Connect with us

Kenampakan Alam Di Benua Afrika

Informasi

Kenampakan Alam Di Benua Afrika

Kenampakan Alam Di Benua Afrika – Afrika adalah benua tertua yang dihuni di Bumi, jadi kami menyebut benua Afrika sebagai benua induk. Manusia dan nenek moyang mereka telah hidup di Afrika selama lebih dari 5 juta tahun.

Benua Afrika juga dikenal sebagai benua gelap. Judulnya adalah warna kulit orang dan benua yang masih dianggap misterius. Afrika jauh lebih sedikit dieksplorasi dan dipetakan saat itu.

Kenampakan Alam Di Benua Afrika

Kenampakan Alam Di Benua Afrika

Benua Afrika dibagi oleh garis khatulistiwa menjadi dua bagian yang luasnya hampir sama. Dengan demikian, sebagian besar negara di benua ini terletak di zona tropis. Benua Afrika memiliki iklim yang beragam dimana daerah di dekat garis khatulistiwa memiliki iklim tropis, subtropis, dan gurun.

Kenampakan Buatan Di Benua Australia Beserta Gambar

Benua Afrika memiliki luas 30,365 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Posisi astronomis benua Afrika adalah antara 35°LS – 38°LU dan 17°BT – 57°BT. Sementara itu, benua Afrika secara geografis terletak di bagian selatan benua Eropa dan Asia.

Benua Afrika bagian barat berbatasan dengan Samudera Atlantik, dan bagian timur berbatasan dengan Samudera Hindia. Batas-batas benua Afrika adalah sebagai berikut:

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan dengan nama negara sebagai berikut:

Afrika Utara juga termasuk wilayah Spanyol di Kepulauan Canary. Spanyol juga memiliki kota otonom Melilla dan Ceuta. Portugal juga memiliki pulau Madeira di wilayah ini.

Benua Australia Punya Ciri Khas Dan Karakteristik Seperti Ini!

Negara-negara di Afrika Timur adalah Zambia, Rwanda, Djibouti, Tanzania, Mauritius, Kenya, Zimbabwe, Eritrea, Komoro, Burundi, Malawi, Somalia, Uganda, Ethiopia, Mozambik, Seychelles, Madagaskar, dan Somaliland.

Negara-negara di Afrika Barat adalah Mauritania, Guinea Bissau, Benin, Gambia, Ghana, Niger, Nigeria, Sierra Leone, Senegal, Togo, Tanjung Verde, Pantai Gading, Guinea, Burkina Faso, Liberia, dan Mali.

Negara-negara di Afrika Tengah adalah Gabon, Republik Afrika Tengah, Kamerun, Sao Tome dan Principe, Chad, Angola, Republik Demokratik Kongo, Guinea Khatulistiwa dan Kongo.

Kenampakan Alam Di Benua Afrika

Bentuk alami benua Afrika bagian utara dan barat terdiri dari banyak dataran rendah. Sedangkan dataran tinggi di Afrika selatan dan Afrika timur banyak terdapat pegunungan lipatan yang terletak di ujung utara yaitu Pegunungan Atlas.

Kenampakan Alam Yang Ditunjukkan Oleh Tanda X Yaitu . . . Dan Membatasi Wilayah . . . . A. Samudra

Pegunungan di Afrika termasuk Gunung Kilimanjaro di Tanzania (5.890 m), Gunung Kamerun di Kamerun (4.070 m), Gunung Margarita di Kongo (5.109 m), Gunung Kinyeti di Sudan (3.187 m), dan Gunung Ras Dashen di Sudan (4.629 m ). . dan Gunung Emi Koussi (3415 m) di Chad.

Dataran tinggi adalah dataran tinggi yang terletak 700 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi adalah hasil dari erosi dan sedimentasi. Secara umum merupakan wilayah yang relatif datar dengan ketinggian lebih dari 700 meter. Benua Afrika memiliki 2 dataran tinggi yaitu Dataran Tinggi Afrika Bawah di utara dan Dataran Tinggi Afrika Atas di selatan.

