Connect with us

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Informasi

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo – Oleh-oleh favorit Wonosobo yang sering diburu wisatawan saat berkunjung ke sana, beragam. Seperti yang Anda ketahui, Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang terkenal di provinsi Jawa Tengah. Daerah yang berjuluk “kota kembang” ini memiliki banyak potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain.

Selain tempat wisata yang dijamin keren, di Wonosobo juga banyak oleh-oleh khas yang sering diburu untuk oleh-oleh. Buat kamu yang sedang merencanakan liburan ke Wonosobo dalam waktu dekat, pastikan untuk membeli beberapa oleh-oleh favorit berikut ini. Berikut ini akan langsung memberikan beberapa informasi singkat mengenai rekomendasi oleh-oleh khas daerah Wonosobo yang sayang untuk dilewatkan.

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Pernahkah Anda melihat buah karika? Jika belum, Anda bisa mengunjungi kawasan Wonosobo untuk melihatnya. Dilihat dari bentuk buahnya, Carica merupakan buah yang mirip pepaya. Salah satu keunikan buah ini adalah hanya bisa ditemukan di Dieng, Wonosobo. Tak heran jika banyak wisatawan memburu buah ini untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga tercinta.

Makanan Khas Wonosobo, Kuliner Yang Wajib Dicoba Wisatawan

Jika Anda belum tahu tentang buah pepaya Dieng atau yang biasa disebut dengan buah dewa, Anda bisa membaca artikel: Informasi lengkap tentang buah Carica. Atau anda yang kebetulan sedang berada di Wonosobo dan menginginkan produk Carica Sumbing Fresh. Carica yang memiliki kualitas BPOM dan PREMIUM dapat menghubungi kami dengan cara klik GAMBAR DI BAWAH. Kami akan mengantarkan ke lokasi Anda di Wonosobo tanpa bingung mencari produk berkualitas tinggi.

Umumnya masyarakat Wonosobo mengolah buah karika ini dalam bentuk manisan yang sangat gurih dan segar. Kemudian manisan tersebut dikemas dalam cangkir dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Hanya saja, untuk olahan yang satu ini tidak bisa bertahan lama, jadi setelah Anda membelinya, usahakan untuk segera dikonsumsi agar tidak basi.

Bagi Anda yang tertarik membeli oleh-oleh buah Carica, Carica Sumbing Fresh mungkin bisa menjadi pilihan yang paling cocok. Kami adalah produsen yang memproduksi produk dari Carica yang sangat terkenal di Wonosobo. Salah satu produk olahan terbaik kami, Carica Sumbing Fresh terbuat dari bahan-bahan alami yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan karena kami mengolahnya sesuai dengan standar makanan terbaik. Kami akan selalu berusaha mengutamakan kualitas dan keamanan pangan sesuai SOP yang telah ditetapkan. Jadi, ketika Anda berkunjung ke Wonosobo, pastikan Anda tidak melewatkan Carita Sumbing Segar khas Wonosobo – rasanya seperti piknik!

Alun Alun Wonosobo Di Wonosobo

Salah satu oleh-oleh khas Dieng yang memiliki keunikan tersendiri karena terbuat dari akar tumbuhan khas Wonosobo. Purwaceng merupakan minuman yang dapat meningkatkan gairah karena memiliki sifat afrodisiak.

Menurut berbagai sumber seperti Wikipedia, purwaceng ini hanya tumbuh di Jawa. Terutama di Dataran Tinggi dan salah satunya di Dieng. Bahkan dalam beberapa catatan keraton di Jawa, tanaman ini mulai dimanfaatkan khasiatnya.

Ada beberapa varian olahan tanaman khas ini, mulai dari kopi purwaceng, teh, hingga bubuk alami. Tak heran banyak yang meminum produk ini, karena salah satu khasiatnya adalah untuk menghangatkan tubuh.

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Jika Anda datang ke Wonosobo, Anda mungkin menemukan salah satu kuliner khas Wonosobo yaitu mie ongklok. Perpaduan bumbu khas tradisional yang dicampur dengan daun bawang dan kol disajikan bersama sate. Apalagi jika dinikmati dengan hangatnya tempe khas Wonosobo yaitu tempe kemul.

