Connect with us

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Informasi

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal – Selain memiliki sejumlah tempat wisata yang indah, Yogyakarta juga dikenal dengan kulinernya yang nikmat. Makanan khas Jogja tidak hanya berupa gudega dan tempe bacem. Sweet Couple bisa menemukan kuliner di Yogyakarta yang sangat beragam.

Salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke Yogyakarta tidak hanya untuk menjelajahi tempat wisata, tetapi juga berburu kelezatan berbagai makanan khas Yogyakarta.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Makanan khas Yogyakarta tidak hanya berupa makanan manis seperti gudega. Sweet Couple juga bisa menemukan berbagai makanan pedas yang menggugah selera.

Paket Wisata Kuliner Jogja Rp500.000*

Tentu Slatki Par sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Jogja yang paling fenomenal ini. Bahan utama yang digunakan untuk memasak gudega adalah buah nangka muda.

Jangan lupa campuran santannya yang bikin gudeg makin gurih. Ciri khas gudega jogja adalah perpaduan rasa manis dan asin. Makanan ini sering dijadikan oleh-oleh utama oleh kebanyakan orang saat berlibur di Yogyakarta.

Beberapa makanan khas Jogja memang terkenal dengan ciri khas atau cara memasaknya dengan gula merah. Salah satunya adalah tempe bacem.

Selain dimasak dengan gula merah, tempe bacem juga menggunakan bumbu berupa air asam jawa, gula pasir, lengkuas, dll.

Resep Makanan Khas Jogja Yang Digemari, Lezatnya Ngangenin

Cara membuat tempe bacm khas Yogyakarta ini cukup sederhana. Pasangan Manis bisa membaca dan mengikuti artikel resep tempe bacem paling praktis untuk dicoba di rumah.

Tumis mercon biasanya menggunakan daging sapi dengan sambal pedas. Bagi pasangan manis penyuka makanan pedas, petasan adalah pilihan makanan Jogja yang paling cocok.

Selain panas, Pasangan Manis pasti sudah sering mendengar atau mencicipi kreček. Kreček biasanya disajikan dengan gudeg di piring terpisah.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Kreček sebenarnya terbuat dari kerupuk kulit yang dipanggang dengan sambal. Ya, kreček adalah salah satu makanan khas di Yogyakarta.

Daftar Makanan Khas Jogja Dari Tradisional Sampai Kekinian

Sajian khas Jogja yang tak kalah pedas dan nikmat adalah sayur cabai hijau. Komponen dan keistimewaan makanan ini adalah cabai hijau yang banyak digunakan dalam sayuran ini.

Cabai hijau paling banyak ditemukan di daerah asalnya yaitu Kabupaten Gunungkidol. Saat Sweet Couple menjelajahi keindahan deretan pantai Gunungkidul, jangan lupa jelajahi kelezatan sayur cabai hijau.

Makanan khas Jogja ini juga lebih banyak ditemui di daerah Gunungkidul. Meski namanya nasi, jangan salahkan makanan ini karena bahan utamanya bukan nasi, melainkan singkong.

Nasi tiwul terbuat dari olahan singkong kering, kemudian dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa. Makanan ini tergolong langka karena tidak diketahui masyarakat dari berbagai daerah.

Kuliner Paling Enak Di Jogja & Sekitarnya

Kue khas Jogja ini berbeda dengan jenis kue lainnya. Jika peyek yang biasa kita makan terlihat kurus, maka peyek Jogja dimasak dengan cara ditimbang sedemikian rupa hingga berbentuk bulan tidak beraturan. Namun, rasanya tidak diragukan lagi.

Itulah 7 tips makanan khas Jogja yang wajib dicoba oleh pasangan kekasih saat berlibur di kota paling terkenal di Pulau Jawa ini. Semoga beruntung! Yogyakarta sangat populer di kalangan wisatawan. Semuanya tersedia di sini, harganya relatif terjangkau. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam, Yogyakarta punya semuanya. Saking lengkapnya, kamu mungkin masih bingung mencari kenangan yang mana.

Yang tidak bisa dilewatkan adalah cita rasa Bakpiya khas Yogyakarta. Popularitasnya tetap tak tergantikan, meski bakpi sudah mulai bermunculan hingga saat ini. Setidaknya ada empat nama bakpis yang selalu menjadi incaran wisatawan hingga saat ini.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Salah satu bakpi modern yang saat ini sedang naik daun adalah bakpi kukus Tugu Jogja. Anda bisa menemukannya di Jalan Kaliurang KM 5 No. 10 A. Toko buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 22:00.

