Connect with us

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Informasi

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan – Usai audiensi, izin pembukaan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan diberikan kepada publik mulai 23 Oktober mendatang. Hal ini menjadi angin segar bagi para pedagang kaki lima yang mungkin sudah kembali berjualan di sekitar danau Setu Babakan.

Agung Darmawan, penjual ondel-ondel di kawasan Setu Babakan yang juga warga sekitar, menyampaikan pemikiran dan harapannya agar pariwisata Setu Babakan kembali dilanjutkan. Menurutnya, masyarakat yang paling terdampak saat Setu Babakan ditutup beberapa bulan lalu adalah para pengusaha di kawasan danau.

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

“Kalau pemerintah bayar pengelola, itu masalah bagi pengusaha, banyak orang datang untuk pariwisata ada sedikit, ada makanan dan aturan khusus untuk pariwisata, jadi bisnis orang dalam kesulitan.” dikatakan. saat dia bertemu beberapa detik yang lalu.

Setu Babakan, Mengenal Kebudayaan Betawi Lebih Dekat

Agung meyakini lingkungan bisnis di sini bisa kembali normal jika kebijakan PPKM berakhir. Dengan begitu tamu bisa datang tanpa ada permintaan apapun.

Tidak hanya bagi orang asing, para pedagang di sekitar Setu Babakan diberikan persyaratan khusus dalam berdagang, yaitu aturan yang ketat. Setiap toko di sana diberi nomor dan dapat menjual informasi apa pun atau bahkan hari berikutnya dari nomor toko mereka.

Karena itu, Agung berharap pengelola Setu Babakan dan pemerintah menyadari kesulitan yang dihadapi pelanggan di kawasan wisata ini. Ia meminta pengelola lebih memperhatikan pengusaha, misalnya jika diperbolehkan berbisnis setiap hari.

Karena sejatinya para pebisnis juga turut membantu dalam membawa budaya Betawi ke tanah air. Dengan makanan dan makanan yang mereka jual, orang bisa menikmati Betawi. Ini adalah salah satu film perjalanan Setu Babakan.

Bingung Mau Kemana? 5 Tempat Wisata Di Jabodetabek Ini Bisa Buat Kamu Relax

“Saya kira pengelolanya Setu Babakan memberi kesempatan kepada pelanggan, sekarang luar biasa, orang yang berbelanja sekali atau dua kali seminggu, itu tidak baik, situasinya sepi, tidak-tidak-tidak, mau apa. .mengerti,” katanya.

“Meskipun pelanggan kami di sini adalah produsen Setu Babakan, pelanggan di sini membawanya. Dalam arti menyediakan makanan Betawi, budaya Betawi. Tolong jaga pemerintah,” katanya. Dia yang ada di Srengseng. Sawah. Jakarta Selatan. Binus yang diwakili oleh Yi Ying Laoshi juga mengundang 17 mahasiswa asal Guangxi, China, yang belajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) selama satu tahun di Binus. Mereka belajar bahasa Indonesia di Binus dari September 2019 hingga Juli 2019.

Kampung Betawi Setu Babakan merupakan kawasan yang dipilih untuk melestarikan budaya Jakarta yaitu budaya asli Betawi. Oleh karena itu, kawasan ini disebut Kampung Budaya Betawi yang didirikan pada 18 Agustus 2000 oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Sutiyoso. Selain sebagai pusat pelestarian budaya Betawi, kini Desa Setu Babakan Betawi juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi warga dan pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Betawi.

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Binus Chinese Literature yang diwakili oleh Yi Ying Laoshi berangkat dari Binus Square menuju desa Setu Babakan Betawi pada Sabtu, 24 Juni 2019 pukul 09.00 bersama 17 mahasiswa BINUS dari Guangxi. Tujuan dari proyek ini adalah untuk memperkenalkan budaya Betawi kepada mahasiswa asing, dan untuk menambah pengetahuan tentang budaya Betawi. Dengan mengunjungi desa Setu Babakan Betawi, mahasiswa dari Guangxi dapat mengenal budaya Indonesia khususnya Betawi dan dapat merasakan gaya yang berbeda.

