Connect with us

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Informasi

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda – Semua makanan yang dikonsumsi seorang wanita selama kehamilan akan mempengaruhi kesehatan tubuhnya dan janin dalam kandungan. Pola makan yang sehat dan seimbang akan menunjang tumbuh kembang anak di masa depan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil adalah dengan konsumsi buah-buahan. Namun, ibu hamil tidak boleh makan semua buah karena dipercaya dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Lantas, buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil?

Asupan gizi yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, serat, air dan bahkan makronutrien. Tak heran jika buah menjadi salah satu jenis makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Namun, ada beberapa jenis buah yang umumnya dilarang dikonsumsi saat hamil karena berbagai alasan. Berikut ini adalah buah-buahan yang dianggap berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil:

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dikonsumsi

Mengkonsumsi durian saat hamil dipercaya dapat menyebabkan keguguran, pendarahan berlebihan saat melahirkan, dan cacat lahir. Yakni, buah ini mengandung belerang dan triptofan, antioksidan, serta senyawa antimikroba dan antibakteri yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Padahal, durian bisa dikonsumsi ibu hamil asalkan tidak berlebihan. Namun, durian tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang menderita diabetes dan tekanan darah tinggi. Pasalnya, buah ini bisa memperparah kedua penyakit tersebut.

Pepaya dianggap berbahaya bagi ibu hamil karena diyakini menyebabkan sakit perut sebelum melahirkan dan menyebabkan keguguran. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya salah.

Buah pepaya mentah yang kulitnya masih hijau mengandung kadar jus yang tinggi, enzim papain, dan lateks. Lateks dalam pepaya mentah dapat menyebabkan kontraksi rahim, menyebabkan persalinan berjalan lebih cepat dari yang seharusnya.

Ibu Hamil Sebaiknya Jangan Makan Buah Buahan Ini Secara Berlebihan, Menyebabkan Banyak Bahaya Bagi Janin, Salah Satunya Kontraksi Rahim Yang Memicu Keguguran

Tidak hanya itu, lateks juga dapat menyebabkan alergi, sehingga ibu hamil harus menghindarinya. Sedangkan enzim papain dalam pepaya mentah memiliki efek yang mirip dengan prostaglandin, hormon yang dapat menginduksi atau merangsang persalinan. Dengan kata lain, papain juga dapat menginduksi persalinan dini.

Berbeda dengan pepaya muda, pepaya matang yang kulitnya sudah berwarna oranye atau kuning sebenarnya baik untuk ibu hamil. Pepaya matang merupakan sumber berbagai vitamin, seperti folat dan vitamin A, yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Nanas merupakan salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Makan nanas saat hamil dipercaya dapat menyebabkan keguguran dan risiko melahirkan bayi dengan kondisi cacat. Mitos ini mungkin muncul karena kandungan enzim bromelain pada nanas.

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Namun, bromelain juga dapat ditemukan dalam obat yang digunakan untuk mengobati peradangan, sinusitis, kolitis ulserativa, dan nyeri lutut.

Buah Yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Bromelain dalam bentuk tablet tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena dapat mengganggu keseimbangan protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan. Namun kandungan bromelain dalam nanas cukup rendah, sehingga dianggap aman untuk dikonsumsi.

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, nanas justru bermanfaat bagi ibu hamil. Nanas merupakan sumber vitamin C dan zat besi yang sangat baik. Namun, Anda tidak boleh makan nanas terlalu banyak karena asamnya dapat meningkatkan keasaman di perut Anda.

“Nanas mengandung bromelain, yang sebenarnya dapat menyebabkan peningkatan risiko keguguran karena bromelain dapat menyebabkan pendarahan dan pemecahan protein berlebih. Lebih baik hindari dan makan buah lain yang kaya serat dan vitamin C, seperti jeruk, apel, dan jambu biji,” jelas Kelvin Halim, ahli gizi.

Anda mungkin sering mendengar bahwa nangka tidak cocok dikonsumsi saat hamil. Menurut beberapa mitos, nangka dapat mempersulit proses kelahiran sehingga menyebabkan cacat lahir. Sedangkan mitos lain mengatakan bahwa nangka bisa menyebabkan keguguran.

