Connect with us

Wisata Bali

Pantai Sanur

Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada di sana. Salah satu destinasi pantai yang populer di kalangan masyarakat adalah Pantai Sanur atau yang dikenal juga sebagai Sanur Beach.

Sama seperti pantai di Bali lainnya, Sanur Beach memiliki keistimewaan tersendiri dan memberikan kesan menyenangkan bagi siapa saja yang berkunjung. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, baik di pagi hari maupun sore hari.

Lokasi

Pantai Sanur terletak di daerah Denpasar Selatan, tepatnya di Jalan Kusuma Sari No 1, Sanur, Denpasar, Bali. Jika perjalanan awal dimulai dari Bandara Ngurah Rai Tuban, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di alamat yang dituju dengan mengendarai mobil.

Berbeda lagi jika lokasi start berada di daerah Seminyak, maka membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 45 menit. Semakin jauh titik start Anda, maka semakin lama waktu yang ditempuh. Alangkah baiknya untuk menyusun rencana perjalanan agar lebih hemat waktu dan tenaga.

@ekogatan

Cara Menuju ke Lokasi

1. Menggunakan Transportasi Online

Cara pertama yang bisa Anda pilih untuk sampai ke lokasi adalah dengan memanfaatkan transportasi online. Disarankan untuk memilih transportasi online yang menggunakan mobil agar bisa memuat banyak orang.

Biasanya akan ada biaya tambahan untuk sampai ke pantai langsung dan ini sangat wajar mengingat jaraknya dengan jalan utama cukup jauh. Namun, bagi yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih, akan lebih baik jika melakukan penyewaan kendaraan saja.

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Opsi lain yang bisa digunakan adalah menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa sepuasnya bermain di pantai, bahkan hingga matahari terbenam sekalipun.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi untuk berlibur, alangkah baiknya untuk mengecek kondisi kendaraan tersebut. Pastikan mobil dalam kondisi prima dan tidak ada kerusakan apapun. Jangan lupa untuk membawa bensin cadangan jika suatu waktu kehabisan di tengah jalan.

3. Menyewa Jasa Antar Jemput

Sebagai destinasi wisata dengan jumlah pengunjung yang banyak, sekarang ini sudah ada jasa antar jemput ke Pantai Sanur. Jasa ini tentunya beragam, ada yang memang khusus rute ke pantai saja. Ada juga yang bisa disewa selama berhari-hari selama liburan.

Tentunya untuk menyewa jasa antar jemput ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda berlibur dalam jangka waktu yang cukup lama, maka harus menyiapkan budget lebih. Salah satu kelebihan menggunakan jasa antar jemput adalah lebih praktis dan bebas.

Daya Tarik Wisata

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa setiap destinasi wisata akan memiliki daya tarik tersendiri. Pantai Sanur dan Pantai Kuta sama-sama memiliki daya tarik dari pemandangan matahari terbenam maupun terbit.

Namun terdapat sedikit perbedaan antara keduanya, di Sanur Beach ini terkadang tidak terlalu ramai seperti halnya di Pantai Kuta. Terlebih ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga aman untuk anak-anak. Meskipun demikian, para orang tua dan dewasa harus tetap mengawasi.

Kegiatan yang Direkomendasikan

1. Menikmati Sunrise & Sunset

Sunrise dan sunset merupakan dua pergantian waktu yang hampir semua orang menikmatinya dan tidak akan bosan. Di Sanur Beach ini Anda bisa mengabadikan kedua momen ini dengan mengambil gambar atau foto di spot terbaiknya.

Ketika sudah puas bermain dari pagi atau siang hari, sore hari merupakan waktu yang tepat untuk bersantai sambil menunggu matahari terbenam. Anda bisa bersantai di gazebo maupun duduk di sekitar pantai sambil menunggu senja yang mulai meredup dan digantikan oleh malam hari.

Selain menikmati senja, Anda  juga bisa menikmati sunrise yang tidak semua orang bisa menikmatinya. Namun, Anda harus rela bangun pagi dan keluar dari penginapan di dekat pantai untuk menikmati keindahan sang fajar.

