Connect with us

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Informasi

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal – Makanan Khas Cirebon – Kota Cirebon adalah sebuah kota di provinsi Jawa Barat dan berada di sisi Jawa Tengah. Kota ini biasanya terkenal dengan udangnya atau biasanya diolah menjadi terasi. Namun sepertinya ada hal lain yang begitu menarik bagi wisatawan.

Apa ini? Salah satu daya tarik kota Cirebon adalah wisata kuliner. Siapa sangka bila ternyata Cirebon memiliki aneka masakan khas yang begitu memanjakan lidah dan sangat menggugah selera para pemburu kuliner.

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Jika Anda mengunjungi Cirebon dan membuat berita kuliner, Anda akan terkejut dengan rasa yang disajikan. Karena makanan khas Cirebon ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan menarik yang membuat ketagihan.

Tujuh Destinasi Kuliner Khas Cirebon

Sudah siap untuk mulai menjelajahi kekayaan kuliner khas Kota Cirebon? Simak beberapa rekomendasi yang sering dikejar para pecinta kuliner ini:

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama makanan yang satu ini. Karena sekilas, docang mirip dengan makanan khas kota Bogor yang bernama doclang. Tidak hanya namanya saja, bahan yang digunakan juga tidak jauh berbeda.

Perbedaan antara docang dan doclang adalah jenis bumbu dan cara penyajiannya. Jika doclang diberi bumbu kacang, berbeda dengan docang rasa yang menggunakan kombinasi oncom sayur, lontong, dan kelapa bakar.

Sedangkan untuk isiannya, docang terdiri dari potongan lontong, daun singkong, kelapa sangrai, tauge dan di atasnya ditaburi kerupuk. Bagaimana dengan rasanya? Tentu saja, ini membuat Anda bergantung pada diri sendiri.

Makanan Khas Oleh Oleh Khas Cirebon, Makanan Enak

Karena docang memberikan rasa gurih dan segar pada kuahnya. Untuk porsi docang biasanya harganya sekitar 10-15 ribu rupiah. Sangat terjangkau bukan?

Seperti namanya, sudah jelas makanan khas Cirebon ini menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Bagi anda yang menyukai segala jenis mie, jangan lewatkan mie koclok ini saat anda berkunjung ke Cirebon.

Mie koclok khas Cirebon disajikan dengan ayam cincang, irisan telur, tauge rebus dan taburan daun bawang di atasnya. Namun, kuahnya yang putih dan kental semakin menambah kelezatan rasa mie koclok.

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Tidak perlu lagi menjelaskan bagaimana Anda bisa menikmati memakannya. Mampir saja ke warung mie koclok yang terkenal di Cirebon seperti warung Pak Edy.

Makanan Khas Cirebon Dan Tempat Terbaik Mencobanya

Daerah Indonesia sangat beragam dengan berbagai jenis makanan yang berasal dari bahan dasar seperti nasi. Seperti makanan khas Cirebon itu, nasi lengko.

Nasi lengko diklaim sebagai makanan khas yang cenderung lebih sehat dibandingkan nasi jamblang. Hal ini didukung dengan beragam sayuran yang digunakan untuk pelengkap nasi lengko ini.

Selain menyehatkan, cita rasa makanan khas Cirebon ini juga sangat enak. Saus kacang menambahkan rasa penuh yang akan Anda nikmati. Dari rasa dan tampilannya, bisa dibilang nasi lengko adalah Pecel Cirebon.

Sedangkan makanan khas di Jogja adalah sate klatak, di Cirebon adalah sate tongkat. Mendengar namanya pasti akan berpikir bahwa bahan utama sate ini adalah daging kelelawar, bukan?

Things To Do In Cirebon

Pasalnya, penjual sate hanya beroperasi pada malam hari. Sudah pasti sama dengan kelelawar atau kelelawar yang aktif di malam hari.

Namun, kekhasan ini tidak hanya unik pada namanya, tetapi juga pada bahan utama atau daging yang digunakan. Tahukah Anda bahwa daging yang digunakan untuk membuat adonan sate adalah daging kerbau?

