Connect with us

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Informasi

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia – Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dan menjadikan kekayaan kuliner tanah air semakin berwarna dan dikenal banyak orang tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

Masakan Indonesia sudah mendunia. Banyak orang asing juga menyukai makanan Indonesia karena kaya rasa dan rempah-rempahnya. Bahkan, beberapa di antaranya telah dijadikan model bisnis bagi sebagian orang.

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Hal ini diakui Ayu Mulyadi, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Makanan Indonesia (APJI), yang menjelaskan masakan Indonesia sangat digemari di luar negeri.

Daftar Makanan Khas Bandung Yang Enak Dan Mendunia

“Terbukti di luar negeri banyak yang menikmati masakan Indonesia, terbukti APJI sudah internasional dan terakhir di Spanyol ada food fair internasional. Pengunjung yang datang terpesona dengan sajian berbagai menu kuliner Indonesia,” kata Ayu dilansir Okezone.com, Kamis (4/7/2019).

Hal ini patut dibanggakan sebagai salah satu identitas bangsa yang mampu menembus secara global di bidang pangan. Namun, tahukah Anda apa saja makanan khas Indonesia yang ada di dunia?

Makanan khas Indonesia ini adalah olahan daging sapi yang dianggap sebagai makanan terlezat di dunia. Terbukti pada tahun 2011, CNN menobatkan rendang sebagai makanan terlezat di dunia.

Makanan berbalut saus kacang ini sudah dikenal di seluruh dunia sejak lama. Di Jepang, di kota Beppu di pulau Kyushu, seorang warga negara Indonesia mendirikan restoran yang menjual sate ayam. Makanan ini juga menjadi salah satu menu populer di Satay Junction Restaurant di New York, Amerika Serikat.

Makanan Khas Indonesia Ini Mulai Langka Dan Sulit Ditemukan

Kelezatannya tidak hanya menyebar di Amerika, tetapi juga di beberapa negara lain. Di China, sate ayam adalah makanan populer yang disantap masyarakat pada bazar amal internasional yang diselenggarakan oleh istri menteri luar negeri China, Ny. Qian Wei, pada tahun 2013. Dan orang Jerman juga sangat menyukai sate ayam. Satu porsi, bisa dijual dengan harga 10 euro atau sekitar Rp 150.000.

Makanan khas Indonesia ini dibuat dengan berbagai bahan berupa sayuran, kentang, tempe, tahu, telur dan sambal kacang. Hidangan ini pernah menjadi pemenang dalam kompetisi memasak internasional yang diadakan di Naples pada tahun 2010. Saat itu, Paula Astrid Unu dinobatkan sebagai pemenang pertama dalam kategori penyajian hidangan dengan hidangannya. Di Amerika Serikat, tepatnya di New York, masakan Indonesia ini dijual per porsi dengan harga 10 USD atau sekitar Rp 130.000.

Makanan khas Indonesia yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan gula aren dan santan ini banyak ditemukan di Yogyakarta. Rasa manis dan pedasnya selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Baking favorit ini juga berlokasi di Melbourne, Australia, tepat di kawasan Clayton Road. Warung Gudeg yang terletak di Melbourne merupakan salah satu restoran yang menawarkan gudeg asli Indonesia.

Makanan Tradisional Indonesia, Punya Keunikan Tiap Daerah

Bakso atau yang biasa disebut dengan English meatballs memang sangat populer di berbagai negara. Di Singapura, semangkuk bakso dibandrol seharga S$5 atau sekitar Rp50.000.

Masih ingat dengan lagu ‘Nasi Padang’ yang viral dan dibuat oleh bule Norwegia bernama Audun Kivltan? Audun pun mengakui dan memuji kelezatan nasi Padang. Kehangatan nasi yang dipadukan dengan iringan khas restoran Padang yang kaya dan beragam, mendorong Audun untuk menciptakan sebuah lagu yang menunjukkan kekagumannya terhadap masakan tersebut.

