Connect with us

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Informasi

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal – Anda disini Beranda Wisata Kuliner Makassar Kuliner Kue Barongko Makassar Rasa dan kelembutannya lah yang dibutuhkan

Makassar selain terkenal dengan wisata baharinya, juga dikenal dengan kulinernya yang nikmat. Ada juga banyak kue tradisional dari daerah ini. Namun ada satu yang selalu terkenal sebagai sajian para raja-raja Sulawesi Selatan. Kue yang sering digunakan untuk acara-acara adat tersebut masih ada dan populer di semua kalangan, namanya kue Barongko.

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Kue barongko adalah salah satu kue tradisional sulawesi selatan yang terbuat dari pisang. Masyarakat Sulawesi Selatan dikenal pandai membuat pisang. Pisang hijau (setengah matang) dapat diubah menjadi pisang sanggara’ peppe dan epe’, dan pisang matang dapat diubah menjadi pisang ijo dan pallubutung. Sedangkan yang lebih matang/besar bisa diolah di Barongko. Umumnya jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok.

Coto Kuda Khas Makassar

Salah satu alasan filosofis mengapa Barongko sering ditampilkan di pesta-pesta adalah karena makna yang dimiliki Barongko. Barongko terbuat dari pisang, dibungkus dengan daun pisang, sehingga ketika tuan rumah menghidangkan Barongko kepada tamu, ada pesan bahwa tuan rumah melayani “kejujuran” yang ada di luar dan di dalam. Seperti Barongko, bagian dalamnya terbuat dari pisang dan bagian luarnya juga terdapat bagian pisang. Terlepas dari benar atau tidaknya filosofi ini, Barongko rasanya sah-sah saja.

Asin, manis, dan gurih adalah sensasi pertama yang bermain di lidah saat mencicipi kue tradisional Bugis ini. Proses pembuatan Barongko memang sederhana, namun membutuhkan kesabaran. Biasanya sebelum membuat adonan terlebih dahulu dibuat cetakan atau pembungkus yang terbuat dari daun pisang. Banyak orang yang percaya bahwa bau khas Barongko berasal dari daun pisang yang membungkusnya.

Saat cetakan sudah siap, bahan-bahan untuk membuat Barongko seperti pisang yang sudah dihaluskan, telur, santan, dan gula pasir dicampur hingga menjadi adonan yang kalis. Adonan juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan potongan nangka, daging kelapa yang diiris tipis atau keju parut. Sendok tepung diteteskan ke dalam cetakan daun pisang, dan diamankan dengan tongkat atau ikat. Setelah itu dimasak hingga matang.

Beberapa orang suka menikmati Barongko hangat. Tapi banyak yang bilang Barongko paling enak dinikmati dingin, apalagi baru keluar dari kulkas. Rasanya yang manis dan teksturnya yang halus membuat kue ini digemari banyak orang.

Makanan Khas Sulawesi Dari Olahan Daging Sapi Hingga Kerbau

Jika dulu Barongko dianggap sebagai makanan lezat dan hanya digunakan pada acara-acara kerajaan, kini Barongko bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Bahkan beberapa kafe dan hotel di Makassar juga menggunakannya. Kue ini mudah ditemukan di bulan Ramadhan, karena merupakan menu favorit untuk berbuka puasa.

Buat akun, jadilah anggota komunitas yang aktif menyebarkan informasi tentang keindahan Indonesia. Buat akun di sini.

PT KSM Wisata Internasional. Penyebaran artikel ini kami izinkan karena penyebaran informasi pariwisata Indonesia LEBIH penting daripada hak cipta. Makassar merupakan destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan dengan simbol pariwisata berupa Pantai Losari.

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Selain Pantai Losari, masih banyak tempat menarik lainnya yang siap memanjakan para wisatawan seperti Benteng Makassar, Trans Studio Makassar, Pulau Samalona dan masih banyak lagi.

Resep Kue Tradisional Khas Makassar Yang Enak Jadi Camilan

Selain menawarkan tempat yang indah untuk dikunjungi, berkunjung ke Makassar belum lengkap tanpa mencicipi masakan lokal yang dikenal unik dan enak rasanya.

Bahkan karena enaknya, makanan khas Makassar yang dijual di luar Kota Makassar pun sedikit, seperti Cotto Makassar dan Es Pisang Ijo.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjajal makanan khas Makassar, berikut daftar makanan khas tersebut beserta tempat terbaik untuk menikmatinya.

