Connect with us

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Informasi

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara – , Jakarta Sumatera Utara merupakan wilayah Indonesia bagian barat yang menyimpan sejuta pesona. Banyak tempat wisata di Sumatera Utara yang begitu ikonik di mata masyarakat. Mulai dari wisata alam hingga sejarah, semuanya bisa dinikmati di Sumatera Utara.

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi di pulau Sumatera dan beribukota di Medan. Sumatera Utara pada dasarnya dapat dibagi menjadi Pesisir Timur dan Pesisir Barat, Pegunungan Bukit Barisan, dan Kepulauan Nias.

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Pesisir Timur merupakan wilayah yang paling banyak terjadi pembangunan karena infrastrukturnya yang lebih lengkap dibandingkan wilayah lainnya. Sedangkan pesisir barat merupakan wilayah yang sangat sempit, dengan komposisi penduduk suku Batak, Minangkabau, dan Aceh.

Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Jarang Dikunjungi

Di wilayah tengah provinsi ini terdapat pegunungan Bukit Barisan yang menyuguhkan pemandangan indah tempat wisata di Sumatera Utara. Di kawasan ini juga terdapat danau yang paling terkenal di Indonesia yaitu Danau Toba. Sedangkan di Kepulauan Nias merupakan kepulauan yang terdiri dari Pulau Nias sebagai pulau utama dan pulau-pulau kecil lainnya di sekitarnya. Kepulauan Nias terletak di pesisir barat Samudera Hindia.

Keadaan geografis Sumatera Utara yang sedemikian rupa membuat tempat wisata di Sumatera Utara ini terlalu sayang untuk dilewatkan. Jika Anda ke Sumatera Utara, tidak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi wisata di Sumatera Utara yang satu ini. Berikut tempat wisata di Sumut yang dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (22/4/2019).

* Kebenaran atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan, silakan hubungi WhatsApp dengan nomor Truth Check 0811 9787 670 cukup dengan mengetik kata kunci yang diinginkan.

Danau Toba merupakan danau kawah yang menjadi kebanggaan Sumatera Utara sekaligus kebanggaan Indonesia. Danau Toba merupakan danau kawah dengan luas 1.145 kilometer persegi. Danau ini dipercaya terbentuk dari letusan supervolcano gunung Toba yang terjadi sekitar 74 ribu tahun lalu. Di tengahnya terdapat sebuah pulau dengan luas yang hampir seluas negara Singapura.

Tempat Wisata Di Kisaran Yang Populer Dan Hits 2021

Danau Toba lebih terlihat seperti lautan daripada danau karena ukurannya. Oleh karena itu, Danau Toba digolongkan sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga merupakan danau terdalam di dunia, yaitu sekitar 450 meter.

Danau Toba merupakan destinasi wisata yang menarik dan menantang untuk dikunjungi. Hutan pinus yang indah tertata di sekitar Danau Toba. Ada banyak air terjun di sekitar Danau Toba yang begitu indah. Anda juga bisa menemukan pemandian belerang di Danau Toba.

Di kota Parapat yang merupakan semenanjung yang menjorok ke danau, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba yang spektakuler. Parapat merupakan rumah bagi suku Batak Toba dan Batak Simalungun yang dikenal dengan sifat periang dan suka bergaul, serta dikenal dengan lagu-lagu bertema cinta yang bernada bahagia namun sarat emosi.

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir yang berada 1000 meter di atas permukaan laut. Berbagai tempat wisata juga terdapat di pulau ini, seperti kuburan batu yang berusia sekitar 500 tahun dan perkampungan dengan rumah tradisional serta budaya Batak Toba yang unik dan kuno.

Inilah 9 Daftar Tempat Wisata Medan Yang Paling Populer

Meski Samosir sudah lama menjadi tujuan wisata, namun Samosir adalah keindahan alam yang mutlak. Di tengah Pulau Samosir masih ada dua danau cantik bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Di Pulau Samosir Anda juga akan menemukan pegunungan berkabut, air terjun jernih untuk berenang, dan komunitas petani.