Benua Afrika terkenal dengan sungai-sungainya yang panjang. Salah satu yang paling terkenal adalah Sungai Nil. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia dengan panjang 6.650 km atau 4.132 mil.

Sungai Nil membelah sembilan negara di kawasan Afrika: Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan, dan Mesir.

Sd6ips Ips Arifjulianto

Selain Sungai Nil, terdapat sungai-sungai panjang seperti sungai Zambezi, Niger, Kongo atau Zahira.

Danau terbesar di Afrika adalah Danau Victoria (Victoria Nyanza) dengan luas 68.870 kilometer persegi. Selain itu, beberapa danau besar lainnya di Afrika adalah Danau Tanganyika (luas 32.900 km²), Danau Malawi (luas 29.600 km²), Danau Albert (luas 2.220 km²) dan Danau Kivu (luas 2.220 km²).

Gurun terbesar di dunia, Gurun Sahara, terletak di benua Afrika. Luas gurun adalah 8,4 juta kilometer persegi. Gurun ini membentang dari Senegal di barat hingga Kenya di timur. Gurun di India Selatan adalah Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

Kenampakan Alam Di Benua Afrika

Benua Afrika dihuni oleh 3 ras manusia yaitu ras bule, negroid dan ras khusus pribumi setempat. Orang-orang di benua Afrika memiliki agama berbeda yang hidup bersama.

Kenampakan Alam Yang Ditunjukkan Oleh Angka X Yaitu….. Dan Membatasi Wilayah..a. Samudra Atlantik

Selain itu, terdapat 800 bahasa yang sebagian besar dituturkan di benua Afrika, seperti kelompok bahasa Afroasiatik (Arab, Somalia, Berber, Hausa, Amharik, Oromo), bahasa Nilo-Sahara (Luo, Songay, Nubia dan Maasai), Niger-Kongo (Swahili , Yoruba, Igbo, Fula, Shona), Khoisan (Sandawe, Hadza, Kho, Ju).

Kondisi alam benua Afrika sangat mendukung persebaran spesies hewan. Afrika memiliki fauna yang beragam, terutama mamalia besar. Fauna biasa di benua Afrika, yaitu. addax, sarafa, zebra, kijang, kuda nil, badak dan gajah.

Terlepas dari kemiripan fisik mereka dengan rekan Asia mereka, hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif besar dibandingkan dengan rekan Asia mereka.

Distribusi vegetasi di benua Afrika mempengaruhi iklim wilayah tersebut. Misalnya, iklim hutan hujan tropis (sebagian Afrika tengah) memiliki vegetasi dan hutan hujan yang sangat lebat. Sementara utara dan selatan (tropis) memiliki stepa dan sabana yang luas, gurun hanya memiliki stepa dan kaktus.

Docx) Kliping Benua

Ciri-ciri benua Letak astronomis dan geografis benua Afrika Iklim benua Afrika. Hampir semua orang di belahan dunia ini mengenal Mesir dan mereknya. Selain menjadi peradaban besar, Mesir adalah salah satu negara terbesar dan terkaya di Afrika. Kelimpahan tersebut tak lepas dari aliran Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia, yang menjadikan Mesir sebagai negara tersubur di benua Afrika.

Dilihat dari sejarah Mesir, tidak lepas dari kisah firaun, rajanya, muminya, dan anggota kerajaan lainnya. Mesir juga merupakan negara yang memiliki sejarah berperang melawan Fir’aun yang mengaku sebagai Tuhan pada saat itu. Di antara mukjizat Nabi Musa yang paling terkenal adalah tongkat yang bisa berubah menjadi ular dan membelah lautan. Firaun yang angkuh tenggelam di Laut Merah bersama banyak pengawalnya. Selain itu, banyak cerita sejarah yang terjadi di Mesir. Selama ini Mesir memiliki banyak bukti sejarah yang beberapa di antaranya telah menjadi keajaiban dunia. Bukti-bukti sejarah ini adalah rekayasa Mesir. Kali ini kita belajar tentang bentuk buatan di Mesir.