Asupan Yang Perlu Dihindari Saat Hamil Mamypoko Indonesia

Faktanya, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan mitos tersebut, sehingga ibu hamil tetap boleh mengonsumsinya. Nangka diketahui mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Seperti makanan lainnya, Anda harus mengonsumsi nangka sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Selain itu, buah ini dapat mempengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, nangka tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang menderita diabetes. Hindari juga konsumsi nangka yang difermentasi karena mengandung alkohol yang tidak sehat untuk ibu hamil.

Makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil adalah pare. Pare, yang sering disalahartikan dengan sayuran ini, dikatakan dapat menyebabkan kontraksi rahim dan harus dihindari oleh ibu hamil. Ini karena pare digunakan untuk aborsi.

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa pare bisa menyebabkan keguguran. Jadi ada baiknya jika ibu hamil ingin makan pare. Asalkan Anda memakannya dalam jumlah yang wajar dan sesuai kebutuhan.

Optimalkan Masa Kehamilan, 5 Nutrisi Ibu Hamil Muda Yang Wajib Terpenuhi

Namun, pare bisa mempengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, pare tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang juga menderita diabetes.

Saat hamil, wajar jika ibu hamil “mendambakan” makanan dan minuman asam. Salah satu makanan asam tersebut adalah asam jawa. Buahnya digunakan untuk mengobati gejala mual dan muntah pada ibu hamil. Namun, Anda perlu mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup.

Asam jawa kaya akan vitamin C, itulah sebabnya ibu hamil tidak boleh makan buah ini. Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin C dalam asam jawa menekan produksi progesteron dalam tubuh Anda.

Rendahnya kadar progesteron dalam tubuh dapat menyebabkan keguguran, persalinan dini dan bahkan kerusakan sel janin. Inilah sebabnya mengapa asam jawa adalah buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil muda, terutama selama trimester pertama.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Demi Tumbuh Kembang Janin

Pisang mentah merupakan jenis pisang yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena mengandung pati resisten yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah juga mengandung tanin yang tinggi, yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus. Oleh karena itu, makan pisang mentah dapat menyebabkan sembelit pada ibu hamil.

Kulit dan permukaan buah yang tidak dicuci tentu memiliki berbagai bakteri dan parasit yang berbahaya bagi ibu hamil. Misalnya Toksoplasma, Escherichia coli, Salmonella dan Listeria. Kontaminasi bakteri dan parasit dapat terjadi kapan saja, termasuk selama proses produksi, pemanenan, pengolahan dan penyimpanan.

Toksoplasma adalah salah satu bakteri paling berbahaya dalam buah-buahan dan sayuran. Bakteri ini dapat menyebabkan toksoplasmosis. Kebanyakan orang dengan toksoplasmosis tidak memiliki gejala, dan beberapa orang salah mengira penyakit itu sebagai flu.

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Sebagian besar bayi yang terinfeksi toksoplasma dalam kandungan dapat mengalami kebutaan dan cacat intelektual di kemudian hari. Lebih buruk lagi, satu atau dua kasus toksoplasmosis menyebabkan kerusakan pada mata dan otak bayi saat lahir.

Buah Untuk Menghentikan Pendarahan Saat Hamil Yang Perlu Diketahui

Karena itu, pastikan untuk mencuci dan mengupas kulit buah yang akan Anda makan. Anda juga harus makan buah yang matang. Anda dapat dengan aman mengonsumsi buah-buahan tertentu seperti alpukat, pisang, dan apel.

Memang banyak mitos tentang buah-buahan yang diharamkan bagi ibu hamil, meski belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Jadi konsumsilah buah ini dalam batas yang wajar. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk merencanakan diet sehat bagi ibu hamil.

