Connect with us

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Informasi

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan – ,- Sebagai orang yang masih bergumul dengan penyakit mental, saya ingin berbagi beberapa hal dalam artikel ini. Saya sebelumnya telah berbicara tentang bagaimana saya menjaga kewarasan saya di tautan ini, serta tips untuk menghadapi depresi di sini dan berurusan dengan orang yang depresi di sini. Semua sharing tersebut membuahkan respon yang beragam dari para pembaca blog ini, dari yang merasa terbantu hingga yang diingatkan untuk sangat bersyukur (hehehe…).

Di antara jawaban ini, ada satu hal yang selalu ingin saya diskusikan, yaitu pertanyaan, “Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki gejala?”

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Orang dengan penyakit mental biasanya menjalani kehidupan normal, sama seperti orang lain yang tidak menderita penyakit mental. Namun, ada kalanya gejala penyakit mental kita muncul. Saat-saat itu adalah yang paling sulit bagi kami karena kami sering tidak tahu harus berbuat apa, kami bahkan berpikir kami sulit.

Pengakuan Si Penderita Bipolar

Ketika saya didiagnosis dengan depresi berat, saya mulai bertanya-tanya bagaimana orang lain menghadapi kondisi ini. Bagi mereka dengan sistem pendukung yang baik, ini mungkin tidak menjadi masalah karena mereka akan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

Misalnya, ketika perasaan sedih yang tak tertahankan melanda, yang membuat kita menangis tiba-tiba dan tanpa alasan, yang beruntung dapat menemukan seseorang untuk memeluk mereka dan memberi mereka konfirmasi, yang membantu mereka untuk tidak terlalu buruk. Tapi bagaimana dengan kita yang tidak memiliki sistem pendukung? Siapa yang harus menghadapinya sendirian?

Dari pertanyaan-pertanyaan yang selalu berkecamuk di benak saya, saya mulai mencari jawaban dari konselor saya dan tentunya tidak lupa saya tanyakan kepada mbah tercinta: Google.

Berdasarkan semua informasi yang saya terima, saya mencoba menerapkannya pada diri saya sendiri. Apakah itu bekerja? Apa yang paling efektif? Apa yang paling cocok untukku? Manakah yang lebih cepat bereaksi? Huh, seperti data analyst yang mengumpulkan data seperti ini, hehe.

Mengenal Depresi: Apakah Merasa Sedih Setiap Hari Itu Normal?

Alhamdulillah, beberapa cara yang saya coba berhasil. Jika gejalanya cukup parah, reaksinya membutuhkan waktu. Tapi ketika kondisi kita membaik, biasanya responnya lebih cepat. Ini menurut pengalaman saya.

Namun, saya ingin menekankan bahwa apa yang saya bagikan di sini didasarkan pada pengalaman saya sebagai, ya, seorang yang selamat dan pejuang kesehatan mental atau penyakit mental, bukan sebagai profesional medis atau profesional kesehatan mental.

Pernapasan diajarkan kepada saya oleh konselor saya di awal terapi. Ketika perasaan tidak menyenangkan atau pikiran berlebihan muncul, dia mengajari saya untuk mengendalikan pernapasan saya. Caranya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan menahannya selama kurang lebih 10 detik lalu hembuskan. Ketika saya pertama kali mencoba metode ini, saya tidak mendapatkan banyak manfaat. Saya masih merasa bingung, dikendalikan oleh emosi yang berbeda dan masih terlalu banyak berpikir. Hingga suatu hari saya membaca tulisan Mas Adjie Santosoputero tentang sadar akan nafas. Dari situ saya baru paham arti “pengendalian nafas”.

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Jadi ternyata menahan napas bukan hanya tentang menghirup, menghirup, dan menghembuskan napas, pikiran kita terbang kemana-mana, kan? Kontrol nafas yang tepat pada dasarnya adalah kesadaran dari setiap inhalasi, retensi, dan pernafasan yang kita lakukan. Jadi itu tidak menahan napas kita, tetapi pikiran kita ada di mana-mana, tidak. Saya menyadari mengapa latihan pernapasan yang saya lakukan tidak terlalu berhasil karena saya hanya bernapas sambil membiarkan pikiran mengembara. Nah, begitu saya mengenali kuncinya, saya baru saja mencoba “pernapasan sadar” ini dan itu benar-benar membantu saya rileks.

Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Merasa Sedih, Low Mood, Dan Depresi

Seperti yang saya tulis di link ini, salah satu faktor terpenting dalam penyembuhan penyakit mental atau penyakit mental adalah validasi.

Validasi adalah mengakui bahwa apa yang kita rasakan adalah valid, wajar, normal, dan dapat diterima. Tujuannya agar kita bisa menerima keadaan dan berperang dengan diri kita sendiri.

Dalam kasus saya, validasi ini membutuhkan persentase peningkatan terbesar. Bahkan setelah pemulihan, validasi ini diperlukan untuk menjaga stabilitas mental.

Cara ini merupakan cara yang saya dapatkan dari Google dan langsung mencoba mempraktekkannya sendiri ketika gejala gangguan jiwa menyerang.

Jangan Katakan Hal Hal Ini Pada Orang Yang Depresi

Pelukan kupu-kupu adalah cara untuk memeluk diri sendiri ketika Anda merasakan emosi yang tidak nyaman untuk membantu Anda merasa lebih tenang. Caranya adalah dengan menyilangkan tangan di depan dada seperti sedang memeluk orang lain. Dalam pengalaman saya, pelukan kupu-kupu membutuhkan waktu untuk bekerja secara optimal selama serangan dan paling baik dikombinasikan dengan metode lain seperti pernapasan dan validasi.

Pernyataan pengosongan ini diberikan oleh terapis jika kita mengikuti terapi pernyataan pengosongan jalur akses. Metode ini menyentuh alam bawah sadar kita, menetralkan standar yang kita tetapkan untuk diri kita sendiri, sehingga kita dengan mudah jatuh ke dalam perasaan tidak berharga, menyalahkan diri sendiri dan tidak berdaya.

Jika selama ini orang selalu menyuruh kita untuk bersabar dan “jujur” ketika menghadapi masalah yang serius, tetapi tidak memberi kita cara untuk bersabar dan jujur ​​(yang saya yakin kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana melakukannya. baik), membersihkan pernyataan ini adalah cara untuk membantu kita merasakan kesabaran dan ketulusan.

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Saya pernah membaca bahwa gangguan ini dianggap tidak berguna dalam menyembuhkan orang dengan penyakit mental karena hanya mengalihkan perhatian, bukan mengobati atau memulihkan kondisinya. Tetapi ketika saya bertanya kepada dokter saya, dia menjelaskan bahwa gangguan sangat membantu ketika gejala muncul.

Layanan Online Mentoring

Biasanya, ketika seseorang mengalami episode/gejala penyakit mental atau penyakit mental, mereka kesulitan memikirkan apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dilakukan. Di sinilah gangguan masuk karena aktivitas ini dapat membantunya fokus pada sesuatu selain apa yang dia rasakan saat ini.

Saya benar-benar merasa seperti itu, Anda tahu. Ketika serangan itu datang, saya benar-benar tidak bisa berpikir. Tahap ini tentu saja sangat penting karena pada tahap ini orang depresi yang ingin melukai diri sendiri atau bahkan mengakhiri hidupnya bisa benar-benar melakukan apapun yang mereka inginkan. Inilah sebabnya mengapa pengalih perhatian diperlukan, seperti kotak pertolongan pertama untuk orang-orang dengan masalah kesehatan mental.

Secara pribadi, saya selalu menganggap pengalihan ini sebagai penyelamat pertama saya sebelum saya dapat melakukan hal-hal lain seperti menahan napas, pelukan kupu-kupu, afirmasi, atau pernyataan pembersihan.

Jenis gangguan apa yang saya rekomendasikan? lanjutkan membaca: 5 Jenis Gangguan untuk Pejuang Kesehatan Mental 12 Februari 2018 15:21 12 Februari 2018 15:21 Diperbarui: 12 Februari 2018 16:52 3118 3 2

Mengapa Kami Memilih Bunuh Diri: Ajakan Untuk Memahami Depresi

Halo kompas! sudah lama saya tidak posting disini. Hari ini entah kenapa saya merasa perlu untuk membagikan cerita saya karena saya yakin banyak di luar sana yang merasakan hal yang sama dengan saya. Saya ingin mendorong siapa saja yang telah mengalami atau sedang melalui apa yang saya alami. Saya ingin berbicara tentang depresi. Sebelum saya memberi tahu Anda terlalu banyak, saya harap teman-teman saya tidak menghakimi atau mengatakan hal lain

Depresi adalah gangguan kesehatan mental umum yang ditandai dengan suasana hati yang tertekan, kehilangan minat atau kesenangan, penurunan energi, rasa bersalah atau rendah diri, gangguan tidur atau nafsu makan, dan konsentrasi yang buruk.