Tak berhenti sampai di situ, kelezatan nasi padang juga diakui James Oseland. Dalam buku yang sama (Jakarta Street Food), James menganggap nasi padang sebagai salah satu makanan yang kaya akan rasa dan mengejutkannya saat memakannya.

Makanan khas dari buntut sapi ini melalui proses yang sangat panjang hingga menghasilkan cita rasa yang sangat enak dan digemari. Pertama, potongan buntut sapi ini dibumbui dengan bumbu kemudian dibakar lalu dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi.

Ini Makanan Indonesia Yang Mendunia, Ada Yang Jadi Favorit Mantan Presiden As Barack Obama Lho

Biasanya sop buntut akan disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat dan tak lupa bawang goreng. Namun siapa sangka sop buntut ini disajikan di KBRI Madrid, Spanyol dan menjadi favorit.

Makanan khas Indonesia ini sangat sederhana. Ya, karena hanya terdiri dari ayam, sambal dan lalapan. Yang membuat ayam penyet jadi idola adalah karena harganya yang murah tapi enak. Kelezatan dada ayam ini juga populer di kalangan orang Singapura. Restoran yang menjual menu ini laris manis dan dikerumuni pembeli.

Masakan ini cukup sederhana, yaitu nasi rebus dengan telur, ayam cincang, sosis dan bumbu khas Indonesia. Tak heran jika nasi goreng berhasil merebut hati semua orang, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama. Di Indonesia seporsi nasi goreng berkisar antara Rp 10.000-15.000, sedangkan di Amerika harga seporsi nasi goreng bisa sampai 10 kali lipat.

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Jika Anda berkunjung ke Jerman, tepatnya di Hamburg, Anda bisa menemukan restoran Indonesia yang laris manis di sana. Uniknya, salah satu menu yang paling laris adalah sayur lodeh. Pelanggan restoran ini tidak hanya warga negara Indonesia di Jerman, tetapi juga warga negara lain.

Oleh Oleh Khas Indonesia Ini Untuk Wni Di Luar Negeri

Tempe merupakan makanan yang bisa dinikmati dalam beberapa variasi menu, mulai dari lauk yang digoreng hingga lalapan. Seorang warga negara Inggris, William Mitchell, jatuh cinta pada tempe ketika tiba di Indonesia pada tahun 1995. Ia kemudian belajar cara membuat tempe dan akhirnya membuka usaha dapur tempe di Inggris. Sejauh ini bisnis Anda laris manis. Harga tempe di Eropa sekitar 1,8 euro atau sekitar Rp 25.000/potong kecil.

Berlangganan buletin kami dan dapatkan pembaruan yang dikirimkan ke kotak masuk Anda. Kami tidak akan mengirim spam kepada Anda dan kami menghormati privasi Anda. Ketika kita melihat bahwa orang asing sangat menyukai makanan khas Indonesia, sebagai warga negara, kita pasti merasa bangga dan bersemangat. Apalagi jika makanan ini sudah mendunia dan beberapa di antaranya sudah masuk dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi CNN International yang diadakan tahun 2011 di Jerman.

Ya, bukan tanpa alasan, makanan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah membuat rasanya jadi enak dan sangat gurih. Jadi tidak heran jika semua orang dan dunia menyukainya.

Berasal dari provinsi Sumatera Barat, rendang adalah salah satu masakan Indonesia yang paling populer di seluruh dunia. Rendang sendiri terbuat dari daging sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Indonesia dan diberi santan sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat. Saking enaknya, makanan Indonesia ini masuk dalam 50 makanan terlezat di dunia versi CNN International.

Makanan Tradisional Indonesia Lezat Yang Mendunia

Bahkan, kelezatan makanan rendang ini diakui oleh chef ternama Gordon Ramsay. Dalam acaranya, Uncharted Season 2, Ramsay juga berkesempatan mencoba rendang langsung dari daerahnya, belajar cara membuat rendang bahkan memasaknya.

Selain rendang, nasi goreng juga termasuk dalam makanan Indonesia yang kini sudah mendunia. Rasanya yang enak dan proses pembuatannya yang sederhana membuat makanan ini disukai semua orang, tua dan muda. Nasi gorengnya sendiri terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti nasi, bawang merah, kecap, cabai, telur, garam dan bumbu lainnya.

