Connect with us

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

Informasi

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat – Kota Bukittinggi mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pasalnya, jam gadang ikonik yang menempel di kota tersebut merupakan satu-satunya replika jam British Big Bang di dunia. Selain itu, kota ini selalu dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara dari provinsi Sumatera Barat. Tentunya menjadi salah satu kota yang nyata sebagai pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu luang dan mengenalkan anak Anda pada sejarah kota, berbagai peninggalan kuno dan keindahan alam lainnya.

Merupakan taman wisata keluarga yang dibangun oleh pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Disebut Taman Ngarai Maraam karena berada tidak jauh dari ngarai yang menjadi pemandangan indah di kota Bukittinggi. Ngarai berarti jurang yang dalam di antara bukit-bukit yang mengelilingi kota. Taman ini tidak jauh berbeda dengan taman pada umumnya, dengan area terbuka yang luas.

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

Selain itu, ada juga beberapa tempat berfoto berupa taman yang dihias dengan hiasan. Dengan berbagai wahana yang memperkenalkan pengunjung untuk menikmati keindahan liburan. Tak perlu khawatir mengumpulkan tiket, pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir.

Masyarakat Pengunjung Tempat Wisata Kebun Binatang Ambil Bagian Dalam Percepatan Vaksinasi

Sejarah Indonesia terjalin dengan kota kecil ini. Salah satunya dengan berdirinya Museum Bung Hatta di Jalan Soekarno-Hatta no. 37, Bukittinggi. Museum ini merupakan rumah anak Bung Hatta yang sangat cocok sebagai tempat berkumpulnya tamu dan keluarga Anda sambil mengajarkan nilai-nilai sejarah kepada anak-anak.

Rumah kayu berlantai dua ini tidak hanya mengajarkan dan menunjukkan sosok Bung Hatta sehari-hari, tetapi juga menunjukkan perilakunya yang harus Anda ajarkan kepada anak-anak Anda. Kesederhanaan dan kesopanan Bung Hatta terlihat jelas pada furnitur dan potretnya.

Taman ini merupakan tujuan wisata hiburan dan budaya keluarga di kota Bukittinggi, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki melintasi jembatan Limpipe, tepat setelah pemandangan Benteng Kok. Memasuki kebun binatang dan taman budaya, Anda akan langsung melihat kandang gajah, dan rumah adat Baanzhuang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Meski banyak pohon peneduh, namun jumlahnya masih lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di Bukit Jirek tempat benteng itu berada. Namun, ada yang menarik perhatian Anda saat memasuki kawasan taman margasatwa ini, yaitu pohon yang sangat tua dengan cabang yang tak terhitung jumlahnya, ditutupi lumut dan pakis.

Tempat Wisata Unggulan Di Sumatera Barat Yang Wajib Di Kunjungi

Benteng ini merupakan saksi bisu koloni Belanda yang ingin menguasai kerajaan Minang. Di sekitar area kastil, Anda akan menemukan 4 meriam di empat sudutnya. Kawasan yang teduh cocok sebagai tempat beristirahat setelah mengetahui sejarah perjuangan rakyat Minang melawan Belanda yang tertulis di sebuah tugu yang terletak sekitar 10 meter dari benteng.

Letaknya yang berdekatan dengan Kebun Binatang Bukittinggi memudahkan pengunjung untuk mencapai tempat ini saat melintasi Jembatan Limpape yang melintasi kota Bukittinggi. Tentu saja pajak sebesar Rp. 5.000 per orang untuk lulus Tahukah Anda bahwa Bukittinggi pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Kota kelahiran Bung Hatta ini selain menyimpan sejarah, wisata belanja murah, juga dikenal sebagai kota dengan perbukitan alami.

Selain dikaruniai tanah yang subur, kota ini memiliki banyak panorama alam yang indah hampir di segala penjuru, sehingga menarik bagi industri pariwisata.

