Connect with us

Gambar Hewan Langka Di Indonesia

Informasi

Gambar Hewan Langka Di Indonesia

Gambar Hewan Langka Di Indonesia – Indonesia dikenal di mata dunia sebagai negara dengan keindahan alam yang luar biasa, tetapi ini bukan kekayaan negara itu. Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan berbagai macam hewan, termasuk banyak hewan langka yang hanya terdapat di Indonesia. Namun alih-alih menyelamatkan hewan langka ini, beberapa orang yang tidak bertanggung jawab malah memburunya untuk keuntungan pribadi.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia akhirnya memberlakukan undang-undang untuk mengatur satwa langka yang dilindungi di Indonesia. Lantas hewan langka apa saja yang dilindungi? Berikut 10 spesies langka yang dilindungi di Indonesia.

Gambar Hewan Langka Di Indonesia

Gambar Hewan Langka Di Indonesia

Orangutan merupakan hewan langka yang bentuknya mirip kera, namun memiliki ciri khas yang unik yaitu memiliki bulu yang sangat panjang dibandingkan dengan kera lainnya. Makanan terbesar dan favorit adalah buah. Di Indonesia, hewan ini tersebar di daerah dataran rendah pulau Kalimantan serta hutan tropis.

Pantau Grafis: 5 Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah Akibat Ulah Manusia

Badak bercula satu ini merupakan salah satu hewan paling langka di Indonesia, hanya 50 hewan ini yang masih hidup dan dapat ditemukan di hutan Ujung Kulon. Herbivora ini merupakan jenis herbivora yang memakan daun.

Bentuk tubuhnya mirip dengan badak bercula satu, bedanya hanya memiliki dua tanduk di bagian depan. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Sumatera.

Hewan langka ini bisa memiliki berat hingga 5 kg dan memiliki panjang tubuh sekitar 71 cm dan dapat ditemukan di wilayah Aceh dan pegunungan Sumatera Barat. Hewan ini sangat mampu memanjat pohon, dan makanan favoritnya adalah mamalia kecil dan beberapa jenis serangga.

Indonesia patut berbangga karena memiliki Singapura yang dikenal sebagai primata terkecil di dunia. Hewan langka ini memiliki berat hanya sekitar 80-140 gram dan memiliki panjang tubuh sekitar 12-15 cm, menjadikan Singapura sebagai primata terkecil di dunia.

Poster Pelestarian Hewan, Ajak Stop Perburuan Liar

Hewan ini memiliki sepasang mata besar yang melebihi ukuran otaknya, sehingga mata ini hanya dapat digunakan pada malam hari, dan sekilas terlihat seperti kuda. Habitat asli Singapura terdapat di pulau Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Sumatera Selatan dan Tenggara.

Dengan bobot tubuh hingga 1 kg dan panjang tubuh 87,5 cm, cukup besar untuk ukuran air tawarnya. Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti pisau, dan makanan favoritnya adalah ikan kecil dan krustasea. Ikan ini merupakan ikan asli daerah air tawar di wilayah Jawa dan Kalimantan.

Harimau sumatera jenis ini merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh pemerintah dan keberadaannya menjadi perhatian karena hanya tersisa 500 ekor harimau sumatera. Kelangkaan hewan tersebut diduga akibat pembalakan liar dan perburuan liar. Seperti namanya, hewan ini hanya terdapat di Sumatera.

Gambar Hewan Langka Di Indonesia

Jika diperhatikan, hewan ini terlihat seperti kambing yang besar, namun yang membedakannya dengan kambing selain dari tubuhnya yang besar adalah memiliki tanduk runcing di kepalanya yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Anoa adalah mamalia dan bahkan memiliki kuku. Sulawesi merupakan habitat asli hewan ini.

Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Indonesia Beserta Penjelasannya

Elang ini terlihat sangat tampan, namun sayangnya populasinya hanya 250 ekor. Keberadaannya merata di sekitar hutan Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi, Gunung Salak, dan Gunung Salamet di pulau Jawa. Selain di pegunungan, satwa ini juga terdapat di beberapa taman nasional di Jawa seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Muara Betiri.