Seperti yang sudah disebutkan, Mesir adalah negara dengan sejarah peradaban yang hebat. Bukti peradaban ini bisa dilihat di Mesir dan masih sering dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Selain peradaban besar dan warisan sejarah yang terpelihara dengan baik, Mesir adalah negara paling maju di wilayahnya, begitu banyak fitur buatan manusia yang ditemukan. Apa saja fitur buatan manusia dari Mesir? Di Mesir, bentuk buatan adalah:

Kenampakan Alam Di Benua Afrika

Piramida adalah struktur buatan manusia yang paling terkenal di Mesir. Piramida ini juga tercatat sebagai lambang negara Mesir. Piramida dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia. Piramida adalah bangunan berbentuk segitiga yang di dalamnya terdapat beberapa. Di Mesir, piramida adalah makam raja atau firaun Mesir kuno, yang jenazahnya diawetkan dan dikenal sebagai mumi. Tetapi piramida juga merupakan tempat perampokan makam, karena raja-raja yang telah meninggal membawa banyak kekayaan dan artefak kuno ke alam baka. Membangun piramida dengan arsitektur Mesir kuno memang tidak sembarangan. Karena matahari paling penting bagi orang Mesir, mereka harus menghitung jarak matahari terlebih dahulu. Biaya, waktu, dan upaya yang dikeluarkan untuk membangun piramida sangat besar. Bahkan satu piramida dikatakan membutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk dibangun, mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak. Oleh karena itu tidak mengherankan jika pembangunan piramida ini menelan banyak korban jiwa.

Bentang Alam Dan Karakteristik Benua Afrika, Sudah Tahu?

Bangunan artistik paling terkenal kedua di Mesir adalah Sphinx. Patung Sphinx adalah patung singa berukuran besar dengan kepala manusia. Sphinx adalah makhluk mitos dari mitologi Mesir. Di Mesir, patung Sphinx terbesar ada di Giza. Patung di Giza ini memiliki panjang 20 meter dan tinggi 3 meter.

Selain di Mesir, makhluk sphinx ini juga muncul dalam mitologi Yunani yang artinya merupakan makhluk yang sering membuat teka-teki. Padahal, asal usul nama sphinx dipercaya diambil dari mitologi Yunani yang berarti “mencekik”, karena dalam mitologi Yunani makhluk itu sering mencekik orang yang tidak bisa menjawab teka-teki yang diajukannya. Terlepas dari sejarahnya yang misterius, patung Sphinx sebenarnya adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Mesir.

Terusan Suez adalah salah satu benda buatan manusia yang ditemukan di Mesir. Terusan Suez adalah kanal pelayaran sepanjang 163 km yang menghubungkan pelabuhan Sid di Laut Mediterania dan Suez di Laut Merah. Kanal ini diresmikan pada tahun 1869 oleh insinyur Perancis Ferdinand Vicomte de Lesseps. Kita tidak perlu jauh-jauh melewati kanal ini karena merupakan jalan pintas dari Eropa ke Asia tanpa harus keliling Afrika.

Sungai-sungai di Afrika Timur mengalir melewatinya. Alhasil, kawasan sekitar bendungan menjadi subur dan cocok untuk pertanian, karena banjir membawa banyak zat bermanfaat.

Benua Di Dunia Kelas 6 Sd Ips

Universitas Al-Azhar di Kairo adalah salah satu ciri artistik Mesir modern. Universitas ini adalah salah satu universitas paling terkenal dan terbaik di dunia.

Universitas tersebut merupakan salah satu pusat kajian sastra Arab dan kajian kajian Islam Sunni di dunia. Universitas Al Azhar tidak hanya digunakan untuk studi Mesir, tetapi juga untuk studi masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Negara terbesar di benua afrika, tempat wisata di benua afrika, bentang alam di benua afrika, bentang alam benua afrika, nama negara di benua afrika, kenampakan alam di afrika, negara berkembang di benua afrika, kenampakan alam di benua eropa, jumlah negara di benua afrika, sungai terpanjang di benua afrika, gurun terluas di benua afrika, negara yang ada di benua afrika

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top