Connect with us

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Informasi

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Gurun Terbesar Di Benua Afrika – Afrika memiliki 54 negara berdaulat, terbanyak di antara benua mana pun, dan terbesar kedua dalam hal luas daratan dan populasi. Afrika berbatasan dengan Laut Mediterania di utara, Samudra Atlantik di barat, Laut Merah di timur laut, dan Samudra Hindia di tenggara. Afrika adalah benua yang luas yang mencakup lebih dari 8.000 kilometer utara-selatan dan 7.500 kilometer timur-barat (tidak termasuk pulau) dan berisi berbagai bangsa, warna, agama dan budaya. Afrika memiliki sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil, yang mengalir dari Burundi ke Mesir, sedangkan Sungai Kongo di Republik Demokratik Kongo adalah yang terbesar kedua dan terdalam dengan kedalaman lebih dari 230 meter. di beberapa tempat. Gunung Kilimanjaro di Tanzania adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 5.890 meter (19.340 kaki). Danau Assal di Djibouti adalah titik terendah kedua di dunia, sebuah danau garam di luar Antartika dan salah satu tempat terpanas di Bumi. Meskipun aktivitas pertama yang diasosiasikan kebanyakan orang dengan Afrika adalah Safari, kemungkinan untuk berpetualang tidak terbatas. Anda dapat membeli kerajinan tangan di pasar, melakukan perjalanan ke Sahara dengan kafilah Tuareg, mengunjungi desa kerdil, berjalan melalui hutan untuk melihat gorila, bersantai di pulau tropis di Samudra Hindia, makan makanan ringan eksotis, menyusuri sungai dengan pirogue . . “kamar cepat”, perjalanan melintasi sabana dengan kereta era kolonial, dan banyak lagi.

Afrika Barat (Benin, Burkina Faso, Tanjung Verde, Pantai Gading, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Nigeria, Senegal, Sierra Leone, Togo)

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Afrika Tengah (Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Guinea Khatulistiwa, Gabon, São Tomé dan Príncipe, Sudan Selatan)

Tak Perlu Jauh, 3 Lokasi Wisata Ini Akan Mengingatkanmu Dengan Afrika

Negara asal manusia, terdiri dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Merah dan Samudera Hindia, serta negara tetangga dan negara asing.

Jaringan pos relatif lambat, jika tidak dapat diandalkan. Kotak dan paket yang dikirim ke luar negeri bisa memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk tiba. FedEx, UPS, dan DHL mempertahankan jaringan kantor yang sangat baik di kota-kota besar di berbagai benua, dan kemudahan, kecepatan, dan keandalan pengiriman sepadan dengan biaya pengiriman yang lebih tinggi.

Panduan perjalanan ke benua Afrika ini adalah garis besar dan membutuhkan lebih banyak konten. Meskipun kerangkanya ada, pengetahuannya tidak cukup. Jika Anda mengatakan Kota, Negara, dan item lainnya, beberapa di antaranya mungkin tidak digunakan. Mari berpartisipasi dan bantu mengembangkannya! Sahara, Gurun Terluas di Dunia di Afrika Utara Sahara adalah gurun pasir terbesar di dunia yang terletak di Afrika Utara dengan luas permukaan 9.000.000 kilometer persegi.

Gambar gurun Sahara. Gurun Sahara merupakan gurun terluas di dunia yang terletak di Afrika Utara dengan luas 9.000.000 kilometer persegi.

Menakjubkan! Ini 10 Gurun Terbesar Di Dunia

Gurun Sahara terletak di utara Afrika dan mencakup lebih dari 3.500.000 kilometer persegi atau 9.000.000 kilometer persegi.

Luas gurun Sahara sekitar 10 persen dari benua Afrika, sehingga disebut sebagai gurun terluas di dunia atau gurun terluas ketiga setelah Antartika dan gurun dingin Arktik.

Dipinjam dari Livescience.com, gurun Sahara mencakup 10 negara: Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, dan Tunisia.

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Gurun yang luasnya sebesar Amerika Serikat (termasuk Alaska dan Hawaii) ini memiliki luas daratan yang berbeda-beda, namun yang paling terkenal adalah gurun pasir.

Bosan Ke Pantai? Coba Liburan Ke 5 Gurun Di Asia Ini

Selain bukit pasir, fitur topografi lainnya termasuk gunung, dataran, dataran pasir dan kerikil, dataran garam, cekungan dan depresi.