Komodo adalah hewan langka yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, Kepulauan Komodo. Hewan ini juga merupakan spesies kadal terbesar di dunia, dengan panjang rata-rata 2-3 meter dan berat hingga 100 kilogram.

Di alam liar, habitat komodo menyusut dan terancam punah akibat ulah manusia. Oleh karena itu, IUCN (International Union for Conservation of Nature) mencantumkan komodo sebagai spesies langka. Hewan ini juga merupakan salah satu hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Satwa Unik di Indonesia Satwa Unik di Indonesia Satwa Unik di Indonesia dan Asal-usulnya 100 Satwa Unik di Indonesia 100 Satwa Unik di Indonesia Burung Unik di Indonesia Satwa Langka di Kalimantan Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Badak muda adalah salah satu hewan paling langka di Indonesia. Foto: Dedy Istanto

Hewan Langka Selain Komodo

Hewan langka di Indonesia terancam punah akibat berkurangnya habitat perburuan. Beberapa kementerian di Indonesia dan berbagai organisasi internasional berusaha membasmi satwa asli Indonesia ini.

Gajah Sumatera memakan berbagai tanaman dan menyebarkan benih tanaman saat mereka bergerak, menciptakan ekosistem hutan yang sehat. Gajah dapat hidup sekitar 60-75 tahun, tingginya sekitar 1,5-2,7 meter, dan beratnya sekitar 5 ton jika tidak diburu, dan dapat hidup sehat di penangkaran.

) hidup di hutan tropis lembab beriklim Sumatera dan Kalimantan. Ia berbagi habitat dengan beberapa spesies langka lainnya, seperti orangutan, harimau dan badak sumatera, serta spesies lain yang menguntungkan populasi gajah. Karena gajah sumatera hanya bisa tumbuh subur di habitat yang sehat.

Gambar Hewan Langka Di Indonesia

Badak muda adalah salah satu dari lima spesies badak yang terancam punah di dunia. Kini tersisa sekitar 60 ekor badak muda di Taman Nasional Ujung Kulon Banten, satu-satunya harapan mereka setelah keberadaannya di Asia Tenggara, India, dan Sunderban pada awal abad ke-20.

Hewan Langka Indonesia Yang Terancam Punah

Badak Jawa terancam punah akibat tsunami, hilangnya habitat, penyakit, dan ancaman pemotongan tanduk di puncak Banten. Potensi pertumbuhan dan risiko sempit

Orangutan berperan penting dalam menciptakan hutan yang sehat dengan menyebarkan benih lebih dari 500 spesies tumbuhan. orang utan sumatera (

Selain melahirkan setiap 3-5 tahun, orangutan terancam punah akibat perburuan dan penggundulan hutan. Kadang-kadang bermigrasi ke daerah pertanian, seperti perkebunan kelapa sawit, di mana lahan pertanian dirampok dan dihancurkan. Meskipun orangutan melarikan diri karena tidak dapat menemukan makanan yang mereka butuhkan di hutan, hal ini terkadang menimbulkan korban jiwa.

Atau sisa subspesies harimau yang hidup di hutan Sumatera. Diperkirakan kurang dari 400 ekor harimau sumatera yang tersisa di Indonesia.

Hewan Langka Di Indonesia Yang Dilindungi

Sumatera adalah satu-satunya tempat di mana harimau, badak, orangutan, dan gajah hidup di alam liar. Kehadiran harimau sumatera merupakan tanda hutan dan keanekaragaman hayati yang sehat.

