Connect with us

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Informasi

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Makanan Khas Daerah Yang Unik – Kalimantan memiliki beragam kuliner yang rasanya unik dan tidak akan mengecewakan. Hidangan khas Kalimantan ini juga dapat ditemukan di seluruh wilayah Kalimantan. Setiap daerah memiliki makanan khas yang lezat yang harus Anda coba. Dua puluh masakan khas Kalimantan ini wajib dicoba karena rasanya yang enak dan sulit ditemukan di daerah lain.

Hidangan khas dari Kandangan di Kalimantan Selatan ini juga memiliki cita rasa yang otentik. Jika ketupat biasanya disajikan dengan ayam atau daging, kandang ketupat ini disajikan dengan ikan. Ikan yang digunakan dalam keramba ketupat adalah jenis ikan gabus. Ikan gabus ini dipanggang dalam kuah santan yang penuh bumbu sebelum dimasak.

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Chai kue atau choi pan merupakan jajanan asal Kalimantan yang banyak dipengaruhi oleh budaya Tionghoa. Sajian gurih dengan isian lobak dan ebi ini memiliki cita rasa yang unik. Apalagi jika disantap dengan saus pedas dan asam. Anda merasa seperti Anda tidak akan pernah berhenti mengunyah. Masakan khas Kalimantan ini merupakan salah satu masakan yang paling dirindukan oleh warga Pontianak.

Bontot Makanan Tradisional Serang Yang Legendaris

Jika Yogyakarta memiliki gudeg yang terbuat dari sukun, Kalimantan juga memiliki makanan khas yang terbuat dari buah cempedak yang mirip dengan sukun. Bedanya, manday atau mandai terbuat dari kulit buah cempedak. Hidangan ini disiapkan dengan mengasinkan selama beberapa hari. Manday bisa dimakan dengan cara digoreng terlebih dahulu. Sajian khas Kalimantan ini sudah cukup dibandingkan dengan kuliner lainnya.

Bubur pedas khas Kalimantan ini berbeda dengan bubur yang sering Anda makan. Meski namanya terdengar seperti bubur pedas, namun rasa dari bubur ini sama sekali tidak pedas. Bubur ini sebenarnya hampir mirip dengan bubur Manado yang banyak mengandung sayuran. Sarapan khas Kalimantan Barat, bubur pedas ini paling enak disantap bersama ikan teri dan jeruk nipis.

Kue unik ini juga hanya bisa ditemukan di Kalimantan Barat. Pengkang terbuat dari ketan yang diisi dengan udang ebi. Mirip dengan lubadar, tapi bedanya bentuknya segitiga dan disantap dengan sambal kerang pedas. Pengkang juga banyak dijadikan oleh-oleh khas Pontianak lho.

Anda juga harus mencoba Hekeng, masakan khas Cina-Pontic. Biasanya hekeng dibuat dari campuran berbagai jenis daging, mulai dari babi hingga udang. Rasanya mirip dengan siomay, bedanya hekeng biasanya digoreng kering dan disantap dengan kuah asam manis.

Ini Makanan Khas Jawa Tengah Yang Punya Nama Unik, Salah Satunya Kupat Jembut

Sop khas Banjara ini juga memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan soto yang biasa Anda santap. Sup berwarna kuning bening ini kaya akan bumbu, terutama kayu manis. Biasanya soto tidak dimasak dengan kayu manis, sehingga rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasa Anda makan.

Sayur daun singkong yang dimasak dengan santan juga bisa ditemukan di makanan Padang atau Sumatera. Di Kalimantan, sayur singkong dengan santan ini disebut Kalumpe. Daun singkong di Kalumpa biasanya diolah dengan cara ditumbuk kemudian dimasak bersama santan dan bumbu.

Kue khas Kalimantan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Bangka Bardam. Kue manis dari Banjaru ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dibuat. Yang Anda butuhkan hanyalah tepung, telur, gula, dan kayu manis. Dengan empat bahan sederhana ini, Anda sudah bisa merasakan keabsahan Barandam Bingka. Hidangan ini juga menjadi andalan orang Banjar untuk suguhan tamu yang datang ke rumah, apalagi jika mereka tamu dari kota lain, kue ini pasti tidak boleh dilewatkan.

