Connect with us

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Informasi

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Wisata Makam Bung Karno Blitar – Blitar dikenal sebagai tempat kelahiran Proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Tidak hanya itu setelah kematiannya jenazahnya juga dimakamkan di Kota Blitar, inilah yang membuat Kota Blitar istimewa.

Itulah salah satu keistimewaan Blitar. Wisatawan wajib berwisata ke Kota Blitar untuk mengunjungi Museum Bung Karno dan Makam Bung Karno yang terletak di Jl. Ir. Soekarno No. 152 Kecamatan Sananwetam, Kota Blitar. Sebagai destinasi wisata ikonik di Kota Blitar, untuk menuju tempat ini sangatlah mudah karena hanya membutuhkan waktu 5-10 menit berkendara dari Alun-Alun Blitar. Jika Anda bepergian dari Surabaya, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai Blitar.

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Saat Anda memasuki kawasan wisata Museum dan Makam Bung Karno, hal pertama yang menarik perhatian Anda dari luar adalah gong perdamaian besar yang digantung di dalam area museum. Gong perdamaian dunia ini telah menjadi simbol karakter Irlandia. Soekarno dengan kenegarawanannya yang sangat mendunia. Selama kepemimpinannya, ia membawa Indonesia sebagai negara yang cinta damai dan non-partisan di dunia. Bagi yang ingin berfoto, gong perdamaian ini menjadi tempat yang sangat menarik.

Napak Tilas, Kepala Bpip Ziarah Ke Makam Bung Karno Di Blitar

Begitu masuk, Traveler langsung dituntun ke sebuah bangunan megah dengan patung orang Irlandia. Soekarno yang sedang duduk sambil membawa buku. Bangunan ini merupakan kompleks museum sekaligus perpustakaan umum. Wisatawan dapat memasuki area museum dan melihat beberapa koleksi Ir. Soekarno.

Bangunan museum yang indah ini menyimpan beberapa koleksi mulai dari barang antik hingga foto atau lukisan. Salah satu maskot di museum ini adalah lukisan yang menggambarkan Bung Karn, dadanya berdetak mengikuti irama jantungnya. Percaya atau tidak, penumpang bisa mengamati detak jantung dari samping gambar di gambar ini.

Foto-fotonya sangat, sangat besar. Semua foto ini menunjukkan aktivitas dan perjalanan Ir. Soekarno untuk masa sebelum dan sesudah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Selain foto dan lukisan, museum ini juga menampilkan barang-barang lainnya seperti mata uang, gong keluarga Bung Karna, koleksi perangko lama Bung Karna dan barang-barang pribadi lainnya.

Nama Bung Karno sudah terlampir sebagai Bpk. Penyiar. Ia dan Bung Hatta akhirnya mendeklarasikan kemerdekaan bangsa Indonesia dan juga merupakan pemimpin Indonesia yang pertama dan paling diakui. Di dalam museum ini, wisatawan juga dapat melihat replika teks proklamasi yang telah beberapa kali diperbesar.

Wisata Makam Bung Karno Diwacanakan Buka Kembali

Selain sebagai tempat tujuan wisata, kompleks Museum & Makam Bung Karno juga menjadi tempat fasilitas umum. Wisatawan dapat menemukan gedung perpustakaan umum yang terintegrasi dengan gedung museum. Sayangnya, wisatawan tidak diperbolehkan memasuki area perpustakaan. Perpustakaan ini berisi buku-buku yang sangat lengkap dalam segala bidang, seringkali banyak siswa yang belajar di sini sepulang sekolah atau ada siswa yang mencari referensi untuk tugasnya di perpustakaan ini.

Di pelataran gedung museum, yaitu di belakang gedung museum, wisatawan dapat menemukan sebuah bangunan megah di atas pilar-pilar dengan lantai bata merah, serta dilengkapi dengan tribun yang dapat menampung banyak orang. Tempat ini biasanya digunakan untuk menjadi tuan rumah pertunjukan musik dan seni budaya lainnya.

