Connect with us
tirta gangga

Obyek Wisata Bali

Tirta Gangga

Bali memang begitu kaya dengan objek wisata. Salah satu yang direkomendasikan ialah Tirta Gangga. Sayangnya, destinasi plesiran ini tidak banyak dikunjungi oleh orang Indonesia. Justru wisatawan mancanegaralah yang banyak singgah kemari.

Berwisata kemari tentu akan memberikan pengalaman berbeda. Kolaborasi keindahan alam serta kemegahan ornamen kerajaan bisa dengan mudah ditemukan di tempat ini. Nuansa asrinya benar-benar sangat memikat.

tirta gangga

Foto Instagram: @ekabenhardi

Lokasi

Tidak sulit menemukan lokasi wisata ini. Tirta Gangga Bali terletak di Desa Ababi, Abang, Karangasem, Pulau Dewata. Apabila pelancong menginap di Kuta, maka untuk sampai ke sini perlu menempuh perjalanan sampai 2,5 jam lamanya dengan mengendarai kendaraan roda empat.

Namun, apabila pelancong mengambil titik keberangkatan dari Gianyar, maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam saja dengan mengendarai mobil. Di samping itu, ketika berkunjung kemari, pelancong juga bisa sekaligus berkunjung ke lokasi wisata lainnya.

Misalnya, Candidasa, Pantai Amed, Pantai Tulamben, hingga Taman Ujung Sukasada. Lokasi wisata ini juga berdekatan dengan sejumlah lokasi pura. Mulai dari Pura Taman Beji Jage Satru Peyogan Ratu Pedanda Sakti Bau Rauh, Pura Dalem Tunon, hingga Pura Beji Jepun.

Akses Menuju Lokasi

Untuk sampai ke sumber mata air yang tidak jauh dari Amplapura ini, maka pengunjung bisa memanfaatkan persewaan mobil atau motor. Selain lebih fleksibel, pengunjung juga bisa sekaligus singgah ke tempat wisata lainnya.

1. Kuta

Jika pengunjung mengambil titik keberangkatan dari Kuta, maka bisa menempuh perjalanan sampai 2,5 jam dengan rute yang tak sulit. Berikut merupakan rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Tirta Gangga dari titik lokasi keberangkatan Kuta:

  • Dari Kuta, ambil arah keberangkatan lewat Jl. By Pass Ngurah Rai. Jalan terus sampai menyebrangi Jl. Raya Pelabuhan Benoa.
  • Terus lajukan kendaraan ke utara dengan masih mengambil Jl. By Pass Ngurah Rai.
  • Setelah melewati Patung Titi Banda, putar balik menuju Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.
  • Terus melaju ke utara tanpa berpindah dari Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.
  • Setelah melewati Bali Safari & Marine Park, tetap lajukan kendaraan lurus menyusuri Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.
  • Terus melaju hingga melewati Jembatan Tukad Yeh Unda.
  • Setelah itu, ambil arah ke Jl. Raya Padang Bali kemudian Jl. Raya Ulakan Karangasem.
  • Jalan lurus menuju Jl. Raya Buitan.
  • Setelah melewati Pantai Candidada, jalan terus ke utara memasuki Jl. Raya Bugbug.
  • Sebelum melewati Pura Gede Dalem Batubulan, ambil arah kiri menuju Jl. Raya Bungaya.
  • Lurus terus menuju Jl. Raya Timbrah.
  • Nantinya sepanjang jalan tersebut, akan menemukan jejeran pura.
  • Lurus terus dan ambil arah menuju Jl. Laksamana kemudian Jl. Kecicang.
  • Di pertigaan pertama, belok kiri menuju Jl. Nenas.
  • Pada perempatan pertama, ambil arah kanan menuju Jl. Veteran dan arahkan ke kiri menyusuri Jl. Raya Tirta-Gangga. Lokasi wisata nantinya ada di sebelah kiri.

2. Gianyar

Jika mengambil titik dari Gianyar, jalur yang ditempuh pun tidak begitu berbeda. Hanya saja lebih singkat dibanding titik keberangkatan dari Kuta. Pengunjung juga bisa memilih satu dari tiga rute perjalanan pilihan yakni lewat Pantai Candidasa, Sideman, atau Tembuku. Tembusnya tetap Jalan Tirta-Gangga.

Spot Wisata

Ada beberapa daya tarik yang bisa dinikmati oleh para pelancong ketika singgah kemari. Tentunya berlibur kemari tidak akan membuat siapapun merasa kecewa. Berikut merupakan hal-hal yang dapat dilakukan ketika plesiran ke Tirta Gangga:

1. Melepas Penat

Nuansa dan udara sejuk yang ada di sekitaran lokasi wisata tentu bisa menjadi obat penat paling mujarab bagi setiap pengunjung. Tentunya setiap pengunjung yang singgah akan merasa nyaman, tenang, dan damai ketika berada di lokasi.