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Ingin mencicipi makanan khas Raja Borneo? Salah satu masakan favorit raja-raja Kalimantan adalah nasi bekepor. Nasi raja khas rasanya seperti nasi liwet, yang penuh dengan santan. Jika nasi liwet disantap dengan ayam goreng, nasi bekepor ini disantap dengan daging yang dimasak di atas tanah hangus, yang tak kalah nikmatnya.

Contoh Analisis Swot Usaha Makanan, Kue, Makanan Khas Daerah & Internasional

Tidak hanya di Indonesia bagian timur, sagu merupakan makanan pokok. Kalimantan juga memiliki sajian khas sagu yaitu mie sagu. Mie sagu biasanya disajikan dengan cara digoreng atau direbus dengan kuah.

Sayur khas Kalimantan Tengah yang satu ini wajib dicoba, sop umbi lontar ini terbuat dari umbut atau pohon kelapa muda. Aneh, bukan? Bahan penting ini sulit ditemukan di daerah lain karena pohon kelapa biasanya tidak digunakan untuk memasak. Sop umbut aren biasanya dimasak dengan santan, biasanya sop umbut aren akan menjadi menu wajib di acara pernikahan adat.

Sate payau ini sangat terkenal di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan menjadi makanan favorit masyarakat Kutai Kartanegara. Sate perkawinan ini sebenarnya adalah sate rusa yang diberi bumbu kacang dan kecap. Penggunaan daging rusa benar-benar tidak biasa dan tentu saja membangkitkan rasa penasaran.

Iwak pakasam terbuat dari ikan sungai yang difermentasi, biasanya ikan ini selalu dimasak segar. Iwak pakasam memiliki cara pengolahan khusus yang diawetkan dengan garam dan ketan. Setelah digoreng kering, ikan pakasam ini memiliki rasa yang menyegarkan.

Makanan Unik Di Indonesia Yang Wajib Dicicipi

Kue khas Banjar ini selalu hadir bahkan di acara-acara penting seperti pernikahan atau hajatan. Amaran tatak terbuat dari tepung beras dan santan, kue ini rasanya seperti kue pisang yang dibungkus dengan daun pisang. Bedanya, spread ini dibuat dalam jumlah besar.

BACA JUGA!!!  Naik Pesawat Pertama Kali Cek Tipsnya Di Sini

Hidangan ini akan mengingatkan Anda pada pempek di Palembang. Kerupuk basah dibuat dengan bahan dasar ikan dan biasanya hanya dikukus. Mungkin mirip dengan pempek yang belum digoreng dan memiliki rasa yang mirip.

Ayam Cincana tidak boleh dilewatkan. Namanya unik karena rasanya. Ayam geprek ini dihidangkan pada acara-acara penting bagi masyarakat Samarinda. Sekilas mirip dengan ayam balado, ayam ini memiliki warna merah yang khas dan rasa yang kaya akan bumbu.

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Salah satu hidangan yang juga menjadi makanan khas Kalimantan, khususnya Kalimantan Utara. Lawa merupakan salah satu masakan khas Kalimantan Utara yang wajib Anda coba. Masakan khas ini berasal dari Kerajaan Bulungan, sehingga masakannya benar-benar unik dan istimewa. Lawa terbuat dari sayuran seperti Timur, terkadang rumput laut. Sayuran atau rumput laut ini dibumbui dengan kelapa bakar dan udang raja. Jadi enak dan menyegarkan, unik kan?

Makanan Khas Medan Dan Tempat Paling Asyik Untuk Menikmatinya

Anda yang sedang berlibur atau berkunjung ke Kalimantan Barat wajib mencoba sajian yang satu ini. Lek tau suan adalah salah satu masakan yang populer di Pontianak. Hidangan soto yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur gula dan pandan ini disajikan dengan cak kita. Anda akan sangat merindukan rasa pedas dan manis ini.

Tengah kelelawar. Hampir seperti makanan khas Manado, Bangamat mengandalkan daging kelelawar yang dimasak dengan bumbu khusus.

Terbukti banyak sekali makanan khas Kalimantan dan semuanya memiliki cita rasa yang khas. Yang mana yang sudah kamu coba?

