Connect with us

Kebun Raya Bedugul

kebun raya bedugul bali

Obyek Wisata Bali

Kebun Raya Bedugul

Mau Liburan Keluarga? Kebun Raya Bedugul Bisa Jadi Alternatif

Tahukah Anda, bahwa Kebun Raya Bedugul merupakan salah satu dari 10 objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan ketika berkunjung ke Bali? Bagi yang belum pernah ke sini, wajib tahu di mana lokasinya, fasilitas, dan apa saja yang bisa dinikmati di sana.

Lokasi Kebun Raya Bedugul

Jika Anda ingin berkunjung ke Kebun Raya Bedugul Bali, maka arahkan kendaraan ke Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali, yang apabila dihitung jaraknya hanya sekitar 62, 6 km atau 1 jam lebih 14 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Selain itu, wisata Kebun Raya Bedugul Bali, juga tak jauh dari Lovina Singaraja Buleleng, yaitu sekitar 40 km. Sebaiknya, untuk memudahkan perjalanan Anda bisa langsung membuka Google Maps agar tidak tersesat, atau menyewa pemandu.

kebun raya bedugul bali

Foto Instagram: @nickofredyardana

Wisata yang Bisa Dinikmati di Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul atau yang sering dikenal dengan nama Kebun Raya Eka Karya Tabanan ini adalah salah satu hutan lindung yang ada di Bali dan berfungsi sebagai paru-paru bumi. Tak heran jika udara di sana sangat sejuk dan cocok untuk melepas penat bersama keluarga tercinta.

Jika ditotal, luasnya sekitar 157,5 hektar dan ditetapkan menjadi kebun raya terluas di Indonesia. Kebun raya ini terletak di ketinggian 1.240 mdpl. Oleh karena itu, di pagi atau menjelang malam hari masih diselimuti kabut dan berhawa dingin. Terdapat beberapa spot di sini yang bisa dinikmati oleh pengunjung, yaitu:

1. Botanical Garden

Sesuai dengan namanya, maka Anda akan menikmati pemandangan hijau yang tampak asri. Sangat cocok sebagai tempat liburan untuk keluarga. Namun kawasan ini masih dilindungi, jadi Anda tidak boleh sembarangan membuang sampah atau merusaknya.

2. Pura Ulun Danu Danau Beratan

Memang Anda akan menikmati botanical garden jika berkunjung ke sana, tapi juga ada Danau Beratan yang membutuhkan waktu 10 menit menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke sana.

Di tengah danau ini terdapat sebuah pura yang bernama Pura Ulun Danu yang menjadi tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu yang memberi kesuburan di muka bumi. Keindahan yang ditawarkan, membuatnya sering digunakan untuk berfoto prewedding.

Sama seperti di area pusat Kebun Raya Bedugul, suhu di sini juga sangat dingin di pagi hari dan sejuk ketika siang. Anda juga bisa berkeliling danau menggunakan boat yang disewakan oleh petugas.

3. Joger Luwus

Nah, jika Anda ingin membawa oleh-oleh untuk pulang dan dibagikan kepada orang yang tersayang, maka tidak ada salahnya pergi ke Joger Luwus Bedugul Tabanan. Sama seperti objek wisata yang lainnya, Anda bisa memilih souvenir yang diinginkan untuk dibawa pulang.

4. Wisata Kebun Strawberry

Inilah alasan kenapa Kebun Raya Bedugul menjadi destinasi yang wajib didatangi. Terdapat kebun strawberry yang menyegarkan mata dan sangat ramah anak. Anda juga bisa langsung memetik buah yang sudah mahal.

Tempat ini lebih dikenal dengan Bali Strawberry Farm and Restaurant. Ketika melihat tempat ini, mitos angker hilang seketika, tergantikan dengan pemandangan yang sejuk dan menenangkan hati.

5. Pasar Tradisional Candi Kuning

Pasar memang menjadi surganya para ibu, hal ini dikarenakan ada beberapa macam sayuran segar seperti tomat, kembang kol, wortel, dan masih banyak lagi lainnya yang dijual di Pasar Tradisional Candi Kuning ini.

BACA JUGA!!!  Danau Batur

Tak ketinggalan juga ada buah-buahan seperti jeruk, salak, markisa, strawberry yang merupakan hasil panen dari kebun warga setempat. Jadi, Anda tidak hanya liburan saja namun turut membantu perekonomian masyarakat sekitar dengan membeli hasil panennya.

Selain itu, salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika datang ke pasar ini adalah jagung manis rebus yang semakin lezat dinikmati ketika udara sedang dingin. Kerajinan Bali seperti baju, kain pantai, dan ukiran juga dijual di sini, lho.

