Connect with us

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Informasi

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo – Apakah Anda merindukan liburan Anda sekarang? Pasti banyak dari kita yang ingin menjalani berbagai protokol kesehatan dan tes untuk memastikan liburan yang aman. Kamu bisa liburan lagi ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo lho, mulai awal Juli!

Guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut, pemerintah dan pengelola pariwisata di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo mewajibkan pemudik untuk melakukan registrasi online. Entri gratis hingga 31 Juli 2020, tetapi pendaftaran online diperlukan agar mudah dilihat.

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Jangan khawatir! akan memberi tahu Anda cara mendaftar online untuk perjalanan ke Labuan Bajo. Tapi ingat ya, ikuti protokol kesehatan. Jika Anda sakit, jangan pergi dulu, tetapi lanjutkan tes dan jaga jarak antara Anda dengan turis lain.

Berwisata Ke Labuan Bajo, Belum Lengkap Jika Belum Kunjungi Pulau Komodo

Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo (TNK) ditutup sejak pandemi Corona. Labuan Bajo dibuka kembali pada 1 Juli 2020 dan TNK dibuka kembali pada 6 Juli 2020 FYi, pertengahan tahun lalu ada kabar bahwa TNK memang akan ditutup sementara karena populasi komodo yang terus menurun.

TNK tidak terbuka untuk umum karena hanya terbuka untuk wisatawan lokal dari Manggarai Barat. Namun wisatawan asal Manggarai Barat masih dikenakan batasan 25 orang per hari untuk setiap destinasi.

Destinasi liburan Labuan Bajo dan TNK dikenal sebagai destinasi liburan orang kaya. Kini hanya wisatawan domestik dengan jumlah terbatas saja yang diperbolehkan masuk.

Wisatawan asing saat ini diperbolehkan untuk bersantai di tempat wisata ini. Jadi, meski masih sepi dan pengunjungnya sedikit, ya semua tempat wisata bisa dinikmati tanpa gangguan.

Berkunjung Ke Pulau Komodo, Ini 5 Spot Yang Wajib Disinggahi

Selama periode ini, Anda dapat mengunjungi tiga tempat wisata. Ada TNK yang bisa dikunjungi sementara oleh wisatawan lokal, serta tempat wisata darat dan laut. Tempat wisata di darat dan laut berada di sekitar Labuan Bajo, bukan di TNK.

Untuk wisata darat, Anda bisa mengunjungi Batu Cermin, Cunca Wulang, Gua Rangko dan Taman Nasional Kelimitu. Bagi yang suka bersantai di goa dan air terjun atau mencari tempat untuk posting di Instagram, bisa bermain di sini.

Pulau Kanawa, Kelor dan Menjerite sekarang tersedia untuk wisata bahari. Anda bisa mengunjungi pulau-pulau kecil ini dan menikmati keindahannya. Banyak spot foto bagus lho, di sini.

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Semua calon wisatawan harus mendaftar di situs web booking online Labuan Bajo. Bahkan, Anda perlu mendaftarkan agen perjalanan atau agen perjalanan.

Tempat Wisata Terbaik Di Labuan Bajo, Paling Populer Tahun 2020!

Untuk mengunjungi TNK, semua wisatawan harus menggunakan biro perjalanan yang terdaftar di asosiasi. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan jangan mencoba mencari cara instan untuk saling menyediakan, oke!

Langsung saja ke website https://booking.labuanbajoflores.id/. Setelah masuk ke website, akan ada tiga pilihan registrasi yaitu Turis, Tour Operator/Agen dan Status Booking. Anda juga dapat melihat daftar panduan perjalanan dalam asosiasi di halaman ini.

Jika Anda memilih bagian wisata, perlu untuk menulis informasi pribadi Anda, termasuk NIK, paspor dan nomor ponsel. Selain itu, Anda juga perlu menuliskan perusahaan asuransi Anda, bukti asuransi dan menyerahkan surat keterangan kesehatan. Anda juga diminta untuk menginformasikan tentang tujuan Anda dan jenis kendaraan yang akan Anda gunakan.

