Connect with us

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Informasi

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi – Halo Batavia! Jika Anda bosan menghabiskan waktu di Ankola dan Monas, tidak ada salahnya mengunjungi Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Ini menyenangkan, menghibur dan meningkatkan pengetahuan budaya.

Kampung Budaya Betawi ini terletak di perbatasan Jakarta dan Depok, lebih tepatnya di Desa Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Batavia Selatan. Dengan luas kurang lebih 289 hektar, kawasan ini terletak di dua setting alam, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Di kampung budaya ini kita bisa mengenal dan belajar lebih banyak tentang budaya Betawi. Misalnya kerajinan Betawi, rumah adat Betawi dan keseharian masyarakat Betawi dengan suasana yang nyaman.

Mengenal Budaya Betawi Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan — Our Happy Project

Kita disana tidak hanya untuk menikmati pemandangan, tapi di lingkungan ini kita bisa menikmati memancing, olahraga air, perahu, perahu layang-layang, dan untuk anak kecil ada permainan seperti bola, bebek. Set dikelilingi oleh pepohonan rindang khas Betawi seperti belimbing, gitar, sawo, jengkol, kuning, kampung dan melinjo.

Di Kampung Budaya Betawi, Anda bisa menikmati makanan dan minuman Betawi yang terdapat di sekitar Babakan Setu. Mulai dari kulit telur, bir pletok, soto mie, kue rangi dan tauge goreng, harganya tidak terlalu mahal mulai dari Rp. 8 ribu menjadi Rp. 15 ribu

Ada banyak bangunan yang sangat kental dengan budaya Betawi, seperti bangunan galeri budaya Betawi, rumah tinggal, masjid, panggung pertunjukan. Selain itu, desa budaya Betawi ini menawarkan banyak kegiatan seperti latihan beksi (seni bela diri Betawi) dan permainan budaya Betawi. Dari Lenong sampai Gambang Kromong yang diperingati setiap hari Sabtu dan Minggu. Ditambahkan peringatan 485 tahun selesainya musim di Batavia. Mulai pukul 13.00 s/d 19.00 WIB.

Waktu terbaik untuk berkunjung atau berwisata adalah hari Sabtu dan Minggu. Karena banyak sekali acara budaya Betawi. Anda bisa pulang dengan kendaraan pribadi (mobil atau motor) atau angkutan umum (bus atau minibus). Tidak ada biaya masuk. Anda hanya perlu membayar Rp 2000 untuk mobil atau Rp. 5000 untuk mobil. Setelah melalui masa uji coba, Kampung Budaya Betawi Setu Babakan akhirnya dibuka secara penuh untuk umum pada 23 Oktober tahun lalu. Hal ini menjadi angin segar bagi para pebisnis yang akhirnya bisa kembali berjualan di sekitar Danau Setu Babakan.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Desa Wisata Terbaik Di Jakarta

Agung Darmawan, seorang ondel-ondel di kawasan Setu Babakan yang juga warga sekitar, menyampaikan pandangan dan harapannya untuk menyelamatkan pariwisata Setu Babakan. Menurut dia, dampak terbesar yang dirasakan saat Setu Babakan ditutup beberapa bulan lalu adalah para pedagang di sekitar danau.

“Kalau pengelolanya digaji pemerintah, kan jadi masalah pengusahanya. Yang biasanya lebih banyak yang berwisata, jadi lebih sedikit. Ada aturan dan aturan khusus di perjalanan. Itu yang digembar-gemborkan pengusaha. ,” jelasnya. dihubungi. beberapa detik lalu

Agun juga meyakini situasi bisnis di sini bisa kembali normal jika rencana PPKM dihentikan. Dengan begitu, pengunjung bebas datang tanpa syarat apapun.

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Tak hanya pengunjung, pedagang di sekitar Setu Babakan, syarat khusus dalam berdagang, yakni aturan ganjil. Setiap toko diberi nomor dan toko dapat menjual nomor ganjil atau genap.

Foto: Anies Baswedan Ingin Setu Babakan Jadi Pusat Pengembangan Budaya Betawi

Untuk itu, Agun berharap Kepala Setu Babakan dan pemerintah dapat memahami permasalahan yang dialami pedagang di sekitar objek wisata ini. Pengelola diminta untuk lebih memperhatikan para pedagang, misalnya memberi kesempatan berbelanja setiap hari.