Makam Bung Karn di kawasan wisata ini memang bisa menjadi tujuan utama yang para traveler kunjungi. Untuk memasuki area makam, pemudik harus mengisi daftar pengunjung di ruang jaga di luar gerbang untuk memasuki area makam. Di dalam makam ini, traveler tidak boleh sembarangan berfoto, terutama di bangunan utama makam Bung Karna. Sebelum memasuki makam untuk berziarah, wisatawan dapat membeli bunga untuk “nyekar”, yang banyak dijual penduduk setempat di luar gerbang sebelum memasuki makam.

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Berkunjung ke Museum & Makam Bung Karno pasti tidak lengkap tanpa oleh-oleh. Jangan khawatir, banyak tempat wisata yang menjual berbagai kerajinan tradisional. Ini adalah kalung, gelang, mainan anak-anak tua, tasbih, kuda, T-shirt dan banyak lagi.(DT)

Wisata Sejarah Di Blitar, Dari Masa Kerajaan Hingga Kemerdekaan

Highlight Lomba Paduan Suara Natal BNN Nyanyikan Narkoba Tahun 2021: Kumpulan 3 Pemenang, Ini Dia Daftarnya!

Pimpinan BNN luncurkan kompetisi paduan suara se-Provinsi Sulawesi Utara dan penghargaan BNN hadiah total Rp 100 juta

Ramadhan tahun ini lebih semarak, dimana website WisataIndonesia.id dibawah naungan Media PVK Group menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk berbagi kebaikan, sebagai momen download…

PARIWISATAINDKNESIA.ID – Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia menghapus barang bukti berupa sabu seberat 164,19 kilogram pada akhir tahun 2021. Hal itu diumumkan dalam konferensi…

Wisata Makam Bung Karno, Mengenang Presiden Pertama Indonesia Di Kota Blitar

BNN RI bertempat di gedung BNN RI Jakarta pada 29 Desember 2021 dan akan menggelar acara press release Badan Narkotika Nasional pada akhir tahun 2021.

Pada tanggal 29 Desember 2021, BNN RI menyelenggarakan “Pesta Natal Badan Narkotika Nasional” dengan tema “Kasih Kristus…

Tim Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil mencegah penyelundupan 230 gram atau 2,3 ​​ons sabu-sabu dengan menggunakan rak penyimpanan…Blitar memang terkenal dengan beberapa tempat wisata, terutama yang berkaitan dengan sejarah negara kita, Republik Indonesia. Dan salah satu primadona wisata sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan di Blitar tentunya adalah Makam Bung Karno yang tak lain adalah mantan presiden pertama kita. Sepertinya tempat yang harus dikunjungi jika Anda bepergian ke Blitar.

BACA JUGA!!!  Tempat Wisata Semarang Terbaru Yang Lagi Hits

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Siapa yang tidak kenal mantan presiden pertama kita Bapak Ir. Soekarno yang namanya dikenal di luar negeri. Kami yakin ketika mereka belajar sejarah di sekolah tentang seperti apa sebenarnya Bung Karno dan lika-liku perjalanannya sebagai salah satu tokoh bangsa Indonesia yang paling disegani dan disegani, hingga akhirnya ia menghembuskan nafas terakhir dan memutuskan untuk memilih. kota Blitar di Jawa Timur sebagai tempat tinggalnya beristirahat dalam damai selamanya.

Deretan Bunga Anggrek Bulan Mempercantik Lokasi Wisata Makam Bung Karno

Jika berwisata ke Blitar sangat kurang lengkap, namun jangan berhenti di makam mantan presiden pertama kita yang terletak di Desa Bendogerit Kecamatan Sanan Wetan.

Di Sentul, 2 km sebelah utara pusat kota, makam mantan Presiden Sukarno ditandai dengan batu hitam besar dan monumen dengan tiang dan mural yang menggambarkan prestasinya. Sukarno (atau Bung Karno) dianggap sebagai bapak bangsa Indonesia, meskipun ia diangkat kembali sebagai pahlawan nasional pada tahun 1978. Meskipun permintaan keluarga agar ia dimakamkan di rumahnya di Bogor, Sukarno dimakamkan di sebuah kuburan tak bertanda. kepada ibu di Blitar dengan luas taman 1,8 m2.

