Connect with us

Pantai Pandawa Bali

Wisata Bali

Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi dibuka pada akhir tahun 2012 silam. Setelah dibuka dan hingga detik ini, pantai yang memiliki pesona keindahan pasir putih ini tidak kalah populer dengan yang lainnya.

Deskripsi singkat terkait Pandawa Beach dapat dituliskan sebagai salah satu pantai yang memiliki warna air laut yang menenangkan, pasir pantai berwarna putih yang halus, dan kaya akan cerita sejarah di balik pembukaannya.

Sejarah Pantai Pandawa Bali

Dahulunya Pandawa Beach ini memiliki nama Pantai Melasti. Pada awalnya pantai ini berada di belakang tebing kapur dan mengharuskan orang-orang yang berkunjung harus naik dan turun melalui tebing yang curam.

Daerah pantai ini pada dasarnya merupakan wilayah dari Desa Kutuh, hanya saja terisolir dan tidak dapat ditempati siapapun. Mulai dari sinilah masyarakat Desa Kutuh kemudian berusaha membuka jalan dengan berbagai cara.

Awal mula pengerjaan ini dimulai pada tahun 1997, kemudian di tahun 2010 bagian tebingnya sudah mulai terbelah dan membentuk sebuah jalan. Perubahan nama di tahun 2012 ini dilatarbelakangi oleh kisah masyarakat Desa Kutuh dalam membuka jalan tersebut.

Apa yang dilakukan oleh masyarakat desa dianggap seperti kisah Epos Mahabharata. Pada saat itu Panca Pandawa yang sebelumnya terkurung di dalam gua berhasil keluar dengan membuat terowongan.

Panca Pandawa yang terdiri atas Arjuna, Nakula, Sadewa, Bima, dan Yudistira berhasil membuat jalan sendiri seperti apa yang dilakukan oleh masyarakat. Dari sinilah terjadi perubahan nama tempat wisata dari Pantai Melasti menjadi Pantai Pandawa.

Alamat

Lokasi Pantai Pandawa Bali berada di Kabupaten Badung, tepatnya di Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan. Pantai ini bisa dibilang tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai, karena hanya menempuh jarak kurang lebih 18 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Letak destinasi wisata ini berada di belakang tebing dan membuat Pantai Pandawa Bali disebut-sebut sebagai The Secret Beach. Akses menuju pantai bisa dikatakan baik dan sepanjang jalan menuju lokasi akan tersaji banyak batuan atau tebing tinggi yang kokoh.

Jam Operasional

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja karena Pandawa Beach ini buka setiap hari, pengecualian ketika Hari Raya Nyepi. Adapun jam buka dimulai pada pukul 06:00-18:30 WITA. Ini berarti Anda bisa menikmati sunset hingga waktu penutupan pantai.

@hisbul_maulana

Kegiatan Menarik di Pantai Pandawa Bali

1. Melihat Sunset

Ketika berkunjung ke pantai, menikmati sunset menjadi hal yang umum. Keindahan matahari terbenam di pantai ini tidak kalah bagus dengan pantai lainnya. Cahaya jingga akan tersaji dengan indah tanpa ada halangan apapun seperti pepohonan maupun kapal nelayan.

2. Berjemur di Pantai

Di sepanjang pantai ini terdapat kursi panjang yang lengkap dengan payung lebar. Anda bisa menyewanya dengan harga terjangkau dan berjemur di tengah terik matahari. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock yang cukup untuk menjaga kulit Anda.

3. Bermain Kano

Apabila bosan berenang, Anda bisa bermain kano yang disediakan oleh pihak pengelola. Di sini terdapat dua tipe kano yang bisa disewa, yaitu single dan double kano. Harga penyewaan untuk single kano adalah Rp25.000,00, sedangkan untuk double kano adalah Rp50.000,00.

Demi keamanan bermain bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, pihak pengelola juga menawarkan jasa penyewaan safety jacket dengan tarif Rp20.000,00/jam. Ketika bermain kano, disarankan untuk tidak jauh dari bibir pantai.

4. Mencoba Paralayang

Bagi yang tertantang untuk mencoba hal baru dan tidak mainstream, maka bisa mencoba paralayang dari bukit atau tebing pantai ini. Titik start berada di Bukit Timbris dan harga yang ditawarkan mulai dari Rp400.000,00. Harga ini bisa lebih mahal atau murah tergantung dari paket yang dipilih.