) badak terkecil di dunia dan satu-satunya badak bercula dua di Asia. Kerabat terdekat badak adalah badak berbulu

Awalnya, hewan langka ini dapat ditemukan di Himalaya, Burma, Thailand, Cina, dan Semenanjung Malaya. Dengan habitatnya yang terbatas kurang dari 90 individu di Sumatera dan Kalimantan, badak sumatera mengalami kesulitan kawin silang. Sementara itu, badak sumatera betina berusia dua ratus tahun hanya melahirkan sekali dalam 15 tahun terakhir, dan bukan rahasia lagi bahwa dunia sedang menghadapi krisis perburuan. Banyak hewan langka di dunia yang terancam punah, dan beberapa telah dinyatakan punah karena perburuan dan hilangnya habitat. Sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, Indonesia tidak luput dari krisis ini. Spesies langka yang dilindungi undang-undang seringkali terancam oleh perburuan liar satwa liar.

Gambar Hewan Langka Di Indonesia

Bagi pecinta satwa dan penasaran dengan satwa langka yang ada di Indonesia, berikut delapan satwa yang wajib dikunjungi di Indonesia yang bisa Anda dukung konservasinya.

Hewan Langka Di Indonesia Yang Terancam Punah Dan Wajib Dilindungi

Tercatat pada tahun 2017 sebagai subspesies orangutan sumatera, populasi hewan langka di Indonesia ini diketahui kurang dari 800 individu. Hewan ini hidup di hutan pegunungan sekitar 1000 kilometer persegi di selatan Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Jika hewan eksotis ini hidup di habitat aslinya, ia akan berusia 35-45 tahun dengan seorang anak dalam sembilan bulan kehamilan. Hanya 8% dari habitat asli satwa liar yang diklasifikasikan sebagai hutan lindung, dimana sekitar 76% merupakan kawasan lindung dan 14% tidak terlindungi. Perusakan habitat asli hewan ini berasal dari pembukaan ladang minyak.

Dikenal sebagai komodo, reptil prasejarah ini juga merupakan salah satu hewan langka yang patut dilindungi di Indonesia. Spesies hewan ini dapat ditemukan di pulau-pulau eksotis Indonesia seperti Pulau Komodo, Rinca, Padar dan Flores. Hewan yang masih dianggap berkerabat dengan dinosaurus ini bisa tumbuh hingga tiga meter panjangnya. Bagi yang ingin melihat hewan langka ini di habitat aslinya, Anda bisa mengunjungi Pulau Komodo. Menginap di pulau dan nikmati pemandangan indah yang ditawarkan Pulau Komodo. Itu saja, selalu pastikan Anda mengikuti beberapa aturan keselamatan agar Anda tidak mengambil risiko yang tidak perlu.

Juga dikenal sebagai rusa, rusa Bawan adalah hewan endemik pulau Bawan di pantai utara Jawa Timur. Dilindungi sejak 1979, ancaman terbesar bagi satwa liar ini adalah gulma Amerika yang invasif. Hewan nokturnal, rusa hidup di hutan yang terletak di dua daerah terpencil di Pulau Bavan. Umumnya hewan ini merumput di rerumputan, semak atau batang pohon. Sayangnya, gulma invasif membuat menu makanan hewan ini sangat sedikit, sehingga hewan ini sering didorong untuk memasuki lahan pertanian penduduk setempat untuk makan jagung dan daun singkong. Hal ini tentu saja sering menimbulkan konflik dengan petani. Selain itu, perkebunan teh telah mengurangi habitat asli hewan asli ini.

Ini mungkin salah satu hewan paling langka di Indonesia

Hewan Langka Yang Dilindungi Di Indonesia

20 hewan langka di indonesia, hewan yang langka di indonesia, 10 hewan langka di indonesia, contoh hewan langka di indonesia, 3 hewan langka di indonesia, hewan paling langka di indonesia, artikel hewan langka di indonesia, nama hewan langka di indonesia, foto hewan langka di indonesia, hewan langka di indonesia, hewan laut langka di indonesia, hewan langka di indonesia adalah

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in Informasi

Popular Post

waterboom bali

Wisata Bali

Waterbom Bali

Wisata Bali

Pantai Sanur

pura besakih

Wisata Bali

Pura Besakih

Penulis Artikel

To Top