Connect with us

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Informasi

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu – Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Bandung, tempat wisata alam ini selalu menjadi daya tarik wisata yang diminati para wisatawan. Rasanya belum sah berwisata ke Bandung jika belum mengunjungi gunung Tangkuban Parahu (Indonesia = Tangkuban Perahu). Gunung berapi yang berada di ketinggian 2.084 mdpl ini merepresentasikan pesona alam yang luar biasa. Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu kini dikelola oleh PT Graha Rani Putra Persada.

Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa dari Gunung Sunda Purba yang masih aktif. Letaknya di wilayah perbatasan. Bandung Barat dan Kab. Subang, tempat wisata ini juga menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk wisatawan lokal, banyak juga pengunjung dari sekolah-sekolah yang mengadakan study tour ke Gunung Tangkuban Parahu. Tak heran jika banyak bus wisata yang berdatangan ke tempat wisata ini saat liburan.

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Bentuk gunung ini adalah stratovolcano dengan pusat letusan bergerak dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan pada saat erupsi sebagian besar adalah lava dan belerang, mineral yang dikeluarkan adalah belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung api tidak aktif adalah asap belerang. Suhu rata-rata harian adalah 17 derajat Celcius pada siang hari.

Mitologi Dibalik Keindahan Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat

Sedikitnya 1.500 orang mengunjungi Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu setiap akhir pekan. Ratusan di antaranya adalah turis asing seperti Malaysia dan Eropa.

Rutinitas tahunan yang didukung Kementerian Pariwisata ini berlangsung selama dua hari atau 24-25 Mei 2016. Festival Tangkuban Parahu ke-6 ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan brand “Pesona Indonesia” dan menunjukkan potensi pariwisata Kabupaten Bandung Barat.

Kawah Ratu terlihat langsung dari atas dengan pagar kayu untuk mencegah pengunjung jatuh. Melihat kedalaman kawah, dinding kawah dan asap yang masih keluar dari kawah ini menjadi pemandangan yang mengasyikkan. Tanah di sekitar Kawah Ratu umumnya berwarna putih dengan beberapa batu belerang berwarna kuning. Di kawah ini, Anda bisa merasakan bebatuan dan suasana yang kering dan gersang.

Ada banyak toko sederhana di tempat ini dengan berbagai souvenir seperti syal, topi, tas dan topi kulit, berbagai pajangan kayu dan berbagai aksesoris lainnya. Ada juga pedagang yang menjajakan makanan dan minuman panas seperti mie rebus, bandrek dan lain-lain. Anda juga dapat mengunjungi bagian kawah ini dengan menunggang kuda. Anak-anak biasanya menyukai kegiatan ini.

Gunung Tangkuban Perahu Wisata Indah Yang Melegenda Di Jawa Barat

Kawah Upas berada di sebelah Kawah Ratu. Namun, untuk melihat kawah ini Anda harus melewati medan yang berbahaya, pengunjung harus berjalan di sepanjang jalan berpasir untuk mencapai kawah ini. Sehingga sangat jarang pengunjung datang untuk melihat kawah ini. Bentuk kawah Upas berbeda dengan kawah Ratu. Kawah Upas lebih rendah dan datar.

Kawah Domas lebih rendah dari Kawah Ratu. Jika pengunjung melalui jalur baru, pertama-tama mereka akan menemukan Gerbang Kawah Domas dan kemudian menuju Kawah Ratu. Jika di Kawah Ratu hanya bisa melihat kawah dari kejauhan, di Kawah Domas Anda akan lebih dekat dengan kawah. Bahkan, Anda bahkan bisa mencoba memasak telur dengan meletakkannya di kawah. Jika Anda ingin melihat kawah Domaš setelah pukul 16.00 WIB, Anda harus menggunakan jasa pemandu.

Sebagian masyarakat di wilayah Tatar Sunda mungkin percaya bahwa legenda Sangkuriang adalah asal mula terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu. Namun, dari penelitian Van Bemmelen (1934), dapat diketahui bahwa Tangkuban Parahu terbentuk setelah letusan Gunung Sunda Purba. Gunung berapi Sunda meletus hebat sekitar 50.000 tahun yang lalu. Saking besarnya hingga meninggalkan lubang besar dengan diameter 5-10 km. Lubang yang terbuka setelah letusan itu diberi nama kaldera Sunda. Sebuah gunung baru tercipta di dalam kaldera Sonda, tepatnya di Tangkuban Parahu.

