Connect with us

Tempat Wisata Di Cirebon

Informasi

Tempat Wisata Di Cirebon

Tempat Wisata Di Cirebon – Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Cirebon ini bisa jadi daftar liburan kamu selanjutnya bersama teman, keluarga atau rekan kerja. Cirebon adalah kota yang direncanakan untuk liburan. Tempatnya tidak jauh dari ibu kota, selain itu kota ini merupakan penghubung antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Cirebon juga terkenal dengan wisata religinya, karena kota ini merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam oleh para Sunan di masa lalu. Ada banyak peninggalan sejarah di kota Cirebon. Selain bangunan bersejarah, wisata di Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan menenangkan.

Tempat Wisata Di Cirebon

Tempat Wisata Di Cirebon

Di Cirebon juga banyak tempat wisata yang menarik, unik, modern dan menarik untuk dikunjungi. Misalnya seperti waterpark, keraton, taman, tempat wisata kuliner dan masih banyak lagi. Cirebon juga terkenal sebagai penghasil batik.

Tempat Wisata Di Cirebon Yang Wajib Dikunjungi Youtube

Penasaran tempat wisata di Cirebon yang seru dan trendi? Berikut daftar tempat wisata di Cirebon yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/5/2021).

Destinasi wisata pertama di Cirebon adalah Danau Nilem atau Danau Biru Cicerem. Danau ini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Instagram saat ini. Airnya jernih, suasananya sejuk dan dikelilingi pepohonan rindang. Salah satu atraksinya adalah banyaknya ikan mas yang bisa Anda ajak berfoto. Tempatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000 untuk tiket masuk.

Tempat ini merupakan waduk peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dibangun pada tahun 1918. Tidak kalah kerennya, tempat ini menawarkan pemandangan alam Gunung Ciremai. Anda dapat melewati tangki menggunakan bebek air. Situ Sedong terletak di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong. Tidak ada biaya masuk sehingga Anda dapat menikmati keindahan Situ Sedong.

Setelah terbengkalai, Taman Ade Irma Suryani (TAIS) berubah menjadi taman air bernama Cirebon Waterland. Tempat ini buka mulai pukul 07.00-21.00 dengan harga tiket sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 60.000. Selain kolam renang, Anda akan menemukan banyak area keren, seperti photo booth dan restoran pantai yang bergaya. Cirebon Waterland terletak di nomor 1 Jalan Yos Sudarso, Desa Lemahwungkuk.

File:lake At Linggarjati Nature Park.jpg

Destinasi wisata di Cirebon selanjutnya adalah cagar alam seluas 15 hektar di kawasan Sunyaragi, Kesambi. Pada masa lalu, candi ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan pertapaan para sultan Cirebon. Maka tidak heran jika banyak terdapat terowongan yang menghubungkan bawah tanah dengan saluran air.

Selain sebagai tempat wisata, kawasan ini terkadang juga digunakan sebagai tempat budaya. Biaya masuk ke Taman Sari Goa Sunyaragi hanya sekitar Rp. 10.000. Ada juga jasa pemandu wisata seharga Rp. 40.000 – Rp. 50.000 saja.

Kami masih bertemakan wisata bahari, sekarang kami melanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat. Ada sumber air panas yang konon bisa mengatasi rasa lelah. Tempatnya sangat bagus dan sejuk. Jika ingin ke sini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.000. Banyu Panas Palimanan buka mulai pukul 06:00 hingga 18:00.

Tempat Wisata Di Cirebon

Ada berbagai macam tempat wisata di Cirebon dengan keindahan alam yang menakjubkan yang harus anda kunjungi, diantaranya:

Tempat Wisata Di Cirebon Terbaik 2022 Terbaru

Tempat wisata di Cirenon selanjutnya adalah Bukit Gronggong. Nikmati indahnya pemandangan Cirebon dari atas Bukit Gronggong. Bukit yang terletak di Patapan, Beber ini akan memberikan kesan romantis terutama di malam hari. Tidak perlu khawatir kelaparan, karena ada restoran pinggir jalan untuk restoran. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 2.000 saja

Kawasan hutan seluas 48 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata tertua. Selain dipenuhi kera atau kera, Anda bisa mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Inilah alasan utama mengapa tempat ini selalu ramai dikunjungi jamaah setiap 2 Syawal. Hutan Plangon terletak di desa Babakan di kecamatan Sumber, sekitar 45 menit dari pusat kota. Biaya masuk di sini sekitar Rp. 3.000 per orang.

Terletak dua kilometer dari pusat kota, desa wisata Cikalahang terkenal dengan ikan bakarnya yang lezat. Anda bisa makan dengan pemandangan alam yang indah. Agar lebih asyik, Anda bisa menangkap ikan sendiri sebelum menjalankannya. Ada juga kolam renang, kapal pesiar, penginapan, dll.

Tempat Wisata Cirebon Rasa Bali Yang Lagi Hits

Destinasi wisata di Cirebon selanjutnya adalah Danau Remis. Terletak di desa Kaduela, Kuningan, Telaga Remis menawarkan keindahan alam yang segar, indah dan menakjubkan. Tak heran jika tempat ini begitu ramai dan populer di kalangan fotografer. Harga tiketnya hanya Rp 10.000.

Terakhir, ada Pantai Kejawanan dengan latar belakang Gunung Ciremai. Tempatnya tidak terlalu jauh dari Cirebon Waterland, tiket masuknya sekitar Rp. 5.000. Anda tidak akan pernah kehabisan foto keren dan Instagramable. Ada juga hiburan seperti menyewa perahu nelayan untuk menjelajah laut.

