Connect with us

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Informasi

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Makanan Yang Terkenal Di Semarang – Tidak lengkap rasanya jika berwisata melalui Jawa Tengah tanpa singgah di kota Semarang. Dijuluki Venetie van Java (Venesia dari Pulau Jawa), kota ini tidak hanya menawarkan berbagai tempat wisata menarik tetapi juga makanan khas yang akan membuat Anda gagal diet. Tak heran, pada tahun 2015, Semarang dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan oleh Kementerian Pariwisata.

Berbagai macam masakan ayam, daging sapi dan ikan dengan rasa yang berbeda-beda bisa Anda temukan dengan mudah di setiap sudut kota Semarang. Beberapa di antaranya merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1940. Penasaran dengan makanan khas apa yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Semarang? Berikut adalah daftarnya!

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Babat adalah bagian dalam daging sapi yang banyak digunakan pada olahan makanan di Indonesia, salah satunya adalah nasi goreng dan babat gongso ala Semarang ini. Warung Pak Sukarmin adalah salah satu yang tertua di Semarang. Buka sejak tahun 1971, warung sederhana Pak Karmin ini masih diminati pengunjung. Di sini, moncongnya dirawat dengan teknik khusus agar tidak lagi berbau saat disajikan. Pak Babat Karmin juga terkenal empuk dan enak berkat bumbu rahasia yang diwarisi dari induknya.

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Semarang Kekinian Dan Terkenal

Lokasi: Jl Pemuda (dekat Jembatan Berok), Semarang (cabang Telaga Mas dan Jl Gadjah Mada) Harga: Mulai Rp 20.000 per porsi.

Kalau di Jogja ada nasi gudeg, di Solo ada nasi liwet, lalu di Semarang ada nasi ayam. Nasi dan kuah sawi kuning ini dilengkapi dengan sayur labu manis, suwiran ayam dan telur, tahu dan kerupuk dengan bumbu spesial. Anda juga bisa memilih sisi tambahan seperti sate telur, sate usus dan bagian ayam lainnya seperti dada, paha, dan sayap. Santan dan rempah-rempah membuat nasi ayam ini tidak diragukan lagi enak dan lezat.

Untuk menikmati sajian spesial ini, datang saja ke Gudang Nasi Ayam Bu Wido yang buka antara pukul 17.00 hingga 23.00 WIB setiap hari.

Mengingat lokasi Semarang yang berada di pesisir utara Jawa, belum lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan mini epic seperti di Surabaya, Lamongan dan Tuban. Di Semarang, makanan dan bumbu petis yang terkenal adalah tahu gimbal.

Tempat Makan Seafood Enak Di Semarang Ini Haram Kalau Dilewatkan

Tahu Gimbal memiliki potongan lontong, bakwan udang, irisan kol dan tauge manis dengan bumbu kacang pedas dan petis. Rasanya enak perpaduan manis, gurih dan asin. Gimbal Tofou Pak Edi adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mencoba makanan khas Semarang ini.

Bebek acar dan ayam goreng sudah menjadi hal yang lumrah dalam wisata kuliner di kota-kota Indonesia. Namun pernahkah Anda mendengar tentang olahan masakan unggas? Di Warung Pak No, Anda bisa menemukan berbagai jenis olahan burung, salah satunya adalah burung bangau.

Teksturnya tidak jauh berbeda dengan ayam, namun lebih lembut karena dimasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Bumbunya juga beda-beda, kamu bisa pilih sesuai selera.

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Pindang di beberapa daerah adalah nama sejenis ikan. Berbeda dengan di Semarang, Nasi Pindang adalah daging cincang dengan kuah pedas kluwek dan daun melinjo. Secara tampilan, Nasi Pindang hampir sama dengan rawon di Jawa Timur, namun tidak terlalu kental dan rasanya lebih segar.

Makanan Khas Semarang Nikmat, Wajib Kamu Coba!

Warung Pak Ndut yang menyajikan makanan khas Semarang ini juga menjadi salah satu legenda karena sudah berdiri sejak tahun 1973 dan turun temurun hingga generasi keempat. Buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB, nasi pindang Pak Ndut selalu dijual oleh pembeli. Jadi jika Anda ingin mencobanya, jangan datang terlambat!

