Connect with us

Air Terjun Takapala Di Malino

Informasi

Air Terjun Takapala Di Malino

Air Terjun Takapala Di Malino – Home » Air Terjun, Destinasi Wisata Hijau, Pegunungan, Jelajah Sulawesi Selatan, Makassar, Malino » Air Terjun Takapala, Lembah Sunyi Diantara Tebing Batu

Angin pegunungan menyambut kami di hari pertama Malino Tizuli kami. Atas rekomendasi staf Hotel Bukit Indah, agenda Keluarga Suwanto malam itu adalah mengunjungi Air Terjun Takapala. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari penginapan, sekitar 30 menit perjalanan. Air Terjun Takapala cukup terkenal, meskipun tersembunyi untuk melindungi lembah yang tenang. Tak heran jika air terjun Takapala menjadi salah satu daya tarik wisata utama di sekitar Malino.

Air Terjun Takapala Di Malino

Air Terjun Takapala Di Malino

Desa Takapala di Kota Bonto Lerung, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa yang mendapatkan anugerah keindahan alam berupa air terjun setinggi 109 meter ini. Menurut saya, kota Takapala sangat eksotis, memiliki daya tarik tersendiri. Di antara tebing-tebing batu di atas lembah terdapat rumah-rumah penduduk yang menyatu dengan alam.

File:air Terjun Ketemu Jodoh.jpg

Air Terjun Takapala membawa berkah bagi penghuninya. Seorang lelaki tua berbaju hitam menghalangi kami di depan tangga. Dia menyapa kami dengan manis dan menawarkan untuk menemani kami ke air terjun. Sejujurnya, kami lebih bebas menjelajah tanpa orang lain, tapi senyum lamanya meluluhkan hati kami.

Warga membangun tangga bagi wisatawan untuk mencapai air terjun. Tangga berada di tengah-tengah rumah orang. Kami lewat di depan rumah orang. Beberapa rumah membuka warung-warung kecil yang melayani kebutuhan wisatawan.

Sekitar sepertiga dari perjalanan menaiki tangga beton, Ibu dengan kaus merah tersenyum. Dia baru saja selesai mengeringkan kopi. “Ya, sebentar lagi akan ada pemukulan.” Jawabannya menjawab permohonan saya. Wajah para tetangga yang kita temui selalu terlihat cerah dan membentuk lekuk-lekuk yang menyampaikan kebahagiaan.

Kakek memberitahuku bahwa Takapala berada di sebelah barat Gunung Lompobattang. Bertahun-tahun yang lalu, letusan gunung berapi yang tak terhindarkan melewati daerah Takapala. Berdiri kokoh seperti pilar Romawi, tebing-tebingnya terlihat seperti terbuat dari anyaman batu alam. Aliran lahar dari Gunung Lompobattang dikatakan telah menempanya.

Jelajah Keluarga Suwanto: Air Terjun Takapala, Lembah Sunyi Diantara Tebing Tebing Batu

“Wah, airnya deras juga ya” komentarku sambil melihat buih putih jatuh di atas tebing. “Oh, kalau tidak deras. Akan banyak air dari atas saat hujan,” jawab Kakek pelan. “Tidak ada batu yang terlihat. Semuanya tertutup air.” Dia melanjutkan samar-samar tanpa ekspresi takut atau apa pun.

Ribuan galon air yang jatuh dari ketinggian ini menciptakan tirai tipis, seperti gerimis di wajah. “Terkadang ketika momennya turun, itu seperti ada pelangi.” Kakek menunjuk ke genangan air yang memantulkan guci kehijauan.

“Di belakang tirai air ada gua. Cuma pendek. Kalau mau masuk nggak apa-apa, biar aku pegang yang kecil.” Kakek sebenarnya adalah pemandu lokal top, semoga saja. Karena kami terlalu malas untuk basah-basahan, tidak apa-apa, kami tidak langsung ke gua, lihat

Air Terjun Takapala Di Malino

Di dasar lembah, dekat reservoir air terjun, mendominasi bebatuan hitam besar. Potongan-potongan batu vulkanik yang disebutkan kakek tadi akan tertutup air saat musim hujan tiba.