Selain dari penggunaan daging dan namanya yang unik, sate ini juga memiliki perbedaan dengan sate lainnya. Sate satenya memiliki rasa yang manis dan pecinta pedas bisa mencelupkan sate ke dalam sambal merah yang menyertainya.

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Apa yang pertama kali kamu cerna ketika mendengar nama bubur soto ayam? Apakah bubur dicampur dengan sup ayam? Atau sup ayam dan bubur?

Tahu Gejrot Khas Cirebon

Makanan khas Cirebon ini memang bisa begitu asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, jenis makanan yang satu ini wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Cirebon.

Bubur sup ayam adalah hidangan bubur, di atasnya dituangkan sup ayam. Bubur yang digunakan untuk bubur soto ayam berbeda dengan bubur ayam. Karena bubur ini cenderung tim nasi.

Ada juga berbagai sayuran, suwiran ayam dan kerupuk dalam sop ayam. Tak hanya itu, ada juga irisan tomat merah yang menambah cita rasa nikmat pada bubur soto ayam ini.

Jika diatas sudah kita bahas beberapa jenis kuliner berat khas cirebon, kali ini kita memiliki berbagai jajanan khas kota baja yang sangat cocok untuk teman santai anda. Rasanya tradisional, pasti menggugah selera Anda. Berikut adalah beberapa saran:

Harga Bolu Panggang Cirebon Terbaru Agustus 2022 |biggo Indonesia

Pernahkah Anda mendengar nama makan tahu gejro sebagai makanan khas solo? Anda sepertinya tahu bahwa Gejro tidak hanya di Solo, tetapi sudah menyebar ke berbagai wilayah Indonesia, termasuk Cirebon.

Wajar untuk mengatakan bahwa tahu gejrot dapat sedikit berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Rasanya seperti mengetahui bahwa gejrot khas Cirebon ini mengandung sesuatu yang membuat Anda tergoda untuk memakannya.

Tahu Gejro bukanlah makanan berat atau main course, tetapi biasanya digunakan sebagai snack atau dalam kategori snack. Lalu apa yang membuat tahu gejro Cirebon istimewa?

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Karena tahu gejrot cirebon ini dibasuh dengan bumbu cirebon yang tentunya jarang ditemukan di tempat lain. Tertarik untuk mencobanya? Hati-hati karena kamu pasti akan ketagihan nantinya.

Nama Makanan Khas Cirebon Jawa Barat Yang Terkenal Dan Enak

Bagi kita yang suka sayur atau sering disebut vegetarian, rasanya kurang puas jika belum mencicipi makanan khas Cirebon yang satu ini, yaitu rujak kangkung. Jika rujak biasa identik dengan campuran buah, tetapi berbeda dengannya.

Seperti namanya, salad kale ini dibuat secara alami dengan kale. Pertama, kangkung dibersihkan lalu direbus hingga matang. Dan untuk penyajiannya ditaburi bumbu rujak yang dicampur dengan terasi Cirebon.

Meski sekilas terlihat mirip dengan kangkung, tapi salad kangkung yang satu ini pasti berbeda. karena bumbu rujaka yang dikirim cenderung tetap merah. Biskuit khas Cirebon juga biasa ditambahkan untuk menikmatinya.

Namanya sangat menakutkan, bukan? Apakah kita tidak senang makan kue ini? Bukan konsep. Salah satu makanan khas Cirebon, kue nastar merupakan jajanan wajib untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Oleh Oleh Khas Cirebon: Tjampolay Sampai Kerupuk Melarat

Tekstur kerupuk ini begitu enak, renyah dan renyah. Belum lagi, ada juga sambal kacang pedas yang disiram di atas kerupuk. Dapatkah Anda membayangkan kesenangannya?

Karena terletak di perbatasan Jawa Tengah, makanan Kota Cirebon hampir mirip dengan makanan khas Jawa Tengah. Seperti camilan ini, sofa perunggu.

