Connect with us

Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak Uluwatu

Wisata Bali

Tari Kecak Uluwatu

Saat berkunjung ke Bali, pantai memang menjadi destinasi tujuan plesiran utama. Akan tetapi, tentu belum lengkap rasanya jika berlibur ke Pulau Dewata tanpa menyaksikan tari kecak Uluwatu. Terlebih tari ini merupakan tarian khas Bali yang sayang sekali dilewatkan begitu saja.

Setidaknya sekali dalam seumur hidup, seseorang harus menonton pagelaran tari kecak ini. semua yang ditampilkan dalam tarian tersebut sangat mengesankan dan pastinya tidak akan terlupakan seumur hidup. Coba saja buktikan sendiri sensasi menonton tarian mengagumkan ini!Tari Kecak Uluwatu

Lokasi

Uluwatu memang terkenal dengan sajian spot wisata yang mengesankan. Mulai dari deretan tempat nongkrong hits yang instagramable, jejeran pantai yang indah, hingga suguhan tarian adat amat mengesankan. Salah satunya adalah tari kecak Uluwatu.

Setidaknya ada tiga macam tempat untuk menyaksikan pagelaran tari kecak. Tiga tempat tersebut ialah GWK Bali, Ubud, dan tentu saja Uluwatu. Tempat terbaik untuk menonton tarian ini ada di tepian pantai Pura Uluwatu yaitu Jl. Uluwatu, Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Jadi, sembari melihat tarian ini, para pengunjung juga bisa menyaksikan view lautan lepas. Atmosfernya akan terasa sangat mengesankan. Apalagi ketika menonton pagelaran tarian saat matahari terbenam. Sebaiknya jangan lupa membawa serta kamera untuk mengabadikan momen mengagumkan tersebut.

Spot Wisata

Terdapat beberapa daya tarik yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung tari kecak Uluwatu. Tentu saja beberapa spot wisata sembari menonton tarian ini bisa memberikan nuansa berbeda bagi setiap pengunjung.

1. Panorama Pura Luhur Uluwatu

Panorama Pura Luhur Uluwatu sangat menarik untuk dinikmati keindahannya. Ini adalah tempat diselenggarakannya tarian khas Bali yang sangat terkenal. Setiap harinya pura ini sangat ramai oleh banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Lokasi pura ini berada di atas tebing yang menghadap ke laut bagian selatan. Tentu saja akan memberikan pemandangan yang luar biasa mempesona. Membayangkannya saja sudah cukup tergiur, apalagi jika sudah sampai di lokasi tersebut.

2. Menikmati Pertunjukan Tari Kecak

Sayang sekali ketika sudah berkunjung jauh-jauh sampai Bali, tetapi tidak menyaksikan pagelaran tari kecak. Terlebih lagi tari kecak Uluwatu Bali. Tarian adat Pulau Dewata yang diselenggarakan di Uluwatu ini ternyata mempunyai banyak kelebihan ketimbang pementasan di luar tempat lainnya seperti:

  • Setiap hari dilakukan pementasan tarian ini.
  • Sembari menonton tarian ini, pengunjung juga bisa menikmati suguhan pemandangan sunset yang luar biasa mengagumkan. Hal ini karena stage/panggung didesain sedemikian rupa sampai menghadap laut.
  • Lokasi tempat pementasan tarian ini begitu dekat dengan GWK Bali.
  • Tarian kecak yang ada di Uluwatu ini dimainkan oleh 50 orang penari. Bahkan bisa lebih.
  • Panggung pementasan tarian ini didesain sedemikian rupa layaknya pertunjukkan opera.
  • Biasanya tarian akan mengambil latar cerita berupa Ramayana dengan tokoh utama yaitu Rama dan Sinta.

3. Melihat Kera

Daya tarik lain di sekitaran lokasi ialah kera di area hutan Uluwatu. Saat memasuki pura, pengunjung akan menjumpai rimbunnya hutan. Nantinya ketika melewati jalan setapak, pengunjung dapat menemukan kera yang melintas.

Jenis kera tersebut adalah kera abu-abu dengan ekor panjang layaknya kera di Ubud Monkey Forest. Saat melintas di lokasi tersebut, sebaiknya hindari membawa atau mengenakan barang-barang yang menarik untuk dicuri oleh kera. Misal, kamera, HP, anting-anting, jam, kacamata, dan sebagainya.

Fasilitas

Sejumlah fasilitas turut diberikan bagi pengunjung yang singgah kemari. Tentunya hal tersebut bertujuan demi bisa mencukupi kebutuhan setiap wisatawan di sekitaran Pura Luhur Uluwatu tempat berlangsungnya tari kecak.

