Connect with us
pasar seni sukawati

Wisata Bali

Pasar Sukawati

Bali selalu menjadi destinasi plesiran bagi banyak pelancong dunia. Ada banyak spot wisata yang layak dikunjungi di Pulau Dewata ini. Mulai dari pantainya, tempat nongkrong, pura hingga pasar seni. Rekomendasi pasar seni terbaik di Bali yang wajib dikunjungi adalah Pasar Sukawati.

Jangan mengaku pernah ke tempat kelahiran Arya Saloka tanpa mengunjungi Pasar Seni Sukawati. Di tempat ini, para wisatawan dapat menemukan beraneka macam barang kerajinan dengan harga terjangkau dan ramah kantong. Walaupun ada Pasar Sukawati online, namun lebih baik langsung ke tempatnya saja.

pasar seni sukawati

Foto Instagram: @aryapranadata

Lokasi

Pasar Sukawati Bali sangat mudah ditemukan. Letaknya ada di Jl. Raya Pasar Sukawati, Sukawati, Gianyar, Bali. Bagi wisatawan luar Bali, tentunya bisa langsung mengklik alamat tersebut lewat Google Maps dan praktis sekali dijumpai. Lokasinya cukup dekat dengan Pasar Seni Guwang.

Di pasar ini para wisatawan bisa dengan mudahnya menemukan banyak barang seni dengan harga beragam. Usahakan jika ingin berbelanja disini untuk datang lebih pagi. Dengan datang lebih pagi, maka biasanya pembeli akan dianggap sebagai penglaris, tentunya juga akan mendapatkan diskon.

Akses Menuju Lokasi

Karena lokasinya yang strategis, maka Pasar Sukawati begitu mudah diakses dengan berbagai rute bergantung titik keberangkatan. Berikut merupakan beberapa rute yang bisa diakses oleh para wisatawan sesuai dengan titik keberangkatan:

1. Bandara Ngurah Rai

Tidak sulit rasanya untuk pergi ke Pasar Seni Sukawati jika wisatawan berasal dari luar Bali. Jika mengambil titik dari bandara ini, maka setidaknya wisatawan bisa memilih antara jalur Kota Denpasar atau lewat Jl. By Pass Ngurah Rai (tol road). Jika lewat tol maka akan menempuh perjalanan sampai 42 menit saja.

Akan tetapi, jika tanpa tol bisa menempuh perjalanan sampai 50 menit. Rute tanpa tol, maka wisatawan perlu mengambil Jl. By Pass Ngurah Rai menuju utara melewati Kota Denpasar, kemudian ambil kanan ke area Ngerebong. Selanjutnya, ambil arah ke Jl. Raya Batubulah dan Jl. Raya Celuk.

Terakhir tinggal berbelok ke Jl. Raya Sukawati. Rute dengan tol, maka wisatawan dapat langsung masuk ke Jl. Tol Bali Mandara, kemudian lanjut ke Jl. Raya Pelabuhan Benoa. Arahkan terus kendaraan menuju utara sampai menemukan Jl. Raya Sukawati.

2. Ubud

Apabila lewat Ubud, maka wisatawan dapat menempuh perjalanan mencapai kurang lebih 20an menit lamanya dengan total jarak tempuh 12 kilometer. Dari Ubud, perjalanan ke Pasar Seni Sukawati bisa mengambil dua rute yakni via Jl. Raya Mas dan Jl. AA Gede Rai.

Kedua jalur tersebut sama-sama mudah dihafalkan karena tinggal lurus terus menuju selatan. Jika mengambil rute Jl. Raya Mas, maka wisatawan dapat menempuh perjalanan selama 21 menit. Namun, jika mengambil rute Jl. AA Gede Rai, maka bisa menempuh perjalanan selama 22 menit.

3. Gianyar

Untuk keberangkatan dari titik Gianyar, maka wisatawan dapat menempuh rute menuju Pasar Sukawati sejauh 13 kilometer atau setara dengan 22 menit lama waktu perjalanan. Berikut merupakan rute menuju lokasi wisata Sukawati dari Gianyar:

  • Dari titik pusat Gianyar ambil arah menuju Jl. By Pass Dharma Giri.
  • Terus melaju sampai masuk ke Jl. Udayana.
  • Setelah sampai Puri Ageng Blahbatuh, ambil ke arah kanan menuju Jl. Raya Kemenuh.
  • Sebelum sampai ke Kemenuh Butterfly Park, ambil arah ke kiri menuju Jl. Ir. Sutami.
  • Terus melaju hingga menjumpai Jl. Yudistira.
  • Terus arahkan kendaraan menuju Jl. Pantai Purnama.
  • Belok kiri hingga menemukan Banjar Tebuana Sukawati.
  • Arahkan laju kendaraan menuju kanan menuju Jl. Raya Sukawati.
  • Pasar seni tersebut ada di sebelah kiri sebelum perempatan Jl. Lettu Wayan Sutha.

