Connect with us

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Informasi

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar Banjarmasin? Jika jawabannya adalah pasar yang bergejolak, Anda tidak salah. Hingga saat ini, Banjarmasin terkenal dengan pasar tradisionalnya di atas air. Tentu saja kota ini disebut ‘Kota Seribu Sungai’, dan ada sungai besar dan kecil, seperti sungai Barito dan Martapura. Hal ini menjadikan sungai sebagai salah satu bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat Banjarmasin.

Apakah Banjarmasin hanya tentang sungai dan pasar terapungnya? Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Di bawah ini adalah ikhtisar 10 tempat wisata Banjarmasin yang harus dikunjungi sebelum mengunjungi ibu kota Kalimantan Selatan.

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Membahas Banjarmasin tanpa pasar yang likuid tidak lengkap. Pasar ini telah menjadi ciri khas kota Banjarmasin. Pasar terapung ini merupakan proses jual beli yang berlangsung di atas kapal terapung. Saat ini, pasar terapung menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin.

Tempat Wisata Di Banjarmasin Untuk Liburan Akhir Pekan, Mampir Ke Taman Siring 0 Kilometer

Salah satu pasar terapung yang populer adalah tepatnya di muara Sungai Barito di desa Kuin Utara Banjarmasin. Diperkirakan pasar ini sudah ada selama 400 tahun. Produk yang dijual berkisar dari produk pertanian hingga makanan dan pakaian. Pasar ini hanya buka dari jam 5 pagi hingga jam 7 pagi, jadi Anda harus datang pagi hari untuk menyaksikan aksi pasar ini.

Apa yang terjadi di sini di masa lalu adalah barter atau barter tanpa uang. Meskipun uang telah datang untuk digunakan sebagai alat tukar, beberapa orang masih melakukan barter. Hal yang menarik dari pasar terapung ini adalah memiliki tiang dengan tali untuk mengambil barang yang Anda beli, karena sulit untuk mencapai kapal yang Anda tumpangi.

Tempat wisata Banjarmasin lainnya yang bergantung pada sungai adalah Taman Siring Sungai Martapura yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean. Taman ini terletak di tepi Sungai Martapura dan ramai dikunjungi pada sore hari. Dari sini Anda bisa melihat Jukung atau aktivitas perahu khas Banjarmasin di sungai.

Bawalah joran anda dan nikmati memancing di destinasi wisata ini. Jika ingin menikmati pemandangan di sepanjang sungai, Anda juga bisa duduk di bangku dan menikmati makanan dari warung makan yang ada di taman.

Hotel Terbaik Di Banjarmasin

Pada hari Minggu, Taman Siring Sungai Martapura semakin ramai dengan komunitas anak-anak muda yang berlatih skateboard dan BMX. Tempat ini juga tidak sering digunakan oleh mereka sebagai lapangan bermain.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan rumah bagi dua maskot kota Banjarmasin yaitu bekantan dan pohon kasturi. Patung bekantan berukuran dewasa menyambut Anda di pintu masuk. Tepat di belakang adalah patung lembu kesturi dengan monyet gantung.

Di sebelah kanan gerbang masuk terdapat rumah tanaman dengan banyak pot tanaman seperti kaktus dan lidah buaya. Dari segi fasilitas, Maskot Park memiliki tempat parkir, mushola, toilet, bangku taman, warung makan, dan taman bermain anak.

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Museum Wasaka adalah singkatan dari Waja Sampai Kaputing, semboyan perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Tempat wisata bersejarah ini terletak di Jalan H. Andhir, Kampung Kenan Ulu, Banjarmasin Utara. Arsitektur bangunannya adalah rumah adat Banjarmasin berbentuk panggung dengan atap yang tinggi.

Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Di dalamnya terdapat berbagai koleksi foto, mesin tik, seragam tempur, dan senjata yang digunakan untuk melawan penjajah, seperti Chris sitaan dan senjata api Belanda. Selain itu, ada sepeda tua yang digunakan untuk mengantarkan surat secara diam-diam.

