Connect with us

Obyek Wisata Bali

Tanah Lot Bali

Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah Tanah Lot Bali. Destinasi satu ini memiliki memiliki cerita sejarah menarik yang bisa dipelajari.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini, mulai dari kegiatan santai hingga berkunjung di titik tertentu. Ketika berkunjung ke sini, pastikan dalam keadaan sehat dan sediakan minuman serta makanan yang cukup, karena berkeliling di wilayah ini membutuhkan energi yang tidak sedikit.

Lokasi

Tanah Lot di daerah mana? Desa Beraban Sakti merupakan lokasi dimana Tanah Lot Bali ini berada. Tepatnya masuk di Kabupaten Tabanan, Kecamatan Kediri. Jaraknya dari Kota Tabanan adalah 13 KM saja, sedangkan dari Bandara Ngurah Rai membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Akses menuju lokasi bisa dibilang mudah dan Anda tidak akan tersesat karena sudah ada petunjuk arah di sepanjang perjalanan. Apabila kesulitan dengan petunjuk yang ada, bisa menanyakan ke warga setempat agar lebih jelas.

Sejarah Tanah Lot Bali

Sebenarnya ada dua versi berbeda terkait cerita sejarah keberadaan Tanah Lot ini. Versi pertama disebutkan bahwa sang legenda Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang yang digunakan sebagai tempat meditasi tersebut ke tengah pantai menggunakan kekuatan spiritual.

Sedangkan versi kedua adalah Dang Hyang Nirartha mendapatkan wahyu ketika berkunjung ke pantai ini. Pada mulanya beliau hanya melihat terdapat karang besar di bibir pantai, kemudian mendapatkan wahyu bahwa tempat tersebut bisa dijadikan sebagai tempat suci dan terbangunlah pura di atasnya.

Baik cerita versi pertama maupun kedua, keberadaan Tanah Lot Bali adalah untuk pemujaan Dewa Baruna atau Dewa Laut. Penamaan “Lot” sendiri bukan tanpa sebab, karena memiliki makna tersendiri. Kata “Lot” dianggap sebagai daratan yang ada di tengah laut.

Diceritakan bahwa Dang Hyang Nirartha memberikan keris kepada Bendesa Beraban sebelum akhirnya meninggalkan desa. Keris tersebut dipercayai memiliki kekuatan khusus dan bisa digunakan untuk menyembuhkan segala penyakit pada tanaman.

Keris tersebut sekarang sudah disimpan di Pura Kediri sebagai salah satu bukti sejarah. Masyarakat sekitar kemudian mengadakan upacara keagamaan di destinasi ini setiap 6 bulan sekali. Sejak ada upacara rutin, masyarakat desa menjadi lebih sejahtera dan hasil panen menjadi semakin meningkat.

Aktivitas di Tempat Wisata

@magnitudeconstruction

1. Menunggu dan Menikmati Sunset

Bagi yang mencari spot menikmati sunset yang berbeda, maka Pura Tanah Lot ini sangat direkomendasikan. Tanah Lot Bali sunset memiliki ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Anda bisa mengambil gambar atau foto ketika siluet senja hadir di belakang pura.

2. Berkunjung ke Pura Tanah Lot

Kegiatan utama ketika berkunjung kesini tidak lain adalah mengunjungi Pura Tanah Lot atau Pura Luhur. Namun untuk bisa menuju ke lokasi, harus memperhatikan jadwal yang tepat. Pasalnya ketika pasang air laut sedang tinggi, jalan menuju lokasi akan tertutup dan berbahaya.

Sangat penting untuk memperkirakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini dan bisa menuju pura. Anda bisa mengecek sendiri cuaca pada waktu tertentu dan ketinggian ombak. Bisa juga dengan menanyakan ke pihak terkait waktu yang tepat untuk berkunjung.

3. Berkunjung ke Pura Batu Bolong

Selain berkunjung ke Tanah Lot Bali, Anda juga bisa berkunjung ke Pura Batu Bolong yang lokasinya tidak jauh dari titik utama. Jika pura sebelumnya berada di tengah laut, untuk kali ini berada di atas tebing dengan posisi lebih menjulang ke arah laut.

BACA JUGA!!!  Monkey Forest Bali

Sekilas, bentuk pura ini melengkung panjang layaknya jembatan. Jalan menuju lokasi tidak sulit karena sudah dibangun jalan setapak yang nyaman. Disebut sebagai Pura Batu Bolong karena di bawah bangunan ini memiliki lubang.

4. Mencari dan Melihat Ular Suci

Wisata Tanah Lot Bali tidak terlepas dengan cerita tentang ular suci. Ular ini memiliki ukuran yang cukup panjang, tubuhnya pipih menyerupai ikan, dan memiliki warna belang-belang hitam kuning. Berdasarkan mitos yang beredar, ular ini merupakan jelmaan dari selendang pendiri pura.

Konon katanya, ular tersebut diberi tugas untuk menjaga pura agar terhindar dari hal buruk dan yang lainnya. Apabila ingin mencari dan melihat keberadaan ular ini, Anda bisa menemukannya di lubang-lubang sekitar Pura Tanah Lot.

