Connect with us

Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Informasi

Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal – JAKARTA, – Souvenir Solo Jawa Tengah sangat beragam. Jika Anda bepergian atau pulang dari Solo, tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh atau oleh-oleh untuk rumah dan teman.

Oleh-oleh kuliner khas Solo yang bisa dibawa pulang, terutama oleh-oleh konsumtif. Beberapa dari mereka harus akrab bagi Anda karena mereka sangat populer.

Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Pertama datang Serabi Solo. Ini adalah suvenir dan dapur solo yang sangat populer. Hidangan ini tidak hanya populer tetapi juga menjadi incaran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Serabi Solo biasanya terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan.

Oleh Oleh Khas Purwokerto Jawa Tengah Yang Paling Laris Dan Wajib Dibeli

Kuliner khas Surakarta ini bisa ditemukan di pusat oleh-oleh atau mall yang menjual berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Beberapa brand Serabi Solo juga punya kreasi rasa yang enak lho! Sebut saja pancake dengan saus durian yang terkenal enak di mata wisatawan.

Selanjutnya adalah Brem Solo. Souvenir khas Surakarta ini terbuat dari olahan air pita yang difermentasi. Apa yang membuat hidangan ini istimewa adalah rasanya yang dingin dan asam yang unik. Oleh karena itu, Brem menjadi oleh-oleh yang banyak dicari oleh para wisatawan.

Seperti halnya pancake, kuliner khas Solo ini juga bisa ditemukan di toko oleh-oleh atau toko oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Oleh-oleh khas Solo selanjutnya adalah ampyang. Ini adalah makanan tradisional Jawa yang terbuat dari kacang tanah dan gula jawa. Karena terbuat dari kacang tanah dan gula jawa, rasa amyang ini cukup manis dan enak.

Macam Oleh Oleh Khas Solo Yang Tak Boleh Terlewatkan

Ampyang juga terdapat di pusat oleh-oleh yang menjual berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu harganya juga murah, cocok untuk oleh-oleh!

Baris berikutnya adalah Sherbat Zingafil, masakan yang cukup populer di Surakarta. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh ini terbuat dari olahan jahe dan rempah-rempah dari kota Solo yang berfungsi untuk menghangatkan badan. Menariknya, minuman ini mirip dengan pil vitamin yang bisa diseduh, sehingga cocok untuk diberikan kepada keluarga dan kerabat.

Serbet Jahe juga bisa ditemukan di mall-mall khusus Solo atau pusat oleh-oleh yang menjual berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Apalagi harga minuman ini murah mulai dari Rs.6000.

Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Tempat selanjutnya adalah Bakpia Balong. Anda harus membawa pulang hidangan ini dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Karena Bakpia Balong menawarkan cita rasa yang unik. Mulai dari rasa, ketan, coklat, kacang hijau, kacang hitam, dll. Bakpia Balong bisa didapatkan langsung di toko atau di pusat oleh-oleh khas Solo.

Oleh Oleh Khas Solo Yang Wajib Dibawa Pulang

Yang terakhir adalah Wajik Solo. Saat pulang dari Solo tanpa membawa ketupat khas daerah ini, rasanya kurang lengkap. Masakan Solo ini terkenal dengan rasanya yang manis dan legit. Wajik sendiri terbuat dari beras ketan, gula aren dan kelapa.

Cara memasaknya juga cukup rumit, mulai dari memasak beras ketan menggunakan panci, menggilingnya dengan grinder, dan menyiapkan adonan selama kurang lebih 1 jam. Kemudian adonan diamond tersebut diaduk hingga merata dan mengental, lalu masukkan ke dalam loyang. Setelah dingin, intan dikemas dalam plastik atau kertas makanan. Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan warganya yang ramah. Selain situs sejarah yang kaya akan budaya Jawa, ada banyak tempat untuk dijelajahi di Solo. Salah satunya adalah wisata kuliner dan pusat perbelanjaan yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh khas. Memasak juga merupakan bagian dari budaya lho. Berikut tujuh oleh-oleh khas Solo yang terkenal dan jajanan khas yang selalu ramai di Surakarta.

Inthip adalah jajanan khas yang terbuat dari sekam padi yang dijemur di bawah sinar matahari kemudian digoreng dengan minyak panas. Selama proses penggorengan, sekam padi akan dituangkan ke dalam mangkuk besar dan direndam dalam gula aren cair. Anda bisa mendapatkan makanan ringan ini di pinggir jalan atau di toko-toko dengan harga antara Rs 10.000 dan Rs 50.000, semua tergantung pada ukuran daging yang Anda beli. Rasanya sangat enak dan renyah, bisa dimakan dengan nasi.

Ampyang bisa menjadi camilan ringan bagi mereka yang menyukai kacang yang rasanya manis. Ampyang terbuat dari kacang tanah yang disangrai kemudian dicampur dengan gula merah dan perasan jahe. Harga di Ampyang sangat bervariasi, mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 50.000. Pernahkah Anda membayangkan bahwa ampyang dikunyah dan langsung meleleh saat dimakan?

Serabi Notosuman, Oleh Oleh Khas Solo Yang Sayang Dilewatkan

Tidak hanya di Bandung yang terkenal dengan kue-kue modernnya. Sekarang artis punya kue, jajanan khas Solo. Pluffy Solo Cake by Jessica Mila ini menawarkan kue bulat bertekstur lembut dengan rasa original green tea, cheese, strawberry, chocolate cornflake. Harga kue ini berkisar antara Rp 48.000 hingga Rp 58.000, murah kan? Kue ini bisa kamu dapatkan di Solo Pluffy, Jalan Ronggowarsito. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 22.00.