Pengunjung akan betah berlama-lama berada di lokasi ini. Cocok sekali bagi yang begitu penat dengan rangkaian aktivitas kantoran super melelahkan, khususnya bagi pegiat rupiah di ibukota. Maka, tidak ada salahnya menyempatkan waktu berkunjung kemari.

2. Mencoba Spot Foto Terbaik

Ketika berlibur kemari, jangan lupa bawa serta kamera yang dimiliki. Sebab, akan rugi jika tidak mengabadikan momen liburan terbaik di sini. Sambil menyusuri jalan setapak dekat kolam, pengunjung juga bisa mengambil foto.

Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto selfie dengan mengambil gambar latar belakang berupa jejeran patung-patung cantik di tepian kolam. Pastinya akan membuat foto menjadi lebih berkarakter dan sangat bagus dilihat.

3. Berenang

Tirta Gangga mempunyai kolam yang begitu bening. Selain bisa dijadikan background, pengunjung juga dapat berenang di kolam tersebut. Selain bening, airnya juga sangat segar. Pastikan jangan sampai keliru memilih kolam yang untuk berenang wisatawan dengan yang tidak boleh dijadikan tempat berenang.

Saat berencana ingin berenang, maka jauh lebih baik menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan aktivitas tersebut dengan sangat baik. Mulai dari pakaian, handuk dan perlengkapan lainnya. Jangan cemas, kolam renang untuk dewasa dan anak-anak juga sudah dipisahkan.

4. Wisata Religi

Tirta Gangga Karangasem memang ditujukan sebagai salah satu tempat wisata religi bagi umat beragama Hindu. Di lokasi tersebut ada kolam yang diperuntukkan khusus untuk upacara adat keagamaan. Konon kabarnya, air tersebut adalah air suci yang bersumber dari mata air terbaik.

Air tersebut ada di sebuah menara dengan ketinggian mencapai 10 meter. Bentuknya berundak-undak layaknya atap sebuah pura. Ketika melihatnya tentu akan merasa tak biasa dan terus berdecak kagum dengan keindahan tersebut.

Fasilitas

Tempat wisata dengan sejarah singkat Raja Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung ini menawarkan banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut, baik yang ada di dalam maupun di luar lokasi sehingga bisa dirasakan manfaatnya ialah sebagai berikut:

  1. Kolam renang untuk dewasa dan anak-anak terpisah
  2. Air suci yang mengucur dari sumber mata air setempat
  3. Lahan parkir yang relatif luas
  4. Taman untuk kenyamanan pengunjung
  5. Toilet yang banyak
  6. Restoran yang banyak dengan aneka hidangan beragam
  7. Fasilitas penginapan/hotel
  8. Fasilitas tour guide/pemandu wisata

Tiket Masuk

Untuk melakukan tour wisata kemari, maka pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak rupiah. Biaya tiket masuk menuju tempat ini dimulai dari Rp. 25.000,00 saja. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya untuk menikmati fasilitas kolam renang.

Nantinya pengunjung akan dikenakan biaya mencapai Rp. 10.000,00 per orangnya. Biaya tersebut cukup murah untuk bisa menikmati segala fasilitas dan sisi keindahan dari tempat wisata yang ada di Bali satu ini. Jangan lupa sebelum singgah kemari, penting sekali untuk melihat ramalan cuaca hari tersebut.

Singgahlah ketika cuaca sedang kemarau. Dengan demikian, maka pengunjung bisa bebas berenang di kolam renang yang sudah disediakan. Selain itu, untuk menghasilkan foto terbaik, maka cuaca yang terang akan mampu mendukungnya dengan maksimal.

Tirta Gangga merupakan tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari Seminyak Gianyar dan Kuta. Wajar jika destinasi plesiran ini begitu mudah dikunjungi oleh pelancong. Selain bisa menikmati suguhan pemandangan khas Bali, pelancong juga bisa berenang di kolam renang yang tersedia. Sangat menarik!

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Obyek Wisata Bali

  • Obyek Wisata Bali

    Tanah Lot Bali

    By

    Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah...

  • tegalalang rice terrace tegalalang rice terrace

    Obyek Wisata Bali

    Tegalalang Rice Terrace

    By

    Pulau Dewata selalu menjadi ikon wisata Indonesia. Hal ini karena adanya berbagai macam tujuan wisata yang...

  • kebun raya bedugul bali kebun raya bedugul bali

    Obyek Wisata Bali

    Kebun Raya Bedugul

    By

    Mau Liburan Keluarga? Kebun Raya Bedugul Bisa Jadi Alternatif Tahukah Anda, bahwa Kebun Raya Bedugul merupakan...

  • Bali Safari Marine Park Bali Safari Marine Park

    Obyek Wisata Bali

    Bali Safari Marine Park

    By

    Siapa bilang Pulau Bali hanya dipenuhi dengan pantai dan pura? Pergi ke pulau cantik ini ternyata...

  • Monkey Forest Bali Monkey Forest Bali

    Obyek Wisata Bali

    Monkey Forest Bali

    By

    Pulau Dewata rupanya tak hanya diisi oleh deretan pantai cantik dan tempat kuliner yang lezat, tapi...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top