Connect with us

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul

Informasi

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul – Anda sering berlibur ke Jogja? Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kawasan Gunung Kidul yang menjadi primadona baru pariwisata di Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di bagian selatan Jogja, terdapat pantai-pantai berbatu yang cantik dan indah. Setidaknya ada sepuluh pantai di Gunung Kidul yang menjadi tempat wisata favorit.

Namun ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa masih banyak destinasi wisata di Gunung Kidul selain pantai yang sayang untuk dilewatkan. Simak lokasi dan detailnya di bawah ini. Siapa tahu bisa menginspirasi liburan selanjutnya.

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul

Tak jauh dari kawasan wisata Pantai Kukup terdapat taman bunga matahari yang dikenal dengan Taman Bunga Nawari. Kebun bunga matahari di sini melimpah lho. Anda bisa bebas berfoto dengan bunga matahari yang berjejer.

Wisata Unggul Di Gunung Kidul, He Ha Ocean Yang Dinantikan

Datanglah sebelum pukul 09:00 WIB pagi dan Anda akan disambut dengan pemandangan deretan bunga matahari. Bukti keren!

Selain bunga matahari, di sana juga ada taman bunga Amaryllis. Dengan warna jingga cerahnya, taman bunga Amaryllis terlihat seperti hamparan bintik-bintik cerah. Bunga Amaryllis tidak selalu mekar. Disarankan untuk berada di sini antara Juli dan Maret.

Jika cuaca bagus, bunga amarilis bisa tumbuh hingga akhir tahun. Nggak harus ke Keukenhof di Belanda, kamu bisa berfoto dengan cantiknya hamparan bunga yang sangat Instagrammable.

Topografi Gunung Kidul di pegunungan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika terdapat banyak gua bawah tanah dengan aliran yang menakjubkan. Salah satu yang paling terkenal adalah Gua Pindul. Di sini Anda bisa melakukan cave tubing yang asyik dan mengasyikkan. Cavern tubing adalah kegiatan yang berlangsung di dalam gua menggunakan pelampung di sungai bawah tanah. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Rekomendasi Tempat Wisata Di Gunung Kidul Jogja Terbaru Yang Instagramable 2023

Tidak jauh dari Goa Pindul, ada tempat wisata goa baru yaitu Goa Gelatik Lorong Sewu. Dinamakan demikian karena goa ini memiliki banyak lorong vertikal dan horizontal. Meski demikian, goa ini sering dijadikan sebagai tempat meditasi. Anda dapat menjelajahi gua dan menikmati keindahan gua dengan pemandu khusus yang berpengalaman.

Tidak hanya lubang horizontal, Gunung Kidul juga memiliki lubang vertikal. Lubang vertikal ini seperti lubang bawah tanah. Untuk memasuki gua, Anda perlu dilengkapi dengan peralatan khusus, dan pemandu yang akan membantu Anda dengan cepat. Tempat wisata ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai tantangan.

Melangkah ke dalam gua setinggi 60 meter akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup Anda! Dipadukan dengan pesona goa yang sangat indah, mulai dari hutan kecil hingga tulang belulang langit yang magis. Anda dijamin tidak akan melewatkan liburan Anda di sini.

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul

Kalisuci adalah salah satu sungai bawah tanah yang terkenal. Sungai ini melewati setidaknya empat lubang di Gunung Kidul dan mengalir ke Danau Baron. Aliran airnya sangat bersih karena terhindar dari kotoran dan polusi. Dengan pemandangan bawah gua yang spektakuler, tak heran jika Kalisuci menjadi tempat menyelam gua yang populer. Jika tidak ingin bermain air, Anda juga bisa duduk-duduk di hammock yang ada di Kalisuci. Ini sangat menyenangkan, bukan?

Tempat Wisata Di Gunungkidul Yang Paling Populer, Sudah Ke Sini?

