Connect with us

Pantai Balangan

Wisata Bali

Pantai Balangan

Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu ini jarang terekspos di masyarakat luas dan hanya masyarakat di daerah sekitar yang mengetahui keberadaannya.

Padahal pesona keindahan alam di pantai ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, mengingat ada beberapa titik terbaik untuk mengambil foto. Bahkan beberapa orang memilih pantai ini untuk dijadikan sebagai tempat foto pre-wedding karena pesona keindahan yang ditawarkan.

Lokasi

Di mana letak pantai ini? Berada di wilayah Kelurahan Jimbaran yang masuk Kecamatan Kuta Selatan, Pantai Balangan Badung ini dianggap sebagai salah satu destinasi yang tidak terlalu ramai. Keberadaannya cukup jauh dari kebisingan kota dan tempatnya bisa dibilang damai.

Di Desa Ungasan inilah Anda bisa menikmati liburan di pantai yang berbeda dari biasanya. Bentangan garis pantai yang memanjang dengan pasir putih akan menyambut kedatangan wisatawan. Akses untuk menuju lokasi juga tidak sulit dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan.

Akses Menuju Lokasi

1. Menyewa Kendaraan

Pada dasarnya kendaraan umum yang bisa digunakan untuk menuju lokasi hanyalah taxi dan bisa dibilang tarifnya cukup mahal. Alternatif lainnya adalah dengan menyewa kendaraan. Penyewaan ini bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum Anda berkunjung kesini.

Bisa juga dengan menyewa kendaraan sekaligus supir untuk beberapa hari agar lebih hemat. Harga yang ditawarkan relatif beragam, tergantung dari jenis mobil, tempat tujuan wisata selain pantai, dan durasi penggunaan jasa sewa tersebut.

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Apabila menyewa jasa dianggap membutuhkan budget yang banyak, maka opsi lainnya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Ketika menggunakan kendaraan sendiri, pastikan memiliki supir cadangan untuk bergantian menyetir dan jangan melakukannya sendiri.

Selain sopir cadangan, pastikan seluruh elektronik kendaraan berfungsi dengan baik, terutama rem dan lampu karena itu sangat penting. Jangan lupa untuk mengecek aki motor hingga mengisi bensin sebelum kehabisan.

Operasional

Waktu operasional untuk Pantai Balangan Pecatu ini pada dasarnya dibuka selama 24 jam penuh tanpa tutup. Pengecualian jika ada hari tertentu yang membuatnya libur atau tidak dibuka seperti ketika Hari Raya Nyepi yang mengharuskan seluruh masyarakat Bali mengurangi aktivitas.

Harga Tiket Masuk

Biaya yang dibebankan kepada pengunjung untuk bisa masuk ke area pantai adalah gratis. Hanya saja Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membayar parkir. Adapun biayanya adalah Rp10.000,00 untuk mobil dan Rp5.000,00 untuk motor.

Keunikan dan Daya Tarik Wisata

Sebagai salah satu pantai tersembunyi, Balangan Beach memiliki daya tarik tersendiri. Perjalanan menuju lokasi akan disuguhkan rumah penduduk yang sebagian masih tradisional, villa hingga penginapan.

Letak pantai yang berada di bawah tebing mengharuskan wisatawan untuk berjalan terlebih dahulu dengan jarak yang cukup jauh. Perjalanan menuju lokasi bisa dibilang cukup melelahkan, namun semua akan terbayar dengan pantai keindahan yang menakjubkan.

Pasir putih dan ombak air yang cukup besar akan menyapa Anda ketika sudah berada di pinggir pantai. Bagi yang masih lelah karena berjalan kaki, bisa duduk santai terlebih dahulu sebelum nantinya melakukan berbagai macam aktivitas.

@arifdenkerdeck

Kegiatan Menarik di Tempat Wisata

1. Surfing

Bagi Anda yang menyukai olahraga selancar, maka Pantai Balangan Bali ini sangat cocok untuk dicoba. Ombak di pantai ini bisa dibilang tinggi, besar dan memanjang. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berselancar di tengah ombak yang tinggi.

BACA JUGA!!!  Wisata di Bali

Bagi yang masih pemula, disarankan untuk memiliki pendamping ketika berselancar. Sedangkan surfer profesional juga harus tetap berhati-hati agar tidak ikut terseret ombak yang datang. Pantai ini juga pernah dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya lomba selancar tingkat dunia.