Siapa yang belum pernah mencoba makanan ini? Pasalnya masakan ini tidak hanya populer di tempat asalnya saja, tetapi juga bisa ditemukan di luar Sulawesi.

Mengenal Pallubasa, Kuliner Berkuah Khas Makassar Super Nikmat!

Coto Makassar adalah masakan sop yang terbuat dari daging sapi dan usus serta dibumbui dengan bumbu yang berbeda. Dikatakan bahwa dibutuhkan 40 bumbu untuk membumbui hidangan ini.

Potongan daging sapi yang dicampur dengan saus asin yang kental dan taburan daun bawang benar-benar membuat suguhan lezat yang menggugah selera.

Di Makassar, tak sulit menemukan rumah makan yang menyajikan makanan khas Makassar ini. Salah satu tempat yang paling populer untuk menikmati sajian tersebut adalah di Coto Nusantara.

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Cita rasa Coto Makassar di daerah ini terbilang otentik dan bersahabat dengan bahasa banyak orang, sehingga selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Makanan Khas Bugis Makassar Yang Populer

Anda bisa ke sana kapan saja karena restoran ini buka setiap hari mulai pukul 06:30 hingga 18:00 WITA.

Nama Tempat : Coto Nusantara Alamat : Jalan Nusantara Baru No. 142, Ende, Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan Harga : Mulai Rp 15.000 per unit. Sup Konro

Selain Cotto Makassar, ada lagi sajian soto yang enak dan nikmat yang termasuk makanan khas Makassar yaitu Sop Konro.

Makanan Makassar ini memiliki warna gelap karena menggunakan bumbu kluwak seperti yang digunakan pada Rawon khas Jawa Timur.

Makanan Khas Sulawesi Terkenal Enak Banget, No 7 Wajib Dicoba

Bahan utama sop konro adalah daging sapi dan daging sapi yang dimasak bersama dengan kuah asam jawa, kayu manis dan aneka bumbu. Akibatnya, diet ini memberikan diet yang sangat kaya.

Jika ingin mencoba makanan ini, Anda bisa pergi ke Konro Karebosi. Situs ini sudah populer, bahkan di kalangan selebriti dan politisi.

Nama Tempat: Konro Karebosi Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Makassar Harga: Mulai Rp 30rb per servis Pallubasa

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Jika kurang suka dengan Coto Makassar yang menggunakan ketupat karena biasa makan nasi, cobalah untuk menikmati sajian Pallubasa. Hidangan ini mirip dengan Coto Makassar.

Makanan Khas Bugis Yang Wajib Kamu Cicipi

Bahan-bahan penting dari jeroan sapi atau kerbau. Bahan-bahan ini dimasak lama dengan bumbu yang berbeda. Pallubasa biasanya disajikan dengan nasi putih.

Meski sifat masakan soto khas Makassar ini dari segi tampilan hampir mirip dengan masakan soto khas Makassar lainnya, namun Pallubasa sangat berbeda.

Hidangan ini biasanya dicampur dengan kuning telur dan serundeng. Jadi kuning telur yang lepas akan ditambahkan saat saus digunakan, sehingga akan tercampur rata dengan saus panas.

Ada banyak tempat di Makassar yang menyajikan Pallubasa dan makanan lezat. Salah satu tempat tersebut adalah Pallubasa Wolf.

Kenikmatan Di Balik 10 Kue Khas Makassar Yang Legendaris Ini

Nama Lokasi: Serigala Pallubasa Alamat: Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Makassar Harga: Mulai Rp 13.000 per layanan Pallumara

Makanan khas Makassar ini dibuat dengan produk ikan spesial yaitu kakap, tuna, bandeng dan kakap.

Bumbu lain yang digunakan dalam masakan ini adalah asam jawa, bawang merah, bawang putih, jahe, cabai dan daun jeruk.

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Proses pembuatan Pallumara juga sangat sederhana yaitu ikan terlebih dahulu dilumuri dengan bumbu kemudian dimasak dengan bumbu yang sudah dicampur.

Makanan Khas Makassar + Harga & Rekomendasi Resto

Rasa makanan ini mirip dengan ikan asam manis. Selain kakap, jenis ikan lain yang biasa digunakan adalah tongkol atau tongkol.