Mie Ongklok, Mie Anti Mainstream Dari Wonosobo Dengan Topping Sate Sapi

Namun kini sudah bermunculan beberapa produk instan dari mie ongklok ini. Sehingga Anda bisa membawa pulang masakan khas Wonosobo untuk disantap bersama keluarga di rumah.

Karena dalam istilah jawa artinya tertutup. Berbeda dengan gorengan dari daerah lain, tempe khas Dieng ini biasanya sedikit renyah dan memiliki campuran daun bawang.

Dan sekarang kemul sementara sebagai camilan atau di kota dingin ini disebut PETOS. Camilan ini patut Anda bawa pulang, karena keluarga Anda di rumah juga pasti akan mencicipi keunikannya.

Wow, dari namanya saja, Anda mungkin sudah bertanya-tanya seperti apa makanan ini. Glebek merupakan salah satu masakan dan jajanan khas Wonosobo. Mungkin hanya terbuat dari tepung seperti makanan cilok, tapi lebih kering.

Mie Ongklok Gurih Wonosobo Jawa Tengah

Enak disajikan panas apalagi disantap dengan Dieng yang dingin dan juga pemandangan yang indah. Sayang sekali jika berwisata ke Kota Wonosobo tapi tidak mencoba jajanan yang satu ini.

Kawasan teh di Wonosobo sudah cukup luas sejak zaman penjajahan Belanda. Karena teh dulunya merupakan salah satu rempah-rempah yang diperdagangkan secara internasional. Salah satu produk yang masih eksis hingga saat ini adalah teh Perkebunan Tambi.

Teh ini dikenal oleh Dieng karena rasanya yang enak dan juga kualitasnya yang mampu bersaing di pasar internasional. Rasa khas teh tumbuh di ketinggian 4.500 kaki di atas permukaan laut.

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Bagi anda yang sudah pernah ke Wonosobo pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu oleh-oleh khas yang sangat terkenal ini. Kacang Dieng merupakan oleh-oleh yang selalu diburu oleh wisatawan yang berkunjung baik ke daerah Dieng maupun Wonosobo.

BACA JUGA!!!  Tempat Wisata Keluarga Di Malang Yang Murah

Promo Keripik Pisang Manis Bulat Renyah Enak 250gr Diskon 30% Di Seller Kazifa Snack

Bentuk kacang dieng sendiri cukup unik dan berbeda dengan kacang pada umumnya. Ukurannya jauh lebih besar dan biasanya digoreng dan ditambah taburan bumbu agar lebih gurih dan nikmat. So, buat kamu yang liburan ke Wonosobo dan sekitarnya, jangan lupa beli oleh-oleh yang satu ini ya!

Selain terkenal dengan oleh-oleh Kacang Dieng, Wonosobo juga rupanya dikenal sebagai daerah penghasil jamur. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat tumbuh jamur di Wonosobo, mulai dari skala kecil hingga besar. Bahkan salah satu kabupaten di Jawa Tengah dinobatkan sebagai kota penghasil jamur dengan jumlah terbaik dengan jumlah produksi yang cukup besar.

Awalnya, kue jamur di Wonosobo diolah oleh industri perumahan yang masih berkembang. Maka tak heran jika cita rasa daerah tersebut masih sangat berbeda dengan jamur goreng yang Anda dapatkan di kota-kota besar. Nah, buat kamu yang suka kentang goreng jamur, jangan lupa untuk membelinya saat berkunjung ke Wonosobo. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena dijamin terjangkau dan tidak menguras kantong.

Souvenir khas Wonosobo lainnya yang unik karena jarang ditemukan di tempat lain adalah terong belanda. Nah, bagi Anda yang belum pernah melihat bentuknya, pasti mengira terong belanda ini adalah tomat. Namun sebenarnya terong yang sering digunakan untuk berbagai olahan, salah satunya adalah sirup.

Oleh Oleh Khas Wonosobo Yang Wajib Dibawa Pulang

Banyak wisatawan yang berburu buah ini ketika ke Wonosobo karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Jika Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa membelinya dalam bentuk olahan. Rasanya yang khas akan membuat Anda ketagihan dan ingin terus mencoba.