2. Berenang

Apabila tidak terlalu menyukai surfing atau takut terseret ombak yang besar, alternatif lainnya tidak lain adalah berenang. Air di pantai ini bisa dibilang masih terjaga kebersihannya dan memiliki pantulan warna biru yang membuat suasana menjadi lebih damai.

Ketika memutuskan akan berenang, pastikan Anda membawa perlengkapan seperti safety jacket, pelampung dan sejenisnya. Pasalnya, di pantai ini belum banyak atau bahkan tidak ada yang menyediakan jasa penyewaan perlengkapan tersebut.

3. Menunggu Matahari Terbenam

Pantai Balangan dianggap sebagai salah satu tempat di Jimbaran yang cocok untuk menikmati matahari terbenam. Ada dua cara terbaik untuk menikmati sunset di pantai ini, pertama adalah dengan bersantai di sekitar area pantai dan kedua tidak lain adalah berada di atas batuan karang.

Bagi yang ingin menikmati di atas batuan karang, pastikan memiliki tenaga yang cukup dan memperhatikan jalan dengan baik. Jangan melakukan hal-hal yang berbahaya karena bisa berpotensi membuat diri sendiri atau teman celaka.

4. Melakukan Foto Pre-Wedding

Jika Anda bertanya apakah bisa melakukan foto pre-wedding di pantai ini? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa mengambil spot di atas batuan karang untuk mengambil foto terbaik pre-wedding. Dari atas batuan karang inilah akan terlihat hamparan pantai secara lebih luas lagi.

Waktu terbaik untuk melakukan foto pre-wedding adalah pagi hari ketika matahari belum terik-teriknya. Namun apabila ingin mengincar sunset yang indah, maka perlu persiapan lebih baik dan menunggu waktu yang tepat agar hasilnya lebih maksimal.

5. Kulineran di Sekitar Pantai

Setelah lelah bermain di pantai dan ingin mengisi perut, Anda bisa singgah di warung makan yang ada di dekat Pantai Balangan di Bali. Ada berbagai macam menu yang ditawarkan oleh warung makan ini, mulai dari tradisional hingga modern.

Salah satu minuman yang laris dan populer di tempat ini adalah es kelapa muda asli. Ini sangat cocok dinikmati di siang hari ketika sedang terik-teriknya. Bagi yang ingin memesan makanan berat juga ada dan harga dari menu di sini bisa dibilang cukup terjangkau.

Fasilitas

Berbicara soal fasilitas, pantai ini belum memiliki sarana dan prasarana yang kurang memadai. Meskipun fasilitas umum seperti toilet sudah tersedia, namun jumlahnya belum banyak. Tempat makan dan sarana prasarana lain juga belum tersedia secara lengkap.

Ini menjadi salah satu perhatian khusus bagi pengelola maupun pemerintah setempat mengingat Pantai Balangan ini memiliki potensi yang besar. Dengan pengelolaan dan melengkapi prasarana yang dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan besar pantai ini nantinya akan dikunjungi oleh banyak orang.

Objek Wisata Terdekat

Pada umumnya ada beberapa pantai lain yang lokasinya tidak jauh dari pantai ini. Pertama ada Pantai Bingin yang jaraknya hanya 2 km jika ditarik garis lurus pantainya. Namun, rute dan jarak tempuh menuju memiliki jarak 15 km dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Bagi yang ingin mencoba aktivitas lebih banyak, maka bisa mengunjungi Pantai Tanjung Benoa Bali yang memiliki jarak 20 km dari lokasi ini. Selain itu, ada Pantai Suluban Uluwatu Bali dengan jarak 16 km serta Pantai Padang-Padang yang memiliki jarak tempuh 13 km.

Sebagai salah satu pantai tersembunyi Balangan Beach sebenarnya memiliki potensi yang cukup baik. Tinggal melengkapi fasilitas yang kurang dan pengelolaan dengan benar. Nantinya Pantai Balangan akan lebih dikenal lebih jauh lagi dan akan banyak orang yang mendatanginya.

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Obyek Wisata Bali

    Tanah Lot Bali

    By

    Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah...

To Top