Meski dibuat dengan bahan sederhana, nasi goreng ini mendapat pujian dari mantan Presiden AS Barack Obama. Obama memuji nasi goreng sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang paling enak dan terkenal di dunia.

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Favorit segala usia ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan menyegarkan, sehingga tak heran jika termasuk dalam jajaran makanan Indonesia dunia. Makanan ini terbuat dari daging cincang, dicampur dengan tepung kemudian dibulatkan dan direbus hingga matang.

Makanan Khas Tradisional Dari Indonesia. Mana Favoritmu?

Penyajiannya sendiri biasanya diberi kuah pedas yang sudah dibumbui sebelumnya dan sudah ditambahkan mie kuning, tauge, seledri, bawang goreng dan lainnya untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat. Tentu tidak sulit untuk menemukan makanan ini karena sering dijajakan oleh pedagang kaki lima, restoran bintang, restoran internasional.

Berikutnya adalah Sate. Makanan ini terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan lidi. Sate biasanya disajikan dengan banyak bumbu, seperti kacang yang dicampur dengan kecap atau kecap tomat, bawang merah, dll.

Bahkan, ada juga sate yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan berbagai bumbu seperti Sate Padang misalnya. Liputan6.com, Jakarta Indonesia tak hanya terkenal dengan sektor pariwisatanya. Indonesia juga sangat mahir mengimpor masakan khas daerah masing-masing. Ada banyak makanan khas Indonesia di seluruh dunia.

Secara eksklusif, makanan khas Indonesia yang dirilis ke seluruh dunia hanyalah menu biasa di mata orang Indonesia. Kebanyakan dari mereka adalah menu makanan sederhana yang murah karena termasuk makanan jalanan. Misalnya seperti bakso, soto, bakwan, tempe, sate ayam dan rendang.

Makanan Khas Indonesia Saat Merayakan Idul Fitri / Lebaran

Sedangkan di luar negeri, makanan Indonesia standar universal ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Salah satunya bakwan yang dijual dengan harga 70 ribu rupee per porsi di New York, AS. Nah, untuk mencoba makanan global ini, simak resep lengkapnya.

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, kirimkan WhatsApp ke nomor verifikasi Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Bakso adalah makanan jalanan yang terbuat dari daging yang dicampur dengan tepung. Bagian bakso yang sangat menggoda adalah salsa fresca.

Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Jika Anda memakannya panas, ada perasaan lega di tenggorokan Anda. Nah, bakso ini telah datang ke Amerika Serikat. Bakso sudah sering diperkenalkan oleh Barack Obama, presiden Amerika Serikat ke-44.

Pemerintah Bakal Jadikan Bumbu Masakan Khas Indonesia Bisa Mendunia

1. Masukkan ayam cincang ke dalam mangkuk, campur tepung terigu, telur, merica bubuk, garam, bawang putih leleh dan bawang merah goreng.

3. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, bisa ditambahkan es batu sedikit demi sedikit hingga dirasa adonan bisa dibentuk.

5. Ambil adonan daging dengan tangan dan bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan menekan dengan satu tangan sampai adonan terlepas dari jari telunjuk dan ibu jari.

3. Didihkan air dalam panci besar. Tambahkan daun bawang dan seledri, jika tidak suka dengan bumbu ini bisa di skip. Tambahkan tulang ayam. Tunggu sebentar

Makanan Khas Bali Yang Mendunia

4. Tambahkan bawang bombay

Masakan khas indonesia yang mendunia, produk indonesia yang sudah mendunia, produk makanan indonesia yang mendunia, makanan indonesia yang mendunia, berikan contoh beberapa makanan khas indonesia yang sudah mendunia, kue khas indonesia yang mendunia, beberapa makanan khas indonesia yang sudah mendunia, makanan khas bali yang mendunia, kuliner khas indonesia yang mendunia, jajanan khas indonesia yang mendunia, minuman khas indonesia yang mendunia, makanan khas indonesia yang mendunia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top