5. Belajar Tentang Budidaya Rumput Laut

Selain berlibur, Anda juga bisa belajar hal baru di wisata Pantai Pandawa Bali. Di sebelah Barat pantai ini terdapat budidaya rumput laut yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Anda bisa mengunjunginya untuk belajar bagaimana budidaya dan pengolahannya menjadi hal yang bermanfaat.

6. Refleksi Pijat

Salah satu yang kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai ini dan mungkin tidak bisa ditemukan di pantai lain adalah menikmati refleksi pijat. Refleksi pijat ini berada di sekitar area pantai dan harga yang ditawarkan juga beragam. Berikut detailnya:

No Jenis Pijat Refleksi Durasi Harga
1. Refleksi Kaki 30 menit Rp40.000,00
2. Refleksi Kaki 60 menit Rp80.000,00
3. Back Massage 30 menit Rp50.000,00
4. Manicure 60 menit Rp60.000,00
5. Pedicure 60 menit Rp60.000,00
6. Manicure & Pedicure 60 menit Rp100.000,00
7. Shiatsu Massage 60 menit Rp100.000,00
8. Relaxation Massage 60 menit Rp100.000,00
9. Balinese Massage 60 menit Rp100.000,00
10. Balinese Massage 90 menit Rp130.000,00
11. Pandawa Massage 90 menit Rp130.000,00

Catatan : harga di atas bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan atau aturan terbaru.

7. Berfoto di Patung Panca Pandawa

Daya tarik lain dari wisata Pantai Pandawa Bali adalah adanya patung Panca Pandawa beserta ibunya yang bisa ditemukan di jalan sebelum menuju pantai. Keberadaan lima patung dan satu patung ibu ini dipercayai sebagai penjaga yang akan melindungi daerah di sekitarnya dari bahaya.

Fasilitas Penunjang

1. Toilet

Selesai bermain pasir dan berenang di pantai, biasanya orang-orang akan langsung membersihkan diri. Di sini sudah tersedia toilet dengan jumlah yang cukup banyak dan airnya juga bersih. Namun jika pengunjung banyak, mau tidak mau harus ikut mengantri untuk menggunakannya.

2. Tempat Makan dan Minum

Bermain di pantai tentunya akan mengeluarkan energi yang tidak sedikit. Bagi yang ingin mencari makanan maupun minuman, sudah tersedia beberapa warung dengan menu yang lezat. Harga yang ditawarkan tentunya sebanding dengan cita rasa yang disajikan dari makanan tersebut.

3. Penginapan

Bagi yang masih ingin berlibur di Pantai Pandawa Bali, Anda bisa mencari villa maupun hotel di dekat lokasi ini. Harga yang ditawarkan juga beragam, tergantung dari berapa lama dan jumlah orang yang menginap.

Biasanya ada paket khusus atau berbagai macam pilihan paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Umumnya semakin banyak orang atau lamanya hari menginap, harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau.

Harga Tiket

Harga tiket yang dibebankan kepada pengunjung Pantai Pandawa Bali dibedakan menjadi dua macam, yaitu untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Masing-masing akan terbagi lagi dalam dua kategori, yaitu dewasa dan anak-anak. Detail informasi tiket dan lainnya bisa disimak pada tabel berikut:

No Nama HTM
1. Wisatawan Domestik (Dewasa) Rp8.000,00/orang
2. Wisatawan Domestik (Anak-anak) Rp4.000,00/orang
3. Wisatawan Asing (Dewasa) Rp15.000,00/orang
4. Wisatawan Asing (Anak-anak) Rp10.000,00/orang
5. Parkir Motor Rp2.000,00/kendaraan
6. Parkir Mobil Rp5.000,00/kendaraan
7. Parkir Bus Rp10.000,00/kendaraan

Catatan : harga tiket masuk dan parkir bisa berubah-ubah tergantung dari kebijakan setempat.

Memiliki cerita sejarah menarik dan punya pesona keindahan alam yang memukau mungkin menjadi rangkaian kata yang tepat untuk mendeskripsikan Pantai Pandawa Bali. Selalu jaga tingkah laku dimana saja, terlebih ke tempat yang menjunjung tinggi adat istiadat dan agama.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

  • Obyek Wisata Bali

    Tanah Lot Bali

    By

    Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah...

To Top