Itulah beberapa wisata yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Kebun Raya Bedugul Bali ini. Anda bisa menikmati keindahan dan kedamaian sambil mempelajari apa saja manfaat tumbuhan bagi kesehatan tubuh dan wajah. Anda bisa membaca beberapa penelitian yang sudah dilakukan.

Fasilitas

Sebelum membahas tentang harga tiket masuk, sebaiknya Anda mengetahui fasilitas apa saja yang ada di Kebun Raya Bedugul Bali ini, di antaranya adalah:

1. Guide

Apabila Anda ingin memahami apa saja atraksi budaya, lingkungan alami, dan koleksi yang ada di Kebun Raya, Anda bisa menyewa pemandu yang telah disediakan oleh pengelola wisata.

2. Guest House

Ketika sudah lelah berjalan-jalan, maka sebaiknya Anda beristirahat di guest house dengan berbagai macam tipe yang bisa disewa. Anda bisa menyesuaikan berapa anggota keluarga yang akan menginap dan menyesuaikan budgetnya. Bagaimana sungguh luar biasa, bukan?

3. Tanaman Hias dan Reintroduksi

Namanya saja kebun raya, berarti banyak tanaman hias yang ada di sana. Tenang, apabila Anda tertarik untuk membeli dan reintroduksi, sangat bisa, kok. Waktu pelayanannya buka pada hari Senin hingga Kamis pukul 7.00 dan akan ditutup pada pukul 15.30 WITA.

Namun, untuk hari Jum’at, layanan tanaman hias dan reintroduksi ini dibuka pada pukul 06.300 hingga 15.00 WITA saja.

4. Fasilitas Pendukung Lainnya

Seperti tempat wisata yang lainnya, Anda juga akan mendapatkan fasilitas pendukung baik untuk kebutuhan utama atau sekunder. Contohnya adalah restoran, café, atau tempat makan hingga toilet yang berada di dalam.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin membuang air kecil atau besar, kebersihannya juga selalu dijaga karena kenyamanan pengunjung adalah yang utama.

Tiket Masuk

Jika Anda bertanya apakah kebun raya sudah buka? Jawabannya sudah, namun tetap harus menjaga protokol kesehatan, ya! Seperti yang sudah dijelaskan, Anda bisa datang pada pukul 07.00 di hari Senin hingga Kamis dan pukul 06.30 pada hari Jum’at.

Sekedar saran, lebih baik Anda datang pada waktu pagi hari agar merasakan kesegaran yang alami. Lalu, berapa sih harga tiket yang dipatok? Untuk orang dewasa adalah Rp. 9.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 17.000.

Anda juga diwajibkan untuk membayar tiket parkir kendaraan untuk roda dua sebesar Rp. 3.000 dan mobil roda empat Rp. 6.000. Jika menggunakan bus, maka Anda harus membayar Rp. 11.000, bagaimana cukup murah, bukan?

Bagaimana jika ingin memasukkan mobil ke kawasan botanical garden Bedugul, bisa kok, Anda cukup membayar Rp. 12.000 untuk satu mobil. Harga ini sudah terbaru dan mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2021.

Jadi, pertanyaan buka atau tutup sudah terjawab, ya. Menyenangkan orang yang tercinta memang tidak perlu mahal ya, cukup dengan mengajaknya berkeliling kebun raya ini dan membeli sejumlah souvenir untuk dibawa pulang.

Beberapa penjelasan tentang Kebun Raya Bedugul di atas sudah lengkap, kan? Selanjutnya, Anda bisa mempersiapkan perlengkapan berlibur. Jangan lupa untuk mengunjungi obyek wisata yang lain ya, mengingat Bali terlalu indah untuk dilewatkan.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Obyek Wisata Bali

  • Obyek Wisata Bali

    Tanah Lot Bali

    By

    Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah...

  • tegalalang rice terrace tegalalang rice terrace

    Obyek Wisata Bali

    Tegalalang Rice Terrace

    By

    Pulau Dewata selalu menjadi ikon wisata Indonesia. Hal ini karena adanya berbagai macam tujuan wisata yang...

  • tirta gangga tirta gangga

    Obyek Wisata Bali

    Tirta Gangga

    By

    Bali memang begitu kaya dengan objek wisata. Salah satu yang direkomendasikan ialah Tirta Gangga. Sayangnya, destinasi...

  • Bali Safari Marine Park Bali Safari Marine Park

    Obyek Wisata Bali

    Bali Safari Marine Park

    By

    Siapa bilang Pulau Bali hanya dipenuhi dengan pantai dan pura? Pergi ke pulau cantik ini ternyata...

  • Monkey Forest Bali Monkey Forest Bali

    Obyek Wisata Bali

    Monkey Forest Bali

    By

    Pulau Dewata rupanya tak hanya diisi oleh deretan pantai cantik dan tempat kuliner yang lezat, tapi...

To Top