Tempat Wisata Kuliner Di Malioboro Yang Menggoyang Lidah Dan Murah

Harga sekotak isi 10 buah mulai dari Rp 25.000 untuk rasa kacang hijau dan kacang merah. Sedangkan rasa keju dan coklat harganya Rp 30.000. Dibandingkan molase, Bakpia Tugu Jogja memiliki tekstur lembut luar dalam.

Kelezatan Salak Pondoh atau Salak Super Sleman tidak perlu diragukan lagi. Bahkan salak ini sempat diekspor ke Selandia Baru, lho! Salak yang biasa tumbuh di lereng Gunung Merapi ini memiliki rasa yang manis segar.

Jika ingin berbelanja sekaligus berwisata, datanglah ke Kampung Gandang. Berada di kawasan Sleman, kawasan ini memiliki perkebunan salak dengan taman bermain.

Cokelat Kota Pelajar asli ini adalah karya Thiery Detournay. Monggo menggunakan coklat asli Indonesia dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Kualitasnya tidak lebih buruk dari cokelat Belgia yang lezat.

Makanan Tradisional Yang Mulai Punah Namun Membuat Anda Serasa Muda Kembali Yogya

Ada begitu banyak variasi rasa yang bisa dicoba. Diantaranya adalah durian, mangga, mangga, cabai merah, cokelat putih, cokelat hitam, dll. Keunikan cokelat Monggo adalah bahan-bahan yang digunakannya

Yogyakarta tidak ketinggalan dengan tren kue kekinian karya seniman Indonesia. Salah satunya adalah Jogja Scrummy yang memiliki empat cabang, salah satunya di Jalan Brigjen Katamso nomor 198. Kue buatan Dude Harlino ini memadukan kue kukus dan

Jogja Scrummy harganya sekitar Rp 45.000. Berbagai rasa untuk dipilih, termasuk talas, cokelat, keju, srikaya, mangga, karamel, kue wortel, dll.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Siapa bilang gudeg tidak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh? Gudeg memiliki dua jenis, basah dan kering. Kalau mau dibawa pulang, beli gudeg kering.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal Akan Kelezatannya

Gudeng bisa bertahan hingga tiga hari. Sebaiknya segera simpan di lemari es. Salah satu gudega paling populer di Yogyakarta adalah Yu Djum di Jalan Kaliurang 5.

Jajanan ini tak lekang oleh waktu. Kue mochi ala Yogyakarta ini memiliki tekstur yang kenyal dengan isian kacang cincang di dalamnya. Umumnya jangko memiliki rasa yang ringan, manis dan legit.

Sangat mudah menemukan yangko di Yogyakarta. Hampir semua toko souvenir akan menyediakannya. Harganya sekitar Rp 15 ribu per kotak.

Bakso tahu identik dengan Semarang dibandingkan dengan Yogyakarta. Namun, Anda masih bisa menemukannya di Yogyakarta. Namanya tasuba (tahu bakso).

Oleh Oleh Khas Jogja Yang Banyak Direkomendasikan

Meski tanpa bahan pengawet, tasuba ini bisa bertahan hingga enam bulan. Harganya dipatok sekitar Rp 32 ribu dengan isi 5-10 buah. Anda bisa membelinya di Jalan Laksda Adisucipto 7, 6 KM.

Tidak kalah dengan yongko, geplak ini juga sangat mudah ditemukan di Yogyakarta. Geplak terbuat dari kelapa, gula, dan pewarna makanan yang membuat kita ngiler pada awalnya. Geplak memiliki banyak jenis, seperti nangka, durian, cokelat, dan vanila.

Belalang atau Walang Goreng merupakan salah satu kuliner khas daerah Gunung Kidul. Tidak sulit ditemukan dalam perjalanan ke tempat-tempat wisata populer di Gunung Kidul.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Makanan ini bisa bertahan hingga sebulan dengan harga Rp 20-30 ribu. Rasanya yang gurih dan renyah pasti membuat Anda ketagihan.

Makanan Khas Yogyakarta

Berikut beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta yang enak dan harus anda bawa pulang saat berlibur di Yogyakarta. Apa yang membuat Anda terdorong untuk mencicipinya? Jogja selalu menyambut wisatawan. Jika Anda sedang berlibur ke Jogja dan ingin mencicipi atau memberikan makanan anti mainstream sebagai oleh-oleh, Anda bisa mencoba 7 rekomendasi berikut ini.

Liburan ke Jogja identik dengan bakpija dan kenangan hangat, padahal banyak makanan lain yang cocok dijadikan oleh-oleh. Apalagi bagi food lovers alias ingin mencoba makanan anti mainstream.

