Connect with us

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Informasi

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan – Yogyakarta dikenal sebagai kota wisata budaya dan sejarah. Candi Borobudur Candi Prambanan Sebutkan Keraton dan Taman Sari sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Sebagai tambahan, Kota Gudeg juga memiliki banyak pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Pantai-pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan tidak biasa.

Salah satunya adalah Pantai Siung di kawasan Gunungkidul. Pantai ini unik karena dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Karena perbedaan ini, pemerintah Yogyakarta menetapkan Pantai Siung sebagai tujuan panjat tebing. Bagaimana bisa? Datang dan lihat informasi lebih lanjut.

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Pantai Siung adalah Dusun Wates; Carilah Purwodadi. Tepus, Terletak di Gunungkidul. Jaraknya sekitar 77 km atau 2-3 jam perjalanan dengan mobil dari pusat kota Jogja.

Keindahan Pantai Jogan Gunungkidul

Karena tempatnya yang sangat jauh, banyak wisatawan yang memilih mobil pribadi untuk menuju Pantai Siung. jalan berliku, Jalan yang ditempuh sangat sulit, termasuk jalan berkelok-kelok dan jalan sempit. Jadi pastikan mobil Anda dalam kondisi prima sebelum Anda menuju ke pantai ini.

Hanya ada satu jalan dari pusat kota Jogja menuju Pantai Siung, melalui Kabupaten Wonosari. Setelah berjalan sejauh 9 km, Anda akan melihat pertigaan jalan. Ambil jalur Pantai Siung melalui Bintaos dan Tepus. Di pertigaan Winangun; Belok kanan untuk mencapai tujuan Anda.

Bagi yang datang dari Klaten bisa memilih jalur Semanu – Giripanggung dan Klayu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Winangun melalui Gude. Ada lagi jalan dari Giripanggung yang menuju ke selatan melalui Cuelo menuju Winangun.

Jika Anda memulai perjalanan dari Solo, Anda bisa pergi dari Praci ke Baran. Anda kemudian dapat menuju ke selatan ke Nglindur dan berbelok ke kanan di pertigaan di depan pasar Ngrancah. Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan dan bertemu dengan Pasar Jepitu dan pertigaan Winangun. Dari sana, belok kiri ke Pantai Siung.

Pantai Siung 🏖️ Htm, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung

Perjalanan menuju pantai ini sangat sulit. Namun, Rasa lelah dalam perjalanan akan tergantikan oleh tempat-tempat menarik di Pantai Siung. Berikut beberapa tempat wisata di Pantai Siung yang bisa Anda nikmati.

Saat berada di Pantai Siung, Anda akan menemukan bebatuan besar yang tersebar di pesisir barat dan timur. Selain sebagai simbol Pantai Siung, Kehadiran terumbu karang menyiratkan asal usul nama pantai ini.

Menurut ikon lokal Wastoyo, bentuk batu tersebut menyerupai gigi kera atau cengkeh wanara. Karena itulah pantai ini disebut Pantai Siung. Tidak hanya itu, jika Anda beruntung, Anda bisa melihat monyet ekor panjang di sekitar pantai. Akan ada lebih banyak monyet ini. Mereka hanya bisa dilihat saat udara tenang atau di malam hari.

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Sebuah batu besar berdiri sebagai bukti kejayaan Pantai Siung di masa lalu. “Saat periode Walisongo berkembang di Jogja, Pantai Siung merupakan salah satu pusat perdagangan di kawasan Gunungkidul,” kata Wastoyo.

Pesona Pantai Ngandong Yogyakarta

Saat itu, sebagian besar warga Siung bekerja sebagai petani garam. Mereka bergantung pada air laut dan salinitas tinggi sebagai sumber kehidupan. Garam menjadi komoditas utama perdagangan di pasar Winangun dekat laut.

Ketika Pasar Winangun dipindahkan ke Kota Jogja, kondisi perdagangan di Pantai Siung menjadi tenang. Saat ini, Pasar ini dikenal sebagai Jobo Winangun atau Pasar Jowinangun yang diucapkan di luar daerah Winangun.

