Connect with us

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika

Informasi

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika – Letak Geografis Benua Afrika – Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Luas benua Afrika adalah 30,365 juta kilometer persegi, yaitu sekitar 8 ribu kilometer dari utara ke selatan dan 7400 kilometer dari timur ke barat.

Letak Benua Afrika adalah 37°LU – 34°LS dan 17°BT – 51°BT. Secara geografis, Benua Afrika terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Benua Afrika juga berada di selatan benua Eropa.

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika

Titik paling utara benua Afrika adalah Al-Ghiran di Tunisia dan titik paling selatan adalah Tanjung Agulhas di Afrika Selatan. Titik paling timur berada di Titik Safun (Hafun) dekat Cape Guardafeu, Somalia. Titik paling barat adalah Almady Point, Cape Verde, Senegal.

Mengenal 7 Pembagian Wilayah Benua Yang Ada Di Dunia, Sudah Tahu?

Luas permukaan benua Afrika adalah 30,365 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Panjang Benua Afrika dari utara ke selatan adalah 8000 km dan dari timur ke barat 7400 km.

Titik paling utara benua Afrika adalah Al-Ghiran di Tunisia dan titik paling selatan adalah Tanjung Agulhas di Afrika Selatan. Juga, lokasi paling timur berada di Xaafuun (Hafun), dekat wilayah Cape Guardafui di Somalia. Sedangkan titik paling barat adalah Almady Point di Tanjung Verde, Senegal.

Dulu, benua Afrika dijuluki sebagai benua gelap pada masa kekaisaran negara-negara Eropa. Julukan ini diberikan bukan hanya karena warna kulit penduduknya, tapi juga karena benua Afrika dianggap sangat misterius dan menyimpan banyak rahasia. Saat itu, benua Afrika masih sedikit dieksplorasi dan belum banyak dipetakan.

Selain itu, benua Afrika mendapat sebutan “Mother Continent”. Menurut National Geographic, benua Afrika memiliki penduduk tertua di dunia. Manusia dan leluhurnya hidup di Afrika 5 juta tahun yang lalu.

Letak Geografis Benua Afika Dan Profilnya

Seperti dikutip dari Encyclopaedia Britannica, orang Yunani kuno menyebut benua ini Libya dan orang Romawi menyebutnya Afrika. Nama-nama ini diyakini berasal dari bahasa Latin

Karena letak astronomis benua Afrika, benua tersebut dapat diklasifikasikan menjadi 4 zona iklim, yaitu sebagai berikut:

Wilayah Afrika yang beriklim tropis adalah wilayah di sekitar garis khatulistiwa yang membelah benua Afrika menjadi dua bagian tengah ke bawah. Wilayah ini meliputi Guinea-Kongo dan Madagaskar. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, daerah tropis menerima antara 1.000 dan 2.000 mililiter hujan per tahun. Hal ini membuat kawasan tersebut padat dengan banyak tanaman dan membentuk hutan hujan tropis dan hutan gugur tropis yang lembab.

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika

Iklim subtropis di Afrika adalah wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa. Kawasan ini penuh dengan sabana, salah satunya yang paling terkenal adalah kawasan Serengeti.

Profil Negara Negara Anggota G20

Menjadi benua besar Afrika, benua ini memiliki banyak iklim. Iklim gurun dapat ditemukan di utara, selatan dan barat daya. Mengutip Safaris Africana, gurun didefinisikan sebagai daerah gersang yang menerima curah hujan kurang dari 12 inci setiap tahun. Gurun terpanas di dunia ada di Afrika, gurun Sahara yang membentang sepanjang 9,4 juta km, atau seukuran Amerika Serikat.

Ujung utara Afrika beriklim Mediterania, artinya Pegunungan Atlas, Laut Mediterania, dan sebagian kecil Afrika barat daya. Wilayah ini kering di musim panas dan sejuk serta berangin dengan suhu rendah di musim dingin.

Benua Afrika juga memiliki iklim pegunungan, terutama di dataran tinggi Ethiopia. Wilayah ini merupakan wilayah di sekitar Afrika Timur Laut. Faktanya, Dataran Tinggi Etiopia dari National Geographic adalah rumah bagi 80 persen gunung tertinggi di Afrika. Dataran tinggi ini adalah rumah bagi berbagai fauna, termasuk kambing liar Walia dan serigala Ethiopia yang terancam punah.

Benua Afrika dan Benua Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Tengah, dan Laut Merah. Melewati Terusan Suez selebar 130 km, benua Afrika bergabung dengan benua Asia di ujung timur lautnya.

Fakta Dunia: Asia Benua Terpadat, Afrika Paling Banyak Negara

Banyak sungai besar mengalir melalui benua Afrika. Salah satu sungai yang mengalir melalui Afrika, termasuk Sungai Nil, yang panjangnya mencapai 6400 km. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia, melewati negara-negara Sudan dan Mesir. Selain itu, sungai Zambezi, Kongo, Niger, dan Orange juga melintasi Afrika. Danau-danau di benua Afrika antara lain Danau Victoria, Tanganyika, Chad, dan Nasser.

Benua Afrika sangat besar, meliputi seperlima dari luas daratan Bumi. Wilayah benua ini meliputi perbukitan dan pegunungan. Di ujung utara benua Afrika terdapat pegunungan yang terlipat, yaitu Pegunungan Atlas.

Pegunungan di benua Afrika antara lain Gunung Kilimanjaro (5890 m) di Tanzania, Gunung Margarita (5109 m) di Kongo, Ras Dashen (4629 m) di Ethiopia, Gunung Kamerun (4070 m) dan Gunung Emi Koussi (3415 m) di Kamerun. . ) di Chad dan Gunung Kiniat di Sudan (3187 m).