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hari libur Labuan Bajo dan TNK dibuka. Namun, pemerintah ingin membantu perekonomian wilayah Manggarai Barat bergerak kembali. Namun, semuanya harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai protokol kesehatan.

Labuan Bajo Rasa Santorini, Ini Itinerary Buatmu

Apakah Anda siap untuk berlibur dengan ekstra hati-hati? Tertarik mengunjungi Labuan Bajo? Ayo bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Penulis konten gaya hidup di siang hari dan peneliti di malam hari. Jaga kesehatan mental Anda, lingkungan dan gaya hidup sehat. Saya suka memanggang terlalu banyak dan suka mencoba berbagai tempat untuk makan siang dan bar yang enak. Di jalan untuk mengurangi konsumsi daging Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo bersama dengan pulau Rinca, Padar, Motang dan banyak pulau kecil lainnya. Secara administratif, pulau ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau ini merupakan habitat asli komodo, sejenis kadal karnivora raksasa. Pulau Komodo adalah rumah bagi lebih dari 2.000 komodo yang hidup di alam liar. Anda bisa melihat komodo melacak mangsanya di banyak tempat di tempat ini. Untuk alasan keamanan, sangat penting bagi Anda untuk berjalan dengan pemandu selama Anda menginap.

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Pada tahun 1986, UNESCO menyatakan Komodo dan pulau-pulau lain di Taman Nasional Komodo sebagai Situs Warisan Dunia karena keberadaan komodo yang hanya ditemukan di kawasan ini. Habitat hewan langka ini adalah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih dan hutan hujan tropis.

Belum Ada Rencana Destinasi Liburan? Pulau Komodo Bisa Jadi Pilihan

Pulau Komodo mendapat penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature, penghargaan untuk tujuh objek wisata alam terbaik di dunia. Pemenang ditentukan berdasarkan hasil voting dan expert survey, Pulau Komodo mendapat suara terbanyak bersama enam tempat wisata lainnya, yaitu Iguazu Falls, Amazon Rainforest, Puerto Princesa Underground River, Halong Bay, Pulau Jeju dan Table Mountain.

BACA JUGA!!!  Cara Beli Tiket Pesawat Agar Murah

Komodo sendiri merupakan reptil mirip kadal karnivora raksasa yang bisa mencapai panjang 2 hingga 3 meter dan berat 100 hingga 165 kg. Hewan ini secara ilmiah disebut Varanus Komodoensis dan masyarakat setempat menyebutnya “Ora”. Komodo mengerikan untuk dilihat, dengan tubuh besar, cakar tajam, kulit bersisik, dan lidah bercabang yang selalu mencuat. Mangsa utama komodo adalah babi, kuda, rusa, musang, kerbau, dan kera.

Pada tahun 1910, Letnan Steyn Van Hens Broek pergi ke Pulau Komodo untuk membuktikan laporan tentaranya bahwa ada binatang mirip naga di pulau itu. Broek dan tentaranya yang terlatih memutuskan untuk datang ke pulau ini untuk berburu hewan tersebut. Dia dan tentaranya berhasil membunuh seekor komodo, yang mereka foto dan kirimkan ke Kebun Raya Bogor.

Tahun 1912 merupakan tahun pertama komodo dikenal masyarakat dalam jurnal yang ditulis oleh Peter A. Ouwens dan dimuat di majalah Hindia Belanda. Ouwens adalah direktur Museum Zoologi di Bogor. Kemudian pada tahun 1915, pemerintah Belanda mulai melarang perburuan layang-layang karena khawatir akan punah.

Mega Wisata Pulau Komodo Merugikan Banyak Pihak, Terutama Komodo Itu Sendiri

Selain mengamati kehidupan komodo di lingkungan alamnya, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di Pulau Komodo:

Pulau Komodo bukan hanya rumah bagi komodo, selain komodo, masih banyak hewan lain yang hidup di pulau ini, seperti kuda, rusa, berbagai jenis burung, ular, biawak dan banyak lainnya. Salah satu cara untuk menikmati pulau ini adalah trekking. Anda bisa melihat hewan-hewan ini saat hiking di Pulau Komodo.