Takapala Waterfall (孟加锡)

Sebelum turun ke sungai, air yang dilempar dari tebing terkumpul di kolam yang tidak bisa dibilang luas. Meski kolamnya kecil dan sepi, kata kakeknya, kolam itu merenggut banyak nyawa. Kakek yang tinggal di sana tidak yakin seberapa dalam kolam itu. Saat musim hujan tekanan dan aliran air sangat deras.

Pepatah “mencuci air” bisa dikatakan benar adanya. Jadi selalu waspada dan hati-hati saat bermain air, apalagi jika membawa anak-anak.

Hari ini, di era selfie, aktivitas nomor satu mutlak secara alami menggelitik bolak-balik. Air Terjun Takapala pasti akan memuaskan dahaga selfie Anda. Dan bagi pecinta fotografi, panorama alamnya tidak akan mengecewakan.

Beberapa pengunjung berenang di bawah pancuran air terjun. Ada juga yang mandi atau cipratan air di pinggir kolam. Saya dan Adek Kecik sedang berburu egrang, hewan air yang tidak bisa basah. Karena egrang berjalan di atas air. Mas tenggelam dalam imajinasinya, di aliran air terjun, di antara bebatuan. Sementara ayah sibuk mengabadikan momen dan tempat menarik di sekitar air terjun.

Longsor, Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Takapala Terputus

Sekelompok orang sedang membicarakan tentang tulang ikan paus yang disediakan oleh tetangga mereka. Ada yang makan siang, makan snack, pop mie, dan minum kopi atau teh yang dijual di warung-warung kecil.

Total fasilitas wisata di Air Terjun Takapala cukup memadai. Parkir, toilet, warung makan dan mushola. Tempat sampah disediakan di berbagai lokasi, jadi tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan.

Bales di pinggir air terjun disewa mulai 50rb. Kakek juga bercerita bahwa ada rumah orang yang bisa digunakan untuk wisma. Sekitar 200-300K per malam tergantung tawar-menawar.

Air Terjun Takapala Di Malino

Jalur menuju Air Terjun Takapala sangat ekstrem. Jalannya sempit di sepanjang ngarai. Konturnya naik turun. Oleh karena itu, pengemudi harus berkonsentrasi dan berhati-hati.

Takapala Water Fall, Malino

Karena Anda akan bermain air, pastikan Anda membawa pakaian, handuk, minyak kayu putih atau minyak telon, perlengkapan mandi dan plastik untuk pakaian basah. Anak-anak saya sengaja memakai sandal tahan air agar tidak mengganggu.

Anda juga bisa membawa air minum dan snack yang cukup untuk berjaga-jaga. Jika Anda ingin membeli makanan lokal, Anda juga dapat berbagi makanan dengan penduduk setempat.

Selalu sopan dan hormat kepada tetangga dan aturan waktu. Kami juga berjalan melewati wajah mereka atau di depan rumah mereka.

Selama sekitar satu setengah jam, keluarga Suwanto menghabiskan waktu di Lembah Takapala yang tenang. Sebelum kembali ke penginapan, singgah dulu untuk menikmati pisang kukus dan balala. Sempurna! Portal berita lokal yang menyediakan informasi cepat, akurat dan detail tentang Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora dan Grobogan.

Takapala Waterfall Photos

, Grobogan – Jika ada yang mengatakan wartawan datang ke kantor kelurahan dan meminta uang, sebaiknya segera laporkan ke pihak berwajib. Demikian disampaikan Koordinator Ikatan Wartawan Televisi Indonesia Pusat (IJTI), …

Polres Pati – Pati naik pangkat dari Tipe D menjadi Tipe C atau setara Polres…

, Batang – Polda Jateng mengungkapkan, jumlah korban pelecehan yang dilakukan oleh ustadz cabul di Batang berinisial AM telah mencapai 45 siswa. 10 di antaranya berhubungan seks. Jumlah ini lebih dari pengakuan…

Air Terjun Takapala Di Malino

, Semarang – Temuan kasus baru HIV/AIDS di Jawa Tengah mencapai 2.032 pasien pada triwulan II 2022, berdasarkan data Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Jumlahnya kemungkinan akan lebih tinggi, karena masih banyak pasien yang enggan…

