Connect with us

Bali Safari Marine Park

Bali Safari Marine Park

Obyek Wisata Bali

Bali Safari Marine Park

Siapa bilang Pulau Bali hanya dipenuhi dengan pantai dan pura? Pergi ke pulau cantik ini ternyata juga bisa membuat para wisatawan bertatap muka secara langsung dengan berbagai macam hewan liar dan langka di sebuah tempat wisata hits bernama Bali Safari Marine Park.

Apakah tempat ini sejenis kebun binatang? Apakah aman untuk dikunjungi oleh anak-anak? Kira-kira buka jam berapa dan dimana ya alamatnya? Inilah informasi selengkapnya:

Bali Safari Marine Park

Foto Instagram: @ambartourandtravel

Daya Tarik

Bali Safari & Marine Park atau disebut juga “Taman Safari Bali” adalah margasatwa terbesar yang ada di Pulau Bali, dengan luas tanah mencapai 400.000 meter persegi.

Pemilik sekaligus pengelola dari margasatwa ini adalah Taman Safari Indonesia Group, yang merupakan perusahaan ahli serta berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang eksebisi binatang serta pengelola wahana taman safari.

Desain tempat ini dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan habitat asli dari berbagai hewan liar yang menghuninya, yang juga dipadukan dengan kebudayaan khas masyarakat Bali dan kebudayaan lain dari luar negeri. Inilah sejumlah daya tarik lain dari Bali Safari Marine Park:

1. 400 Satwa Liar dan Langka

Jika belum pernah berkunjung, sebagian orang mungkin mengira bahwa Safari Marine Park adalah kebung binatang. Meskipun sama-sama berisi satwa liar, Bali Safari Marine Park vs. Bali Zoo cukup berbeda dalam beberapa hal.

Bali Safari Marine Park adalah rumah bagi lebih dari 80 spesies yang semuanya bebas berkeliaran layaknya di habitat alami mereka. Jadi, bukan dikurung di dalam kandang seperti di yang ada di Bali Zoo.

Jumlah satwa liar yang ada di Marine Park sekitar 400 ekor, yang tak hanya berasal dari Nusantara tapi juga dari India dan bahkan Afrika. Sedangkan binatang di Bali Zoo berjumlah lebih banyak, yaitu 500 ekor.

Beberapa hewan yang ada di Marine Park termasuk harimau Sumatera. jalak putih, tapir, burung hantu, rusa tutul, beruang Himalaya, blackbuck (antelope India), kuda nil Afrika, nilgai (kerbau biru dari  India), unta, zebra, burung unta, harimau putih India, baboons (monyet Afrika), blue wildebeest, dan banyak lagi.

2. Replika Benteng India

Selain menjelajahi hutan buatan di bawah teduhnya pepohonan, para wisatawan juga bisa melihat replika benteng India kuno paling terkenal yang bernama “Ranthambore”.

Tempat aslinya bernama Ranthambore National Park, yang berada di Rajasthan, India. Rajasthan sendiri adalah sebuah tempat yang terletak sekitar 450 km di sisi barat daya Delhi, yang sebagian besar daratannya berupa gurun pasir luas yang tidak bersahabat.

Sedangkan lokasi dari Ranthambore National Park sendiri merupakan dataran berbatu dengan tebing-tebing curam dan dihuni oleh berbagai satwa liar, namun didominasi oleh harimau putih dengan jumlah lebih dari 70 ekor.

Replika dari Ranthambore yang ada di Bali Safari Marine Park juga diisi oleh harimau putih yang hampir punah. Bahkan ada beberapa bangunan kuno khas India yang terlihat seperti gazebo tapi jauh lebih sederhana dan dibuat dari bahan-bahan alam.

3. Night Safari

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi dikurung di dalam sebuah kandang dan berada dekat dengan sang predator karnivora liar saat malam hari, bisa menikmati paket tour bernama Night Safari Journey.

Setiap pengunjung dijamin akan merasakan pengalaman paling mendebarkan yang tidak akan pernah terlupakan, karena sang harimau liar ini bisa berdiri tepat di depan wajah dan bahkan di atas kandang, yang seolah siap untuk menerkam.

4. Pertunjukan Tari dan Seni

Agar perasaan berdebar-debar segera menghilang dan pikiran kembali netral, para wisatawan bisa menikmati pertunjukkan malam yang lebih santai dan menghibur dalam bentuk tarian khas Afrika yang berlangsung sekitar 20 menit.

Opsi lainnya adalah pertunjukkan seni bernama Bali Agung yang berlokasi di Bali Theatre, yang akan menampilkan berbagai musisi, 150 penari Bali, dan dalang berpengalaman dalam sebuah pertunjukkan spektakuler dengan tema cerita pada abad ke 12.

Inti dari kisah ini adalah pernikahan seorang putri Tionghoa yang bernama Kang Ching Wie dengan seorang raja pulau Bali bernama Raja Jayapangus.