Meski bukan pusat komersial Gunungkidul, eksotisme Pantai Siung selalu menarik wisatawan. Kehadiran terumbu karang besar menambah nilai pantai, terutama saat ombak besar menghantam bebatuan. Objek wisata ini pasti akan menjadi foto yang sangat menarik.

Panjang tebing. Pada tahun 1989, seorang pecinta alam Jepang mengunjungi Pantai Siung. Mereka menggunakan batu-batu besar ini sebagai tempat untuk memanjat batu.

Sundak Beach (yogyakarta Region)

Hal ini mendorong banyak tim untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan ASEAN pada 1990-an. Sejak saat itu, popularitas panjat tebing di Pantai Siung semakin meningkat dan dikenal oleh para pecinta panjat tebing.

Kompetisi ini terus berlanjut setiap tahun. Pada tahun 2005, 250 peserta dari 65 negara berpartisipasi dalam ASEAN Climbing Summit. Pada tahun yang sama, pemerintah Yogyakarta menetapkan Pantai Siung sebagai tujuan resmi panjat tebing.

Selain keunikan dan keanggunan yang ditampilkan, Pantai Siung juga menawarkan banyak hal menarik. Yuk, cari tahu kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan!

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Popularitas Pantai Siung di Jogja tidak sebesar Pantai Parangtritis. Namun di kalangan pecinta panjat tebing, Pantai Siung menjadi salah satu yang terbaik.

Pantai Di Gunung Kidul Yang Wajib Dikunjungi

Dalam panjat tebing dengan berbagai kesulitan, Pantai Siung berhasil meraih penghargaan “Pantai Batuan Terbaik di Yogyakarta”.

Area panjat tebing dibagi menjadi blok-blok dari Blok A hingga Blok K. Tingkat kesulitannya agak berbeda untuk pendaki pemula dan ahli. Zona Kuda Laut dan Sunshine sangat populer di kalangan pengendara kelas atas. Anda juga akan merasakan deburan ombak yang menghantam bebatuan saat mendaki.

BACA JUGA!!!  10 Tempat Wisata Di Jakarta Pusat Selain Mall

Oke Bagi yang berminat panjat tebing, bisa menghubungi paket panjat tebing Pantai Siung dan tour operator. Panjat tebing ditemani oleh para profesional aman dan tak terlupakan.

Bagi para pendaki, pagi dan sore hari adalah waktu terbaik untuk mendaki. Oleh karena itu, banyak yang memilih untuk menginap di Pantai Siung. Mereka akan membangun tenda mereka di belakang batu.

Pesona Wisata Pantai Di Yogyakarta

Namun kegiatan camping bisa dilakukan oleh siapa saja. Bagi yang tidak membawa tenda sendiri, rumah kayu di dekat camp bisa digunakan.

Di depan Pantai Siung terdapat rerumputan hijau bernama Bukit Pengilon. Di Sini, Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Siung dari tempat yang tinggi. Anda bisa menemukan gugusan pantai lain di kawasan Gunungkidul seperti Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung.

Usahakan datang lebih awal untuk melihat panorama sunrise terindah. Untuk menghemat waktu, Anda bisa menghabiskan waktu berkemah di Pantai Siung atau kawasan Bukit Pengilon.

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Dari Pantai Siung, mendaki bukit di depan pantai untuk mencapai Bukit Pengilon. Kemudian ikuti jalannya. Setelah itu, Anda akan melewati pantai Banyunibo dan objek wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi sebentar.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul Dan Rute Menuju Lokasi

Ada juga jalur yang melewati Pantai Wediombo. Dari sana, Anda harus berjalan ke barat menyusuri Pantai Watu Lumbung untuk mencapai Bukit Pengilon. Tidak perlu khawatir tentang kelelahan; Karena Anda harus pergi dengan pemandangan yang menakjubkan di sepanjang jalan.

Seperti pantai-pantai lain di Jogja, Pantai Siung adalah tempat parkir; toilet, Juga menawarkan fasilitas yang nyaman seperti tempat ibadah dan banyak restoran yang menjual makanan laut dan menu khas Yogyakarta.

Karena reputasinya sebagai pantai panjat tebing, Pantai Siung juga memiliki fasilitas lain. Salah satunya adalah perkemahan di pantai timur. Di sini Anda dapat membangun tenda dan menyalakan api bersama teman atau keluarga.