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika

Karena letak geografis benua Afrika, iklim dan kondisi alam sangat mempengaruhi persebaran flora dan fauna di benua Afrika. Oleh karena itu, flora benua Afrika merupakan gabungan dari tumbuhan hutan hujan tropis, misalnya berbagai lumut, pakis, semak, dan tumbuhan berdaun lebat di Afrika Tengah dan Barat. Tumbuhan yang hidup di bawah biasanya berupa rerumputan, perdu, dan tumbuhan bertangkai lunak. Mirip dengan vegetasi selatan, biasanya terdapat rerumputan, semak, dan tumbuhan lunak.

Inilah Pendidikan Yang Terdapat Di Negara Afrika

Hewan-hewan di wilayah Afrika utara merupakan gabungan dari berbagai hewan di Eurasia, sedangkan hewan di wilayah tengah dan selatan biasanya merupakan hewan besar dan kuat seperti singa, gajah, zebra, gorila, hyena, burung unta, dll. .

Benua Afrika dibagi menjadi lima wilayah: Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan. Menurut PBB pada tahun 2018, sekitar 1,3 miliar orang tinggal di benua Afrika, dengan kepadatan hingga 36 orang per kilometer persegi.

Juga di Afrika Utara adalah wilayah Spanyol di Kepulauan Canary. Spanyol juga memiliki kota otonom Melilla dan Ceuta. Sementara itu, Portugal juga memiliki pulau Madeira di kawasan tersebut.

Ada juga Republik Demokratik Arab Sahrawi, yang mengklaim seluruh Sahara Barat, bekas jajahan Spanyol, sebagai wilayahnya. Negara ini mendeklarasikan Fronte Popular de Liberación de Sagia el Hamra y Rio de Oro atau Front Polisario pada 22 Februari 1976 di Bir Lehlu.

Sistem Politik Dan Pemerintahan Indonesia Vs Seychelles

Selain itu, ada Somaliland dengan ibu kotanya Hargeisa. Perserikatan Bangsa-Bangsa belum mengakui entitas ini sebagai negara.

Di wilayah Afrika Barat, organisasi regionalnya adalah Economic Community of West African States (ECOWAS). Organisasi ini telah ada sejak tahun 1975 di bawah Konvensi Lagos.

Perlu dicatat bahwa benua Afrika bagian selatan ini memiliki tiga ibu kota. Pretoria adalah ibu kota eksekutif, Bloemfontein untuk yudikatif dan Cape Town untuk legislatif.

Negara Negara Yang Ada Di Benua Afrika

Demikian penjelasan posisi astronomis benua Afrika beserta profilnya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang lebih baik mengenai letak astronomis benua Afrika

Ekogeo: Daftar Negara Negara Di Benua Afrika

EPerpus saat ini merupakan layanan perpustakaan digital dengan konsep B2B. Kami di sini untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan digital Anda. Pelanggan B2B Perpustakaan digital kami mencakup sekolah, universitas, bisnis, dan tempat ibadah. Tanah ini. Aljazair merupakan negara terluas di Afrika, dengan luas kurang lebih 2.381.741 km2. Sekitar 1,19 miliar orang tinggal di benua Afrika, atau sekitar 14% dari populasi dunia. Negara terpadat di benua itu adalah Nigeria, tempat tinggal 182,2 juta orang, gurun terbesar di dunia, yaitu gurun Sahara, dan sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil, terletak di benua Afrika.

Bahasa di Benua Afrika: 4 kelompok bahasa utama di Afrika adalah kelompok bahasa Afrikaans, kelompok bahasa Nilo-Sahara, kelompok bahasa Niger-Kongo, dan kelompok bahasa Khoisan. Secara geografis, benua Afrika secara umum terbagi menjadi beberapa wilayah seperti Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Utara.

Sebagian besar penduduk Afrika berkulit hitam atau Negro dan terletak di Afrika Barat, Tengah, Timur dan Selatan. Sementara itu, sebagian besar wilayah Afrika Utara ditempati oleh keluarga White Smith atau ras Kaukasia yang dikenal dengan Arab Maghreb.

Agama banyak orang Afrika adalah Islam di sebagian Afrika Utara dan sebagian Afrika Barat dan Timur, sedangkan sebagian Afrika Tengah dan Selatan telah mengadopsi agama Kristen. Pigmi tinggal di Afrika Tengah dan memiliki tubuh yang kecil dan pendek dibandingkan dengan suku lain di benua Afrika. Di sisi lain, orang Negro Bantu Sudan memiliki tinggi rata-rata. Berikut adalah daftar negara-negara Afrika berdasarkan wilayahnya, yaitu:

Letak, Karakteristik Fisik Dan Sosial Benua Afrika

Republik Afrika Selatan memiliki tiga ibu kota: kota Bloemfontein adalah pusat peradilan, Cape Town adalah pusat legislatif dan cabang eksekutif berada di kota Pretoria. Unduh ilustrasi vektor bendera benua Afrika Barat ini mengatur ikon ikon bendera obrolan sekarang. Temukan lebih banyak seni vektor bebas royalti yang menampilkan grafik Nigeria di iStock untuk mengunduh dengan cepat dan mudah. Pustaka Produk #:gm1215303257$17.00 Stok iStock Tersedia

Lisensi bebas hak cipta memungkinkan Anda membayar biaya satu kali untuk penggunaan gambar dan klip video berhak cipta.

Negara terluas di benua afrika, daftar negara benua afrika, gurun yang ada di benua afrika, negara benua afrika, negara di benua afrika, daftar negara di benua afrika, negara berkembang di benua afrika, bentang alam di benua afrika, nama nama negara yang ada di benua afrika, negara yang ada di benua afrika, jumlah negara di benua afrika, negara terbesar di benua afrika

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top