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

Apakah Anda ingin pergi ke Grand Canyon, Arizona di Amerika Serikat, tetapi Anda belum melakukannya? Tidak perlu ke sana, sekarang sudah ada keindahan persis seperti Grand Canyon yang ada di Indonesia.

Daftar Tempat Wisata Di Bukittinggi Yang Cocok Untuk Berlibur

Lembah terjal dengan bebatuan tangguh ini terletak di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat dan tak kalah kerennya dengan Grand Canyon. Bagi Anda pecinta landscape, Ngarai Sianok Bukittinggi dengan pepohonan hijau dan bebatuan tinggi bagaikan surga.

Bersantai sambil menikmati pesona biru Danau Maninjau dari atas Loang akan menjadi pembuka dan penutup hari Anda yang sempurna. Berada di ketinggian 1.210 mdpl, Puncak Lawang merupakan puncak tertinggi dari perbukitan yang mengelilingi Danau Maninjau.

Maaram Canyon Park berlokasi di Jl. M. Syafe’i, yaitu setelah Rs. Ahmad Mukhtar Bukittinggi. Dari taman ini Anda bisa langsung menikmati pemandangan Ngarai Sihanouk dari kejauhan. Kawasan hijau terbuka untuk umum, tempat terbaik untuk bersantai sambil menikmati kawasan hijau alami Bukittinggi.

Kalau ke Ngarai Sianok di Bukittinggi, jangan lupa mampir ke kafe bernama Taruko. Selain memiliki kafe seperti rumah gadang, ada juga resort dan penginapan yang menarik.

Destinasi Wisata Di Padang Dan Sekitarnya Yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Sekitar 15-20 menit dari Jam Gadang, di pusat kota Bukittinggi. Letaknya di kaki Tabiang Thakurom, sebuah bukit kecil yang menjulang tinggi dan dikelilingi bebatuan. Di sini Anda bisa bersantai dengan bahagia.

Yanjang atau Skali terletak di dekat koto gadang. Hamparan ini dikelilingi lembah, dan di bawahnya terdapat tempat wisata Ngarai Sianok, Janjang Koto Gadang atau Great Walala Sumatera. Panjangnya sekitar satu kilometer dan menghubungkan dua kawasan perkotaan, yaitu kawasan Agam dan kota Bukittinggi.

Nah itulah 5 rekomendasi tempat wisata untuk yang masih bingung mau ke mana saat liburan di Sumatera Barat. Selamat berlibur!

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penuh penulis. Keindahan alam yang masih alami, serta keramahan masyarakatnya menjadikan kota ini pantas untuk Jawa. Bukittinggi juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara sebagai destinasi utama di luar Bali. Berikut ini adalah daftar tempat wisata terbaru di luar sana

Menikmati Ketenangan Danau Maninjau Dari Ketinggian

Kalau Jakarta punya Monas, Yogyakarta punya tugu, dan Bukittinggi punya jam gadang. Ya, jam gadang adalah lambang kota di Sumatera Barat ini. Singgah di Taman Sabai Nan Aluih atau lebih tepatnya di depan Istana Bung Hatta, jam ini selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka berjalan-jalan di taman sambil menikmati keindahan jam besar berukuran 13 x 4 meter Untuk lebih menjamin kenyamanan pengunjung, pemerintah setempat melengkapi taman dengan bangku-bangku beton siang dan malam.

Basement yang dibangun pada masa penjajahan Jepang ini akan membuat wisata sejarah Anda semakin lengkap. Lubang yang terletak sekitar 40 meter di bawah Sungai Sianok ini memiliki panjang 1.470 meter. Yang unik dari lubang ini adalah memiliki 21 jalur. Di dalamnya Anda akan menemukan 21 terowongan yang digunakan untuk tempat tinggal, penyimpanan amunisi, ruang pertemuan, dapur, ruang penyergapan, ruang tahanan, dan ruang penyiksaan. Di tempat ini Anda akan mendengar betapa kerasnya para pahlawan kita berjuang di bawah tekanan Jepang.