Tak hanya itu, pertunjukkan ini juga akan menampilkan atraksi menggemaskan dari beberapa binatang seperti burung dan gajah. Desain panggung serta konsep dari pertunjukkan ini sendiri adalah perpaduan antara teater modern dan tradisional khas Pulau Dewata.

5. Naik Gajah

Jika berada sangat dekat dengan harimau di dalam kandang akan membuat Anda ketakutan, maka Anda bisa mencoba aktivitas menunggang gajah yang akan didampingi oleh petugas. Aktivitas ini termasuk aman bahkan untuk anak-anak, namun tetap harus didampingi oleh orang tua atau wali.

6. Fun Zone & Waterpark

Area lain yang bisa membuat pengunjung anak-anak merasa antusias dan senang adalah Fun Zone & Waterpark. Anak-anak dengan usia maksimal 10 tahun boleh memasuki area ini untuk bermain sepuasnya, seperti berenang dan bermain perosotan air, atau bermain climbing car, mary go round, dan go bouncer.

Fasilitas

Selain fasilitas standar berupa toilet umum, area parkir yang luas, tempat duduk dan tempat beribadah, Bali Safari Marine Park juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas utama seperti berikut:

1. Bus Safari

Berbagai satwa yang ada di Bali Safari & Marine Park bisa dilihat dari jarak yang sangat dekat oleh para wisatawan dengan berkendara menggunakan bus safari khusus yang sudah disediakan, jadi tidak boleh berjalan kaki sendiri.

Bus ini dikemudikan oleh driver berpengalaman serta didampingi oleh tour guide yang akan membantu menjelaskan berbagai nama, karakter, dan hal lain mengenai masing-masing satwa yang ada di tempat ini.

Jika dibutuhkan, petugas juga bisa membantu wisatawan untuk merekam atau mengambil foto close-up dengan beberapa hewan. Bus safari ini didesain sedemikian rupa agar pengunjung bisa menikmati wisata dengan aman dan nyaman. Jadi, anak-anak hingga lansia pun tetap bisa berkunjung ke tempat ini.

2. Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, pihak Bali Safari Marine Park sudah menyediakan kamar-kamar nyaman yang bisa disewa dengan harga bervariatif tergantung tipe kamar. Nama penginapan ini adalah Mara River Safari Lodge yang memiliki fasilitas sekelas hotel berbintang di Jakarta.

3. Restoran

Area wisata ini memiliki beberapa restoran yang menyediakan banyak sekali menu makanan dan minuman, mulai dari hidangan tradisional hingga western.

Lokasi dan Jam Buka

Alamat Safari & Marine Park Bali ada di Desa Serongga, Kabupaten Gianyar, Bali. Tepatnya di Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km. 19.8. Sedangkan jam operasionalnya adalah jam 09:00 – 17:00 WITA.

Harga Tiket Masuk

Setiap pengunjung yang datang harus membeli tiket masuk bahkan untuk anak-anak. Harga tiket ini belum termasuk biaya penginapan, makan di restoran, melihat pertunjukan seni, dan menunggang gajah, tapi sudah termasuk berkeliling satu kali dengan bus safari dan menonton animal show.

Harga Tiket Usia Pengunjung
Gratis Bayi di bawah umur 3 tahun
Rp 120.000 per orang Anak usia 3 -12 tahun
Rp 150.000 per orang Usia 12 tahun dan ke atas (dewasa)

Bagi wisatawan yang jenuh dengan laut dan objek wisata bersejarah di Bali, Bali Safari Marine Park adalah destinasi yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga termasuk dengan anak-anak. Masukkan wisata ini dalam daftar kunjungan Anda ketika ke Bali nanti, ya!

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Obyek Wisata Bali

  • Obyek Wisata Bali

    Tanah Lot Bali

    By

    Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah...

  • tegalalang rice terrace tegalalang rice terrace

    Obyek Wisata Bali

    Tegalalang Rice Terrace

    By

    Pulau Dewata selalu menjadi ikon wisata Indonesia. Hal ini karena adanya berbagai macam tujuan wisata yang...

  • tirta gangga tirta gangga

    Obyek Wisata Bali

    Tirta Gangga

    By

    Bali memang begitu kaya dengan objek wisata. Salah satu yang direkomendasikan ialah Tirta Gangga. Sayangnya, destinasi...

  • kebun raya bedugul bali kebun raya bedugul bali

    Obyek Wisata Bali

    Kebun Raya Bedugul

    By

    Mau Liburan Keluarga? Kebun Raya Bedugul Bisa Jadi Alternatif Tahukah Anda, bahwa Kebun Raya Bedugul merupakan...

  • Monkey Forest Bali Monkey Forest Bali

    Obyek Wisata Bali

    Monkey Forest Bali

    By

    Pulau Dewata rupanya tak hanya diisi oleh deretan pantai cantik dan tempat kuliner yang lezat, tapi...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top