Connect with us

Tegalalang Rice Terrace

tegalalang rice terrace

Obyek Wisata Bali

Tegalalang Rice Terrace

Pulau Dewata selalu menjadi ikon wisata Indonesia. Hal ini karena adanya berbagai macam tujuan wisata yang sangat banyak. Salah satu yang bisa menjadi rekomendasi adalah Tegalalang Rice Terrace. Tempat wisata ini sangat cocok bagi para wisatawan yang sudah bosan melancong ke pantai maupun pura.

Objek wisata ini merupakan area persawahan yang mampu menyuguhkan pemandangan unik sekaligus asri. Sangat berbeda dengan area persawahan yang ada di tempat-tempat lain. Area persawahan ini didesain dengan bentuk berundak, sehingga mampu memberikan view teras-teras hijau amat mempesona.

tegalalang rice terrace

Foto Instagram: @veraniaflorencia

Lokasi

Bagi yang bertanya apakah sulit untuk menjangkau Tegalalang Rice Terrace, maka jawabannya adalah tidak. Lokasi wisata ini ada di Desa Tegalalang, Gianyar. Karena masih ada di Kabupaten Gianyar, maka tempat wisata ini sangat gampang dijangkau.

Jika dilihat dari Ubud saja, maka jarak yang bisa ditempuh hanya sekitar 16 menit atau setara dengan 9,6 kilometer. Sementara itu, apabila dilihat dari pusat Denpasar, maka jarak tempuhnya tidak sampai satu jam atau setara 32 kilometer saja.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju lokasi Tegalalang Rice Terrace Ubud tidak sulit dituju. Para wisatawan bisa mengambil titik perjalanan dari lokasi yang mudah. Berikut beberapa rute yang bisa ditempuh para wisatawan dengan beberapa titik keberangkatan:

1. Ubud

Apabila wisatawan mengambil titik keberangkatan dari pusat Ubud yakni Saraswati Temple, maka bisa menyimak rute berikut. Rute berikut akan mengambil jarak terpendek dengan waktu tempuh tidak lama yakni hanya 15 menit saja:

  • Dari pusat kota Ubud, para pelancong bisa mengambil arah Jl. Raya Ubud.
  • Di perempatan Jl. Cok Gede Rai, maka kendaraan bisa diarahkan ke kiri menuju Jl. Raya Andong.
  • Ambil lurus terus tanpa beralih dari jalan tersebut.
  • Setelah melewati Mount Agung Sunrise Trekking, maka masih lurus dan masuk ke Jl. Raya Tegalalang.
  • Lurus terus sampai ke Bali Trekking Tour.
  • Tidak jauh dari Smiling Coffee Bali, pelancong bisa menemukan lokasi wisata di sebelah kanan jalan.

2. Denpasar

Tidak jarang juga wisatawan yang mengambil titik keberangkatan dari Denpasar. Jarak yang bisa ditempuh adalah 50 menit saja atau sekitar 32 kilometer jauhnya perjalanan. Berikut merupakan detail rute yang dapat ditempuh jika mengambil titik keberangkatan dari Denpasar:

  • Dari pusat kota, pelancong bisa arah ke Jl. WR. Supratman.
  • Lurus terus dan ambil arah menuju Jl. Raya Batubulah.
  • Setelah melewati Bali Bird Park, ambil arah ke Jl. Raya Singapadu.
  • Ambil jalan lurus menuju Jl. Raya Mawang.
  • Masih lurus sampai menemukan Jl. AA Gede Rai.
  • Di perempatan sebelum Pertamina, ambil arah kanan menuju Jl. Made Lebah.
  • Setelah perempatan, ambil ke kiri menuju Jl. Cok Gede Rai.
  • Terus melaju ke utara melampaui Aloha Ubud Swing dan masuk ke Jl. Raya Tegalalang.
  • Usai melewati Ceking Terrace Parking Center, maka wisatawan bisa menemukan lokasi wisata di sebelah kanan.

Spot Wisata

Setiap tempat wisata tentu memiliki daya tarik tersendiri. Seperti halnya tempat wisata yang ada di Bali ini. Berikut merupakan beberapa daya tarik dari objek wisata populer ini yang bisa dinikmati oleh setiap wisatawan:

1. Eksplorasi Sawah

Ketika berada di lokasi, maka setiap pengunjung bisa mengeksplorasi sawah dengan sangat asyik. Bentuk area persawahan tersebut ialah berundak. Nantinya, undakan tersebut membentuk teras persawahan yang dapat ditelusuri dengan mudah namun seakan menantang.

Area persawahan juga nampak begitu asri karena banyak ditumbuhi pepohonan yang mampu menciptakan nuansa teduh di bawah terik matahari. Sambil berjalan menyusuri lingkungan persawahan, wisatawan dapat melihat petani yang sedang menanam padi maupun membajak sawah.

2. Berfoto Bak Petani

Di samping bisa menyusuri sawah, para wisatawan yang singgah ke objek wisata ini bisa juga melakukan sesi foto bak petani. Para wisatawan diperkenankan memakai properti khas petani seperti caping maupun keranjang anyaman.

Biasanya petani di sekitaran lokasi juga akan mengizinkan para wisatawan untuk memakai properti tersebut dengan senang hati. Aktivitas sederhana namun berkesan ini bisa direkam lewat kamera dan langsung diunggah ke berbagai platform sosial media.