Karena pengusaha juga turut andil dalam pengenalan budaya Betawi di masyarakat. Melalui jajanan yang mereka jual dan dapurnya, masyarakat bisa mencicipi makanan khas Betawi. Ini adalah salah satu tempat wisata di Setu Babakan.

“Saya harap pengelola Setu Babakan akan memberi kesempatan kepada pedagang. Aneh juga sekarang, kasihan yang berdagang sekali atau dua kali seminggu. Kondisi tenang, aneh apa maunya. Ambillah,” katanya. dikatakan.

“Sementara kita yang berbisnis di sini yang menghidupkan Seth Babakan, pengusaha di sini yang menghidupkan. Dalam arti mengenalkan masakan Betawi, budaya Betawi. Mohon diperhatikan pemerintah,” pungkasnya. . untuk melawan penjajah di Batavia. .

Pagelaran Kesenian Betawi

Mempertahankan tempat karya seni yang biasanya diadakan setiap hari Minggu di belakang Museum Betawi di Setu Babakan, Batavia Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Batavia – Penduduk asli yang mendominasi wilayah Batavia dikenal sebagai suku Betawi. Suku erat kaitannya dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya sejarah perlawanan pemukim Indonesia terhadap penjajahan.

Berkesempatan mengunjungi Unit Pengelola Kawasan Budaya Desa Betawi (UPK PBB), sebuah kawasan Desa Betawi yang masih sangat terjaga kelestariannya.

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Sawah yang terletak di Kecamatan Srengseng, Jagakarsa, Desa Betawi ini memiliki dua buah danau buatan yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong.

Menikmati Sejuknya Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Selain dua danau megah yang begitu lestari, situs ini juga menjadi rumah bagi berbagai bangunan budaya Betawi yang kuat, seperti Rumah Adat Kebaya dan Museum Budaya Betawi.

BACA JUGA!!!  Wisata Alam Di Solo Dan Sekitarnya

Selain gedung-gedung, pertunjukan budaya betawi seperti Lenong, Topeng, Gambang Kromong, tari dan lain-lain rutin diadakan untuk para tamu yang datang ke sana.

Sebuah gapura megah menyambut tamu di depan Kampung Budaya Betawi. Sama sekali tidak ada kejahatan dalam mengunjungi negara ini.

Bangunan Museum Betawi berdiri kokoh di tengah masyarakat Desa Betawi seluas 32 hektar ini. Di situs ini, pengunjung bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang berbagai jenis budaya Betawi

Wisata Jaksel, Setu Babakan Kembali Menggeliat

Dua jenis parang dipamerkan di Museum Betawi di Setu Babakan, Batavia Selatan. Parang kiri adalah parang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan parang kanan digunakan untuk pertahanan/peredam atau tentara Betawi. (Foto: /Nurul Yaqin)

Barang-barang dan pakaian tradisional Betawi dipajang di Museum Setu Babakan Betawi di Batavia Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Dua topeng Ondel-ondel dan dua roti buaya dipamerkan di Museum Setu Babakan Betawi di Batavia Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Saat memasuki lantai dua museum, terdapat area kecil Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, serta beberapa foto dokumen sejarah tentang perkembangan kawasan ini.

Setu Babakan Pusatnya Kebudayaan Betawi Di Jakarta

Peralatan rumah tangga Betawi dipajang di lantai dua Museum Betawi Setu Babakan di Batavia Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Lantai tiga gedung museum dipenuhi dengan koleksi Kampung Budaya Betawi yang cukup lengkap kecuali koleksi peninggalan suku Betawi yang sudah mulai terlupakan.

Barang Betawi lainnya dipajang di lantai tiga Museum Betawi Setu Babakan, Batavia Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Kotak kado khas istri Betawi juga dipamerkan di Museum Setu Babakan Betawi di Batavia Selatan. (Foto: /Nurul Yaqin)

Setu Babakan Jakarta, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Anak Betawi

Selain gedung museum, Kawasan Perkampungan Budaya Betawi juga memiliki panggung seni yang sering menjadi tuan rumah pertunjukan budaya Betawi.