Rekomendasi Wisata Akhir Pekan, Menyusuri Kampung Budaya Betawi Setu Babakan Yang Telah Dibuka

Di desa Setu Babakan Betawi, Yi Ying Laoshi dan banyak mahasiswa dari Guangxi juga berkesempatan bermain dengan musisi Betawi.

Selain mengikuti banyak kegiatan di komunitas Setu Babakan Betawi, seluruh peserta proyek ini juga merasakan budaya Betawi dan mengunjungi museum untuk melihat berbagai benda bersejarah. Jika Anda bosan berlibur ke Ancol dan Monas, tidak ada salahnya untuk berlibur ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Bersenang-senang, bergembira dan mengembangkan pengetahuan budaya.

Kawasan Budaya Betawi ini terletak di perbatasan antara Jakarta dan Depok, lebih tepatnya di Desa Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Luas sekitar 289 hektar ini terletak di dua kawasan alami, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Di kampung budaya ini kita bisa mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang budaya Betawi. Misalnya, kesenian Betawi, rumah adat Betawi, dan kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi, memiliki suasana yang indah.

Dunianya T.a.s.i.m: Traveling

Kita tidak hanya menikmati tempat ini untuk bersenang-senang, tapi kita juga bisa menikmati tempat ini dengan memancing, olahraga air, berlayar, perahu naga, dan untuk anak-anak ada permainan seperti mandi bola, bebek. Setu dikelilingi oleh pohon rindang yang dikenal Betawi seperti belimbing, harpa, sawo, jengkol, kuning, dusun dan melinjo.

Di Kampung Budaya Betawi, Anda bisa menikmati makanan dan minuman Betawi yang dikelilingi oleh Babakan Setu. Mulai dari mie telur, bir, soto mie, kue rangi dan kacang goreng, harganya tidak terlalu mahal mulai dari Rp. 8 dan Rp. lima belas ribu.

Ada banyak rumah dengan budaya Betawi seperti museum budaya Betawi, tempat tinggal, masjid dan panggung pertunjukan. Selain itu, di kampung budaya Betawi ini juga terdapat banyak kegiatan seperti beksi (Seni Bela Diri Betawi), dan acara budaya Betawi. Mulai dari Lenong hingga Gambang Kromong yang diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Dalam perayaan HUT Jakarta ke 485, masa perayaan diperpanjang. Dari jam 1 siang sampai jam 7 malam.

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Waktu terbaik untuk berkunjung atau berwisata ke sana adalah hari Sabtu dan Minggu. Karena disana banyak sekali permainan tradisional Betawi. Anda dapat berangkat dari rumah dengan kendaraan pribadi (mobil atau motor) atau angkutan umum (bus atau mikrolet). Tidak ada uang, tentu saja. Anda harus membayar Rp. 2000 untuk sepeda motor atau Rp. 5000 untuk mobil. Kampung Budaya Betawi Setu Babakan atau juga dikenal sebagai Kampung Wisata Kampung Betawi merupakan destinasi wisata yang didedikasikan untuk menciptakan warisan budaya bagi suku Betawi. .

Menyusuri Jejak Sejarah Betawi Di Kampung Setu Babakan

Atraksi ini terbuka untuk umum. Di sini, pengunjung bisa belajar banyak, khususnya tentang budaya Betawi, melalui pengalaman non fisik. Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Simak ulasannya!

Alamat : Jl. Moch Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Ibu Kota Jakarta

Dengan konsep yang unik, desa wisata Kampung Betawi ini berhasil meraih juara pertama sebagai desa wisata terbaik dalam Indonesia Tourism Village Awards 2021 CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment).