Tidak banyak orang yang tahu tentang makanan oleh-oleh ini, meskipun terlihat enak dan rasanya enak. Varietas berkisar dari mie Godhog kemasan hingga mochi Sakura yang manis dan kenyal.

Selain bisa dibeli langsung di Jogja, oleh-oleh ini juga bisa dibeli secara online melalui pasar. Nyaman bagi Anda yang tidak ingin pusing membawa pulang oleh-oleh saat pulang liburan.

Oleh Oleh Khas Yogyakarta Paling Enak

Yangko mirip dengan mochi Jepang dengan tekstur kenyal dan rasa manis manis. Yangko khas Yogyakarta berbentuk seperti kotak yang dilapisi tepung ketan.

Salah satu produsennya, Yangko Aneka Rasa. Mereka menjual yangko dalam 30 kotak berisi rasa durian, strawberry, coklat, nangka dan pandan. Di pasaran, harganya sekitar Rp20.000. Rasa Yangko pilihan bisa bertahan hingga 2 minggu.

Namanya sebenarnya brownies, tapi Brownies Kacang Jogja teksturnya renyah mirip ampyang. Oleh-oleh khas Jogja ini harganya tidak lebih dari Rp20.000 per bungkus isi 30 buah.

Makanan Khas Jogja Yang Terkenal

Komposisinya mengatakan bahwa Brownies Kacang Jogja terbuat dari kacang tanah, telur, gula, jahe, susu dan air. Oleh-oleh ini cocok untuk Anda yang menyukai jajanan kacang dengan rasa manis.

Jajanan Kaki Lima Di Jogja Yang Murah, Enak Dan Harus Kamu Coba

Jika yangko bentuknya seperti daun kotak-kotak kecil, Mochi Sakura lebih mirip mochi asli Jepang. Mochi super lembut ini tersedia dalam pilihan kacang tanah, wijen, kacang merah, kacang hijau, Oreo coklat, Chococrunch coklat, tiramisu coklat, talas dan teh hijau.

Ada 18 Rasa Mochi Sakura Kue Mochi Jogja dijual dengan pilihan isian 6, 12 dan 18. Harganya mulai dari Rp 34.000. Ada juga paket hemat dimana mochinya lebih kecil dan tidak bisa pilih rasa. Harganya mulai dari Rp 28 ribu.

Ada banyak merek Bakpia Jogja. Salah satu yang paling populer dan enak adalah Bakpia Juwara Satoe. Varian rasa kacang hijau pandan patut untuk dicoba.

Adonan bakpiya memiliki aroma pandan yang harum, sedangkan isian kacangnya lembut dan manis. Per kotak berisi 5 bakpi ini dijual mulai dari Rp 10.000. Sedangkan untuk isi 10 harganya Rp 15.000. Bakpija ini memiliki masa simpan hingga 3 bulan Yangko Jogja – Kalau di China dikenal dengan kue Moci, di Jogja juga dikenal dengan kue Yangko semi seperti kue Moci. Yangko Jogja merupakan pes yang terbuat dari tepung ketan yang dilumuri tepung gula dengan rasa yang manis dan khas karena memiliki unsur asin. Yangko biasanya berbentuk kotak, dan bagian dalamnya diisi dengan isi kue berbentuk kacang yang dapat menambah kenikmatan makan Yangko. Dalam perkembangannya, makanan ini dimodifikasi agar lebih menarik bagi pengunjung, sehingga dikenal sebagai salah satu khazanah kuliner khas yang biasa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan.

Oleh Oleh Khas Jogja Favorit Yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berlibur Ke Yogyakarta

Yangko Jogja memiliki rasa manis yang kental dan merupakan makanan khas Kotagede. Sebuah kawasan di kota Jogja yang terkenal dengan kerajinan peraknya. Dahulu, Kotagede merupakan ibu kota kerajaan Islam Mataram, kerajaan besar yang menjadi cikal bakal Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Sejarah Yangko dimulai di kota ini dimana dahulu kala makanan ini dikenal sebagai makanan para raja atau priyayi. Tidak semua orang

Makanan khas bogor yang terkenal, makanan khas bali yang terkenal, makanan khas jatim yang terkenal, makanan khas semarang yang terkenal, makanan khas thailand yang terkenal, makanan khas surabaya yang terkenal, makanan khas cirebon yang terkenal, makanan khas solo yang terkenal, makanan khas manado yang terkenal, makanan khas garut yang terkenal, makanan khas aceh yang terkenal, makanan khas turki yang terkenal

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top