Connect with us

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur

Informasi

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur – Liputan6.com, Jakarta Wisata Gunung Bromo memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan. Terletak di 4 provinsi yaitu Provinsi Malang, Provinsi Lumajang, Provinsi Pasuruan dan Provinsi Probolingo, gunung ini memiliki keindahan yang tak terbantahkan.

Terlepas dari keindahannya, lokasi gunung ini tidak pernah sepi pengunjung. Dari penduduk lokal hingga turis dari kota bahkan turis mancanegara berduyun-duyun menyaksikan keindahan gunung berapi ini.

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur

Berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, gunung ini tidak hanya dikenal dengan pesona gunungnya, namun masih menyimpan beberapa tempat wisata utama.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Penasaran apa saja tempat wisata di Gunung Bromo yang paling top? Liputan6.com telah merangkumnya pada Sabtu, 6 Desember 2021 dari berbagai sumber.

**Gempa di Cianjur meluluhlantakkan dunia Pasudan, maka mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Titik wisata di gunung bromo yang pertama adalah pendakian ke 1. Pananjakan 1 berada di ketinggian 2770 mdpl dan merupakan tempat yang strategis untuk menyaksikan matahari terbit atau disebut juga Bromo Golden Sunrise. Untuk mencapai Gardu Pandang Pananyakan 1 kita harus menggunakan jeep yang merupakan satu-satunya alat transportasi wisatawan di sekitar Gunung Bromo.

Letaknya yang sangat tinggi tentu membuat udara di sekitar tempat wisata Pananjakan 1-Mt. Bromo sangat dingin. Jangan lupa membawa jaket yang terbuat dari bahan tebal jika tidak tahan dengan udara dingin yang menghalangi kenikmatan trekking di Gunung Bromo.

Tiket Masuk Gunung Bromo 2022, & Info Wisata Sekitarnya

Dalam paket wisata yang ditawarkan oleh agen perjalanan Gunung Bromo, tempat wisata Pananjakan 1 Bromo akan menjadi tempat pertama yang Anda kunjungi saat fajar karena lokasi ini adalah tempat Anda dapat melihat matahari terbit keemasan saat Anda mendekati Gunung Bromo di pagi hari.

Destinasi wisata Gunung Bromo selanjutnya adalah Gunung Vidodaren. Gunung ini tidak jauh dari lokasi Gunung Bromo dan bersebelahan dengan Gunung Batok yang masih ada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Ski Semeru. Fasilitas wisata Vidodaren terletak di ketinggian 2614 meter. Beberapa penduduk setempat mengatakan bahwa puncak Gunung Vidodaren sering dijadikan tempat bertapa oleh beberapa suku asli Langit untuk mencapai Muksha (kesempurnaan). Kisah-kisah terkait langit dan masyarakat Gunung Vidodaren menjadi daya tarik wisata yang menarik selain keindahan dan lanskap Gunung Vidodaren.

Tempat wisata di gunung bromo selanjutnya adalah wisata kawah bromo. Gunung Bromo memiliki diameter kawah ± 800 meter (dari utara ke selatan) dan ± 600 meter (dari timur ke barat). Dari pusat kawah Bromo yang dikenal sebagai kawah utama, terdapat lingkaran raksasa dengan diameter 4 km. Keindahan fenomena alam ini dapat kita lihat dari jarak yang sangat dekat.

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur

Destinasi wisata di Gunung Bromo selanjutnya adalah Bukit Cinta. Bukit Cinta Bromo atau Love Hill merupakan destinasi wisata yang terbilang baru diperkenalkan untuk melengkapi keseruan wisata Gunung Bromo. Beberapa wisatawan mengklaim bahwa Bukit Cinta adalah titik emas untuk menyaksikan matahari terbit di Gunung Bromo dan tidak kalah dengan spot matahari terbit lainnya. Inilah mengapa beberapa wisatawan memutuskan untuk pindah ke Gunung Bromo Cinta jika titik Pananyakan 1 terlihat ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan dapat merasakan kenyamanan menyaksikan golden sunrise Gunung Bromo, sambil menikmati keindahan alam Bukit Cinta sebagai objek wisata, seperti ukuran 3 gunung yang sangat erat kaitannya, yaitu Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

Obyek Wisata Gunung Bromo, Kapan Kamu Mau Ke Sini?