Pecinta kambing wajib mengunjungi rumah makan olahan kambing yang sudah berdiri sejak 1945 ini. Sate dan Gule Kambing 29. Beragam menu tersedia di rumah makan khas kambing ini, seperti sate buntel dan pepes olor. Sate buntel adalah hidangan daging kambing pedas tipis yang dibungkus dengan lemak babi tipis dan dipanggang seperti sate. Bayangkan saja sudah membuat Anda ngiler. Sedangkan Pepes olor terbuat dari sumsum tulang (olor) yang dimasak seperti pepes. Enak dan tentunya sehat.

Lokasi: Jl. Letnan Gend. Suprapto no.29, Purwodinatan, Semarang Harga: Gule mulai Rp 30.000 per porsi, Sate mulai Rp 50.000 per porsi

Masakan unik ini sangat cocok bagi Anda yang mencari minuman hangat dan menyegarkan. Tahu wedang dibuat dengan campuran gula merah, jahe dan kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai. Rasa tahu wedang ini cenderung manis dan pedas.

Makanan Dan Minuman Khas Semarang Untuk Kamu Pencinta Kuliner

Selain itu, tahu wedang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan seperti melancarkan ASI, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan metabolisme dan menurunkan kolesterol, serta tidak akan merogoh kocek karena harganya yang sangat terjangkau! Cus langsung menuju Wedang Tahu Pak Pardi untuk menikmatinya.

Meski masakan ini sebenarnya berasal dari kota Parti, namun cita rasanya yang luar biasa membuat sajian nasi gandul menyebar ke kota-kota lain, termasuk Semarang. Secara tampilan, nasi gandul ini menyerupai nasi dengan kuah kari sapi. Tapi dengan rasa yang berbeda.

BACA JUGA!!!  Tempat Wisata Alam Di Puncak

Disebut kuah gandul, kuah kari ini dituang di atas nasi panas dan disajikan dengan pilihan hidangan termasuk babat, hati, paru-paru, dan lidah. Rasakan sendiri perbedaannya di Rumah Makan Nasi Gandul Pak Memed saat berkunjung ke Semarang.

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Belut merupakan hewan air tawar dengan kandungan protein yang tinggi. Selain itu, belut juga terkenal dengan rasanya yang enak, apalagi jika digoreng hingga kering. Kita bisa melihat ikan luwak air tawar, tetapi luwak, makanan khas Semarang, tidak ditemukan di mana pun.

Kuliner Malam Di Semarang Yang Terkenal Dan Legendaris

WM Welut, Bu Nasimah telah mempromosikan welut mongo note sejak tahun 1985 dan telah menjadi primadona tersendiri bagi pelanggannya. Lezatnya rasa belut yang dipadukan dengan kuah mangga yang segar dan pedas menciptakan kombinasi kuliner unik yang pasti bikin ketagihan.

Masakan ini merupakan makanan khas Semarang yang relatif baru. Sate Kalak dibuat dengan ayam, meski tentu tidak seperti sate ayam biasa. Sate Kalak memiliki cita rasa pedas yang khas dan bisa menjadi variasi masakan khas bagi anda yang sering berkunjung ke Semarang.

Hanya ada satu rumah makan yang menyajikan sate kalak, yaitu Grill On Semarang. Sementara Grill On meracik bumbu khusus sate kalak yang hanya ada di Indonesia.

Penampilan Mie Kopyok sekilas akan mengingatkan kita pada Mie shake Bandung. Namun, mie kopyok ini dibuat tanpa menggunakan daging olahan apapun. Sup mie terbuat dari kaldu yang dibumbui. Sedangkan isiannya berupa potongan lontong, irisan tahu pong, daun seledri, tauge dan kerupuk kecil dari kulitnya (gendar).

Mau Nyemil Di Semarang? Coba 10 Jajanan Khas Semarang Ini!

Sajian sederhana ini merek Mie Kopyok, seratus persen nabati, cocok untuk Anda yang memilih gaya hidup vegan. Meski sederhana, mie kopyoknya tetap enak di lidah, apalagi mienya sangat lembut tapi kenyal. Buat kamu yang vegetarian, langsung aja ke Mie Kopyok Pak Dhuwur untuk mencobanya!

