Connect with us

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Informasi

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Gurun Terluas Di Benua Afrika – Gurun dikenal sebagai hamparan gurun yang tandus, tetapi penelitian menunjukkan bahwa ada jutaan pohon di gurun Sahara.

Ada lebih banyak pohon di wilayah Sahara dan Sahel dari yang diperkirakan sebelumnya (Foto: bbc.com/indonesia – MARTIN BRANDT).

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Jakarta – Ketika berbicara tentang Sahara, gurun pasir terluas di dunia di benua Afrika, yang terbayang adalah hamparan gurun pasir yang tak ada habisnya. Tetapi sebuah studi baru menunjukkan Sahara menyembunyikan sesuatu yang tidak terduga: ratusan juta pohon.

Gurun Sahara Menjadi Viral Di Tiktok, Dengan Foto Foto Pria Bercinta

Sahara terletak di Afrika Utara dan berusia 2,5 juta tahun. Gurun ini membentang dari Samudra Atlantik hingga Laut Merah. Dari Laut Mediterania di utara hingga Sahel di selatan. Dari Mauritania di barat hingga Mesir di timur (id.wikipedia.org).

Tidak ada hutan di padang pasir, tetapi pohon-pohon ini tumbuh secara terpisah. Sekelompok peneliti internasional berhasil menghitung jumlah individu pohon di area seluas 1,3 juta kilometer persegi di barat laut Afrika.

Wilayahnya membentang antar negara termasuk Aljazair, Mauritania, Senegal dan Mali dan termasuk bagian dari wilayah Sahara Barat serta Sahel, wilayah semi-tropis di gurun selatan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature menyimpulkan bahwa kawasan itu “masih memiliki jumlah pohon yang sangat banyak”. Lebih tepatnya, jumlah pohon yang terdaftar adalah 1,8 miliar, jumlah yang jauh lebih tinggi dari perkiraan semula.

Gurun Terluas Di Benua Asia Dan Letaknya

Peneliti utama kelompok itu, Martin Brandt, dari Universitas Kopenhagen di Denmark, mengatakan kepada BBC Mundo bahwa meskipun “sebagian besar pohon ada di Sahel, ada ratusan juta pohon di Sahara saja”.

“Perkiraannya rata-rata satu sampai tiga per hektar di daerah yang sangat kering di Sahara. Kedengarannya tidak banyak, tapi lebih banyak dari yang kami perkirakan,” katanya.

Brandt juga menambahkan bahwa wilayah yang diteliti hanya 20% dari Sahara dan Sahel, jadi “jumlah pohonnya jauh lebih tinggi.”

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Tim ilmuwan, yang terdiri dari para ahli dari badan antariksa AS NASA, badan penelitian ilmiah Prancis CNRS dan Pusat Ekologi Dakar di Senegal, melakukan penelitian dengan memeriksa gambar beresolusi tinggi dari satelit yang biasanya digunakan untuk keperluan militer dan industri.

Begini Alasan Keberadaan Gurun Di Australia

Untuk melakukan ini, mereka menggunakan lebih dari 11.000 foto area studi yang diambil oleh empat satelit oleh perusahaan swasta Digital Globe, milik badan intelijen Amerika Serikat, yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan.

Mereka menggunakan perangkat berbasis kecerdasan buatan untuk menemukan pohon dengan menerapkan perangkat lunak ke komputer untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini mengidentifikasi pohon.

Agar tidak membuat pilihan yang salah antara pohon dan semak, para ilmuwan memutuskan untuk menggunakan sistem yang dapat mengidentifikasi pohon secara akurat.

“Saya menghitung banyak pohon karena detail gambar yang diambil sangat jelas dan pohon tidak terlihat sama, dan kami ingin pengukurannya akurat,” tambahnya.

Karakteristik Benua Afrika Lengkap Dengan Penjelasannya

Peneliti juga mengatakan bahwa tidak semua pohon yang ada di area tersebut dihitung dan hanya terbatas pada pohon yang rata-rata memiliki lebar puncak 12 meter persegi.

Brandt mengatakan temuan itu tidak bisa dikatakan untuk mengimbangi masalah deforestasi besar-besaran, yang diperparah oleh kebakaran hutan di Yunani, Australia, Amerika Serikat dan Amerika Selatan.

“Pohon selalu ada di daerah kering. Mengetahui jumlah dan lokasinya sangat penting, tapi itu tidak bisa disamakan dengan menanam pohon baru,” ujarnya.