Tempat wisata di Gunung Bromo selanjutnya adalah Pasir Berbisik Bromo. Gurun seluas 5.920 hektar ini merupakan pemandangan alam yang tidak bisa ditemukan di sekitar gunung lain di Indonesia. Bahkan Taman Nasional Tengur Semeru disebut-sebut sebagai satu-satunya kawasan pegunungan dengan laut berpasir di Nusantara.

Angin kencang yang meniup pasir di lokasi ini menyebabkan butiran pasir beterbangan ke udara. Gesekan antar butiran pasir menghasilkan suara siulan seperti orang sedang berbisik. Karena itu, tempat itu dinamakan Pasir Berbisik, yang kemudian dipopulerkan sebagai judul film layar lebar sutradara Nan Ahnas tahun 2001. Film yang dibintangi oleh Diane Sastro Vardojo ini ternyata menjadi salah satu yang mempopulerkan nama Pasir Berbisik. Terletak di kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur.

Destinasi wisata Gunung Bromo selanjutnya adalah Gunung Bromo Teletubis. Pemandangan indah di Bukit Teletubby dan savana di kaki bukit menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang suka berfoto. Bahkan, Bromo Teletubbies menggunakan lokasi Bukit sebagai lokasi syuting prewedding.

Tempat wisata di Gunung Bromo selanjutnya adalah Pura Luhur Poten. Pura Luhur Poten Bromo adalah pura tempat umat Hindu Tenga yang tinggal di Bromo Paradise berdoa. Masyarakat Tengu berperan penting dalam menjaga kesucian wilayah Taman Nasional Bromo Tengu Semeru.

Tempat Wisata Di Bromo Terpopuler, Paket Lengkap Keindahan Alam

Pura Luhur Poten merupakan satu-satunya bangunan di Šaputni Pesk. Dibangun pada tahun 2000, kompleks candi Luhur Poten terdiri dari tiga bangunan. Setiap mandala utama adalah tempat berdoa

Padma (tempat pemujaan), mandala sredina (tengah) tempat persiapan dan pengiring ritual pemujaan, dan mandala nista (samping depan) tempat peralihan dari luar ke dalam pura. Pura Luhur Poten adalah objek wisata utama Gunung Bromo, penuh dengan tempat ibadah dan ritual keagamaan umat Hindu.

Destinasi wisata Gunung Bromo selanjutnya adalah Gunung King Kong. Bukit King Kong adalah salah satu tempat paling populer untuk menyaksikan matahari terbit di Bromo. Tempat ini tidak jauh dari pendakian pertama, jaraknya hanya 2,5 km. Meski menjadi alternatif untuk menyaksikan matahari terbit, tempat ini sangat digemari wisatawan. Nah, untuk melihat keindahan matahari terbit, Anda harus bersiap-siap bertemu dengan wisatawan lain yang ingin melihat keindahan matahari terbit dari bukit ini.

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur

Tempat wisata Gunung Bromo selanjutnya adalah Padang Rumput Savannah. Padang savana ini terletak di sebelah tenggara Gunung Bromo dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi dan eksotis serta pegunungan kecil yang mengelilingi padang rumput ini. Padang rumput savana akan mengejutkan Anda dengan keindahan alam yang jarang ditemui di tempat lain, seperti bentang alam hijau yang luas yang menyegarkan mata. Namun jika ingin ke sana, Anda harus melintasi lautan pasir kering seperti Mesir.