Geblek dan Tempe Kemul adalah oleh-oleh khas Wonosobo selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika Anda penyuka makanan tempe, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh yang satu ini. Seperti namanya, tempe kemul merupakan makanan berbahan dasar tempe yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Makanan yang satu ini sebenarnya adalah jenis jajanan gorengan yang sangat enak disantap selagi masih hangat. Meski hanya berupa jajanan gorengan, blek dan tempe kemul dicampur dengan bumbu rempah yang membuat rasanya semakin gurih dan nikmat. Selain karena enak, alasan mengapa banyak wisatawan selalu berburu oleh-oleh ini karena harganya yang sangat terjangkau. Untuk bisa menikmati kelezatannya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 500 rupiah. Jadi murah, kan?

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Sagon merupakan salah satu makanan tradisional yang paling terkenal di daerah Wonosobo. Umumnya untuk bentuk panah ini datar dan berwarna putih. Sagon sendiri merupakan oleh-oleh khas Wonosobo yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa. Kemudian dipanggang sampai warnanya berubah menjadi coklat.

Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan

Sangat mudah untuk menemukan makanan khas ini karena dapat ditemukan hampir di sepanjang jalan Wonosobo. Untuk harganya sendiri biasanya dijual dengan harga yang berbeda-beda tergantung jumlah anak panah per bungkusnya. Nah, buat yang mau liburan ke Wonosobo, jangan lupa beli oleh-oleh ini ya!

Tahukah Anda bahwa Wonosobo merupakan salah satu daerah produksi opak terbesar di Indonesia. Rasa yang ditawarkan oleh cita rasa opak khas Wonosobo ini memang terkenal enak dan gurih. Sehingga siapapun yang mencobanya akan ketagihan.

Perlu diketahui bahwa oleh-oleh Opak yang dijual di Wonosobo terbagi menjadi dua yaitu opak singkong dan opak ketan. Bedanya, untuk olahan ketan biasanya dicampur dengan parutan kelapa. Sedangkan untuk singkong opak tidak dicampur dengan bahan pelengkap lainnya atau disajikan begitu saja.

Umumnya untuk opaca singkong dan ketan opaca dibentuk dalam kulit yang berbeda tergantung penjualnya. Opak Wonosobo ini sangat cocok disantap dengan mie atau nasi goreng.

Keripik Combro Oleh Oleh Khas Wonosobo

Dendeng gepuk merupakan oleh-oleh khas Wonosobo yang tidak kalah terkenalnya dengan olahan khas lainnya. Seperti namanya, sajian yang satu ini paling enak dinikmati dengan nasi putih panas, sambal dan teh manis.

Untuk mendapatkan dendeng gepuk sekotak ini sangat mudah karena banyak tersedia di pusat oleh-oleh di daerah Wonosobo. Lalu, berapa biayanya? Harganya bervariasi, namun umumnya hanya dibanderol Rp. 100 ribu per kotak. Memang kalau dilihat dari harganya cukup mahal, tapi sebanding dengan rasa yang ditawarkan.

Ada lagi nama unik untuk jajanan dan makanan khas Wonosobo yang wajib kamu coba yaitu cenil. Cetakannya lengket, warna-warni, dibungkus gula aren yang enak.

Pusat Oleh Oleh Khas Wonosobo

Jika jajanan ini mungkin tidak bisa Anda bawa pulang. Namun wajib anda coba ketika datang ke Kota Wonosobo.

Oleh Oleh Khas Wonosobo Yang Murah Dan Unik

Makanan khas Wonosobo lainnya yang wajib kamu nikmati tapi tidak bisa dibawa pulang adalah nasi megono. Nasi megono adalah masakan dengan campuran nasi, sayuran yang dicampur dengan sayuran lainnya.

Hampir

Oleh oleh khas jakarta pusat, makanan khas wonosobo, pusat oleh oleh wonosobo, oleh oleh khas wonosobo, oleh oleh dari wonosobo, oleh oleh khas wonosobo jawa tengah, oleh-oleh khas dieng wonosobo, pusat oleh oleh khas, pusat oleh oleh khas surabaya, pusat oleh oleh khas solo, oleh oleh khas wonosobo carica, pusat oleh oleh khas bogor

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top