Tahu Kuningan adalah salah satu jajanan khas Cirebon yang tidak boleh dilewatkan karena rasa dan rasanya yang lezat. Seperti tahu pada umumnya, kedelai yang difermentasi digunakan dalam proses produksinya.

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Untuk tampilannya, sekilas mungkin Anda mengira itu adalah tahu Sumedang Cirebon. Namun, tahu tembaga lebih padat dan teksturnya lebih lembut, jadi dijamin rasanya tidak akan mengecewakan.

Pusat Oleh Oleh Khas Malang, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2022

Bahkan, makanan tradisional khas beberapa daerah seringkali memiliki nama yang unik. Seperti gepu yang satu ini. Ini pasti terdengar familiar bagi kita semua, bukan?

Gepu adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari singkong. Bentuknya mirip bakwan tapi dengan isian oncom di dalamnya. Gepu ini sangat cocok untuk menemani sore santai Anda.

Makanan khas yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Cirebon selanjutnya adalah growolan. Growolan adalah makanan ringan yang bahan utamanya adalah singkong yang dicampur dengan kelapa sangrai.

Meski jenis makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu, namun zaman tidak pernah usang. Buktinya hingga saat ini growolan masih eksis di dunia kuliner Cirebon.

Oleh Oleh Khas Cirebon

Selain karena mempertahankan keberadaan grogolan oleh bangsa, juga karena rasanya yang lezat, yang menjadikan Grogolan menjadi favorit para pemburu kuliner di luar Cirebon.

Tape ketan merupakan salah satu bentuk jajanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tape ketan yang bervariasi warna, bentuk dan rasanya.

Seperti daerah lain dengan ketan yang memiliki cita rasa khas dan berbeda, Cirebon pun tak mau ketinggalan. Makanan khas Cirebon ini berbeda dengan daerah lain karena sepertinya dibungkus dengan daun jambu biji.

Oleh Oleh Khas Cirebon Yang Terkenal

Pita ketan yang dibuat dengan cara fermentasi kemudian dibungkus dengan daun jambu biji memberikan rasa asam dan rasa nikmat yang khas. Sehingga rasa asam dan manis menyatu di mulut. Dapatkah Anda membayangkan kesenangannya?

Tempat Makan Nasi Jamblang Cirebon Yang Wajib Disinggahi Saat Libur Akhir Pekan

Selain banyak makanan berat dan jajanan yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke kota Cirebon, ada juga beberapa oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang karena sangat mirip dengan kota ini. termasuk:

Dengan membawa pulang ketiga oleh-oleh ini dijamin akan selalu teringat jika pernah ke kota ini.

Itulah beberapa referensi makanan khas Cirebon yang patut Anda coba saat berkunjung ke kota terasi. Selain itu, ada juga beberapa jajanan yang bisa Anda nikmati di sana bahkan dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Nantinya, ketika Anda berkunjung dan mencoba sendiri makanan-makanan tersebut, Anda akan bisa membuktikan betapa nikmatnya masakan tradisional dengan cita rasa khas Cirebon. . Kota di jalan Pantura ini memiliki banyak potensi wisata yang bagus. Berkunjung ke Cirebon dengan cepat akan memberi Anda banyak hal berbeda. Jika Anda masih ragu dengan kota kecil di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat

Oleh Oleh Khas Cirebon Sepanjang Masa: Kenali, Cicipi, Beli Bawa Pulang

Makanan khas cirebon yang terkenal, oleh oleh khas bogor yang terkenal, oleh oleh khas surabaya yang terkenal, oleh oleh khas manado yang terkenal adalah, oleh oleh khas banjarmasin yang terkenal, oleh khas cirebon, oleh oleh khas cirebon kekinian, oleh oleh khas bandung yang terkenal, oleh oleh makanan khas cirebon, oleh oleh khas cirebon terdekat, oleh oleh khas padang yang terkenal, tempat oleh oleh khas cirebon

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top