Yang menarik adalah teks dekrit yang dikeluarkan pada 17 Mei 1949. Isi teks ini berbeda dengan teks maklumat yang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Sebab, menurut Perjanjian Linggarjati, Kalimantan tidak termasuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun rakyat Kalimantan masih berjuang untuk menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mampu mendeklarasikan kemerdekaan empat tahun setelah Bung Karno membacakan teks deklarasi.

Museum Wasaka buka dari pukul 08:30-12:30 setiap hari kecuali hari Senin dan hari libur nasional. Tidak ada biaya untuk masuk ke sini.

Pulau Kembang adalah sebuah pulau di tengah Sungai Barito. Objek wisata ini adalah rumah bagi monyet dan beberapa jenis burung. Menurut penduduk, pulau ini adalah rumah bagi kera besar, raja kera.

Banjarmasin Miliki Wisata Baru Bertema

Hati-hati dengan barang bawaan Anda selama berada di pulau ini. Monyet sering penasaran dan ingin melihat apa yang Anda miliki. Disarankan agar Anda membawa makanan ringan dan buah-buahan untuk dikeluarkan dari tas Anda.

Menariknya, pulau ini memiliki pura dan altar dengan patung berbentuk kera putih atau Hanuman. Orang Cina menggunakan altar ini untuk membuat persembahan pada waktu-waktu tertentu.

Objek wisata ini terletak sekitar 1,5 km dari pusat kota Banjarmasin. Untuk melihat monyet-monyet ini beraksi dari dekat, wisatawan domestik harus membayar Rp 5.000 dan wisatawan asing Rp 25.000.

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Masjid ini juga disebut Masjid Quin karena terletak di desa Quin Utara. Dibangun antara tahun 1526 dan 1550, masjid ini merupakan yang tertua di Banjarmasin.

Inilah 10 Daftar Tempat Wisata Jepara Wajib Anda Kunjungi

Seperti bangunan khas Banjarmasin lainnya, Masjid Sultan Suriansyah berbentuk rumah panggung dengan atap yang tumpang tindih dengan ukiran khas Kalimantan Selatan. Beberapa bagian masjid terlihat seperti Masjid Agung Demak, terutama dengan atapnya yang berbentuk kerucut bersusun. Hal ini dimungkinkan karena hubungan kedua Sultan pada zaman dahulu.

Keunikan masjid ini adalah memiliki atap yang terpisah dari atap aula utama tempat para mihrab atau imam salat.

Masjid terbesar di Banjarmasin bernama Masjid Sabilal Mutaddin. Masjid lima menara ini dapat menampung hingga 15.000 jamaah.

Namanya diambil dari nama sebuah kitab yang ditulis oleh Syekh Muhammad Arshad Al Banjari, seorang ulama besar Kalimantan Selatan. Dibangun pada tahun 1981, masjid ini kini menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan religi, baik di dalam maupun luar kota.

Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Hits

Pasar intan ini terletak sekitar 45 km dari Jalan Ahmad Yani di Martapura atau pusat kota Banjarmasin. Pasar ini merupakan daya tarik wisata bagi pecinta perhiasan. Kota dengan hasil tambang batu permata terbesar di Indonesia ini dikenal dengan nama Martapura. Permata di sini berkualitas baik.

Pasar ini memiliki sekitar 87 toko perhiasan. Selain batu kasar, Anda juga bisa membeli batu kasar yang diolah menjadi berbagai bentuk seperti kalung, gelang, cincin, dan bros. Pasar ini tidak hanya menarik wisatawan domestik tetapi juga banyak wisatawan dari Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Jika ingin menikmati makanan khas Banjarmasin dalam satu tempat, Anda bisa datang ke Pusat Kuliner Banjarmasin di Jalan Pos yang menghubungkan Jalan Sudirman dan Jalan Hasanudin.

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Jalan sepanjang 300 meter ini memiliki sekitar 52 kios yang menjual berbagai makanan khas Banjarmasin seperti laksa, nasi kuning, soto banjar dan lupis. Selain itu, nasi goreng merupakan hidangan nasional, serta hidangan daerah lainnya seperti hidangan Padang dan Palembang.