Destinasi wisata di Sumatera Utara lainnya adalah Taman Nasional Gunung Leuser. TNGL merupakan salah satu cagar alam di Indonesia dengan luas mencapai 1.094.692 hektar yang secara administratif berada di provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Sumatera Utara yang ditetapkan oleh TNGL terdiri dari daerah Dairi, Karo dan Langkat.

Taman nasional ini memiliki ekosistem asli dari pesisir hingga dataran tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hutan hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang diperuntukkan bagi tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang pertanian, pariwisata dan rekreasi. Berikut beberapa tempat yang dapat dikunjungi di Taman Nasional Gunung Leuser saat berkunjung ke Sumatera Utara:

Bukit Lawang (gerbang bukit) adalah desa kecil di selatan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), desa ini merupakan pintu gerbang hutan Sumatera yang legendaris tempat Gunung Leuser (3.404 meter) berada. Bukit Lawang terletak di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Bukit Lawang dapat ditempuh dari pusat kota Medan sekitar 90 km atau 2 jam.

Wisata Danau Toba, Tips Liburan Wisata Sang Danau Legenda

Bukit Lawang memiliki pusat rehabilitasi orangutan sumatera yang didirikan pada tahun 1973. Orangutan adalah daya tarik utama Bukit Lawang di mana Anda dapat menyaksikan primata cantik langka ini yang berkeliaran di pepohonan hutan tropis yang lebat sebagai habitat aslinya.

Tangkahan identik dengan panorama hutan hujan tropis yang rimbun dan sering disebut sebagai surga tersembunyi di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Tangkahan dapat ditempuh dengan berkendara selama 3 jam atau sekitar 124 km dari kota Medan. Tangkahan yang memiliki luas sekitar 17.000 ha ini merupakan kawasan kegiatan konservasi. Gajah digunakan untuk patroli untuk melindungi TNGL, dan pengunjung dapat ikut serta dalam menunggang gajah melewati hutan.

Di tempat ini terdapat berbagai macam flora dan fauna, goa dan air terjun, pemandian air panas, arung jeram, tempat berkemah, jalur trekking baik dengan berjalan kaki maupun dengan gajah sumatera. Selain itu, terdapat dua sungai yang membelah TNGL yaitu Kali Batang Serangan dan Kali Buluh yang airnya sangat jernih.

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Destinasi wisata di Sumatera Utara lainnya adalah air terjun Sipiso-Piso. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Tak jauh dari Danau Toba, air terjun setinggi 800 meter ini bersumber dari sungai bawah tanah di Dataran Tinggi Karo yang melewati sebuah gua di sisi kawah Danau Toba.

Wisata Alam Eksotis Di Sumatera Utara Ini Mampu Menyejukkan Mata

Kata “Piso” berarti pisau, karena jika dilihat dari jauh air terjun ini terlihat seperti pisau kecil dan panjang. Air Sipiso-piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Brand, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Istana Maimun adalah sebuah istana yang ditinggalkan pada tahun 1973 oleh Kerajaan Delhi, di bawah pimpinan Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Istana Maimun diduduki oleh 4 Sultan Melayu yang berkuasa saat itu.

Istana ini dibangun pada tahun 1988 oleh TH Van Erp, yang juga menjabat sebagai Konijnlijk Nederlands-Indische Leger (KNIL), atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Desain bangunannya merupakan perpaduan antara Indonesia, Persia dan Eropa.

Istana Maimun memiliki luas 2772 m2 dan 30 kamar. Istana Maimun menjadi daya tarik wisata bukan hanya karena usianya, tetapi juga karena desain interiornya yang unik, yang memadukan unsur warisan budaya Melayu dengan gaya Islam, Spanyol, India, dan Italia.

Dijuluki ‘paris Van Sumatera’, Ini 5 Tempat Wisata Yang Recommended Di Kota Medan Dan Detail Alamatnya

Teluk Dalam adalah sebuah kota di selatan Pulau Nias. Kota ini menjadi pintu gerbang para peselancar dari seluruh dunia yang datang untuk berselancar di musim-musim tertentu.