Makam ayahnya juga dipindahkan dari Jakarta. Baru pada tahun 1978 sebuah monumen mewah senilai satu juta dolar dibangun dan kuburan dibuka untuk pengunjung. Ada juga museum kecil yang didedikasikan untuk pria itu, yang memiliki ratusan foto bersejarah Sukarno dengan kepala negara termasuk John F. Kennedy dan Ho Chi Minh.

Tidak dapat disangkal bahwa monumen itu dihidupkan kembali, dan ribuan peziarah Indonesia datang ke sini setiap tahun untuk memberi penghormatan. Jumlah pengunjung terbesar adalah sekitar Hari Kemerdekaan (17 Agustus), ketika pria dan wanita berpakaian batik dan syal terbaik berkumpul dan bernyanyi untuk menghormatinya. Sayangnya, saat Anda pergi, hal-hal tiba-tiba turun ke konsumerisme saat Anda dituntun menyusuri jalan yang dipenuhi toko suvenir yang tampaknya tak berujung di kanan dan kiri.

Sekretariat Kawasan Wisata Makam Bung Karno

Lokasi persis makam atau kubah Bung Karno sendiri berada di utara perpustakaan dan gedung museum (Museum dan Perpustakaan Bung Karno juga berada di lokasi ini). Ditandai dengan gapura besar sebagai pintu masuk. Sebelum memasuki area makam, Anda harus menaiki tangga yang agak tinggi kemudian mengisi buku tamu yang terletak di sisi barat tangga. Anda kemudian bisa memasuki area Makam Bung Karne. Saat Anda memasuki pelataran makam, Anda akan melihat sebuah bangunan berbentuk kendi, lebih tepatnya kubah makam Bung Karno. Kubah ini disebut Astono Mulyo. Di atas makam ada batu marmer hitam dengan tulisan: “Bung Karno, proklamator kemerdekaan dan presiden pertama Republik Indonesia, dimakamkan di sini. Dia menyatukan bahasa rakyat Indonesia.”

Jika sudah puas berziarah ke Makam Bung Karno, masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di sini mengingat jasa dan masa lalu mantan presiden pertama kita. Seperti yang sudah disebutkan, di lokasi ini juga terdapat Museum dan Perpustakaan Bung Karno, di mana Anda bisa leluasa melihat dokumentasi foto tentang perjalanan hidup Bung Karno, serta membaca buku-buku sejarah di perpustakaan. Siapa tahu banyak pengetahuan tentang Soekarno yang belum Anda peroleh.

Karena merupakan wisata sejarah dan religi, tidak banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Pengelola Makam Bung Karno, namun beberapa fasilitas yang tersedia juga cukup mendukung bagi para wisatawan yang datang, seperti tempat parkir yang luas untuk kendaraan bermotor, mushola aula untuk beribadah. , taman untuk menikmati pemandangan sekitar dan gazebo untuk duduk dan menunggu pengunjung.

Wisata Makam Bung Karno Blitar

Lokasi kompleks makam yang berada tepat di tengah kota juga memudahkan Anda untuk mencari akomodasi, seperti hotel yang terjangkau hingga mahal, banyak kafe dan tempat makan di dekat Makam Bung Karno. sebuah sumur yang bisa Anda kunjungi setelah ziarah, untuk mengisi perut yang kosong. Anda juga bisa membeli satu atau dua oleh-oleh di toko dekat Makam Bung Karno sebelum pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman.

Gong Perdamaian Dunia Blitar

Meski berfoto di tempat ini gratis, Anda tetap harus menjaga sopan santun dan jangan berfoto di sembarang tempat. Tempat yang biasanya disukai pengunjung untuk berfoto adalah di pintu masuk makam yang terdapat tiang-tiang tinggi. Anda juga bisa berfoto selfie atau berfoto dengan latar belakang makamnya, namun jangan tunda lagi.

Terlepas dari tempat ini, Anda dapat bergerak sedikit ke arah perpustakaan Bung Karno na

Penginapan di blitar dekat makam bung karno, sejarah makam bung karno blitar, tiket makam bung karno, patung bung karno blitar, penginapan murah di blitar dekat makam bung karno, hotel dekat makam bung karno blitar, makam bung karno di blitar, hotel murah di blitar dekat makam bung karno, foto makam bung karno blitar, wisata blitar makam bung karno, blitar makam bung karno, hotel di blitar dekat makam bung karno

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top