Emi Koussi, gunung berapi mati di Chad, adalah titik tertinggi di Sahara dengan ketinggian 11.204 kaki (3.415 m) di atas permukaan laut.

Depresi Qattara di barat laut Mesir adalah titik terdalam di Sahara, 436 kaki (133 meter) di bawah permukaan laut.

Meskipun kondisi gurun Sahara keras dan kering, banyak spesies tumbuhan dan hewan hidup di daerah ini.

Pilihan Gurun Terluas Di Dunia Yang Selalu Menarik Perhatian! (100% Mematikan)

Dikenal sebagai “kapal gurun”, hewan ini telah beradaptasi dengan lingkungan Sahara yang panas dan kering.

Unta dapat menyimpan energi dengan sangat efisien sehingga mereka dapat bertahan hidup lebih dari seminggu tanpa air dan berbulan-bulan tanpa makanan.

Mamalia lain yang hidup di Sahara antara lain rusa, addak (sejenis kijang), cheetah, caracal, rubah gurun, dan anjing liar.

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Bagian gurun yang paling kering sama sekali tidak memiliki vegetasi, tetapi daerah oasis seperti Lembah Nil mendukung berbagai tanaman, termasuk pohon zaitun, pohon kurma, dan berbagai semak dan rerumputan.

Fakta Menarik Mengenai Gurun Sahara, Dulunya Pernah Menjadi Oasis

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Science Advances pada tahun 2019, dunia gurun yang keras dan ekstrem digantikan oleh oasis hijau setiap 20.000 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa siklus antara Sahara kering dan hijau dikaitkan dengan perubahan kecil pada kemiringan sumbu Bumi, yang juga mengontrol aktivitas monsun.

Selain itu, para arkeolog telah menemukan gua prasejarah dan lukisan batu serta peninggalan arkeologi lainnya yang menjelaskan kehidupan di Sahara dulunya hijau.

Potongan-potongan tembikar menunjukkan bahwa sekitar 7.000 tahun yang lalu, para penggembala sedang menggembalakan ternak dan bercocok tanam di tempat yang sekarang disebut gurun kering.

Destinasi Wisata Gurun Terbaik Di Seluruh Dunia

Curah hujan di Sahara bervariasi dari nol sampai sekitar 3 inci (7,6 cm) per tahun, dengan sesekali salju di atasnya.

Suhu di gurun Sahara rata-rata sekitar 60 hingga 77 derajat Fahrenheit (20 hingga 25 derajat Celcius) sepanjang tahun, melonjak setinggi 120 F (49 C) selama musim panas dan turun hingga 0 F (minus 18 C). musim panas dingin di malam hari, Jakarta Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa sekitar 1/3 daratan bumi adalah gurun. Saat mendengar kata gurun, sebagian orang langsung teringat dengan gurun Sahara.

Gurun di Afrika Utara ini adalah salah satu gurun terbesar di dunia. Namun, dalam kategori semua jenis gurun, gurun Sahara merupakan gurun terbesar ketiga di dunia.

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Di sisi lain, berdasarkan lintasan dan lokasinya, gurun dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu gurun kutub (

Mengenal Gurun Di Dunia, Mulai Dari Yang Terdingin Sampai Terpanas

Umumnya orang mengenal gurun pasir yang berupa pasir. Ternyata gurun pasir tidak hanya berupa pasir dan bebatuan saja, namun ada juga gurun pasir yang berupa es.

Selain gurun Sahara, ada lagi gurun pasir yang terbesar di dunia. Apa nama gurun terluas di dunia?

Video berita momen penting yang terjadi selama MotoGP Inggris 2022, di mana Pecco Bagnaia menang, Minggu malam (8/7/2022) WIB.

Antartika adalah gurun terbesar pertama dalam daftar ini. Luas permukaan gurun Antartika adalah 14.000.000 km² (5,5 juta kilometer persegi).

Apa Nama Gurun Yang Terluas Di Afrika?

Suhu di gurun Antartika sekitar -85 hingga -90 derajat Celcius, sehingga gurun ini diselimuti es yang sangat dingin.

Kondisi ini tidak memungkinkan banyak makhluk hidup bertahan lama di padang pasir. Di musim panas, suhu di gurun ini mencapai sekitar 30 derajat Celcius, lebih tinggi dari pada musim dingin.