Spot Wisata

Jika tengah berkunjung di Bali dan ingin membawa serta oleh-oleh bagi keluarga atau teman di rumah, maka langsung saja singgah ke Pasar Sukawati. Di samping itu, pasar ini bisa menjadi tempat berbelanja yang tidak akan menguras dompet. Berikut merupakan beberapa daya tarik/spot wisata di pasar ini:

1. Tempat Membeli Banyak Buah Tangan

Di pasar ini, para pelancong bisa menjumpai begitu banyak ragam buah tangan yang bisa dipilih. Tentunya dengan harga terjangkau dan berornamen khas Bali. Sejumlah buah tangan kerajinan yang bisa ditemukan di pasar ini di antaranya:

  • Layangan tradisional dengan corak dan warna khas Bali.
  • Tas anyaman khas Bali.
  • Baju dan aneka fashion berbau Bali.
  • Beraneka macam aksesori untuk wanita dengan ciri khas Bali.
  • Perlengkapan lengkap rangkaian ibadah agama hindu.
  • Bed cover dengan corak dan warna ala Bali.

2. Tempat Membeli Lukisan Bagus

Ada begitu banyak lukisan bagus yang bisa dijumpai ketika berkunjung kemari, tentunya juga dijual dengan harga terjangkau. Biasanya aliran lukisan yang dijual disini antara lain naturalis serta abstrak. Jangan lupa ketika membeli lukisan disini, maka perlu menawarnya terlebih dahulu.

Di pasar ini, pengunjung bebas membeli lukisan baik dengan menggunakan bingkai maupun hanya berupa lembaran kertasnya saja. Namun, disarankan untuk membeli tanpa bingkai karena jika menggunakan bingkai maka hanya akan menambah beban saja. 

Fasilitas

Di pasar ini tersedia beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut yang bisa mencukupi kebutuhan para pengunjung sambil membeli beberapa souvenir, di antaranya seperti berikut:

  1. Toilet umum yang cukup bersih dan terawat.
  2. Area parkir yang dapat dimanfaatkan untuk memarkirkan kendaraan dengan leluasa.
  3. Tempat makan yang bisa menyajikan aneka camilan, makanan berat sampai minuman menyegarkan.

Tiket Masuk

Tidak sulit untuk bisa mendapatkan oleh-oleh Pasar Sukawati. Tentu saja wisatawan harus masuk terlebih dahulu ke pasar seni untuk mendapatkan souvenir yang diinginkan. Jangan cemas, saat memasuki pasar ini nantinya tidak akan dikenakan biaya untuk tiket masuk.

Hanya saja wisatawan perlu membayar biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp. 10.000,00 untuk roda empat dan Rp. 5.000,00 untuk roda dua. Biaya tersebut cukup terjangkau agar bisa masuk dan memilih pernak-pernik mana yang ingin dijadikan buah tangan.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan jam buka dari pasar ini. Bagi yang bingung Pasar Sukawati buka jam berapa atau tutup jam berapa, maka pasar ini mulai buka dari jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore. Tentunya waktu tersebut cukup panjang demi bisa memilih souvenir mana yang diinginkan.

Pindah Lokasi Pasar

Belum lama ini pedagang di pasar seni terbesar Bali tersebut diminta pindah ke lokasi baru yakni di Lapangan Sutasoma. Lokasi tersebut merupakan lokasi sementara yang bisa ditempati oleh para pedagang karena lokasi pasar lama hendak direhab.

Hanya saja kepindahan di lokasi yang baru tersebut membuat keuntungan tidak membaik. Justru tampak sepi karena begitu minim pembeli. Banyak pedagang mengeluh karena minimnya keuntungan yang diperoleh di lokasi baru tersebut.

Pasar Sukawati merupakan pasar seni di Bali yang wajib dikunjungi ketika liburan. Para pengunjung bisa mendapatkan banyak buah tangan yang dapat dibawa pulang untuk orang-orang terkasih. Pilih souvenir mana yang ingin dibawa pulang. Tentunya semua souvenir yang ada di sini menawarkan harga terjangkau.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top