Jika Anda memutuskan untuk berkemah, ingatlah untuk tidak merusak lingkungan dan tidak mengganggu habitat penyu. Itu sebabnya jangan lupa untuk mengumpulkan sampah yang Anda buat. OKE.

Pantai Nglambor Yogyakarta, Tempat Snorkeling Terbaik

Anda harus membayar Rp 3.000 per tiket untuk masuk ke Pantai Siung. Bagi yang membawa sepeda motor akan dikenakan biaya parkir sebesar 100.000 kyat. Biaya parkir Rp 2000. 5000.

Bagi yang berniat menginap, harus membayar biaya kebersihan sebesar Rp 10.000 ke agen perjalanan. dengan kegiatan panjat tebing DIY; Anda dapat melakukannya secara gratis. Sebagai tambahan, Anda perlu menyiapkan uang ekstra jika ingin membeli makanan atau menyewa rumah di gubuk-gubuk di Pantai Siung.

Syarat dan ketentuan Pantai Siung tidak berlaku di sini. Anda bisa datang ke Pantai Siung kapanpun Anda mau.

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Jika Anda akan ke Yogyakarta dalam waktu dekat, Pantai Siung harus masuk dalam daftar tempat yang harus Anda kunjungi. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan keindahan pantai ini. Jika Anda ingin menginap di Pantai Siung selama beberapa hari, satu hal yang menarik di Pantai Siung adalah bebatuan besar di sisi timur dan barat pantai. Keberadaan batu karang ini rupanya berperan penting dalam asal usul nama pantai ini.

Keistimewaan Pantai Sundak Yang Menawan Di Yogyakarta

Dari kejauhan, karang besar seperti gigi monyet atau Siung Wanara ditempatkan sedikit di laut. Karena itulah pantai ini disebut Pantai Siung.

Pada tahun 1989, bongkahan batu raksasa ini berperan penting bagi para pendaki. Tahun itu, sekelompok pecinta alam dari Jepang menggunakan ngarai sebagai situs panjat tebing. Kehadiran batu karang ini menjadi pesona dan keunikan Pantai Siung yang tidak bisa ditemukan di pantai lain. Tebing Pantai Siung memiliki 250 anak tangga.

Pada setiap tingkat kesulitan. Pantai Siung memiliki banyak jalur panjat tebing yang menantang, sehingga pantai ini adalah tempat terbaik untuk Panjat Tebing di Yogyakarta.

Selain tebing batu yang menakjubkan, pasir putih Pantai Siung juga sayang untuk dilewatkan. Pasir putih yang lembut dan ombak yang tidak terlalu besar akan mendorong kita untuk bermain di pantai. Anda bisa bermain sepak bola atau voli di pantai ini.

Pantai Siung Jogja: Aktivitas Wisata, Lokasi, & Info Tiket

Berkemah di Pantai Siung, situasinya tidak terlalu sulit. Kita perlu peduli dengan keberlanjutan dan lingkungan; Tidak mengambil apa pun selain foto, meninggalkan jejak, tidak meninggalkan apa pun selain waktu.

Diperbolehkan mendirikan tenda di Camping Ground. Habiskan malam dengan menyaksikan indahnya panorama Pantai Siung yang memiliki pesona unik. berkemah Jika Anda bisa bersantai dengan lelucon, itu akan sangat menyenangkan.

Ada banyak hal yang bida dilakukan di Pantai Siung. Jika lelah bermain di pantai, menjelajahi alam di sekitar terumbu karang bisa diganti dengan aktivitas lain di Pantai Siung. Jika kita beruntung, kita bisa.

Pantai Siung Pesona Pantai Di Yogyakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Makanan yg tak boleh dimakan penderita asam urat, tak boleh tidur malam, makanan yang kucing tak boleh makan, penginapan di pantai siung, tak makan malam boleh kurus, pantai siung yogyakarta, kencing manis tak boleh makan apa, pantai siung gunung kidul yogyakarta, sebab tak boleh tidur malam, baju yang tidak boleh dipakai di pantai selatan, pantai siung di yogyakarta, tak boleh

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top