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Ia juga menjelaskan bahwa pohon gurun kurang berfungsi dibandingkan pohon hutan untuk menyerap karbondioksida dari atmosfer.

Sebutkan Gurun Pasir Yang Terluas Di Benua Afrika

“Pohon sangat penting bagi kehidupan dan fungsinya untuk menyuburkan tanah dan juga sebagai tempat berlindung bagi manusia dan hewan. Pohon juga dapat menghasilkan dan penting untuk makanan,” tambahnya.

“Kita perlu membuat model yang lebih kuat dan dapat digunakan dengan berbagai sistem satelit dengan resolusi berbeda,” kata Brandt.

“Kalau digunakan untuk kawasan hutan, sulit menghitung pohon. Kalau sulit mata kita, juga akan sulit menggunakan model komputer ini,” tutupnya (bbc.com/indonesia). []

Selain mengikuti kegiatan yang merupakan bagian dari program perayaan hari jadi DKI Jakarta, Anda juga bisa merayakannya dengan berkeliling Afrika yang merupakan salah satu benua terbesar di dunia yang dibatasi oleh selat, laut, dan samudra. Benua ini juga dikenal memiliki gurun terluas di dunia yaitu Gurun Sahara. Namun pada kenyataannya, gurun pasir di benua Afrika tidak hanya Sahara saja, melainkan ada beberapa gurun lainnya yang mungkin belum begitu terkenal dengan gurun pasir tersebut. Sepintas, padang pasir terlihat indah saat Anda melihatnya dalam gambar. Namun, situasi saat ini cukup memilukan dan perlu diwaspadai. Karena sudah banyak kasus dimana orang tersesat di padang pasir dan meninggal karena kekurangan air. Tentunya hal ini tidak bisa diremehkan, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali ingin mengunjungi benua Afrika. Jadi apa gurun terbesar di benua Afrika? Mari temukan jawabannya di artikel ini.

Ternyata 5 Pilihan Padang Pasir Ini Terluas Yang Ada Di Dunia Loh!

Nuswantoro dkk (2011) menyebutkan 10 besar di dunia dan gurun Sahara terletak di wilayah Afrika Utara yang membentang dari Senegal hingga Kenya. Permukaan gurun ini mencapai 1,9 juta km². Perlu diketahui bahwa tidak semua gurun Sahara terdiri dari daerah berpasir. Ini karena sebagian besar wilayah gurun ini terdiri dari dataran tinggi berbatu, pegunungan, dan lembah berdebu.

Jika Sahara terletak di Afrika Utara, berbeda dengan Gurun Kalahari yang berada di selatan. Gurun ini memiliki luas sekitar 570.000 km², meliputi separuh Botswana, sebagian Namibia, dan Afrika Selatan.

Fakta unik tentang gurun Kalahari adalah memiliki area yang penuh dengan rerumputan saat musim hujan tiba. Oleh karena itu, tidak heran jika kawasan ini disebut semi gurun.

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Gurun Libya terletak di Afrika Barat. Gurun ini terletak di sisi timur negara Libya dengan luas 674.000 km².

Karakteristik Benua Asia Dan Benua Lainnya Quiz

Meski sebagian besar daratannya berupa gurun, ada daerah di daerah yang lebih rendah yang memiliki banyak sumber daya. Contohnya termasuk Kharijah Oasis, Faranfra dan Dakhla.

Gurun Namid adalah gurun tertua di dunia, diperkirakan berusia 80 juta tahun. Ini karena kurang dari 10 mm jatuh setiap tahun. Gurun Namib membentang sekitar 1.600 km di wilayah Samudra Atlantik Namibia.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa gurun terluas di Afrika maupun di dunia adalah gurun Sahara. Namun, setiap gurun memiliki fakta uniknya sendiri yang membuatnya menarik bagi wisatawan mancanegara. (DLA) Gurun adalah jenis ekosistem di darat. Selain merupakan daerah yang luas dengan tanah yang sangat kering, vegetasi di gurun sangat jarang. Tumbuhan dan hewan yang hidup di sini secara khusus beradaptasi dengan lingkungan yang keras.

Berdasarkan kondisi geografis, terdapat empat jenis gurun di dunia yaitu gurun kutub, gurun subtropis, gurun musim dingin, dan gurun pesisir dingin.