Pengunjung yang datang ke sini tidak akan bosan karena Kampung Budaya Betawi Setu Babakan hadir dengan banyak kawasan dan atraksi, antara lain:

Mengenal Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan [ Nurul Sufitri’s Blog ]

Museum Betawi di Desa Budaya Betawi Setu Babakan ini bertempat di sebuah gedung berlantai dua. Di dalam, produk-produk yang digunakan oleh Betawi di masa lalu ditampilkan. Mulai dari pakaian adat Betawi, kesenian tradisional Betawi yaitu ondel – ondel, informasi tentang ahli Betawi, produk tradisional Betawi, alat musik tradisional, barang-barang rumah tangga Betawi, alat untuk bepergian.

Lukisan juga dipajang di dinding. Anda juga bisa melihat foto-foto orang terkenal di museum ini, seperti foto mantan pemain Betawi Benjamin Sueb, foto penyanyi Ismail Marzuki, dan orang Betawi terkenal lainnya.

Atau apakah Anda ingin mengunjungi museum dengan ide modern? Anda dapat mengunjungi Museum Moja. Baca ulasannya: Museum Moja, Museum Instagrammable Jakarta

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Ini adalah amfiteater terbuka di Desa Budaya Setu Babakan yang digunakan sebagai teater, teater, atau tempat untuk berbagai acara.

Website Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Amfiteater ini berkapasitas 600 orang dengan kursi penonton berbentuk tribun. Panggung utama berada di tengah stadion dan terletak di belakang kolam.

Selain dapat menyaksikan pertunjukan budaya, wisatawan juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan tari, permainan alat musik Betawi, pelatihan pencak silat, pelatihan membatik, pelatihan olahraga dan pelatihan gambang kromong.

Ada tangki ikan yang berfungsi tidak hanya sebagai tangki ikan untuk melihat keindahan ikan tetapi juga bisa menjadi tempat untuk merawat ikan. Minyak ikan sendiri diketahui memberikan banyak manfaat mulai dari pereda nyeri sendi hingga rematik dan penyembuhan otot.

Sedangkan untuk perawatannya sendiri tidak bisa dilakukan pada banyak orang dalam waktu yang bersamaan. Tetapi hanya 7 orang yang memiliki 10 menit per menit.

Ikhtiar Sofyan Murtadho Untuk Mengisi Museum Betawi Setu Babakan

Sebelum memulai perawatan punggung, sebaiknya cuci kaki terlebih dahulu untuk membersihkan kolam. Saat ini, pengunjung dengan riwayat penyakit kulit atau diabetes dilarang mencoba perawatan ikan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan dan sekaligus menghibur peserta dalam perawatan.

Tidak hanya wisata budaya, pengunjung bisa menikmati wisata pertanian atau wisata keliling di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Peternakan yang dijadikan lokasi wisata pertanian berada di kawasan wisata dan pemukiman.

Jenis-jenis pohon yang bisa ditemui pun beragam, mulai dari melinjo, mangga, kweni, rambutan, kecapi, jambu biji, jamblang, krendang, buni, nangka, nam – nam, jambu mete, alpukat, kiwi, cempedak, bacang, jengkol ka petai. . Pengunjung dapat mengambil hasil pertanian dengan membayar biaya pengelolaan wisata sebesar Rp10.000.

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan

Di sini, Anda bisa menemukan rumah tradisional Betawi dengan nilai budaya yang tak lekang oleh waktu. Ada banyak jenis rumah adat Betawi, yaitu rumah jerami, rumah gudang, rumah Joglo dan rumah Bapang.

Itbbs: In The Bedroom Before Sleep: Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Punya Website Yang Bisa Dikunjungi

Rumah adat Betawi juga digunakan sebagai tempat tinggal. Oleh karena itu, bagi tamu yang senang menikmati malam di kampung budaya Setu Babakan Betawi, bisa menginap di rumah ini dan sewa per malam mulai dari.

Perkampungan budaya betawi setu babakan, setu babakan, kampung setu babakan, perkampungan betawi setu babakan, dodol betawi setu babakan, setu babakan depok, kampung betawi setu babakan, alamat kampung betawi setu babakan, kampung budaya betawi setu babakan, cluster setu babakan, rumah betawi setu babakan, ondel ondel setu babakan

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top