Gurun Sahara telah lama dikenal sebagai gurun terbesar di dunia. Gurun Sahara adalah gurun subtropis di bagian utara benua Afrika.

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Luas gurun tersebut sekitar 3,5 juta kilometer persegi atau 9 juta km². Gurun Sahara membentang di beberapa negara, termasuk Aljazair, Libya, Mesir, Mauritania, Mali, Chad, dan Sudan.

Karakteristik Benua Afrika Lengkap Dengan Penjelasannya

Gurun Arab terletak di Jazirah Arab. Gurun ini penuh dengan pasir. Gurun yang luas ini terdiri dari pasir yang bergeser.

Di gurun Arab, suhu di musim panas sekitar 40-50 derajat Celcius dan suhu beku sekitar 5-15 derajat Celcius, terkadang turun hingga nol.

Gurun Gobi adalah gurun terbesar keempat di dunia. Gurun Gobi adalah gurun terbesar di Tiongkok yang terletak di bagian selatan Mongolia.

Gurun ini memiliki banyak gurun dan semi-gurun. Gurun Gobi meliputi area sekitar 1.300.000 km², sehingga membentang dari pegunungan, perbukitan hingga lembah mendekati bagian selatan Mongolia.

Fakta Gurun Sahara, Meski Panas Permukaannya Pernah Tertutup Salju

Gurun Kalahari terletak di sebagian Afrika Selatan, khususnya di wilayah Botswana dan Nabimia. Luas gurun Kalahari sekitar 900.000 km².

Gurun Patagonia memiliki luas sekitar 637.000 km² dan terletak di selatan Argentina dan sebagian Chili. Gurun ini merupakan gurun yang dingin dengan suhu rata-rata 3-12 derajat Celcius.

Daerah di gurun ini memiliki tujuh bulan musim dingin dan lima bulan musim panas.

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

Gurun Suriah juga dikenal sebagai Gurun Arab Suriah. Luas gurun Suriah sekitar 520.000 km². Gurun ini memiliki iklim subtropis.

Gurun Sahara Viral Di Tiktok, Ada Foto Pria Bercinta

Gurun Taklimakan terletak di Asia Tengah, lebih tepatnya di China. Luas gurun ini sekitar 480.000 km².

Luas gurun ini sekitar 647.000 km² dan curah hujan rata-rata rendah sekitar 200-250 mm sepanjang tahun.

Indra Sjafri dan 3 pelatih lokal yang bisa menggantikan Shin Tae-yong menangani timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2023.

Foto: 5 Pemain MU dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia 2022 Lisandro Marinez Bawa Argentina Juara

Ratusan Juta Pohon Ditemukan Di Gurun Pasir Terluas Di Dunia

Gambar: Inilah lima pesepakbola yang mencetak gol terbanyak di Piala Dunia sepanjang masa, dengan Messi sendiri di puncak.

Gambar: Daftar lima pelatih termuda dalam sejarah yang memenangkan Piala Dunia, termasuk pelatih Argentina Lionel Scaloni

Gambar: 5 pemain laris di bursa transfer Januari setelah tampil bagus di Piala Dunia 2022 Gurun pasir merupakan bagian dari negara yang hanya mendapat curah hujan 250 mm dalam setahun. Oleh karena itu, daerah gurun cenderung memiliki kondisi yang sangat kering.

Gurun Terbesar Di Benua Afrika

. Udara gurun terasa sangat kering karena gurun tandus dan pepohonan sangat sedikit.

Sedang Trending, Mengenal Lebih Jelas Tentang Gurun Sahara, Salah Satu Padang Pasir Yang Luas Di Dunia

Tidak banyak juga hewan yang bisa hidup seperti unta, ular dan ular. Pada dasarnya hanya tumbuhan dan hewan yang dapat hidup di daerah dengan kandungan air rendah yang dapat hidup di daerah gurun.

Setiap bagian negara memiliki gurun hampir seluruhnya. Ditinjau dari letak geografisnya, terdapat empat jenis gurun, yaitu gurun pesisir, gurun Arktik, dan gurun pasir.

Agama di benua afrika, gurun terbesar di afrika, negara terbesar di benua afrika, gurun yang ada di benua afrika, gurun di benua afrika, bentang alam di benua afrika, gurun terluas di benua afrika, negara terluas di benua afrika, gurun terbesar di asia, negara berkembang di benua afrika, gurun terbesar di benua afrika adalah, daftar negara di benua afrika

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top