Ada juga tempat-tempat unik dan menarik untuk berfoto selfie di kawasan tersebut. Salah satunya adalah rumah adat Betawi, jembatan, beberapa gazebo dan taman.

Seperti di kawasan Setu Babakan, pengunjung harus membayar biaya parkir. Ada juga beberapa pedagang yang menjajakan berbagai pilihan kuliner untuk disantap sambil menikmati jernihnya hamparan air di danau buatan ini.

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Bertempat di Museum Agung Bung Karno di Denpasar, Bali, dekat tempat Kongres PDI-P ke-5 diadakan. Bagaimana kelihatannya?

Kampung Budaya Betawi

Selain menghadiri acara HUT DKI Batavia, kita juga akan merayakannya dengan jalan-jalan adat suku Betawi.

Tempat wisata ini terbuka untuk umum. Pengunjung yang datang ke sini bisa belajar banyak, khususnya tentang budaya Betawi, melalui peninggalan fisik maupun non fisik. Apakah Anda ingin pergi ke sini? Simak ulasannya!

Alamat : Jl. Moch Kahfi II, RT.13/ RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, sebuah kota di Batavia Selatan, ibu kota utama wilayah Jakarta

Dengan konsep yang unik, Kampung Wisata Kampung Betawi ini juga berhasil meraih juara pertama sebagai Kampung Wisata Terbaik dalam Indonesia Tourism Village Awards 2021 dalam kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability).

Wisata Ke Setu Babakan

Pengunjung yang datang ke sini tidak akan bosan karena Desa Budaya Betawi Setu Babakan memiliki cukup banyak kawasan dan atraksi yang menarik, antara lain:

Museum Betawi terletak di Desa Budaya Betawi Setu Babakan di sebuah bangunan berlantai dua. Di dalam, barang-barang yang digunakan oleh orang Betawi di masa lalu dipajang. Dari pakaian adat Betawi, kesenian tradisional Betawi yaitu ondel-ondel, informasi tentang Betawi itu sendiri, produk budaya Betawi, alat musik tradisional, perabotan rumah tangga Betawi, alat kerja untuk mengangkut salinan.

Ada juga gambar yang dipasang di dinding. Di museum ini, Anda dapat menemukan gambar-gambar tokoh terkenal seperti gambar wajah aktor Betawi lama Benjamin Sueb, gambar wajah komposer Ismail Marzuki dan beberapa tokoh Betawi terkenal.

Setu Babakan Perkampungan Budaya Betawi

Atau ingin mengunjungi museum dengan ide baru? Anda bisa pergi ke Museum Moya. Baca ulasan: Museum Moja, Museum Batavia yang Instagramable

Targetkan 20 Ribu Orang Kunjungi Lebaran Betawi

Amfiteater ini merupakan arena terbuka di Kampung Budaya Setu Babakan, yang biasanya digunakan sebagai tempat menonton olahraga, arena pertunjukan seni atau sebagai tempat berbagai kegiatan lainnya.

Kapasitas amfiteater adalah 600 penonton, diatur di tribun kursi. Panggung utama berada di tengah arena, kemudian di samping adalah pembibitan.

Selain menyaksikan pertunjukan budaya, wisatawan juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh direktur Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan tari, permainan alat musik Betawi, pelatihan pencak silat, pelatihan membatik, pelatihan teater dan pelatihan gambang kromong.

Ada semacam kolam yang tidak hanya berfungsi sebagai kolam untuk melihat keindahan ikan, tetapi juga untuk memancing di sana. Terapi ikan sendiri diketahui memberikan banyak manfaat, mulai dari meredakan nyeri sendi

Seat In Coach) Betawi Village Tour

Kampung betawi setu babakan, kampung budaya betawi setu babakan, perkampungan betawi setu babakan, perkampungan budaya betawi setu babakan, wisata kampung betawi setu babakan, alamat setu babakan kampung betawi, cluster setu babakan, dodol betawi setu babakan, perkampungan budaya betawi, kampung budaya betawi, setu babakan, rumah betawi setu babakan

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top