Tempat Wisata 2021 Di Inggris Yang Wajib Dikunjungi

Jika Cirebon memiliki Batik Tursumi sebagai monumen, di sini ada sesuatu seperti Kampung Sasirangang. Di sini Anda bisa merasakan batik Sarangan, batik khas Banjarmasin. Tempat belanja ini terletak di Jalan Seberang Masjid, Kampung Melayu.

Selain pembelian, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya di sini. Batik sasirangan ini menampilkan warna-warna cerah. Anda masih bisa membeli baju, syal, sprei, taplak meja, dll dalam bentuk kain atau sudah jadi. Berbagai aksesoris seperti tas, dompet, sapu tangan, dll juga dibuat dari kain batik ini.

Jika Anda berada di kawasan Thamrin dan ingin berkunjung ke mall, jangan lupa untuk datang dan mengunjungi Salina. Setelah bertahun-tahun tidak aktif…

Bagi pecinta Ramen, ada restoran Ramen baru di Jakarta. Tokonya adalah Eitman Sudirman. Kami menyediakan berbagai macam ramen…

Tempat Wisata Populer Pada Kota Singkawang

Glass House Bogor (rumah kaca resto) Banyak yang bilang Glass House Bogor adalah wajah baru dari resto lama. Ada…

Bagi penduduk di dalam dan sekitar Bandung yang mencari tempat yang nyaman, menyenangkan, terbuka, Armor Genuine Bandung adalah suatu keharusan…

Di Luar Utara Cafe (utaracafe) Kopi, teh, dan barbekyu sangat penting untuk menikmati sejuknya suasana kota Bandung. Nah, buat kamu… Banjarmasin – Banjarmasin, Kalimantan Selatan punya banyak sekali daya tarik wisatawan. Dimulai dengan wisata alam yang menakjubkan dan sejarah yang sayang untuk dilewatkan.

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

Banjarmasin adalah salah satu kota di Kalimantan Selatan. Banjarmasin memiliki ribuan tempat wisata yang wajib dikunjungi, terutama 10 tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Destinasi Ini Wajib Dikunjungi Saat Ke Banjarmasin

Apakah Anda tertarik pada sesuatu? Di bawah ini adalah 10 tempat wisata di Banjarmasin yang menarik untuk Anda kunjungi.

Siapa yang tidak kenal Pasar Terapung Banjarmasin? Pasar tradisional terapung di sungai ini kini menjadi salah satu tempat wisata Banjarmasin. Di sini Anda bisa merasakan suasana pasar tepat di atas sungai.

Kebutuhan sehari-hari seperti sayuran dan buah-buahan dijual di atas kapal, dan tampaknya beberapa pedagang masih menerima barter.

Pemberhentian selanjutnya setelah Banjarmasin adalah Taman Sirin Martapura. Ketik ‘Taman Sirin Martapura’ dan jangan kaget menemukan bahwa itu adalah pantai yang serasi. dan sebaliknya. mengapa?

Tempat Wisata Di Binjai

Selain romantis, Taman Sirin Martapura sering dijadikan tempat anak muda mencari teman.

Desa Sasirangan merupakan salah satu tempat wisata di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sini Anda bisa melihat proses pembuatan adonan tradisional Kalimantan.

Danau Calamine merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Banjarmasin. Danau ini memiliki panorama alam

10 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Wajib Dikunjungi

10 tempat wisata di bandung yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapura yang wajib dikunjungi, tempat wisata bali yang wajib dikunjungi, tempat wisata di medan yang wajib dikunjungi, tempat wisata di semarang yang wajib dikunjungi, tempat wisata yogyakarta yang wajib dikunjungi, tempat wisata di belitung yang wajib dikunjungi, tempat wisata di thailand yang wajib dikunjungi, tempat wisata jepang yang wajib dikunjungi, tempat wisata di kintamani yang wajib dikunjungi, tempat wisata di singapore yang wajib dikunjungi, tempat wisata di bangkok yang wajib dikunjungi

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top