Teluk Dalam memiliki pantai yang indah seperti Pantai Lagundri dan Pantai Sorake. Kedua pantai ini menjadi primadona para peselancar dunia karena memiliki ombak yang tinggi sempurna dengan yang ada di Hawaii.

Banyak desa di sekitar Teluk Dalam yang masih memiliki tradisi dan arsitektur khas Nias, seperti Desa Bawomataluo. Rumah-rumah di desa ini memiliki arsitektur rumah adat Nias yang dikenal dengan nama Omo Nifolasara yang telah berusia ratusan tahun.

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Teluk Dalam juga memiliki reruntuhan megalitik di Desa Orahili, Distrik Gomo. Ada banyak batu besar di perbukitan dekat sungai Gomo. Menurut sejarah gundukan dan batu megalitik, desa ini berasal dari periode Neolitik sekitar 1000 hingga 1500 Masehi.

Tempat Wisata Di Medan Yang Harus Buat Disinggahi

Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Keindahan tempat wisata di Sumatera Utara ini adalah adanya batu karang besar yang melingkar di tepi pantai. Banyak turis berswafoto dengan latar belakang batu karang ini.

Hamparan batu karang ini memiliki bentuk yang unik, beberapa di antaranya menyerupai bentuk otak manusia, sehingga sebagian masyarakat setempat menyebutnya Batu Otak. Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Gunung Sitoli atau 80 km dari bandara Bhinaka.

Pantai Gawu Soyo merupakan satu-satunya pantai berwarna pink di Pulau Sumatera. Pantai Gawu Soyo sebenarnya memiliki legenda tersendiri, yaitu pada zaman dahulu ada darah yang dimuntahkan di pantai yang membuat pasir di pantai ini menjadi merah.

Pantai Gawu Soyo terletak di Desa Ombolata yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Nias Utara, Kecamatan Afulu. Karena kebanyakan orang tidak mengetahuinya, pantai ini bisa disebut sebagai surga tersembunyi. Indonesia adalah negara dengan keragaman budaya dan pariwisata. Kondisi alam dengan pemandangan yang indah, kaya rempah dan juga bahasa yang sangat beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keunikan Yang Ada Di Sumut, Dari Karakter Penduduk Hingga Tempat Wisata

Provinsi yang sangat kaya akan hal tersebut adalah Sumatera Selatan. Bagi kamu yang suka traveling, ada banyak tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Sumatera Utara sebagai tempat mengisi liburan Anda

Provinsi yang terletak di utara pulau Sumatera ini menawarkan berbagai wisata terkenal hingga ke mancanegara. Nah, di bawah ini ada beberapa pilihan wisata yang bisa Anda pilih untuk mengisi liburan Anda bersama teman atau keluarga.

Bagi pecinta alam pasti tahu nama gunung ini begitu mendengarnya. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi di Sumatera yang meletus sekitar tahun 1600-an. Gunung Sibayak sendiri sangat terkenal karena memiliki keindahan alam yang sangat menawan.

Tempat Wisata Di Daerah Sumatera Utara

Memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu panjang membuat Gunung Sibayak sangat populer di kalangan pecinta alam. Hanya membutuhkan waktu 45-60 menit untuk mencapai puncak Gunung Sibayak.

Objek Wisata Air Terjun Tertinggi Di Sumatera

Tentunya pagi hari juga bisa menjadi pilihan bagi para pendaki baru. Di puncak Gunung Sibayak, Anda akan disuguhkan pemandangan matahari terbit yang memiliki keindahan luar biasa.

Bagi yang ingin menyaksikan matahari terbit juga bisa

Tempat wisata daerah sumatera utara, wisata di sumatera utara, daerah wisata di sumatera utara, tempat wisata sumatera utara, tempat wisata di parapat sumatera utara, tempat wisata yang indah di sumatera utara, tempat wisata alam di sumatera utara, tempat wisata di sumatera utara, tempat wisata terindah di sumatera utara, tempat wisata baru di sumatera utara, tempat wisata terkenal di sumatera utara, tempat wisata di tebing tinggi sumatera utara

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top