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Bagan Cikole Lembang, Sari Ater Subang. Jarak dari Ciater Spa (Sariater Hot Springs) ke Gunung Tangkuban Parahu sekitar 14 km atau 30 menit. Sedangkan dari Grafika Cikole ke gunung ini berjarak sekitar 3 km (sekitar 1 km dari pintu masuk).

Kawah Tangkuban Parahu, Bandung

Sebuah. Jika menggunakan angkutan umum, dari Terminal Leuwi Panjang, naik bus tujuan Bandung – Indramayu, turun di pertigaan Gerbang Gunung Tangkuban Parahu.

B. Dengan Angkot: Pergi ke Terminal Cicaheum Bandung atau Jalan Merdeka ke Terminal Ledeng. Dari Terminal Ledeng, naik angkot Bandung-Subang dan berhenti di depan pintu masuk utama Tangkuban Parahu.

C. Pilihan lainnya adalah naik angkot dari Stasiun Bandung (St. Hall) ke Lembang. Dari Lembang, naik angkot ke Cikole dan terus naik angkot Bandung-Subang ke pintu masuk utama Tangkuban Parahu. Dari gerbang, naik mobil khusus (ontang-anting) ke Kawah Ratu.

E. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita langsung menuju Jalan Dr. dari tol Pasteur. Djundjunan – ke Pasirkaki – Sukajadi – Setiabudhi – Lembang – gunung Tangkuban Parahu. Bisa juga keluar Tol Padalarang – arah Cimahi – belok kiri ke Jalan Kolonel Masturi – Jalan Raya Lembang belok, belok kiri – Gunung Tangkuban Parahu Mencari tempat wisata yang menarik untuk akhir pekan? Tidak ada salahnya mengunjungi Tangkuban Perahu dan tempat wisata di Bandung lainnya!

BACA JUGA!!!  Tempat Wisata Di Daerah Kintamani Bali

Alamat Dan Harga Tiket Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Tour ini akan membawa Anda ke Gunung Tangkuban Perahu yang merupakan salah satu tujuan wisata para pelancong akhir pekan. Di sini Anda akan menikmati Kawah Ratu dengan pesonanya yang indah dan tentunya Instagrammable. Selain itu, Anda akan diajak untuk belajar tentang legenda Tangkuban Perahu di gunung ini yang statusnya masih aktif.

Setelah Tangkuban Perah, Anda akan mengunjungi pemandian air panas Sari Ater. Pemandian air panas langsung dari Gunung Tangkuban Perahu, yang mengandung berbagai mineral yang baik untuk tubuh Anda.

Bagi pecinta kopi, tour ini juga akan membawa Anda ke Kopi Luwak Cikole. Rasakan sensasi minum kopi dan saksikan kopi disiapkan. Terakhir, Anda akan mengunjungi perkebunan strawberry. Situs ini adalah penghasil stroberi yang besar dan besar. Tidak hanya bisa memilih, kamu juga bisa mencari spot foto dengan Instagram!

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Putih Premium Tour dari Bandung oleh Viva WisataBandung FLEXI IDR 440,000 IDR 385.000 tersedia sekarang

Wisata Tangkuban Perahu

Lembang Tour dari Bandung oleh Viva Wisata4, 5/5 2 ulasan Bandung FLEXI Rp 350.000 Rp 319.000 tersedia sekarang

Wisata Museum Geologi Udjo dan Angklung oleh Viva WisataBandung FLEXI Rp 450.000 Rp 379.500 tersedia sekarang

Bandung City Tour – Asia Afrika oleh Viva WisataBandung FLEXI Rp 312.500 Rp 275.000 tersedia sekarang Tur Gunung Tangkuban Perahu Biaya Masuk: Rp 20.000 – Rp 300.000 Jam Buka: 08:00 – 12:00 WIBTanggalas WI2BT, WI Parahu1:00 , Subang, Jawa Barat , Indonesia, 40391

Bandung memiliki kemungkinan tak terbatas untuk menghabiskan waktu liburan. Pusat perbelanjaan, wisata kuliner dan keindahan alam layak untuk dinikmati. Salah satu tempat ikonik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat.

Gunung Tangkuban Parahu, Antara Legenda Sangkuriang Dan Erupsi

Sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, Gunung Tangkuban Parahu memiliki beberapa kawah yang bisa dikunjungi. Taman wisata alam ini menawarkan wisatawan pengalaman menikmati keindahan kawah belerang aktif dari dekat, bahkan secara langsung. Keunikan pemandangannya membuat tempat ini tidak pernah luput dari perhatian wisatawan nasional maupun mancanegara.

