Connect with us

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Informasi

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta – Pantai Siung adalah sebuah objek wisata pemandangan yang terletak di Desa Purwodad, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 70 km dari kota Yogyakarta.

Meski sudah banyak pengunjung yang mengunjungi pantai ini, namun kebersihan pantai dan lautnya tetap terjaga. Tempat wisata ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang indah.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Ada batu karang bergigi kera yang menjulang dari timur ke barat, atau disebut juga Siung Wanara dalam bahasa Jawa.

Stock Photo. Image Of Landscape, Yogyakarta, Beach

Inilah alasan di balik nama pantai ini. Informasi tersebut berdasarkan cerita warga setempat dengan berbagai legenda yang berkembang di Pantai Siung.

Biaya masuk Pantai Siung adalah Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya pulang pergi Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.

Jika Anda membawa kendaraan, Anda bisa memarkirnya di tempat parkir yang tersedia dengan harga Rp 2.000 untuk sepeda motor atau Rp 5.000 untuk mobil.

Namun, jika Anda berniat berkemah dalam waktu lama dan memarkir kendaraan Anda, akan dikenakan biaya tambahan.

Perjalanan Menuju Bukit Pengilon Gunungkidul

Sekitar 9 km dari sana, ada pertigaan di Desa Mulo, terus lurus ke Pantai Baron, lalu pertigaan Mentel – Bintaos – Tepus – Winangun. Setelah itu, langsung kembali ke Pantai Siung.

Jarak dari Wonosari ke Pantai Siung sekitar 40 km, kondisi jalannya agak sempit dan berliku di beberapa tempat serta medan yang naik turun, sehingga perjalanan terasa lebih lama.

Melangkah menuju Wonosari, lurus ke Desa Mulo, lalu di pertigaan Mulo langsung menuju Pantai Baron.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Sekitar 1 km sebelum Pantai Baron terdapat pertigaan dimana Anda bisa belok kiri menuju Pantai Kukup.

Pantai Di Gunung Kidul Jogja Terbaru, Terhits Dan Terindah Wajib Dieksplor

Sebenarnya jarak ini lebih panjang dan memakan waktu lebih lama dari rute pertama tetapi keuntungannya adalah Anda bisa berjalan menyusuri pantai-pantai Gunung Kidul lainnya.

Pergilah ke arah Semanu – Giripanggung – Sumberwungu – Klayu – Gude – Blekonang – Winangun hingga sampai di Pantai Siung.

Anda juga dapat mengambil rute Giripanggung – Cuelo selatan – Winangun – dan kemudian mencapai Pantai Siung.

Dari arah Prac lalu ambil jalan ke daerah Rangkop atau daerah Barani. Setelah itu, lanjutkan ke selatan menuju Nglindur.

Pantai Siung Di Gunung Kidul D I Yogyakarta

Kemudian di depan Anda ada pertigaan sebelum Pasar Ngrancah, dari sana belok kanan ke Pasar Jepitu. Kemudian lurus terus menuju pertigaan Winangun, belok kiri dan Anda akan sampai di Pantai Siung.

Anda bisa menuju ke timur atau utara menuju Song Banyu atau Pantai Sadeng, lalu belok kanan menuju Pasar Ngrancah saat menemukan percabangan.

Bisa juga belok kiri menuju Pantai Sadeng, lalu menuju Pasar Jepitu, lurus terus sampai pertigaan Winangun, lalu belok kiri hingga sampai di Pantai Siung.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pada tahun 1989, Friends of Nature Jepang menggunakan karang Pantai Siung untuk panjat tebing.

Pantai Siung Images, Stock Photos & Vectors

Menariknya, objek wisata ini juga pernah dijadikan ajang kompetisi panjat tebing bersamaan dengan ASEAN Climbing Gathering.

250 orang dari berbagai negara Eropa dan Asia menghadiri acara tersebut. Oleh karena itu, pantai ini dinobatkan sebagai Pantai Siung, tujuan panjat tebing terbaik di Yogyakarta.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Siung lebih lama, Anda bisa mendirikan tenda di camping ground yang sudah disediakan di sebelah timur pantai.

Saat senja tiba, Anda bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbenam bersama angin, suara ombak dan aroma laut yang khas.