Wisata Bromo Dan Destinasi Wisata Yang Wajib Di Kunjungi

Setelah melihat keunikan keindahan Gunung Bromo dengan terbitnya matahari, tidak ada salahnya mengunjungi desa Ngedas. Desa ini adalah wilayah yang dihuni oleh Klan Langit. Lokasi ini berada di wilayah Kabupaten Punkokusumo. Secara umum terlihat seperti perkampungan, namun ketika Anda datang dan minum bersama penduduk setempat, Anda akan merasakan tradisi suku Tengu yang masih terjaga sampai sekarang.

Tidak hanya turis domestik yang menginap di desa ini, tetapi juga banyak turis dari mancanegara. Sebagian besar dari mereka ingin lebih mengenal adat istiadat penduduk asli marga Tengu yang masih melestarikan warisannya. Selain itu, desa ini juga mengadakan acara adat yang bisa disaksikan secara langsung, seperti pacuan kuda, arisan, dan kubu pertahanan.

Destinasi wisata di Gunung Bromo selanjutnya adalah B 29 Argosari. B 29 Argosari adalah salah satu tempat perkemahan favorit di Bromo. Tempat wisata yang satu ini memang asing bagi pengunjung Bromo. Tempat ini merupakan puncak tertinggi di kawasan wisata Gunung Bromo dan lebih dari sekedar pendakian. Jadi sayang kan kehilangan kawasan wisata dengan tambahan udara dingin dan banyak tumbuhan khas pegunungan dengan view yang sangat bagus.

Lokasi wisata ini berada di desa Argosari di Keko. Senduro berjarak 40 km dari Lumayang. Akses termudah ke B29 adalah melalui Senduro Lumayang, di selatan.

Wisata Gunung Bromo Paling Menakjubkan

Destinasi wisata di Gunung Bromo selanjutnya adalah Penanjakan 2. Selain tanjakan 1, tanjakan 2. Lokasinya masih kalah tinggi dengan tanjakan 1, namun dengan tantangan yang lebih mudah, kawasan ini lebih mudah diakses. Untuk menuju Penanjakan 2 dapat anda akses dari Kabupaten Probolinggo. Dijamin jadi pilihan lain, tempat ini menawarkan keindahan yang tak kalah dari 1 lokasi pendakian bromo.

Destinasi wisata Gunung Bromo selanjutnya adalah Gunung Mentigen. Selain Penanyakan 1 dan Pendakian 2, pilihan ketiga untuk melihat matahari terbit adalah Gunung Mentigen. Di sini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki dari penginapan atau hotel di Cemara Lavang di Proboling.

Walaupun bukitnya tidak terlalu tinggi, namun bisa menjadi pilihan terbaik jika anda akan ke Bromo sebagai backpacker, tidak mengendarai kendaraan roda 4 atau 2, letaknya tidak jauh dari Makam Lawang dengan berjalan kaki.

Lokasi Gunung Bromo Jawa Timur

Destinasi wisata gunung bromo selanjutnya adalah desa Ngadisari. Desa bernama Ngadisari ini hampir identik dengan desa Ngedas, yakni penduduk asli suku Tengu. Di desa ini Anda bisa menikmati tradisi masyarakat setempat dan berinteraksi langsung dengan mereka. Jangan takut, warga desa Ngadas dan Ngadisari sangat baik kepada orang asing atau turis yang sengaja datang ke sini.

Lokasi Yang Wajib Dikunjungi Di Bromo, Ada Hidden Gem!

Selain bertemu dan bersosialisasi dengan mereka, Anda juga bisa menikmati keindahan alam desa ini. Desa ini menawarkan beberapa fasilitas seperti akomodasi, restoran, dan toilet umum.

* Fakta atau kebohongan? Jika Anda ingin mengetahui keakuratan informasi yang disebarkan, silakan hubungi kami di WhatsApp

Peta lokasi gunung bromo, hotel dekat bromo jawa timur, lokasi wisata gunung bromo, gunung bromo jawa timur, lokasi bromo, lokasi gunung bromo, gunung bromo probolinggo jawa timur, wisata gunung bromo jawa timur, lokasi gunung bromo dimana, peta gunung bromo jawa timur, gunung bromo malang jawa timur, lokasi wisata bromo

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top