Connect with us

Wisata Bandung Situ Patenggang

Informasi

Wisata Bandung Situ Patenggang

Wisata Bandung Situ Patenggang – Harga Tiket Patenggang Situ: Rp 25.000-Rp 100.000 Jam Buka: 09:00 – 17:00 Telp. No.: 082180028888/081221618888 Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40973

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di Kawasan Wisata Alam Ciwidey, Bandung. Disebut juga Situ Patengan sesuai dengan nama tempat di kaki Gunung Patuha. Situ (bahasa sunda yang berarti danau) memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Wisata Bandung Situ Patenggang

Wisata Bandung Situ Patenggang

Dikelilingi perkebunan teh seluas 48 hektar di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, udaranya sejuk, asri dan menyegarkan. Danau seluas 45.000 ha ini terletak di cagar alam seluas 123.077 ha. Sejak tahun 1981, lokasi ini berkembang menjadi taman wisata alam.

Keindahan Situ Patenggang Sebagai Tempat Pariwisata By Lantai Kayu

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan kawasan wisata di sana akan dikenakan tiket. Harga tiket masuknya sendiri cukup terjangkau mengingat keindahan yang ditawarkan objek wisata ini.

Tempat wisata ini buka setiap hari, baik saat weekday maupun di akhir pekan. Dengan jam kerja dari pagi hingga sore.

Ada banyak jenis aktivitas seru yang tersedia di Situ Patenggang. Seperti menikmati indahnya panorama danau dan menghirup kesegaran kebun teh yang mengelilinginya. Wisatawan juga bisa naik perahu dan sepeda air berbentuk angsa di danau.

Danau di kaki Gunung Patuha tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Ada mitos: “Siapa pun yang menginginkan hubungan yang langgeng harus datang ke batu cinta dan mengunjungi pulau Asmara. Keberadaan legenda dan mitos tersebut sangat menarik bagi wisatawan.

A Quick Escape To Situ Patenggang

Situ Patenggang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan panorama yang eksotis. Dikelilingi oleh kebun teh, cantik dengan deretan pucuk hijau yang menyuguhkan pemandangan memesona.

Di pagi hari suasana tidak ramai dan udara yang Anda hirup masih segar. Kabut tebal perlahan mulai menghilang seiring matahari bersinar seperti gambar. Kicauan burung turut andil dalam suasana pagi yang ceria.

Pegunungan tinggi dapat dilihat di balik danau besar dengan permukaan yang tenang. Wisatawan juga bisa melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian tempat sejuk ini. Setelah tengah hari, kabut kembali di beberapa tempat dengan hujan, jadi kami menyarankan wisatawan untuk mengenakan pakaian hangat.

Wisata Bandung Situ Patenggang

Salah satu kekhasan danau ini berasal dari legenda rakyat yang tersimpan di baliknya. Nama tempat ini berasal dari kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang harus berpisah. Mereka berusaha mencari satu sama lain sampai suatu hari mereka bertemu di tempat ini.

Pesona Situ Patenggang Ciwidey Yang Wajib Dikunjungi!!!

Patenggang konon berasal dari kata “pateangan-teangan” yang artinya saling mencari. Usai pertemuan, Rengganis meminta Ki Santang untuk membangun sebuah danau dengan pulau kecil di tengahnya. Tanah kecil ini sekarang disebut Pulau Sasuke atau lebih dikenal dengan Pulau Asmara.

Wisatawan dapat lebih jauh menjelajahi Situ Patenggang dengan berkeliling danau menggunakan perahu. Penyedia layanan perahu yang menunggu di tepi danau siap mengantarkan putaran. Perahu telah menjadi fasilitas wisata yang populer di kalangan banyak wisatawan.

Di tengah danau terdapat tempat yang oleh wisatawan disebut Pulau Asmara. Dalam bahasa Sunda, tempat itu disebut Pulau Sasuka. Konon di sinilah perjalanan kisah cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis dimulai dan berakhir.

Sambil menjelajah dengan perahu, wisatawan juga bisa mengunjungi sebuah pulau di tengah danau. Pulaunya tidak terlalu besar, namun terdapat pepohonan yang cukup rindang sebagai tempat bersantai.

Harga Tiket Masuk Wisata Glamping Lakeside Rancabali Bandung Agustus 2022

Jet ski adalah cara lain untuk menikmati kawasan Situ Patenggang. Penyedia persewaan jet ski tidak jauh dari persewaan perahu. Kendaraan air ini mengenakan biaya 20 menit per durasi untuk perjalanan danau.