Pecinta aktivitas yang memacu adrenalin pasti menyukai aktivitas ini. Bahkan jika Anda tidak arung jeram. Jika arung jeram biasanya menggunakan perahu, maka arung jeram di Kali Oyo ini menggunakan inflatables untuk semua orang. Wah, seru sekali! Mendaki sekitar 1,5 jam, Kali Oyo mengarah ke air terjun kecil yang menandai akhir perjalanan. Di sini Anda harus mencoba perasaan indah melompat dari air terjun. Sangat baru!

Ini tidak seperti air terjun biasa yang ada di hutan. Air Terjun Kedung Kandang terletak di tengah areal persawahan warga. Tempat parkir berjarak sekitar satu kilometer dari air terjun.

Air terjun ini tergolong jinak, namun memiliki enam tingkat dan tiga kolam besar, yang sangat menakjubkan lho. Namun jika ke Gunung Kidul akan menyesal tidak menginap disini.

Jadi ini satu-satunya air terjun yang ada di Odo Oyo. Anda harus naik rakit menyeberangi sungai untuk sampai ke sini. Air Terjun Sri Gethuk mengalir dari atas tebing setinggi 50 meter.

Paket Wisata Ke Gunung Kidul Biro Bus Pariwisata Tour Terbaik

Di sekitar air terjun terdapat sawah dan hutan yang terlihat hijau dan sejuk. Anda pasti tidak akan tahan untuk tidak berenang dan bermain air. Anda juga bisa mengunjungi Gua Rancang Kencono yang berada di tempat yang sama dengan air terjun ini.

Hutan Wanagama merupakan hutan lindung milik UGM di Kabupaten Gunung Kidul. Kawasan hutan ini dulunya merupakan kawasan tandus dan kering, namun sejak tahun 1964 telah berubah menjadi hutan hijau yang sejuk dan nyaman.

Di dalam hutan, Anda akan menemukan banyak pemandangan alam yang menarik, mulai dari air terjun hingga jembatan gantung ikonik.

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul

Embung adalah kata Jawa yang berarti danau. Dunia danau sering diasosiasikan dengan suasana tenang dan damai. Hal ini juga akan Anda rasakan saat berkunjung ke Embung Batara Sriten. Danau buatan di puncak Gunung Batur Agung ini merupakan danau tertinggi di Jogja lho. Matahari terbenam sangat indah dan tidak lebih buruk dari matahari terbenam di pantai.

Destinasi Wisata Jogja Bernuansa Gunung Yang Wajib Kamu Kunjungi » Bertuahpos

Selain danau, ada tempat wisata lain yang seperti danau atau telaga. Namanya Waduk Beton Indah. Di sini Anda memiliki pemandangan danau yang indah dengan pepohonan hijau yang menakjubkan. Tidak hanya itu, ada banyak arena dan pilihan permainan mulai dari balap rubah hingga becak air untuk Anda nikmati.

Sebagai negara dengan banyak gunung berapi, Indonesia memiliki pesona yang luar biasa. Salah satunya dapat ditemukan di Gunung Api Tua Nglanggeran. Gunung berapi purba ini diyakini terbentuk sekitar 70 juta tahun yang lalu. Wah, sudah lama sekali.

Dengan ketinggian mencapai 700 meter, gunung api purba ini terlihat perkasa dengan kekuatan batuan breksi hitam. Dari atas bukit ada pemandangan Gunung Kidul yang menakjubkan.

Hukumnya benar-benar terkenal karena nilai-nilai intelektualnya yang unik. Tak jarang, banyak tempat wisata yang memiliki legenda sejarah. Salah satunya adalah Gunung Gentong. Gunung berbatu ini konon merupakan tempat bertapa raja terakhir Majapahit, Prabu Brawijaya V.

Taman & Objek Wisata Alam Terbaik Di Gunung Kidul

Puncak Gunung Gentong disebut Puncak 4G. Di sini kamu bisa berfoto selfie dengan latar belakang pemandangan yang indah bahkan berkemah sambil melihat bintang di langit. Itu bagus, bukan?