BACA JUGA!!!  10 Tempat Wisata Di Vietnam Yang Wajib Dikunjungi

Abon sapi umumnya berbahan dasar daging sapi, namun di Solo Anda bisa memilih suwiran ayam atau sapi dengan bahan utama yang lebih segar. Kaya akan bumbu, resep Abon Mesran ini dilestarikan secara turun-temurun. Pilihan rasa juga banyak seperti pedas atau manis. Abon Mesran cocok banget disantap dengan nasi panas, harganya berkisar antara 40.000 rupiah hingga 70.000 rupiah tergantung ukurannya.

Selain makanan, Solo juga memiliki minuman khas untuk menemani dinginnya malam. Sirup jahe adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah. Minuman ini dibuat dalam bentuk pil besar, cukup masukkan tablet ke dalam gelas dan tuangkan air panas. Jika ingin lebih manis, Anda bisa menambahkan gula merah ke dalam minuman ini. Uniknya, sirupnya bisa dikonsumsi langsung seperti makan permen. Selain bisa menghangatkan tubuh, sirup dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Oleh Oleh Khas Solo Yang Terkenal

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Balung Kethek berarti tulang kera. Namun bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, hidangan ini tidak terbuat dari tulang hewan. Jajanan Balung Kethek adalah balado dengan emping singkong yang renyah dan gurih. Rasanya variatif, jagung manis, balado, ayam goreng, asin, pedas, cheesy dan tentunya manis seperti rasa asli Baltek.

Oleh Oleh Khas Semarang

Yang paling tidak bisa dilewatkan adalah Surabi Notosuman! Surabi yang terbuat dari tepung beras dan dicampur santan merupakan salah satu kuliner khas Solo. Adonan dituangkan ke dalam cetakan yang dibakar dengan bantuan oven dan arang. Cara memasak tradisional ini sudah ada sejak tahun 1920. Harganya juga sangat murah, hanya Rp 2000 per surabi. Oleh-olehnya saja sudah pasti menjadi hal yang dicari oleh wisatawan yang berkunjung. Selain dikenal sebagai kota budi pekerti masyarakatnya, Solo juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Setelah puas menjelajahi keindahan Solo, jangan lupa untuk mencari beberapa oleh-oleh berikut yang bisa menjadi pilihan Anda karena terkenal enak dan juga murah.

Intip adalah makanan ringan yang terbuat dari sekam nasi goreng. Masih asli, Peek jajanan ini sebenarnya terbuat dari sekam padi di dasar ketel atau panci khusus untuk menanak nasi. Peek kuno juga tidak pedas dan hanya ditaburi garam setelah digoreng. Sekarang dengan waktu. Intip disiapkan secara khusus menggunakan cetakan dan tersedia dalam berbagai rasa karena dibumbui sebelum dipanggang. Bahkan beberapa peeps sekarang memiliki minyak; seperti gula karamel yang ditaburkan di atas setetes bulat goreng untuk memberikan rasa manis.

Srabi atau surabi adalah hidangan khas solo yang disiapkan dengan cara tradisional. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, srabi diolah dengan cara dimasak di atas api kayu atau arang menggunakan sejenis larutan tanah liat. Dengan perkembangan teknologi; sekarang, peralatan masak Serbia kadang-kadang telah digantikan oleh penggunaan api gas dan penggunaan bentuk logam yang lebih praktis dan hemat energi. Selain srabi yang memiliki cita rasa asli yang enak; Kini tersedia berbagai varian rasa lainnya seperti srabbi chocolate yang ditaburi meze dan juga rasa buah.

Rambak adalah sejenis biskuit yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang telah dikeringkan sebelumnya. Karena bahan baku berupa kulit kerbau kurang umum, kebanyakan rambak sekarang dibuat dari kulit sapi. Rambak Petis khas Solo rasanya gurih dan renyah saat disantap. Sesuai dengan namanya; Kerupuk rambak khas Solo ini semakin nikmat disantap dengan sambal petis udang pedas. Pecinta makanan pedas bisa membeli kerupuk rambak ini dalam kemasan sambal petis. Sedangkan bagi yang tidak suka pedas bisa menikmati kerupuk rambak yang enak dengan rasa asli tanpa menggunakan sambal terasi.

Paket Oleh Oleh Khas Jakarta

Ampyang adalah makanan khas Solo yang terbuat dari gula jawa dan kacang tanah. Biasanya berbentuk bulat, jajanan ini justru lebih mirip permen berkat rasa manis gula jawa. Ampyang dibuat dengan cara melarutkan kacang tanah yang sudah dikupas kemudian dibulatkan dengan gula jawa. Perpaduan manisnya gula jawa dengan rasa kemiri yang nikmat membuat ampyang menjadi sajian yang unik; seperti coklat yang dipadukan dengan jambu mete. Salah satu kelebihan ampyang jika dijadikan oleh-oleh adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa, murah dan sekaligus tahan lama. Meskipun tidak menggunakan bahan pengawet; ampyang lestari karena terbuat dari gula jawa, pengawet makanan alami.

Roti Kambing adalah salah satu oleh-oleh khas Solo. Roti adalah sejenis kue kering yang terbuat dari tepung beras ketan. Roti Kecik Ganep memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok dinikmati dengan minuman panas seperti teh atau sirup jahe Solo. Selain praktis dan

Oleh-oleh khas bali yang terkenal, oleh oleh khas banjarmasin yang terkenal, oleh oleh khas semarang yang terkenal, oleh oleh khas jogja yang terkenal, oleh oleh khas bandung yang terkenal, oleh oleh khas manado yang terkenal adalah, oleh oleh khas surabaya yang terkenal, oleh oleh khas bogor yang terkenal, oleh oleh khas cirebon yang terkenal, oleh oleh khas malang yang terkenal, oleh oleh khas padang yang terkenal, oleh oleh khas solo

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top