Sebagai saran, sebaiknya usai menggunakan properti tersebut, maka para wisatawan perlu memberikan sedikit sumbangan bagi petani. Beri seikhlasnya sehingga bisa menjadi tanda terimakasih untuk kebaikan mereka.

Fasilitas

Objek wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas walau tidak selengkap destinasi plesiran lainnya. Walaupun demikian, tetap saja fasilitas-fasilitas tersebut mampu mencukupi kebutuhan dari para pelancong yang singgah.

  1. Warung makan/restoran yang menyajikan ragam kulineran baik berupa camilan, makanan berat, sampai minuman.
  2. Kios souvenir yang memberikan pilihan cinderamata untuk dibawa pulang dan diberikan kepada sanak saudara.
  3. Tempat parkir yang mampu menampung kendaraan wisatawan dengan besaran biaya parkir mencapai Rp. 5.000,00 saja.
  4. Cafe dengan pilihan menu lezat yang mampu membuat para wisatawan merasa kenyang.

Tiket Masuk

Tegalalang Rice Terrace Swing menjadi salah satu lokasi plesiran yang layak dikunjungi untuk sekedar melepas penat atau yang ingin merasakan kembali nuansa pedesaan nan asri. Menariknya lagi, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk harga apapun ketika kemari.

Gratis! Seluruh pengunjung dapat datang kemari tanpa dikenakan biaya apapun. Walaupun demikian, namun ketika hendak berfoto dengan meminjam atribut petani dari para petani di sekitaran lokasi, ada baiknya untuk memberikan sedikit tanda terimakasih.

Para wisatawan diperkenankan untuk datang ke lokasi kapan saja selama 24 jam. Akan tetapi, dianjurkan untuk singgah kemari sejak pagi hari sampai sore sekitar jam 6 petang. Ketika singgah di waktu siang, maka pelancong bisa melihat keindahan dan keasrian lingkungan persawahan tersebut dengan leluasa.

Tips Wisata

Saat hendak singgah ke Tegalalang Rice Terrace, maka setiap wisatawan perlu memperhatikan sejumlah tips tertentu. Hal ini begitu penting diperhatikan agar liburan terasa kian mengasyikkan dan tentunya bikin nyaman.

1. Perhatikan Kondisi Tubuh

Tubuh adalah faktor utama yang penting dipersiapkan sebelum liburan. Saat kondisi tubuh prima, maka perjalanan liburan akan terasa kian menyenangkan. Bayangkan jika kondisi tidak fit dan justru pergi berlibur. Pastinya hanya akan menambah sakit saja, bukan?

2. Perhatikan Kondisi Cuaca

Penting juga dilakukan sebelum pergi liburan untuk memperhatikan kondisi cuaca. Berliburlah di saat cuaca sedang cerah. Jangan berlibur kala musim hujan datang. Kondisi tanah persawahan tentu akan kian licin dan terasa kurang leluasa untuk dipijak.

3. Bawa Perbekalan

Ketika hendak berwisata kemari, maka pastikan membawa serta perbekalan yang cukup. Terutama makanan dan minuman ringan. Walaupun ada tempat makan/resto di sekitaran lokasi, namun jumlahnya terbatas. Jauh lebih baik membawa sendiri dari rumah.

4. Bawa Kamera

Jangan berlibur tanpa membawa kamera. Nantinya benda tersebut bisa dipakai untuk mengambil momen-momen liburan terbaik ketika berada di Tegalalang Rice Terrace. Setelah itu, foto-foto koleksi selam liburan bisa langsung dibagikan menggunakan berbagai macam platform sosial media.

Tidak sulit untuk menemukan lokasi wisata Tegalalang Rice Terrace. Tentunya tujuan plesiran yang ada di Pulau Dewata ini dapat menjadi opsi terbaik, khususnya bagi yang bosan berlibur ke pantai, pura, dan pusat perbelanjaan lain di Pulau Dewata ini.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Obyek Wisata Bali

  • Obyek Wisata Bali

    Tanah Lot Bali

    By

    Berbicara soal wisata di Bali seolah tidak ada habisnya karena masing-masing memiliki daya tarik sendiri. Salah...

  • tirta gangga tirta gangga

    Obyek Wisata Bali

    Tirta Gangga

    By

    Bali memang begitu kaya dengan objek wisata. Salah satu yang direkomendasikan ialah Tirta Gangga. Sayangnya, destinasi...

  • kebun raya bedugul bali kebun raya bedugul bali

    Obyek Wisata Bali

    Kebun Raya Bedugul

    By

    Mau Liburan Keluarga? Kebun Raya Bedugul Bisa Jadi Alternatif Tahukah Anda, bahwa Kebun Raya Bedugul merupakan...

  • Bali Safari Marine Park Bali Safari Marine Park

    Obyek Wisata Bali

    Bali Safari Marine Park

    By

    Siapa bilang Pulau Bali hanya dipenuhi dengan pantai dan pura? Pergi ke pulau cantik ini ternyata...

  • Monkey Forest Bali Monkey Forest Bali

    Obyek Wisata Bali

    Monkey Forest Bali

    By

    Pulau Dewata rupanya tak hanya diisi oleh deretan pantai cantik dan tempat kuliner yang lezat, tapi...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top