Dengan segala mitosnya, Situ Patenggang menjadi destinasi wisata ‘romantis’ bagi para wisatawan. Di pulau Asmara sendiri terdapat sebuah batu yang bernama ‘Batu Cinta’. Ki Santang dan Dewi Rengganis dipercaya pertama kali bertemu di batu karang ini setelah sekian lama berpisah.

Batu cinta sangat melegenda di kalangan masyarakat dan merupakan simbol ‘cinta sejati’. Dikatakan bahwa jika pasangan menemukan batu cinta, hubungan mereka akan bertahan seumur hidup. Hal inilah yang menjadi daya tarik banyak pasangan yang datang ke tempat wisata ini.

Wisata Bandung Situ Patenggang

Objek wisata ini, menurut beberapa wisatawan, juga merupakan danau yang beruntung bisa dipercepat sobat. Buat kamu yang belum punya pasangan bisa mampir ke Batu Cinta untuk membuktikan mitosnya.

Wisata Kawah Putih Dan Situ Patenggang Halaman 1

Pinggiran Situ Patenggang memiliki rerumputan hijau yang menjadi tempat piknik para wisatawan. Wisatawan bersama keluarga dan anak-anak bisa bermain santai di sebelahnya. Ada juga tempat-tempat khusus di mana Anda bisa duduk dan menikmati ketenangan danau.

Wisatawan biasanya menggelar tikar dan menyantap makanan di tempat ini. Selain rekreasi, momen kebersamaan ini kerap menjadi ajang berbagi cerita dalam suasana yang akrab. Kumpul wisatawan tak mau ketinggalan untuk mengabadikan momen dengan latar belakang keindahan alam danau.

Karena ketinggiannya, kawasan wisata ini cocok dijadikan lahan untuk kebun teh. Wisatawan juga bisa menikmati waktu bersama keluarga, rekan kerja dan teman-teman di sekitar perkebunan teh. Kawasan tersebut dikelilingi perairan danau dengan luas beberapa puluh hektar.

Dengan pemandangan alamnya yang hijau, kota ini juga menarik untuk dijadikan spot foto. Bahkan beberapa turis menjadikannya sebagai lokasi untuk berfoto

BACA JUGA!!!  10 Tempat Wisata Di Lampung Yang Wajib Dikunjungi

Informasi Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Situ Patenggang memiliki permukaan air yang tenang dengan kedalaman 3 hingga 4 meter. Danau ini merupakan habitat nyata berbagai jenis ikan seperti nila, tawes, dan gurami. Bagi wisatawan yang hobi memancing, danau ini bisa menjadi pilihan rekreasi bersama.

Dari lantai 4 balkon kapal Pinisi di tepi Situ Patenggang Bandung, wisatawan bisa melihat pemandangan yang indah dari ketinggian.

Situ Patenggang memiliki perahu Pinisi raksasa yang sangat populer di media sosial. Banyak wisatawan yang berfoto selfie di kapal 4 lantai ini karena merupakan titik pandang yang bagus

Wisata Bandung Situ Patenggang

Dari lantai empat balkon kapal, wisatawan bisa melihat dengan jelas Pulau Asmara. Kawasan wisata yang luas terlihat hijau dikelilingi oleh kebun teh. Terlihat juga di kawasan Rancabali Kabupaten Bandung dari ketinggian 1.600 meter.

Situ Patenggang At Ciwidey

Pengembangan untuk pengembangan terus dilakukan oleh Manajer Pariwisata Situ Patenggang. Karena kebersihannya, seluruh area bebas dari polusi udara dan sampah, terutama limbah kimia.

Termasuk meningkatkan fasilitas transportasi dan fasilitas penunjang pariwisata. Seperti akomodasi, tempat ibadah, restoran, toko souvenir dan tempat parkir. Ruang ini juga dilengkapi dengan paviliun/

Situ Patengan terletak di Kecamatan Rancabali, Bandung Selatan, sekitar 40 km dari Kota Bandung. Dari Kota Bandung, rute yang akan ditempuh ke selatan adalah sekitar satu jam. Wisatawan dapat melakukan perjalanan ke Kop dan kemudian ke Soreang, yang mengarah ke Ciwidey. Lokasinya tidak jauh dari tempat wisata lainnya di kawasan wisata Ciwidey.