  1. Tempat parkir yang cukup memadai
  2. Toilet umum yang bersih dan terawat
  3. Tempat jual makanan yang cukup banyak

Tiket Masuk

Apabila benar-benar ingin singgah ke Bali dan menonton tari kecak Uluwatu, maka sebaiknya pengunjung bisa mulai mempersiapkan dana yang hendak dibawa. Bisa dikatakan bahwa harga tiketnya tidak murah. Berikut merupakan kisaran harganya:

Kategori Harga Langsung Harga Online
Orang dewasa Rp. 150.000,00/orang. Rp. 145.000,00/orang.
Anak-anak (2 sampai 9 tahun) Rp. 75.000,00/orang. Rp. 72.500,00/orang.
Bayi (di bawah 2 tahun) Gratis Gratis

Tari kecak Uluwatu harga langsung merupakan besaran harga yang bisa diperoleh pelanggan ketika membeli karcis tersebut langsung di lokasi. Sementara itu, harga online pementasan tari kecak merupakan biaya yang dikenakan untuk pengunjung saat membeli online di situs jual beli karcis tertentu.

Bagi yang ingin membeli karcis secara langsung, ada baiknya untuk datang lebih awal. Dengan datang lebih awal, maka bisa lebih mempunyai kesempatan guna memilih tempat duduk mana yang hendak dipilih. Akan tetapi, lebih disarankan untuk membeli secara online agar lebih leluasa memilih tempat duduk.

Ketentuan Pembelian Tiket

Sebelum melakukan pembelian karcis untuk menyaksikan tari kecak Uluwatu, maka sebaiknya cermati beberapa syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Berikut merupakan persyaratan dan ketentuan yang dikenakan bagi setiap orang dalam melakukan pembelian karcis tersebut:

  1. Tiket dinyatakan valid sesuai dengan nama serta tanggal yang termuat di dalamnya.
  2. Durasi pementasan tarian kurang lebih ada dalam kisaran waktu 1 jam.
  3. Pihak penyelenggara berhak menolak pemesanan karcis, apabila karcis sudah tidak tersedia lagi (karcis telah habis).
  4. Adanya pembatalan karcis karena keterlambatan datang di lokasi tetap akan dikenakan biaya secara penuh.
  5. Melakukan pembatalan karcis di hari pemesanan tetap akan dikenakan pembatalan penuh.
  6. Jika ada pembatalan karcis kurang dari 1 – 2 hari sebelum terselenggaranya pementasan akan dikenakan biaya sebesar 50% dari besaran total pembelian karcis.
  7. Pembayaran secara penuh harus dilakukan minimal pada 3 hari sebelum tanggal pementasan tarian berlangsung.
  8. Jangan lupa lakukan pengecekan ketersediaan karcis sebelum melakukan pemesanan.

Jadwal Pementasan

Apabila berencana untuk datang ke pementasan tarian ini, maka sebaiknya cermati jadwal pementasannya terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan menjadikan pengalaman liburan di Bali semakin kian menyenangkan. Berikut merupakan beberapa jadwal yang mesti diperhatikan:

  1. Counter karcis untuk tarian ini akan dibuka pada pukul 17.15 WITA
  2. Pementasan tarian ini akan dimulai pada jam 18.00 WITA
  3. Akhir dari tarian ini ada pada jam 19.00 WITA

Pementasan Tarian Tahun 2021

Di masa pandemi, memang banyak sekali jenis kegiatan yang dikurangi bahkan dihentikan. Salah satunya pagelaran tarian khas Bali di Uluwatu yakni tari kecak. Saat ini tarian yang diselenggarakan di tempat parkir Pura Uluwatu yakni Jl. Uluwatu, Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali ini sudah buka.

Tari kecak dan api Uluwatu mulai buka sejak pukul 07.00 WITA sampai 19.00 WITA. Adapun hari bukanya adalah senin sampai sabtu. Hari ini lokasi wisata ini tutup atau libur. Hanya saja ketika hendak menonton tarian ini, pengunjung tetap perlu menerapkan protokol kesehatan.

Bagi yang bertanya mulai jam berapa tarian tersebut berlangsung atau buka jam berapa, kini tentu sudah tahu informasinya. Saat ini lokasi pura tempat diselenggarakannya tarian tersebut telah buka sejak jam 7 pagi sampai 7 malam WITA. Hanya saja tetap terapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Wisata di Bali

Penulis Artikel

To Top