2. Berenang

Bagi yang memiliki hobi berenang, Anda bisa menyalurkan hobi tersebut di Pantai Sanur ini. Deburan ombak di pantai ini tergolong bersahabat, sehingga aman jika berenang di pinggir pantai. Namun ketika sudah mulai pasang, Anda wajib berhati-hati karena bisa saja ombak datang dengan lebih besar.

Pengawasan dari orang tua maupun dewasa sangat penting agar anak-anak yang ikut berenang tidak terseret ombak. Disarankan untuk bermain air dan berenang di pinggir pantai saja dan tidak sampai ke tengah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mencoba Sanur Water Sport

Selain melakukan aktivitas umum di pantai, Anda juga bisa mencoba wahana permainan yang disediakan oleh pengelola pantai yang disebut sebagai Sanur Water Sport. Namun untuk menikmati permainan, Anda perlu mengeluarkan biaya lagi. Berikut rinciannya:

Nama Permainan/Jasa Tarif
Penyewaan Kano Rp25.000,00/kano
Penyewaan Jetski Rp300.000,00/orang
Banana Boat Rp200.000,00/orang
Parasailing Rp225.000,00/orang
Seawalker Rp830.000,00/orang
Rolling Donut Rp210.000,00/orang

Catatan : harga bisa berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu.

4. Bersepeda

Bagi Anda yang mungkin lelah atau bosan berenang, maka bisa mencoba aktivitas bersepeda di sekitaran pantai. Di sekitar Pantai Sanur ada yang menyewakan sepeda dengan biaya dan durasi waktu tertentu. Anda bisa menanyakannya di warga sekitar yang memang menyediakan penyewaan.

Anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk berkeliling dengan santai dan tidak lelah karena berjalan kaki. Sangat direkomendasikan untuk berkeliling menggunakan sepeda dan menikmati sunset bersama dengan keluarga maupun teman Anda.

5. Jalan-jalan Sore

Matahari terbenam merupakan waktu yang tepat untuk berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menikmati pergantian waktu. Di pantai ini terdapat satu titik dimana terdapat spot jalan memanjang yang sedikit condong ke tengah laut.

Di sepanjang jalan tersebut juga terdapat karang bebatuan yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai. Jika masih memiliki tenaga lebih, maka bisa berjalan dari ujung ke ujung dengan kekasih maupun keluarga Anda.

Fasilitas

Berbicara soal fasilitas, Pantai Sanur Bali ini bisa dibilang sudah memiliki fasilitas publik yang lumayan lengkap. Ada fasilitas yang memang tersedia secara gratis, ada juga yang membutuhkan biaya lagi untuk bisa menikmati atau menggunakannya. Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di antaranya:

  • Area parkir yang luas.
  • Toilet putra dan putri.
  • Tempat makan dekat pantai.
  • Penginapan atau hotel.
  • Mushola.
  • Penyewaan sepeda.
  • Spot foto

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata satu ini pada dasarnya tidak ada biaya khusus untuk masuk ke wilayah Pantai Sanur. Hanya saja, pengunjung dibebankan untuk membayar biaya parkir yang bisa dibilang sangat terjangkau. Adapun biaya parkir untuk mobil adalah Rp10.000,00 dan motor Rp5.000,00 saja.

Dengan harga parkir yang tergolong murah, pengunjung sudah bisa beraktivitas sesuai dengan keinginan dari pagi sampai sore hari. Terlebih fasilitas yang ada di sekitar lokasi sudah memadai, sehingga bisa berlibur dengan nyaman dan tenang.

Dari rangkaian pembahasan di atas, bisa dibilang wisata Pantai Sanur ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Terlebih bagi Anda yang menyukai olahraga air karena di sini juga tersedia berbagai macam wahana air yang menantang adrenalin.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

  • Obyek Wisata Bali

    Tanah Lot Bali

    By

    Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top