“Ayo pesan tiket kuliner khas Kalimantan. Beli tiket di Tiket.com dan dapatkan cashback. Klik di sini!” Jajanan tradisional khas Indonesia Timur yang menarik, jajanan khas Indonesia Timur yang sangat beragam dan enak, banyak yang unik dan pasti akan menarik banyak orang penasaran. Mulai dari papeda, se’i, palumara dan tintuan, selebihnya banyak jajanan dan kuliner khas Indonesia bagian timur yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga.

Makanan Khas Daerah Di Indonesia Beserta Asalnya, Wajib Dicicipi

Namun ternyata ada banyak kuliner khas Indonesia bagian timur yang enak yang jarang orang tahu keberadaannya lho, Aladiers. Padahal, jajanan tradisional khas Indonesia bagian timur ini memiliki cita rasa yang enak dan tata letak yang unik. apa itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Jika Anda mengunjungi Aladdiners di Indonesia bagian timur, maka jangan lewatkan rasa asli papeda (bubur sagu). Bahan utama ini merupakan salah satu makanan pokok penduduk Papua, sagu, dan sangat terkenal di Indonesia. Tekstur jajanan tradisional Indonesia timur ini kenyal dan lengket dengan rasa yang hambar, biasanya disantap dengan kuah ikan kuning yang pedas.

Kuah kuning merupakan masakan tradisional khas yang biasa disantap bersama papeda. Hidangan khas Papua ini biasanya menggunakan cakalang, gabus, mubara atau tuna. Ikan ini dibumbui dengan bumbu kunyit dan belimbing wuluh. Olahan ikan memiliki rasa asam yang segar.

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Colo-Colo Sambal merupakan menu pelengkap masakan khas Papua dan masakan Timur lainnya. Sambal colo-colo terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat, daun kemangi dan jeruk nipis, dipotong kecil-kecil dan dicampur jadi satu.

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Kue lontar merupakan jajanan khas Papua yang mirip dengan kue susu. Bedanya, kue lontar dibuat dengan piring keramik khusus yang hanya bisa ditemukan di Papua. Kue lontar adalah kue susu khas Papua yang memiliki tekstur super lembut dan rasa manis yang nikmat.

Martabak ini berbeda dengan martabak biasa. Jajanan tradisional khas Indonesia timur ini terbuat dari sagu yang telah ditumbuk kemudian digoreng, dan adonannya kemudian dicampur dengan gula merah atau gula aren. Rasa yang dihasilkan martabak asal Kabupaten Fak-fak, Papua Barat ini cenderung manis dan pedas.

Bagea torta adalah kue tradisional masyarakat Palopo, Ternate yang biasanya asin dan tidak terlalu manis. Kue ini terbuat dari tepung sagu dengan berbagai rasa seperti kacang tanah, kenari dan wijen.

Jajanan tradisional asal Indonesia bagian timur khususnya Papua ini adalah sejenis sagu kering yang keras dan hambar. Piring sagu biasanya dimakan dengan kopi atau teh manis.

Makanan Khas Sulawesi Terkenal Enak Banget, No 7 Wajib Dicoba

Gogos adalah masakan khas Ambon yang berbentuk seperti lemur namun diisi dengan parutan ikan. Bahan untuk membuat gogos terdiri dari ketan yang diisi dengan parutan ikan, dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang hingga matang.

Jajanan khas Indonesia Timur ini, khususnya kue manadon, berwarna cokelat dan terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, gula merah, dan santan. Keunikan kue ini adalah di atasnya ditaburi kacang kenari, yang kemudian dipanggang.

Dange adalah makanan tradisional Bugis yang disantap oleh masyarakat Palopo, Luwu dan sekitarnya. Camilan ini mirip dengan kue pukis.

Makanan Khas Daerah Yang Unik

Sate ulat sagu adalah salah satu kuliner yang luar biasa nikmat

Ragam Kue Khas Bugis, Cantik Manis Legit Menggigit

Makanan khas daerah yang mudah dibuat dan murah, makanan khas sunda yang unik, makanan unik khas indonesia, makanan khas indonesia yang unik, makanan khas daerah yang mudah dibuat, makanan unik khas bandung, makanan khas unik, makanan ringan khas daerah yang mudah dibuat, makanan khas yang unik, makanan unik khas surabaya, makanan khas yang ada di indonesia beserta daerah asalnya, makanan khas daerah yang ada di indonesia

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top