Selain wisata alam, Cirebon Tourisme juga menjadi destinasi wisata dengan aroma sejarah dan religi. Berikut daftar tempat wisata di Cirebon yang kaya akan sejarah, diantaranya:

Tempat Wisata Di Cirebon

Bangunan kolonial selalu memiliki pesona kota tua yang menarik. Salah satunya adalah struktur BAT. Gedung ini merupakan pabrik tembakau British American yang dibangun pada tahun 1924 dan sejak tahun 2010 gedung ini resmi menutup produksi tembakau. Bangunan ini memiliki luas satu hektar dengan sisa ruang produksi lama.

Ini Dia Tempat Wisata Di Cirebon; Bukit Cinta Anti Galau Yang Jadi Miniatur Danau Toba

Bangunan seluas satu hektar ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah kota Cirebon. Tentu saja, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar gedung atau berfoto.

Masjid ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati dan sangat terkenal di masyarakat. Masjid ini konon merupakan tempat yang digunakan untuk konfirmasi oleh para wali. bangunannya unik dan arsitektur yang digunakan adalah perpaduan arsitektur Hindu dan Jawa.

Masjid ini dibangun pada tahun 1480, ditopang oleh 17 tiang, 16 di antaranya berbentuk silinder dan hanya satu persegi. Area masjid ini adalah ruang utama dan foyer. Dimana pintu ruangan besar tersebut dipersingkat dengan tujuan untuk mengajarkan manusia agar tunduk kepada Sang Pencipta.

Masjid ini merupakan salah satu bangunan tertua di kota Cirebon. Masjid yang awalnya bernama Tajug Agung ini didirikan pada tahun 1918 dan dipugar pada tahun 1963. Bangunan masjid memiliki tema arsitektur tropis dan atap langka di atasnya dengan empat menara kecil yang tingginya mencapai 65 meter.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Cirebon

Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar eksterior masjid yang ditanami pohon palem. Di kedua sisi masjid ini terdapat air mancur yang menambah keindahan masjid ini.

Sama halnya dengan wisata Islam, Kota Cirebon memiliki vihara berusia 500 tahun. Vihara ini masih berdiri sampai sekarang dengan nama Vihara Dewi Welas Asih. Gedung ini dibuka sebagai salah satu cagar budaya di Indonesia. Wisatawan dapat mengunjungi pura ini untuk melihat bangunan dan artefak yang ada atau melihat barongsai di sanggar di belakang pura.

Bangunan ini didirikan pada tahun 1924 oleh Jeskoot, dibantu oleh dua orang arsitek, yaitu H.P Handl dan C.F.H. Cat kelopak mata. Bangunan ini berbentuk geladak perahu dan bagian atasnya dihiasi dengan empat ekor udang sebagai lambang kota Cirebon.

Tempat Wisata Di Cirebon

Gedung seluas 1,5 hektar ini merupakan gedung pemerintahan dari tahun 1906 hingga saat ini. Karena usia dan sejarahnya yang panjang, Balai Kota Cirebon ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya pada tahun 2001.

Tempat Wisata Di Cirebon Ade Irma

Pantai yang terletak di Gebang Mekar, Cirebon ini kerap ramai dikunjungi wisatawan lokal. Di pantai juga banyak pedagang yang berjualan, jadi jika Anda lapar atau ingin membeli oleh-oleh, pengunjung bisa mengunjungi ruang terbukanya hingga sore hari.

Batu Lawang merupakan taman wisata yang akan memperkenalkan pengunjung pada pesona bebatuan yang menakjubkan. Bebatuan di taman ini terbentuk secara alami dan tersusun di spot-spot foto yang sangat menarik.

Legenda mengatakan bahwa Batu Lawang adalah pintu ke dimensi lain, meskipun para ahli mengatakan bahwa batu itu dibuat tidak beraturan, sehingga terlihat seperti pintu yang sangat besar. Selain hiking, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik seperti mountain biking atau dogfishing.

Wisata Cirebon ini merupakan danau terbesar di kota Cirebon. Setu Patok biasanya dikunjungi pada sore hari, karena menurut wisatawan lokal, danau ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang bagus untuk berfoto.

Wisata Cirebon Archives

Danau ini terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, sekitar 30 menit dari pusat kota Cirebon. Di sini, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti piknik di tepi danau atau memancing untuk bersantai.

Anda juga dapat membeli berbagai jenis batik dengan berbagai pola yang indah. Desa Batik Trusmi terletak di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Cirebon. Harga kain batik di daerah ini juga terjangkau. Daerah ini juga menawarkan lokakarya batik bagi wisatawan. Jadi, pengunjung bisa belajar membatik di tempat ini. Dulu, salah satu murid Sunan Gunung Jati bernama Ki Gede Trusmi mengajari masyarakat desa ini cara membatik.

Makam Sunan Gunung Jati merupakan bagian dari kisah Wali Songo yang sering dikunjungi masyarakat. Kawasan wisata religi ini juga indah karena memadukan arsitektur Arab, Jawa, dan Cina. Wisata religi ini digemari wisatawan dari berbagai daerah, dari Jawa hingga Tionghoa.

Tempat Wisata Di Cirebon

Gua Taman Sari Sunyaragi terletak di Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Kawasan ini dulunya merupakan situs cagar budaya dan juga merupakan tempat latihan militer bagi Kesultanan Cirebon. Tempat ini juga memiliki nilai seni yang indah dan menakjubkan. Sehingga tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Tips Road Trip Keliling Cirebon 2021 Trans Jawa

Ada berbagai macam tempat wisata di Cirebon yang bisa Anda kunjungi di kota ini. Berikut penjelasannya:

Wisata Penyu Belawa ini berlokasi di Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa jalan-jalan sambil belajar tentang binatang, khususnya Kura Kura. Penyu Belawa hidup di air pegunungan yang segar dan dapat hidup hingga 150 tahun.

Saat bepergian ke

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top