Bangkong sebenarnya adalah nama lain dari katak (swike), tapi jangan salah, kamu tidak akan menemukan katak disini. Disebut Soto Bangkong karena lokasinya yang berdekatan dengan Kantor Pos Bangkong.

Hidangan utama di Warung Soto dan Ayam Goreng Bangkong adalah soto ayam dengan kuah yang berbeda warna coklat atau yang biasa disebut dengan soto bangkong. Di sini, soto disajikan dengan lauk pauk seperti kue, sate telur puyuh, tempura, dan sate kerang. Kuahnya yang segar dan panas membuat nafsu makan semakin tak tertahankan.

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Lokasi: Jl Bridgen Katamso No.1 (Kantor Pos Bangkong) Harga: Mulai Rp 13.000 (per porsi tanpa hidangan lainnya)

Makanan Khas Semarang Terpopuler Dan Enak Wajib Dicoba!

Banyak makanan berat dan sup, kini saatnya memanjakan lidah Anda dengan sesuatu yang manis dan segar. Datang saja ke epik Lukas, Es Puter Cong. Tidak kalah dengan kafe es krim modern, es puter Cong Lik selalu ramai dikunjungi pengunjung, baik warga lokal maupun turis.

Seperti es puter tradisional pada umumnya, Cong Lik es puter juga menggunakan cara manual dalam pembuatannya. Namun, ada resep khusus yang membuat es puter Cong Lik istimewa tanpa menggunakan pemanis dan pengawet buatan. Ada empat rasa yang bisa kamu coba; termasuk coklat, alpukat, kelapa dan durian.

Itulah dua belas daftar kuliner khas Semarang yang bisa Anda jadikan referensi untuk wisata kuliner Anda selanjutnya. Semoga sukses dan tetap sehat karena petualangan memasak lainnya masih menunggu Anda!

Hanif K. Wardhani, pecandu dan penggila wisata alam. Suka mencari tempat yang bertentangan dengan arus utama untuk beristirahat dan bersantai. Hasil perburuan bisa dinikmati di Little Noona. Terkenal dengan tempat wisata yang tiada habisnya, Semarang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ada Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong dan masih banyak lainnya.

Kuliner Wajib Coba Di Simpang Lima Semarang Yang Enak Banget!

Namun jika hanya mengunjungi tempat-tempat wisata, rasanya tidak enak. Agar liburanmu lebih berwarna, kamu juga harus mencoba makanan khas Semarang juga. Diantaranya seperti di bawah ini.

Anda benar-benar harus mencoba lumpia Semarang mereka. Diisi dengan rebung, lumpia bisa dinikmati direbus atau digoreng. Lebih baik menggunakan saus tauco.

Garang Asem berupa ayam yang diolah dengan kuah santan dan belimbing wuluh yang dibungkus daun pisang membuat sepiring nasi tidak cukup.

Makanan Yang Terkenal Di Semarang

Para pecinta kuliner, ayo mendekat dan coba triple gongso ala Semarang ini. Disajikan dengan kecap manis, babat gongso cocok dengan nasi putih atau nasi goreng.

Nasi Gudeg Di Semarang Yang Enak Dan Terkenal

Mulai langka, kamu harus mencoba plenet pisang ini. Pisang dipanggang di atas arang, keju, dadih atau gula icing yang ditaburkan di atasnya.

Hidangan nasi berkuah ini bernama Nasi Pindang. Bukan ikan, lauknya adalah daging sapi. Rasanya enak, cocok banget buat sarapan.

Roti ganjal bercahaya ini sangat mirip dengan roti gambang. Teksturnya agak keras dan padat sehingga wajib untuk Ramadhan.

Terbuat dari ketan dan kelapa bakar, wingko babat sangat populer di Semarang. Harga mulai dari Rp 2.000 per tablet.

Aneka Makanan Dan Kuliner Khas Imlek

Nah, kalau balik ke Semarang, jangan sampai ketinggalan ya

Yang terkenal di semarang, restoran di semarang yang terkenal, makanan yang terkenal di malang, makanan yang terkenal di kota semarang, makanan yang terkenal di singapura, makanan di semarang yang terkenal, makanan khas semarang yang terkenal, makanan yang terkenal di yogyakarta, makanan yang terkenal di surabaya, tempat rekreasi di semarang yang terkenal, makanan semarang yang terkenal, makanan terkenal di semarang

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top