Connect with us

Tempat Wisata di Kintamani

tempat wisata di kintamani

Wisata Bali

Tempat Wisata di Kintamani

10 Tempat Wisata di Kintamani Paling Populer

Kintamani adalah sebuah desa wisata yang ada di Kabupaten Bangli, Pulau Bali. Desa ini penuh dengan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi dan menjadikannya salah satu desa terbaik untuk liburan yang tenang dan damai. Inilah beberapa tempat wisata di Kintamani yang paling banyak direkomendasikan:

Rekomendasi Tempat Wisata di Kintamani

Keunikan dari Desa Kintamani adalah letaknya yang berada tepat di sebelah gunung berapi aktif bernama Gunung Batur, yang membuat para traveler berbondong-bondong untuk datang ke sini.

Meski dekat dengan gunung berapi, tinggal di desa ini tetap aman dan menyenangkan, kok. Bahkan, udara sejuknya bisa membuat para pengunjung enggan untuk pulang. Inilah review berbagai tempat wisata di Desa Kintamani:

tempat wisata di kintamani

Foto Instagram: @dedoekphotography

1. Desa Penelokan

Desa Penelokan adalah spot terbaik bagi para wisatawan yang ingin melihat kegagahan Gunung Batur dan keindahan Danau Batur dari ketinggian.

Selain memiliki pemandangan yang masih asri, ciri khas lain desa ini adalah memiliki suasana yang hampir selalu sejuk, karena berada di ketinggian 1.500 mdpl. Jadi, bagi para calon pengunjung disarankan untuk menggunakan jaket atau pakaian yang tebal, agar tidak merasa kedinginan terutama saat malam hari.

Desa ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam, dengan harga tiket masuk sekitar Rp 25.000/orang untuk wisatawan dalam negeri, dan sekitar Rp 35.000/orang untuk turis.

2. Desa Trunyan

Desa ini terletak di kaki Gunung Abang di sisi timur Danau Batur. Bagi wisatawan yang suka berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan sedikit mistis serta masih kental dengan adat budaya, desa ini adalah salah satu yang wajib dikunjungi.

Datang ke desa ini akan membuat pengunjung melihat kehidupan sehari-hari penduduk desa yang masih sangat konvensional yang sama sekali tidak sama dengan masyarakat Bali lainnya.

Nenek moyang dari penduduk desa ini konon berasal dari kota adat di Bali yang dikenal sebagai “Bali Tua” atau “Bali Aga”, yang memiliki kebiasaan aneh untuk tidak memakamkan jenazah tapi justru dibiarkan begitu saja di atas tanah.

Penduduk desa yang meninggal akan dibersihkan lebih dulu dan kemudian ditempatkan di dalam kurungan bambu yang secara lokal disebut “Ancak Saji”, untuk selanjutnya digotong dan diletakkan di bawah pohon kuno bernama Taru Menyan.

Jenazah hanya akan ditutup dengan selembar kain atau kanopi bambu, dan selanjutnya dibiarkan begitu saja sampai membusuk dan hilang dengan sendirinya. Konon, pohon ini bisa mengeluarkan aroma yang dapat menetralkan bau jenazah yang membusuk.

Jika ingin masuk ke desa ini, Anda harus menyewa perahu kayu untuk menyeberang. Harga sewanya cukup mahal yakni Rp 1.000.000 per 7 orang, Rp 900.000 untuk 4 orang, dan Rp 750.000 untuk penumpang 2 orang. Namun, harga ini sudah termasuk tiket masuk ke desa.

3. Pura Penulisan

Berada di ketinggian 1.745 mdpl dan sekitar 3 km dari Desa Kintamani, pura ini adalah salah satu tempat suci paling kuno di Bali. Pura ini juga menjadi yang paling tinggi di Bali dan memiliki 5 kompleks candi yang terdiri dari Pura Ratu, Pura Panarajon, Pura Taman Danu, Pura Daha Tua, dan Pura Ratu Penyarikan.

Salah satu pemandangan paling menarik dari pura ini adalah beberapa patung batu kuno yang berasal dari abad ke-13, yang salah satu namanya Ratu Mahendradatta. Daya tarik lainnya adalah pengunjung bisa menyaksikan fajar yang indah dari tempat ini.

4. Gunung Batur

Gunung ini terbentuk dari letusan gunung berapi besar yang terjadi sekitar 28.000 tahun yang lalu. Tingginya sekitar 1.717 mdpl dan terletak di sebelah barat laut Gunung Agung.

Menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Bali, Gunung Batur sangat cocok untuk wisatawan yang suka mendaki. Ada banyak kawah indah di Gunung Batur yang terbentuk dari letusan gunung berapi.