Tim Sar Gunung Kidul Selamatkan Wisatawan Yang Hampir Tewas Di Pantai Siung Gunung Kidul

Perkemahan ini juga memiliki rumah panggung yang darinya Anda bisa melihat pemandangan laut yang lebih luas. Rumah di puncak bukit ini dapat menampung hingga 15 orang tamu.

Selain vegetasi dan pemandangan yang indah, ada juga sekelompok monyet di atas tebing yang turun ke pantai jika kondisi pantai tenang.

Anda bisa berfoto dengan monyet-monyet tersebut, namun jika ingin melihatnya dari dekat, berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda dari jauh.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Seperti biasa di pantai, Anda bisa bersantai di bawah pohon sambil mendengarkan deburan ombak dan semilir angin darat.

Siung Beach Gunung Kidul Yogyakarta

Anda juga bisa berfoto di pantai, bermain bersama teman di air, bermain game atau menggambar di pasir.

Sudah ada cara yang bisa digunakan pengunjung untuk mempersingkat waktu kita dan memudahkan pengunjung untuk sampai ke puncak bukit.

Direkomendasikan untuk wisatawan, tetapi Anda harus berhati-hati saat mendaki karena memiliki celah yang curam dan curam di sebelahnya.

Dari atas bukit ini kita bisa melihat keseluruhan pemandangan Pantai Siung dan merupakan tempat yang cocok untuk melihat matahari terbenam.

Mysterious Beaches Of Yogyakarta

Bahkan, di hari libur atau akhir pekan, banyak fotografer yang datang mencari spot foto terbaik di Pantai Siung. Yogyakarta umumnya dikenal sebagai kota yang penuh dengan wisata budaya dan sejarah. Sebut saja Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton, dan Taman Sari dan ingatlah bahwa pengunjung tidak pernah diam. Bahkan, Kota Gudeg juga memiliki sejumlah pantai tersembunyi yang masih belum diketahui banyak wisatawan. Pantai-pantai ini menawarkan pemandangan unik yang indah dan eksotis.

BACA JUGA!!!  Penginapan Murah Di Blitar Dekat Makam Bung Karno

Salah satunya adalah Pantai Siung di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini sangat istimewa karena pemandangannya yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Karena keunikan tersebut, pemerintah Yogyakarta membuka Pantai Siung sebagai kawasan panjat tebing. Bagaimana ini bisa terjadi? Datang dan lihat lebih detail!

Terletak di Pantai Siung, Dusun Wates, Desa Purwodad, Tepus, Gunungkidul. Anda perlu menempuh jarak sekitar 77 km dari pusat Kota Jogja, yaitu sekitar 2-3 jam perjalanan.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Karena lokasinya yang cukup terpencil, banyak wisatawan yang lebih memilih kendaraan pribadi untuk menuju Pantai Siung. Jalur yang akan dilalui juga cukup sulit, mulai dari jalan yang landai, berkelok-kelok hingga jalan yang sempit. Jadi pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum Anda pergi ke pantai ini.

Rekomendasi 11 Pantai Di Jogja Yang Bagus Dan Nyaman

Hanya ada satu cara dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Siung, yaitu melalui Kabupaten Wonosari. Setelah 9 km Anda akan menemukan cabang dengan petunjuk arah. Ambil jalur Pantai Siung melalui Bintaos dan Tepus. Saat sampai di pertigaan Winanguni, belok kanan untuk sampai di tujuan.

Yang keluar dari Klaten bisa ambil jalur Semanu – Giripanggung lalu lanjut ke Winangun lewat Klayu, Gude. Ada jalur lain menuju selatan dari Giripanggung, yaitu via Cuelo menuju Winanguni.

Jika Anda memulai perjalanan dari Solo, Anda bisa menuju ke arah distrik Prac ke arah Barani. Setelah itu Anda bisa menuju ke selatan menuju Nglindur dan belok kanan di pertigaan sebelum Pasar Ngrancah. Kemudian lanjutkan sampai bertemu Pasar Jepitu dan pertigaan Winanguni. Dari sana, belok kiri untuk mencapai Pantai Siung.

Perjalanan menuju pantai ini cukup menantang. Namun rasa lelah sepanjang perjalanan terbayar dengan pesona Pantai Siung. Ini dia beberapa tempat wisata Pantai Siung yang bisa kamu nikmati!

Pantai Siung, Pantainya Para Pemanjat Tebing. Yuk Liat Keseruannya?

