Connect with us

Pantai Melasti Bali

Wisata Bali

Pantai Melasti Bali

Satu lagi pantai yang tersembunyi di daerah Kuta Utara, yaitu Pantai Melasti Bali. Meskipun memiliki nama yang hampir sama dengan nama lama Pantai Pandawa, namun keduanya jelas berbeda. Hanya saja jarak antara Pantai Pandawa ke pantai ini tidak terlalu jauh.

Sama seperti tetangganya, pantai ini berada di belakang tebing batu karst yang menjulang tinggi. Meskipun lokasinya terpencil, namun keindahan dari pantai ini tidak kalah dengan yang lainnya. Terlebih fasilitas yang ditawarkan sudah lumayan lengkap.

Lokasi dan Akses Kendaraan

Dari nama pantai ini sudah bisa ditebak bahwa lokasinya berada di Desa Ungasan, bagian Kuta Selatan atau lebih tepatnya ada di semenanjung bukit Ungasan. Lokasi pantai ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Apabila dari Bandara Ngurah Rai langsung menuju pantai, maka membutuhkan waktu sekitar 40 menit jika mengambil Jl. Goa Gong menuju Tabanan. Berbeda lagi jika Anda mengambil rute Dharmawangsa, maka membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Sedangkan jika titik start berawal dari kawasan Nusa Dua Bali, maka akan menempuh waktu 40 menit. Berbeda lagi jika Anda mengemudi dari Jimbaran, durasi waktunya lebih singkat, yaitu 15 menit. Intinya adalah semakin dekat jaraknya, maka semakin cepat durasi waktunya.

Sejarah Singkat

Pada dasarnya sejarah Pantai Melasti Bali ini tidak jauh berbeda dengan Pandawa Beach. Keduanya sama-sama memiliki cerita sejarah tentang perjuangan masyarakat setempat yang bergotong royong membuka akses jalan menuju ke pantai.

Hanya saja belum ada data resmi terkait durasi waktu pengerjaan pembukaan jalan tersebut. Namun bisa dipastikan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menghancurkan dinding batu karst yang kokoh tersebut, terlebih perlengkapan pada saat itu masih terbatas.Pantai Melasti Bali

Kegiatan di Tempat Wisata

1. Snorkeling

Kebersihan dan kejernihan air di pantai ini tergolong masih bersih dan Anda bisa melihat berbagai macam hewan laut dengan mudah. Bagi yang menyukai snorkeling, Pantai Melasti Bali ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan tersebut.

Namun untuk melakukan snorkeling, pastikan Anda membawa peralatan sendiri agar lebih hemat. Di sisi lain juga harus didampingi oleh orang yang sudah profesional agar tidak terbawa ombak. Anda bisa mencari beberapa spot tertentu untuk menikmati keindahan bawah laut.

2. Berburu Sunrise & Sunset

Banyak orang menantikan sunset di pantai ini karena memiliki ciri khas sendiri, terlebih tidak ada halangan seluas mata memandang. Bentang alam di pantai ini bisa dibilang unik dan menarik. Hal inilah yang membuatnya memiliki banyak spot foto sunset.

Salah satu titik terbaik untuk menikmati sunset adalah di atas tebing dan batuan dekat panti. Bagi yang ingin mencari golden sunrise juga bisa di beberapa titik tertentu. Pastikan Anda berada di waktu yang tepat untuk bisa menikmati kedua momen tersebut.

3. Berenang

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu tenang dan bisa dikatakan masih dalam standar normal. Ini berarti sangat cocok untuk berenang hingga jarak tertentu dari bibir pantai. Ketika berenang, Anda harus memastikan kondisi ombak tidak terlalu kuat agar tidak terseret.

Jika terseret ombak, pastikan Anda memahami arus laut dan bisa memotongnya dengan baik. Disarankan untuk berenang di dekat bibir pantai saja dan tidak terlalu ke tengah laut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Foto Pre-Wedding

Ingin mencari pantai yang cocok untuk foto pre-wedding? Pantai Melasti Bali ini menjadi salah satu yang direkomendasikan. Anda bisa memilih waktu di pagi atau sore hari ketika senja di ufuk Barat. Ada beberapa titik yang direkomendasikan untuk gambar tersebut.