Ya, saya pernah mengalami depresi dan saat ini sedang dalam pemulihan. Saya mengalami semua hal di atas, yaitu kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya saya nikmati, perasaan bersalah, kehilangan nafsu makan, dan kesulitan tidur yang ekstrem. Pertama, saya akan menceritakan sedikit tentang mengapa saya akhirnya depresi. Juli 2017 lalu, ayah saya meninggal karena penyakit jantung tepat dua hari setelah saya mengumumkan bahwa saya menerima gelar master dari universitas negeri terkemuka di Indonesia.

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Ibu saya juga meninggal karena penyakit jantung pada Januari 2013, tepat dua minggu sebelum saya memulai skripsi. Perasaan saya campur aduk ketika ayah saya meninggal. Sedih ya, maaf ya, marah di rumah sakit ya, dan tentu saja merasa sendiri dan kesepian karena sekarang dia merasa harus menanggung semuanya sendirian sampai kehilangan semangat untuk hidup.

Kenali Tanda Depresi Pada Orang Orang Tercinta

Saya yakin orang yang depresi adalah pemikir. Mereka selalu bertanya-tanya mengapa sesuatu yang buruk terjadi pada mereka, mereka selalu menggali apa yang salah dan mereka selalu merasa kesepian meskipun mereka memiliki banyak teman. Banyak orang mengasosiasikan depresi dengan agama. Namun, menurut pendapat pribadi saya … tidak juga.

Saya sendiri benar-benar percaya kepada Tuhan dan tahu bahwa semua yang saya alami adalah sesuatu yang telah Dia tetapkan. Kata orang kalau kangen sama dia doakan aja kita bisa ketemu di surga nanti. Namun, saya pikir keinginan untuk keberadaan mereka adalah sesuatu yang lain. Ketika saya mendapatkan hasil yang baik di tempat kerja, tentu saya ingin membaginya dengan orang tua saya. Ketika saya mendapatkan hasil yang baik di universitas, tentu saja saya ingin berbagi. Ketika saya dikejutkan oleh cinta, tentu saja saya ingin menunjukkannya kepada mereka.

Pada akhirnya, orang tua saya adalah orang-orang yang berbagi banyak hal dengan saya, yang selalu dapat kami andalkan dan yang selalu mencintai dan merawat saya terlepas dari kondisi saya. Ada hal-hal lain yang harus saya tangani setelah orang tua saya meninggal, yang selalu membuat saya banyak berpikir, terutama di malam hari sepulang kerja.

Saya kemudian memberi tahu teman-teman terdekat saya tentang situasi saya. Saya yakin tidak mudah bagi siapa pun yang menderita depresi untuk berani berbicara tentang situasi mereka. Setelah bercerita, tentunya perasaan tenang, perasaan mendukung dan masih banyak lagi yang diharapkan. Namun, apa yang saya dapatkan adalah kebalikannya.

Yuk, Kenali Depresi Dan Cara Mengatasinya

Lebih baik tidak mengatakan bahwa apa yang dialami orang ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang dialami orang lain di luar sana.

Bahwa ada orang lain yang lebih sengsara dan menderita. Lebih baik mendengarkan masalah orang tersebut dan mendorongnya tanpa membandingkan.

. Yang terpenting, jika Anda tahu teman Anda mengalami depresi, sering-seringlah bertanya atau setidaknya menanyakan kabarnya. Banyak orang depresi memilih untuk mengakhiri hidup mereka karena saya percaya mereka tidak memahaminya

Saya Depresi Apa Yang Harus Saya Lakukan

Apa yang harus saya lakukan ketika ambeien kambuh, apa yang harus saya lakukan untuk menjadi lebih baik, apa yang harus di lakukan agar cepat hamil, apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan uang, apa yang harus saya lakukan, apa yang harus di lakukan ketika asam lambung naik, apa yang harus dilakukan ketika depresi, apa saya depresi, apa yang harus dilakukan jika depresi, apa yang harus dilakukan orang depresi, apa yang harus saya lakukan ya allah, bisnis apa yang harus saya lakukan

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top