Tidak hanya Batu dan Malang, Lamongan juga memiliki wisata keluarga utama yaitu Maharani Zoo. Lokasinya masih satu kawasan dengan Wisata Bahari Lamongan. Yang juga…

Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Glamping Lakeside Rancabali Bandung

Harga tiket Trans Studio Bandung memang tidak murah. Namun dengan serunya puluhan wahana dan studio, Anda tidak akan kecewa saat mengunjungi taman hiburan indoor ini. Khususnya…

Manfaatkan berbagai penawaran promosi Kopi Kenangan. Dapatkan manfaat diskon, beli 1 gratis 1, harga spesial, cashback dll. Kopi rantai kenangan kopi sudah siap… Situ Patenggang hampir selalu menjadi tujuan pilihan para pelancong yang baru pulang dari Kawah Putih. Kawasan wisata di Ciwidey ini memiliki pemandangan yang indah dengan kebun teh di sekitarnya. Kita juga bisa menikmati masakan khas sambil melihat indahnya perahu-perahu di danau.

Sabtu lalu, 16 Oktober 2021, saya dan keluarga berniat mengunjungi Sita Patenggang. Jarak dari Kawah Putih ke Situ Patengganga cukup dekat, hanya sekitar 7 km. Tanpa kemacetan lalu lintas besar atau lalu lintas normal, perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit.

Wisata Bandung Situ Patenggang

Perut kami benar-benar keroncongan saat berada di luar pintu masuk Sita Patenggang. Apalagi ibuku yang sangat menyayanginya, lebih dari aku oops hahaha 😂 Ayahku tenang, sabar, 11 12 seperti aku hihihi.

Tour Situ Patengan Archives

Sekitar jam 12 siang, kami sampai di loket Situ Patenggang. Seperti biasa, polisi memeriksa suhu tubuh kami dan meminta kami berenam untuk menunjukkan aplikasi PeduliLindung di smartphone kami. Minat masyarakat terhadap wisata alam seperti Situ Patenggang cukup baik, juga ramai.

Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda yaitu pateang-teangan yang artinya saling mencari. Sahabat, tahukah Anda bahwa Situ Patenggang memiliki mitos yang menarik? Tenang saja, buka cerita misteri seram, tapi kisah cinta yang abadi.

Pernah ada cinta antara putra Prabu dan penjelmaan dewi agung dengan alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk waktu yang lama. Karena cinta mereka yang begitu dalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang masih bernama “Batu Cinta”.

Dia juga meminta Dewi Rengganis untuk membuat sebuah danau dan perahu yang akan mereka gunakan untuk berlayar bersama. Kapal ini telah menjadi pulau berbentuk hati (Pulau Asmara / Pulau Sasaka) sekarang. Menurut cerita ini, mereka yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara selalu mendapatkan cinta abadi seperti mereka.

Danau Situ Patenggang Destinasi Wisata Keluarga Bandung Selatan

Situ Patenggang terletak di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kota ini terletak di ketinggian 1600 meter. Selain pemandangannya yang indah, Situ Patenggang juga memiliki panorama kebun teh di sekitarnya.

Saya baru tahu dari Wikipedia bahwa luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Sementara itu, kawasan wisata ini memiliki cagar alam dengan luas total 123.077,15 hektar. Kita bisa menikmati danau yang cukup luas dengan perahu-perahu yang indah, dan di seberangnya terdapat resort tempat para traveler bisa bermalam, yaitu Glamping Lakeside.

Ada banyak cara menuju Roma. Begitu juga dengan Situ Patenggang yang bisa ditempuh dari berbagai jalur. Ada banyak jalur alternatif yang bisa kita tempuh menuju Sita Patenggang. Jika kita cek dengan Google Maps, jarak antara pusat kota Bandung di titik nol di Jalan Asia Afrika dan Situ Patenggang adalah sekitar 48,3 km atau 1 jam 25 menit dalam waktu normal.

Wisata Bandung Situ Patenggang

Kalau dari Jakarta misalnya Pelabuhan Sunda Kelapa, Pasar Ikan, Jakarta Utara, jaraknya 203 km atau sekitar 3 jam 5 menit. Sedangkan dari tempat tinggal saya di Jagakarsa menuju Situ Patenggang yang berjarak 190,4 km atau sekitar 3 jam 40 menit di tol Cipularang.

Situ Patenggang Tempat Dua Hati Saling Mencari

Dari Jakarta ke Situ Patengganga untuk makan

Situ patenggang ciwidey bandung, wisata situ patenggang ciwidey, glamping situ patenggang, tempat wisata situ patenggang, tempat wisata situ patenggang bandung, hotel dekat situ patenggang, objek wisata situ patenggang, situ patenggang bandung, penginapan situ patenggang bandung, wisata situ patenggang, danau situ patenggang bandung, wisata situ patenggang bandung

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top