Pertama adalah di jalan yang diapit oleh tebing tinggi. Kedua ada di atas tebing dan ini mengharuskan Anda berjalan lebih lama dan persiapan ekstra. Namun ketika sudah berada di lokasi, semua akan terbayar lunas dengan pemandangan alam yang indah.

5. Bersantai di Pinggir Pantai

Bagi yang tidak ingin capek jalan-jalan, maka bisa bersantai di beberapa titik area pantai. Di sisi kanan pantai terdapat batuan yang menumpuk untuk duduk bersantai sambil menunggu matahari terbenam. Titik ini juga cocok untuk dijadikan spot foto untuk menghiasi feed Instagram Anda.

Fasilitas

Meskipun tergolong pantai baru, namun fasilitas yang tersedia bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Fasilitas umum seperti toilet, mushola, ruang ganti, dan sejenisnya sudah tersedia di area pantai dan mudah ditemukan.

Pada beberapa fasilitas ini mengharuskan Anda membayar biaya ketika menggunakannya. Salah satu fasilitas unggulan adalah area parkir yang luas dan tidak jauh dari pantai. Ini menjadi kelebihan tersendiri karena Anda tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk menuju pantai.

Bagi yang ingin mengisi perut atau mencari minuman segar, di sini sudah tersedia warung makan hingga restoran. Hotel dekat Pantai Melasti Bali juga telah tersedia dengan penawaran harga per malam yang beragam.

Harga Tiket Masuk

Pada mulanya untuk masuk ke area pantai ini tidak dikenakan biaya, namun untuk menunjang operasional, kemudian ditetapkan harga tiket masuk. Adapun tiket masuk Pantai Melasti Bali dibedakan menjadi dua, yaitu dewasa dan anak-anak.

Harga tiket masuk ini tidak termasuk dengan biaya parkir, artinya adalah pengunjung harus membayar lagi untuk biaya parkirnya. Namun, Anda tidak perlu cemas karena baik harga tiket masuk maupun parkir tergolong terjangkau. Berikut detailnya:

Kategori Tarif
Dewasa Rp8.000,00
Anak-anak Rp3.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Penginapan di Sekitar

1. Green Bowl Beach Villas

Lokasi penginapan ini masih di daerah Kutuh, Uluwatu dan hanya berjarak 1,5 km dari Pantai Melasti Ungasan. Salah satu daya tarik tempat menginap ini adalah kolam renang outdoor dan dari sini Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar. Adapun penawaran harganya mulai Rp600.000,00 per malam.

2. Daniswara Villa

Selanjutnya ada Daniswara Villa yang berjarak 2 km dari titik pantai. Villa ini menawarkan beberapa variasi paket, mulai dari fasilitas sarapan, WiFi gratis, laundry, dan lain sebagainya. Harga penawaran terbaiknya jatuh di harga Rp710.000,00 untuk satu malam.

3. Pandawa Beach Homestay

Bagi yang mencari penginapan dengan harga terjangkau, Pandawa Beach Homestay ini bisa menjadi rekomendasinya. Hanya dengan harga penawaran Rp300.000,00 Anda sudah bisa bersantai dan tersedia fasilitas sarapan gratis. Jarak penginapan ini hanya 2,2 km dari Pantai Melasti Bali.

4. Puri Pandawa Resort

Satu lagi penginapan yang tidak boleh dilewatkan yang ada di daerah Kutuh, Kuta Selatan. Puri Pandawa Resort ini menawarkan harga mulai dari Rp315.000,00 saja untuk satu malam. Di bagian atas terdapat semacam rooftop yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar.

5. Dinar Hills Ungasan

Rekomendasi terakhir ada Dinar Hills Ungasan dengan harga per malamnya berkisar Rp600.000,00 saja. Salah satu layanan menarik dari penginapan ini adalah layanan pijat. Penginapan ini menawarkan fasilitas penitipan bagasi jika Anda terlalu repot untuk membawa banyak barang.

Dari pembahasan tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Pantai Melasti Bali ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari objek wisata yang masih sepi. Berkunjunglah ketika weekdays jika memang berniat mencari ketenangan di pantai dan jauh dari keramaian.

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top