5. Bersantai di Tanah Lot Sunset Terrace

Lokasi ini sebenarnya berdekatan dengan Pura Batu Bolong atau bisa dibilang masih berhubungan. Di tempat ini Anda bisa bersantai sambil menikmati matahari terbenam dari sudut yang berbeda. Ada restoran kecil yang menyuguhkan berbagai macam menu dengan harga terjangkau.

Fasilitas Penunjang

Berbagai fasilitas umum telah dikembangkan oleh pemerintah setempat demi kenyamanan pengunjung. Akses jalan menuju lokasi sudah diperbaiki menjadi lebih baik, kebersihan, dan keamanan juga telah ditingkatkan.

Beberapa fasilitas lain seperti toilet, area parkir, pusat oleh-oleh dan lain sebagainya juga sudah ada di sekitar lokasi wisata. Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas secara gratis dan beberapa lainnya membutuhkan biaya lagi, seperti penggunaan toilet, parkir, dan sejenisnya.

Harga Tiket Masuk

Berbeda dengan objek wisata lainnya, untuk bisa masuk ke Tanah Lot Bali Indonesia, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket. Harga tiket dibedakan menjadi dua kategori utama, yaitu dewasa dan anak-anak. Di sisi lain juga harus membayar biaya parkir. Berikut detail harga tiket:

Kategori Tiket Harga
Dewasa Rp20.000,00/orang
Anak-anak Rp15.000,00/orang
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Bus Rp10.000,00

Kapan Waktu Terbaik Berkunjung Ke sini?

1. Kondisi Ramai

Apabila ingin datang ketika kondisi ramai dan saat ada event tertentu, maka Anda bisa berkunjung di bulan Juli, Agustus, akhir Desember dan awal Januari. Lalu lintas terpadat biasanya terjadi pada bulan Desember dan Januari ketika sedang musim liburan.

Meskipun terasa ramai, namun ada beberapa kekurangan ketika datang di musim ramai. Pertama adalah harga penginapan menjadi lebih mahal dibandingkan biasanya, namun tidak menutup kemungkinan ada promo karena banyak pengunjung yang datang.

Kedua tidak lain adalah lalu lintasnya akan lebih padat dibandingkan hari-hari biasa. Ini berarti Anda harus bersabar jika mengendarai kendaraan sendiri. Stok persediaan makanan dan minuman sebaiknya membawa sendiri agar tidak sulit mencari di lokasi wisata.

2. Kondisi Sepi

Apabila Anda menyukai suasana yang sepi, maka bisa berkunjung pada bulan Februari hingga April, bisa juga pada bulan September hingga November akhir. Pada bulan tersebut banyak orang masih disibukkan oleh aktivitas sehari-hari, sehingga belum sempat untuk berlibur.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika berkunjung pada saat kondisi sepi. Pertama tidak lain adalah lalu lintas jalan lebih lenggang dan ini memberikan keuntungan, karena bisa tiba di lokasi wisata lebih cepat dibandingkan estimasi ketika musim ramai.

Kedua tidak lain adalah bisa mencari penginapan dimana saja dan harga yang ditawarkan relatif standar. Ini karena tidak banyak orang yang singgah di penginapan dalam jangka waktu yang lama. Kondisi seperti ini wajar terjadi dan sesuai dengan hukum permintaan.

 

Tanah Lot Bali tidak sekedar destinasi wisata untuk berlibur saja, namun memiliki cerita sejarah dan adat yang bisa dipelajari untuk menambah wawasan. Destinasi wisata ini akan meninggalkan kesan manis bagi siapa saja yang berkunjung ke sini. Kunjungi sekarang juga, dan coba ungkapkan deskripsi keindahannya.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Obyek Wisata Bali

  • tegalalang rice terrace tegalalang rice terrace

    Obyek Wisata Bali

    Tegalalang Rice Terrace

    By

    Pulau Dewata selalu menjadi ikon wisata Indonesia. Hal ini karena adanya berbagai macam tujuan wisata yang...

  • tirta gangga tirta gangga

    Obyek Wisata Bali

    Tirta Gangga

    By

    Bali memang begitu kaya dengan objek wisata. Salah satu yang direkomendasikan ialah Tirta Gangga. Sayangnya, destinasi...

  • kebun raya bedugul bali kebun raya bedugul bali

    Obyek Wisata Bali

    Kebun Raya Bedugul

    By

    Mau Liburan Keluarga? Kebun Raya Bedugul Bisa Jadi Alternatif Tahukah Anda, bahwa Kebun Raya Bedugul merupakan...

  • Bali Safari Marine Park Bali Safari Marine Park

    Obyek Wisata Bali

    Bali Safari Marine Park

    By

    Siapa bilang Pulau Bali hanya dipenuhi dengan pantai dan pura? Pergi ke pulau cantik ini ternyata...

  • Monkey Forest Bali Monkey Forest Bali

    Obyek Wisata Bali

    Monkey Forest Bali

    By

    Pulau Dewata rupanya tak hanya diisi oleh deretan pantai cantik dan tempat kuliner yang lezat, tapi...

To Top