Sesuai dengan namanya yang berarti “bukit terkunci”, bukit ini terletak di atas tebing tinggi dan membelah sungai jernih menjadi dua jalur. Belum lagi keberadaan Puncak Singgalang yang membuat tempat ini terlihat seperti pulau terpencil. Namun, kawasan ini tercipta akibat gempa besar yang melanda Sumatera Barat hingga membuat patahan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Berada di tempat ini sambil menikmati suara air sungai yang bersih akan menenangkan hati Anda. Apalagi jika Anda sedang duduk dan menikmati kopi di salah satu kafe populer di kawasan tersebut.

Akibat gempa tersebut, Bukittinggi pun membentuk lembah Ngarai Sianok. Lembah ini terbentang dari Nagari Koto Gadang di sisi selatan hingga Nagari Sianok Enam Suku di sisi utara. Lembah yang panjangnya sekitar 15 kilometer ini sangat dalam, mencapai 100 meter, dan lebar celahnya 200 meter. Karena memiliki suasana yang tenang dan damai, banyak wisatawan yang menyebut tempat ini Silent Valley. Tempat yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur.

Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Sumatra Yang Wajib Dikunjungi

Ingin merasakan pengalaman mengunjungi Tembok Besar China? Jangan khawatir, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Bukittinggi pun Anda bisa melihatnya, tembok besar dengan deretan anak tangga yang sangat panjang. Karena banyaknya langkah konstruktif, orang menyebutnya zhangjang saribu atau seribu langkah. Anda akan merasakan perasaan yang luar biasa saat menaiki tangga dan setelah mencapai puncak. Tembok yang terletak di kawasan Koto Gadang ini membentang sepanjang Ngarai Sianok.

Peninggalan kolonial lainnya yang memiliki nilai seni tinggi dan dijadikan sebagai pusat wisata di Bukittinggi, adalah Benteng Fort de Kock. Konon benteng ini dibangun tentara Belanda untuk bertahan dari serangan orang Minangkabau. Letaknya sekitar satu kilometer dari pusat kota, membuat benteng ini mudah diakses. Benteng seperti ini ternyata tidak hanya ada di Jalan Tuanku nan Renche, tapi juga di Batusangkar. Karena dua wilayah ini sangat sulit ditaklukkan Belanda pada perang Padre tahun 1821-1837.

Jika Anda ingin pergi ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dari Benteng Fort de Kock, Anda harus menyeberangi jembatan. Sekilas jika dilihat dari bawah, jembatan ini tidak ada yang istimewa. Sederhananya, saat Anda menyeberang, akan ada perasaan yang bisa membangkitkan adrenalin Anda. Jembatan kuning dan merah ini terasa seperti bergetar atau bergerak saat Anda menginjaknya selangkah demi selangkah. Inilah yang membuat banyak orang ingin melihat sendiri. Dan tidak hanya itu, area sekitar jembatan juga menarik dan menyebalkan.

Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

Setelah melintasi Jembatan Limpope, Anda akan sampai di taman. Seperti namanya, taman ini tidak hanya menawarkan beberapa koleksi satwa tetapi juga budaya lokal. Salah satu hewan yang akan Anda lihat pertama kali setelah melintasi jembatan adalah kandang gajah. Setelahnya, Anda juga akan menjumpai rumah adat Baanzhuang yang melestarikan berbagai bentuk budaya Minangkabau.

Tempat Wisata Sumbar Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Rumah adat yang terletak di taman margasatwa ini benar-benar meresahkan. Tata letaknya masih sangat tradisional dengan pendopo di kanan dan kirinya

Hotel bukittinggi sumatera barat, hotel di bukittinggi sumatera barat, lowongan bukittinggi sumatera barat, hotel yuriko bukittinggi sumatera barat, kota bukittinggi sumatera barat, perumahan di bukittinggi sumatera barat, rumah dijual di bukittinggi sumatera barat, bukittinggi sumatera barat, wisata bukittinggi sumatera barat, tempat wisata di sumatera barat, peta bukittinggi sumatera barat, wisata di bukittinggi sumatera barat

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top