Gunung Tertinggi Di Benua Afrika, Megah Dan Unik

Gurun Antartika adalah gurun terbesar di dunia. Gurun kutub bertipe gurun ini meliputi benua Antartika dengan luas kurang lebih 5,5 juta mil persegi atau 14,2 juta kilometer persegi. Gurun kutub dicirikan oleh suhu yang sangat dingin dan kondisi kering dengan curah hujan yang sangat sedikit. Karena pemandangan bersalju, sebagian besar air di daerah ini membeku.

Gurun terbesar kedua di dunia adalah gurun Arktik. Seperti gurun Antartika, gurun Arktik adalah gurun kutub. Kawasan hutan belantara Arktik seluas kurang lebih 5,4 juta mil persegi, atau 13,9 juta kilometer persegi, meliputi Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Nama gurun Sahara sudah lama dikenal sebagai gurun terluas di dunia di luar kawasan kutub. Sahara adalah gurun subtropis di bagian utara benua Afrika. Memiliki luas kurang lebih 3,5 juta mil persegi atau 9 juta kilometer persegi, meliputi beberapa negara, antara lain Aljazair, Libya, Mesir, Mauritania, Mali, Chad, dan Sudan.

Gurun Terluas Di Benua Afrika

Gurun Arab terletak di benua Asia dan mencakup hampir seluruh wilayah Jazirah Arab. Luas Gurun Arab kurang lebih 1 juta mil persegi atau 2,5 juta kilometer persegi. Gurun subtropis ini melewati beberapa negara seperti Irak, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, Arab Saudi dan Yordania. Wilayah terluas gurun Arab ada di negara Arab Saudi.

Fakta Gurun Sahara, Meski Panas Permukaannya Pernah Tertutup Salju

Gurun Gobi membentang melintasi Asia Tengah di Mongolia dan Cina. Luas gurun Gobi adalah 500 ribu mil persegi atau 1,3 juta kilometer persegi. Gurun Gobi adalah sejenis gurun musim dingin. Suhu terdingin di gurun ini bisa mencapai -38 derajat Celcius dan pada musim panas suhu mencapai 42 derajat Celcius. KOMPAS.com – Sahara merupakan kawasan gurun terluas di dunia yang terletak di benua Afrika. Luas gurun Sahara menempati 9,4 juta meter persegi, hampir sepertiga benua Afrika dan sama dengan luas Amerika Serikat, termasuk Alaska dan Hawaii.

Gurun Turkestan adalah gurun terbesar di dunia. Gurun Turkestan adalah gurun terbesar ketiga di dunia dengan luas 1,9 juta kilometer persegi. Atau kurang lebih 750 mil persegi, menjadikannya gurun pasir terluas kedua di benua Asia setelah Gurun Arab.

Jakarta – Diperkirakan sepertiga permukaan tanah di negeri ini terdiri dari daerah kering dan tandus yang disebut gurun. Ini adalah gurun terbesar di dunia. Gurun di benua Afrika, Sahara, adalah gurun terbesar pertama di dunia. Luasnya justru melebihi daratan Indonesia, yakni 9,2 juta km².

Gurun terbagi di seluruh dunia, ada gurun yang terbesar dan gurun yang terkecil. Sekarang kita akan mempertimbangkan gurun terbesar di dunia.

Dulu Gurun Sahara Pernah Jadi Hutan Lebat, Kenapa Bisa Berubah?

Ini adalah gurun terbesar di dunia. Gurun di benua Afrika, Sahara, adalah gurun terbesar pertama di dunia. Luasnya sebenarnya melebihi daratan Indonesia, yakni 9,2 juta km². Luas Indonesia hanya 1,9 juta km². iStock

Kami menggunakan cookie di situs web kami untuk memberi Anda pengalaman yang paling nyaman dengan mengingat preferensi Anda dan kunjungan berulang. Dengan mengeklik “Terima Semua”, Anda menyetujui penggunaan SEMUA cookie. Namun, Anda dapat mengunjungi “Pengaturan Cookie”

Gurun terluas di dunia, gurun terluas di afrika, gurun terluas di benua asia, danau terluas di benua afrika, gurun terluas di benua asia adalah gurun, benua terluas di dunia adalah, gurun pasir terluas di benua afrika, negara terluas di benua asia, gurun terbesar di benua afrika, gurun terluas di benua eropa, negara terluas di benua afrika, gurun di benua afrika

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top