima Nusa Tenggara Barat berharap untuk menyentuh Anda dan menyebar selamanya dan di seluruh dunia. Yuk cek kalender liburan sekarang dan rencanakan perjalananmu ke Bima!

Pecinta buku, penggemar langit biru, penikmat lagu sedih. Dia suka menemukan pohon saat bepergian dan bermimpi menghabiskan masa tuanya di Alaska. Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan provinsi yang sangat terkenal di Indonesia. Pasalnya, provinsi ini merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Bicara Nusa Tenggara Barat, kita langsung teringat Lombok. Namun, apakah banyak destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat yang ada di Lombok?

Memang, tempat wisata di Lombok termasuk tujuan wisata yang paling terkenal. Tidak terbatas di Indonesia. Wisata pulau Lombok sudah terkenal hingga ke mancanegara. Namun tempat wisata di Nusa Tenggara Timur tidak hanya Lombok saja, namun masih banyak tempat wisata lainnya yang harus kita kunjungi.

Bisa dikatakan Nusa Tenggara Timur memiliki tempat wisata yang banyak dan beragam. Kita bisa mendapatkan pemandangan yang indah dari pantai hingga pegunungan. Semua itu membuktikan bahwa provinsi ini sendiri memang memiliki banyak potensi wisata. Kali ini kita akan membahas beberapa tempat wisata di Nusa Tenggara Barat. Beberapa tempat wisata yang harus Anda kunjungi misalnya

Rekomendasi Tempat Wisata Di Lombok Paling Populer, Dari Gunung Hingga Pantai Semuanya Sama Sama Memukau

Objek wisata di Nusa Tenggara Timur yang pertama adalah Gunung Rinjani. Sebuah gunung

Pulau di nusa tenggara barat, tempat wisata di nusa tenggara, wisata di nusa tenggara, objek wisata nusa tenggara barat, wisata di nusa tenggara timur, tempat wisata nusa tenggara barat, bandara di nusa tenggara barat, hotel di nusa tenggara barat, pantai di nusa tenggara barat, objek wisata di nusa tenggara barat, wisata nusa tenggara barat, tempat wisata di nusa tenggara barat

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top