Pastikan kebutuhan Anda selama kehamilan terpenuhi dengan mengonsumsi Blackmores Pregnancy I Folic Acid (Rp 182.486). Blackmores I-Folic adalah suplemen asam folat dan yodium dengan dosis harian yang tepat untuk pra-konsepsi dan kehamilan. Yodium dapat mendukung perkembangan otak, penglihatan dan pendengaran bayi. Blackmores Pregnancy I Folic dapat memenuhi dosis harian asam folat 500 mg, yang dapat mengurangi risiko cacat lahir

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian Anda, Anda juga dapat mengunduh . adalah sebuah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan pribadi. Aplikasi ini tersedia melalui Google Play Store dan App Store.

Tidak Boleh Sembarangan! Ini 6 Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Chakrabarty, S. & Chakrabarty, A. (2019). Tabu makanan selama kehamilan dan menyusui dini di antara wanita yang tinggal di pedesaan Benggala Barat. Jurnal Kedokteran Keluarga dan Perawatan Primer. 8(1): 86-90.

Diana, R.et al. 2018. Tabu terkait makanan dan saran di kalangan ibu hamil Madurai: studi kualitatif. Jurnal Makanan Etnis. 5 (4): 246-253.

Dr. Stephanie | 21 Oktober 2022 Artikel Baru Mana yang lebih baik, masker dulu atau mandi. Baca lebih banyak

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Dr. Stephanie | 18 Oktober 2022 Artikel Baru Apa itu Spruten? Pengertian, Penyebab dan Ca.. Selengkapnya

Daftar Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Previous articleAir kelapa muda untuk ibu hamil, aman dikonsumsi? Next article 7 tips menjaga kesehatan jantung dengan mudah

Dengan suplemen yang Anda pesan adalah hasil rekomendasi berdasarkan kebutuhan Anda. Menggunakan teknik pembelajaran mesin, ini akan membantu kebutuhan suplemen Anda berdasarkan pertanyaan yang Anda jawab melalui aplikasi. Juga, Anda tidak harus berurusan dengan transaksi berulang karena Anda dapat berlangganan. Dan jangan khawatir, Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Persalinan langsung yang diharapkan maksimal 4 jam setelah pemasok menerima obat, sedangkan perkiraan pengiriman reguler mengikuti rencana pengiriman yang dipilih oleh pelanggan. terkandung dalam makanan. Hal ini perlu karena makanan apa pun yang Mami makan juga akan dimakan oleh janin dalam kandungan, jadi meskipun Mami menyukai makanan ini, Anda tetap harus berhati-hati.

Perlu juga diperhatikan bahwa Mami tidak bisa makan semua makanan saat hamil, lho. Di bawah ini adalah entri-entri yang harus Mama hindari saat hamil, yuk simak bersama ulasannya!

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Di Trimester Pertama

Jika Mamy adalah pecinta keju, sebaiknya Mamy memilih beberapa jenis keju yang harus dihindari saat hamil. Contoh jenis keju yang harus dihindari termasuk keju lunak dan matang seperti brie, feta, camembert, ricotta, dan keju. Ada risiko mengandung bakteri listeria (Listeria monocytogenes) dan dapat menyebabkan listeriosis. Diyakini penyakit ini berbahaya bagi listeriosis pada bayi baru lahir hingga bayi meninggal dalam kandungan.

Tidak jauh berbeda dengan keju, susu yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung bakteri Listera yang dapat merusak janin. Juga hindari mengkonsumsi susu segar, mentah atau produk yang mengandung susu yang tidak dipasteurisasi.

Saat hamil, tidak disarankan untuk mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Hal ini karena makanan mentah berpotensi mengandung salmonella atau bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat membahayakan ibu dan janin, karena mereka akan kehilangan banyak cairan

Yang Harus Dimakan Saat Hamil Muda

Makanan yang harus dimakan saat program hamil, jumlah kalori yang harus dimakan saat diet, buah yang boleh dimakan saat hamil muda, yang ga boleh dimakan saat hamil muda, makanan yang boleh dimakan saat hamil muda, yang harus dimakan ibu hamil muda, makanan yang harus dimakan ibu hamil, makanan yang harus dimakan saat hamil muda, buah yang harus dimakan ibu hamil, makanan yang harus dimakan saat hamil, yang tidak boleh dimakan saat hamil muda, makanan yang harus dimakan ibu hamil muda

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top