Malino Kota Bunga

, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menyiapkan beberapa program dukungan untuk meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Ganjar telah menetapkan anggaran sebesar Rp 60.000 miliar, dan …

, Batang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranow mengajak masyarakat Jawa Tengah (Jawa Tengah) merasakan manfaat dari penghapusan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor II. Pembebasan dari denda dan biaya transfer…

, Pekalongan – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan dana sekitar Rp 60.000 miliar untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM di Jawa Tengah. Besaran dana tersebut diambil dari 2 persen Dana Transfer Umum (DTU)…

, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengomentari isu presiden perempuan usai Ketua DPP PDIP mengunjungi sejumlah pimpinan parpol. Tegasnya, Ganjar menekankan konstitusi…

Air Terjun Ketemu Jodoh Dengan Mitosnya Yang Melegenda

, Semarang – Kepala Badan Layanan Umum (BKN) Bima Haria Wibisana mengunjungi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Selasa (9/6/2022). Bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) sudah tiga kali penghargaan BKN 2022…

, Semarang – Program pembebasan pajak kendaraan bermotor yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini dimulai hari ini, Rabu (9/7/2022). Oleh karena itu, masyarakat yang memiliki kendaraan yang terlambat membayar pajak atau ingin mengganti nama…

, Surabaya – Kasus dugaan pelecehan hingga tewasnya seorang santri di Pondok Modern Darussalam Gontor tak membuat Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur mencabut izin operasional pondok pesantren tersebut. Karena…

Air Terjun Takapala Di Malino

, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jawa Tengah) melalui Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Tengah menerapkan program penggelapan pajak kendaraan mulai hari ini, Rabu (9/7/2022). Program Tax Relief… Masih di kawasan Malino, Air Terjun Takapala merupakan salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Explore The Malino Highlands · Asian Trails

Harga tiket Wisata Alam Air Terjun Takapala cukup murah yaitu sekitar Rp 2.000,00 per orang.

Kawasan Malino yang berada di ketinggian 900-1.500 mdpl ini menjadi salah satu destinasi wisata akhir pekan favorit di Kota Makassar dan sekitarnya. Bagaimana? Selain suasananya yang sejuk dan segar, stasiun bukit di kaki Gunung Bawakaraeng ini memiliki banyak potensi tempat wisata. Kawasan Malino berjarak 90 km tenggara kota Makassar dengan akses yang relatif mudah dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk mencapai Malino.

Dengan suasana pedesaan yang asri dan dikelilingi pepohonan yang menutupi perbukitan, di kawasan ini pengunjung dapat mengunjungi Perkebunan Teh Nittoh, tempat pemandian Blue Valley, Hutan Wisata Malino, pengunjung juga dapat mengunjungi beberapa air terjun yang indah. Air Terjun Takapala yang masih berada di kawasan Malino merupakan salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Tepatnya berada di kota Bulutana, kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, dengan jarak hanya 6 km dari kota Malino, kondisi jalan cukup berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah menemani Anda sepanjang perjalanan. Dengan hanya membayar tiket masuk yang relatif murah, yakni sekitar Rp2.000,00 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati kesejukan yang bermain di kawasan air terjun ini. Fasilitas penunjang di kawasan air terjun juga cukup memadai, mulai dari keberadaan toilet hingga warung makan yang menjual berbagai jenis jajanan seperti pisang goreng dan berbagai jenis makanan lainnya.

Wisata Air Terjun Di Malino Yang Wajib Dikunjungi

Ketinggian Air Terjun Takapala mencapai 109 meter dengan debit air yang sangat tinggi terutama saat musim hujan. Volume air yang besar itu sendiri membentuk kolam yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang dan bermain air. Tapi pengunjung harus tetap

Air terjun malino, air terjun di solo, air terjun di sabang, air terjun di malang, air terjun malino highland, air terjun di lampung, air terjun takapala malino, air terjun malino makassar, air terjun di sentul, air terjun takapala, air terjun di manado, air terjun di malino

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top