Bagi yang suka melihat kota di malam hari, kunjungi Bukit Bintang. Bukit Bintang biasanya ramai di sore hari ketika banyak anak muda di Jogja berburu matahari terbenam dan di mana Gunung Merapi Merbabu berada. Di malam hari, gunung ini semakin berwarna dengan terangnya lampu kota Jogja dan bintang-bintang yang menghiasi langit.

Kalau Lombok punya Gunung Merese, Gunung Kidul punya Gunung Kosakora. Meski tidak terlalu tinggi, pemandangan dari atas ini sungguh menakjubkan. Dari pantai air biru hingga pegunungan Gunung Kidul, menjadi latar belakang yang indah untuk berfoto. Bersabarlah dan tunggulah gelap, maka mulutmu akan takjub melihat keindahannya.

Destinasi Wisata Di Gunung Kidul

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Gunung Kidul memiliki lanskap pegunungan kapur atau karst yang sangat luas. Topografi karst terlihat jelas di lembah karst Mulo. Lembah karst ini merupakan bagian dari Geopark Gunung Sewu dan diakui oleh Global Geopark Network. Betapa kerennya, bukan?

Siapkah Gunungkidul Untuk Wacana Menjadi Bali Kedua?

Dari tempat wisata di atas mana yang pernah kamu kunjungi? Kalau masih banyak yang belum, mungkin sudah saatnya merencanakan liburan ke Jogja dan explore Gunung Kidul.

Hanif K. Wardhani, pecandu dan konsultan wisata alam. Dia suka berburu tempat-tempat yang tidak biasa di mana dia bisa beristirahat dan bersantai. Hasil hunting bisa dinikmati di Little Noona, daerah istimewa Yogyakarta, salah satu dari 34 kabupaten di Indonesia yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berada di Pulau Jawa, dekat Solo dan Semarang, Jawa Tengah, kawasan ini selalu memiliki keunikan tersendiri. Berbagai tempat wisata Yogyakarta dapat ditemukan di kawasan ini. Selain sebagai tujuan wisata, Jogja juga menjadi tujuan ideal bagi para pelajar karena banyaknya universitas atau perguruan tinggi ternama yang berada di kota ini. Daftar tempat wisata di Yogyakarta yang disajikan di bawah ini sangat beragam, mulai dari wisata alam hingga banyak pantai di Gunungkidul, sejarah, museum, tempat belanja, keluarga dan lainnya. Bagi yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai tempat wisata di Yogyakarta selain pantai, simak ulasan berikut ini. Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Gunungkidul sebagai daerah yang sering disebut gersang dan gersang ternyata memiliki keindahan alam berupa air terjun. Berada di Desa Wisata Bleberan, Taman Nasional Sri Gethuk merupakan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan air terjun ini memiliki kemiripan dengan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Amerika yaitu Grand Canyon Arizona. Aliran air terjun khususnya tidak mengenal musim, baik itu musim hujan atau pun musim kemarau panjang, terus mengalir tanpa henti. Bebatuan cantik di bawah air terjun tersusun berundak-undak, seperti tepian kolam renang di rumah-rumah mewah. Ketika Anda memutuskan untuk melangkah lebih dekat dan berenang di bawah air terjun, Anda akan langsung merasa seperti berada di negeri dongeng, dengan air jernih yang mengaliri tubuh Anda. Saat musim hujan, ada peluang besar untuk melihat pelangi yang indah di Air Terjun Sri Gethuk. Keajaiban pelangi yang menghiasi air terjun akan membawa Anda ke cerita tentang bidadari yang mengenakan selendang pelangi. Obyek wisata Banyunibo

Jika Anda tahu Pasifik

Puncak Kosakora Gunungkidul, Letak Puncak Kosakora Gunung Kidul

Destinasi jogja gunung kidul, destinasi gunung kidul, destinasi wisata jogja gunung kidul, destinasi di gunung kidul, destinasi wisata gunung kidul selain pantai, destinasi wisata gunung kidul, destinasi pantai gunung kidul, tempat wisata di gunung kidul, destinasi wisata pantai gunung kidul, destinasi pantai di gunung kidul, destinasi wisata di gunung kidul yogyakarta, destinasi pantai gunung kidul terbaru

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top