Di Pantai Siung Anda akan melihat banyak bebatuan raksasa yang tersebar di sepanjang pantai barat dan timur. Terumbu karang, selain menjadi ciri khas Pantai Siung, juga memberi makna dari asal usul nama pantai ini.

Menurut tokoh setempat Wastoyo, bentuk batu raksasa itu menyerupai gigi monyet atau cengkeh wanara. Karena itulah pantai ini disebut Pantai Siung. Tak hanya itu, jika sedang beruntung, Anda juga bisa menemukan kera ekor panjang di pinggir pantai. Keberadaan monyet-monyet ini semakin langka. Mereka hanya muncul saat suasana sepi atau malam hari.

Batu raksasa itu juga menjadi saksi kejayaan Pantai Siung di masa lalu. “Saat era Walisongo masih jaya di Jogja, Pantai Siung sudah menjadi salah satu pusat niaga di kabupaten Gunungkidul,” kata Wastoyo. Dikatakan.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Saat itu, sebagian besar penduduk Siung bekerja sebagai petani garam. Mereka mengandalkan air laut dan garam yang melimpah untuk mata pencaharian mereka. Garam juga menjadi komoditas utama di Pasar Winangun yang dekat dengan pantai.

Pantai Di Gunungkidul Jogja (14+ Yang Paling Memukau Dan Bikin Nagih)

Kondisi perdagangan di Pantai Siung mulai tenang ketika Pasar Winangun pindah ke Kota Jogja. Saat ini, pasar tersebut dikenal dengan nama Jobo Winangun atau Pasar Jowinangun, yang berarti daerah luar Winangun.

Meski sudah tidak ada lagi pusat perbelanjaan di Gunungkidul, namun keeksotisan Pantai Siung tetap menjadi daya tarik wisata. Batu karang raksasa juga menambah nilai pantai, terutama saat ombak besar menerpa karang. Pesona ini pasti bisa menjadi subjek foto yang sangat menarik.

Panjang tebing. Pada tahun 1989, seorang pecinta alam Jepang mengunjungi Pantai Siung. Mereka menggunakan bebatuan raksasa ini sebagai area panjat tebing.

Hal ini akhirnya menginspirasi beberapa pihak untuk menyelenggarakan Asean Climbing Meeting pada tahun 1990-an. Sejak saat itu, panjat tebing semakin populer di Pantai Siung, dan para pecinta panjat tebing merasakannya.

File:pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta.jpg

Kompetisi terus berlanjut setiap tahun. Pada tahun 2005 telah diselenggarakan Asean Climbing Meeting dengan 250 peserta dari 65 negara. Pada tahun yang sama, pemerintah Yogyakarta juga menjadikan Pantai Siung sebagai situs resmi panjat tebing.

Selain keunikan dan pesona yang ditawarkan, Pantai Siung juga menawarkan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Ayo temukan aktivitas yang bisa kamu lakukan!

Pantai Siung mungkin tidak sepopuler Pantai Parangtritis di Jogja. Namun, di kalangan pecinta panjat tebing, Pantai Siung menjadi salah satu yang terbaik.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda, Pantai Siung juga berhasil mendapatkan penghargaan “tempat panjat tebing terbaik di Yogyakarta”.

Galeri] Pantai Siung, Surga Tersembunyi Di Gunung Kidul Yogyakarta

Area panjat tebing dibagi menjadi blok-blok mulai dari blok A hingga blok K. Tingkat kesulitannya bervariasi, ada yang untuk pendaki pemula dan profesional. Zona Kuda Laut dan Sunshine adalah favorit bagi pendaki kesulitan tinggi. Saat mendaki, Anda juga bisa merasakan deburan ombak memecah bebatuan.

Nah, bagi yang ingin melakukan panjat tebing bisa menghubungi tour operator yang memiliki paket panjat tebing.

Pantai pok tunggal gunung kidul yogyakarta, pantai siung gunung kidul, pantai di wonosari gunung kidul yogyakarta, pantai gunung kidul yogyakarta, hotel dekat pantai gunung kidul yogyakarta, pantai di gunung kidul yogyakarta, pantai siung di gunung kidul, pantai di daerah gunung kidul yogyakarta, pantai sepanjang gunung kidul yogyakarta, pantai baron gunung kidul yogyakarta, hotel di pantai gunung kidul yogyakarta, pantai paling indah di gunung kidul yogyakarta

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top