Pemandangan dari atas gunung juga sangat indah terutama saat senja, tapi membutuhkan waktu 2-3 jam agar bisa sampai ke puncak. Harga tiket masuk yang harus dibeli jika ingin mendaki ke gunung ini adalah Rp 25.000/orang.

5. Danau Batur

Danau yang berada di kaki Gunung Batur ini memiliki luas 16 km² dengan titik terdalamnya sekitar 88 meter. Sejak beberapa tahun terakhir, pengelola wisata mulai membudidayakan beberapa jenis ikan di danau ini, dengan jenis paling banyak adalah ikan nila.

Selain menikmati landscape Danau Batur, para wisatawan juga bisa menyusuri danau dengan menyewa perahu kayu atau perahu angsa. Harga tiket tempat wisata di Kintamani yang satu ini adalah Rp 15.000/orang tapi belum termasuk sewa perahu.

6. Pura Ulun Danu Batur

Tepat di sebelah Danu Batur ada sebuah pura eksotis dan megah bernama Pura Ulun Danu Batur atau disebut juga Pura Hulundanu Batur Songan. Meskipun pernah hancur pada pada 1926 akibat letusan Gunung Batur, namun keindahannya masih bisa dilihat sampai sekarang.

Total kuil yang ada di pura ini mencapai 285 buah, dengan 5 buah yang terbesar, dan 5 halaman utama. Pura ini boleh dikunjungi dari jam 09.00 – 17.00 WITA, dengan membeli tiket seharga Rp 25.000.

7. Pura Kehen

Pura indah ini terletak di kaki bukit bagian selatan Kabupaten Bangli. Ada 38 anak tangga yang didekorasi dengan sangat indah di bagian depan pura, dan di kedua sisi tangga ada patung penjaga dalam bentuk gajah dan tokoh wayang yang diambil dari cerita Ramayana.

Berada di dataran tinggi yang strategis, para wisatawan bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan dari atas pura. Pengunjung bisa datang di antara jam 09:00 – 19:00 WITA dan membeli tiket seharga Rp 10.000.

8. Toya Devasya

Toya Devasya adalah pemandian air panas alami yang sumber airnya berasal dari kaldera Gunung Batur. Sedangkan arti dari “Toya Devasya” adalah “Air yang berasal dari Dewa”.

Ada 7 kolam dengan ukuran dan bentuk berbeda yang bisa dijadikan sebagai tempat berendam. Tempat ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 19.00 WITA, dengan harga tiketnya mulai dari 60.000 – Rp 100.000.

9. Pura Tirta Empul

Pura ini terletak di Desa Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, atau sekitar 39 km di sebelah timur Kota Denpasar. Masyarakat Bali percaya bahwa mata air yang muncul di pura ini adalah air suci yang bisa membersihkan diri dari berbagai hal buruk dalam hidup.

Akhirnya pura ini menjadi tempat untuk berendam dan membersihkan diri sekaligus membuang segala macam penyakit. Jika ingin ikut berendam di sini, wisatawan dewasa harus membeli tiket masuk seharga Rp 30.000 dan tiket anak-anak seharga Rp 25.000.

10. Desa Abun

Bagi wisatawan yang mencari tempat wisata di Kintamani gratis, Desa Abun adalah jawabannya. Desa ini sangat cocok untuk sejenak melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Desa ini dikenal memiliki pemandangan mentari pagi yang sangat menawan, udara yang segar, dan banyak spot indah yang cocok untuk foto prewedding atau sekedar di post ke media sosial.

Hampir seluruh pulau Bali dipenuhi dengan tempat-tempat wisata yang menarik, dan salah satu yang paling mempesona adalah Desa Kintamani. Ada banyak destinasi memukau yang bisa ditemukan di desa ini, misalnya sepuluh daftar di atas.

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Wisata Bali

  • Wisata Bali

    Pantai Sanur

    By

    Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi pantai mengagumkan dan membuat siapa saja betah berada...

  • Wisata Bali

    Bird Park Bali

    By

    Selain terkenal akan wisata pantai yang memberikan kesan menyenangkan, Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang...

  • Wisata Bali

    Pantai Pandawa Bali

    By

    Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai yang memiliki kilas balik cerita yang menarik sebelum resmi...

  • Wisata Bali

    Wisata di Bali

    By

    Bali memang identik dengan keindahan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain pantai,...

  • Wisata Bali

    Pantai Balangan

    By

    Nama Pantai Balangan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Ini wajar terjadi karena pantai satu...

Popular Post

Wisata Bali

Pantai Sanur

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top