Wisatawan yang ingin berwisata ke sini dikenakan biaya masuk yang berbeda tergantung kelasnya, yaitu wisatawan domestik dan wisatawan asing. Tiket ini tidak termasuk biaya pemandu jejak kawah Domaš. Biaya yang berbeda juga berlaku bagi yang ingin berfoto.

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari dengan jadwal operasional dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang untuk menikmati segarnya udara di sekitar kawah pada pagi hari. Pada siang hari, matahari cukup terik, pada sore hari kawasan kawah akan diselimuti kabut.

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu merupakan kawasan wisata alam vulkanik yang berada di ketinggian 2.084 mdpl – Foto: Google Maps/Jefry Parapat

Legenda Dibalik Gunung Tangkuban Perahu — Steemit

Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang terletak di Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki bentuk puncak datar yang berbeda jika dilihat dari kejauhan. Sekilas, bentuk ini akan sangat mirip dengan penampakan kapal yang terbalik.

Gunung yang menjadi pusat cerita legenda Sangkuriang ini menawarkan lebih dari kemegahan gunung berapi. Kawah-kawahnya yang berbahaya dan indah, kekayaan flora dan fauna endemik serta panorama alam yang menakjubkan juga menjadikannya tujuan wisata. Selain wisata kuliner khas, kunjungan ke Gunung Tangkuban Parahu akan selalu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kawah Ratu adalah kawah terbesar dan salah satu kawah yang bisa dikunjungi wisatawan di Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/nany fatma ramadhani

Gunung Tangkuban Parahu tercatat memiliki 13 kawah aktif. Namun, hanya dua dari mereka yang cukup aman untuk dikunjungi. Kedua kawah tersebut adalah Kawah Ratu dan Kawah Domas.

Tangkuban Parahu Ditutup Pedagang Kelimpungan Bertahan Hidup

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar sekaligus ikon gunung Tangkuban Parahu. Bentuknya menyerupai mangkuk besar berisi campuran lava, belerang dan belerang. Pada kedalaman sekitar 500 meter, permukaan kawah terus-menerus mengeluarkan asap belerang, yang menciptakan kesan misterius di sekitar kawah.

Di tepi kawah, jalan dilindungi oleh pagar yang kokoh. Berbagai jenis vegetasi khas pegunungan menghiasi kawasan ini. Wisatawan dapat berjalan-jalan di sekitar kawasan ini dan menikmati Kawah Ratu atau mengambil foto dari jarak yang aman.

Jika berkunjung ke sini, wisatawan disarankan untuk tidak tinggal terlalu lama untuk menghindari menghirup asap belerang yang terlalu banyak. Selain itu, daerah ini juga berada pada ketinggian dengan suhu antara 2 hingga 17 derajat Celcius. Jadi jangan lupa baju hangatmu!

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Domas memiliki kolam air panas yang mengandung belerang dan bermanfaat bagi kesehatan – Foto: Google Maps/Hyunguk Kim

Wisatawan Lokal Dan Mancanegara Mengunjungi Lokasi Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, Kec. Lembang, Bandung

Kawah Domas adalah kawah lain di pegunungan Tangkuban Parahu yang bisa dikunjungi wisatawan. Jika Anda tertarik untuk merasakan sensasi pemandian air panas dan lumpur belerang, tempat ini wajib Anda kunjungi. Untuk mencapai kawah Domaš, wisatawan membutuhkan jasa pemandu di sepanjang jalan setapak yang melewati hutan.

Jarak antara Kawah Domas dan Kawah Ratu sekitar 1,2 kilometer. Dalam perjalanan, wisatawan dapat bersantai di antara keanekaragaman flora yang ada. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat beberapa satwa liar

Objek wisata tangkuban perahu bandung, objek wisata tangkuban perahu, tempat wisata gunung tangkuban perahu, hotel dekat gunung tangkuban perahu, legenda gunung tangkuban perahu, tiket wisata tangkuban perahu, wisata tangkuban perahu, cerita gunung tangkuban perahu, wisata gunung tangkuban perahu bandung, cerita legenda gunung tangkuban perahu, wisata gunung tangkuban perahu, wisata alam gunung tangkuban perahu

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top