Pallumara sering disajikan dengan nasi putih. Tempat yang menyajikan Pallumara dengan kelezatan yang lezat adalah Restoran Ulu Juku.

Nama Tempat : Rumah Makan Ulu Juku Alamat : Jalan Prof. dr. Abdurrahman Basalamah Harga: Mulai Rp 30.000 per Barongko

Jika anda sedang mencari jajanan khas Makassar berupa makanan, cobalah makanan yang satu ini, Makassar memiliki beberapa jenis dan rasa makanan yang berbeda, salah satunya adalah barongko.

Kue Barongko Makassar Rasanya Yang Manis Dan Lembut Menjadi Favorit

Kue Bungkus Daun Pisang ini terbuat dari buah pisang. Untuk membuat barongko, pisang dihaluskan kemudian dicampur dengan santan, telur, gula dan garam.

Barongko adalah sajian manis yang cocok sebagai pendamping minum teh. Untuk menikmati Barongko khas Makassar, Anda bisa mendapatkannya di Mama Cake and Ice Cream Shop.

Nama Tempat : Toko Kue Ibu dan Es Krim Alamat : Jalan Serui Nomor 19. Pattunuang, Wajo, Makassar Harga : Mulai Rp 3.500,- per Biji Pisang Epe

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Anda penggemar pisang? Jika iya, Anda bisa mencoba hidangan ini setelah mencicipi Barongko. Pisang Epe adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari pisang kepok.

Kuliner Khas Bugis Makassar Yang Enak Enak

Pisang kepok masih setengahnya digunakan untuk membuat masakan ini. Pisang dibakar dengan bara panas hingga harum.

Terakhir masukkan air campuran daun pandan, gula merah dan garam. Alhasil, Anda akan menikmati santapan lezat yang istimewa.

Pisang epe sangat cocok untuk menikmati sore hari yang santai. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan ini di Pantai Losari.

Nama Tempat : Pisang Epe Alamat : Jalan Penghibur, Losari, Ujung Pandang, Makassar Harga : Mulai Rp 10.000 per service Es Palu Butung

Seafood Khas Makassar Di Pluit

Setelah mencoba berbagai kuliner dan jajanan kuliner Makassar yang lezat, jangan lupa untuk mencoba dessert khas Makassar berupa es krim campur yang dikenal dengan nama Es Palu Butung.

Untuk penyajiannya, pisang raja disusun dalam mangkok kemudian ditambahkan tepung beras dan ditambahkan susu serta sirup.

Salah satu tempat favorit untuk menikmati butung gel hammer khas Makassar adalah di RM Bravo. Restoran ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam WITA setiap hari.

Makanan Khas Makassar Yang Terkenal

Nama Tempat : RM Bravo Alamat : Jalan Sultan Alauddin No 27, Mangasa, Tamalate, Makassar Harga : Mulai Rp 10 ribu per porsi. Es krim pisang hijau

Rekomendasi Pisang Epe Di Makassar, Manisnya Menggugah Selera

Inilah es campur khas Makassar yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik membuat masakan ini sangat lezat.

Pisang dilapisi dengan tepung berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras dan perasan daun suji untuk memberikan kesan seperti kulit pisang.

Pisang yang dibungkus adonan dipanggang hingga matang. Dalam penyajiannya, pisang ijo disajikan dengan tepung beras, sirup, dan susu.

Selain RM Bravo, tempat populer lainnya yang menyajikan es krim pisang hijau adalah Restoran Muda Mudi di Jalan Rusa dan Es Krim Pisang Hijau di La Galigo.

Lezatnya Coto Makassar Di Warung Coto Wesabbe, Makassar

Nama Restoran: RM Bravo Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 27, Mangasa, Tamalate, Makassar Harga: Mulai Rp 10.000 per porsi Gogoso

Anda penggemar telur asin? Ya, Makassar lagi

Makanan khas cirebon yang terkenal, makanan khas bali yang terkenal adalah, oleh2 khas solo yang terkenal, makanan khas cirebon terkenal, makanan khas makassar yang terkenal adalah, makanan khas bogor yang terkenal, jajanan khas bali yang terkenal, kuliner khas bogor yang terkenal, makanan khas bali yang terkenal, makanan khas semarang yang terkenal, oleh2 khas makassar yang terkenal, kue khas surabaya yang terkenal

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top