Selama perjalanan, Anda akan diajak mendaki Gunung Ara yang berada di ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Anda juga akan melewati Lubang Air, tempat naga dapat minum dan beristirahat. Komodo dapat terlihat minum atau bersembunyi di bawah pepohonan di sekitarnya.

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Ada empat rute pendakian yang bisa dipilih, dari pendek, menengah, panjang hingga petualangan. Panjang jalur pendakian ini adalah 1-8 km, tergantung jenis yang dipilih. Jika Anda memilih yang panjang dan berjiwa petualang, Anda akan diajak berjalan-jalan melewati hutan, sungai, dan perbukitan yang indah. Sedangkan untuk yang pendek, pendakian berakhir di puncak bukit dengan pemandangan teluk yang menakjubkan. Namun, empat rute wisata akan melewati Vodná dieru, jadi Anda tidak perlu khawatir rute mana yang akan diambil.

Tempat Wisata Labuan Bajo Yang Menakjubkan, Sayang Jika Dilewatkan!

Selama perjalanan, Anda dan rombongan akan ditemani oleh tracker atau pemandu, serta pemandu komodo. Pemburu melengkapi Anda dengan tongkat dengan ujung bercabang. Tongkat tersebut konon terbuat dari satu jenis pohon yang dapat digunakan sebagai senjata untuk melemahkan komodo. Jika komodo tiba-tiba menyerang atau mengejar, ujung tongkat yang bercabang digunakan untuk menekan leher komodo, komodo akan melemah dan berhenti menyerang dalam waktu singkat.

Pulau Komodo tidak hanya menawarkan keindahan alam benua. Dunia bawah laut di pulau ini tidak kalah indahnya. Ada sekitar 386 spesies terumbu karang, 70 spesies bunga karang dan rumput laut yang menjadi rumah bagi ribuan spesies ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba-lumba dan banyak lagi.

Dunia bawah laut Pulau Komodo dan kawasan Taman Nasional Komodo dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Saat menyelam atau snorkeling di sini, Anda bisa melihat keindahan biota laut yang sangat kaya dan beragam. Dari sekian banyak situs menyelam yang tersedia, berikut adalah tiga situs menyelam terbaik di Pulau Komodo menurut banyak penyelam:

Batu Samsia adalah salah satu tempat menyelam yang populer. Anda dapat berjalan di sepanjang beberapa saluran air dan berinteraksi dengan penyu, hiu, dan berbagai ikan kecil lainnya.

Paket Wisata Labuan Bajo Dari Semarang Murah 2022 » Ranggawisata

Toko Toko digambarkan sebagai istana batu di atas air. Terletak 7 meter di bawah permukaan laut dan Anda dapat mengagumi keindahan terumbu karang berwarna-warni dan ikan berenang di antara karang.

Titik ini juga populer di kalangan penyelam. Di kedalaman 5 meter, Anda bisa menemukan katak, Barramundi, parrotfish dan beberapa jenis ikan lainnya.

Waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini adalah Maret – Desember. Hal ini karena arah angin, suhu air, arus kuat dan musim yang mempengaruhi jarak pandang penyelaman dianggap baik selama bulan-bulan tersebut.

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Ada satu pantai yang sangat unik di pulau ini, yaitu Pantai Pink. Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Merah Muda, tetapi penduduk setempat lebih suka menyebutnya Pantai Merah. Pantai Pink memiliki pasir berwarna merah muda di pantai, warnanya akan lebih terlihat ketika pasirnya basah karena ombak.

Catat! Inilah Waktu Terbaik Ke Pulau Komodo

Menurut penelitian, warna pink di pantai ini disebabkan oleh serpihan karang yang hancur bercampur pasir pantai. Hanya ada tujuh pantai dengan pasir merah muda di dunia, dan salah satunya adalah yang ada di Pulau Komodo.

Keindahan pantai ini tidak hanya pada warna pasirnya yang unik. Dunia bawah laut ada di sini

Paket wisata labuan bajo pulau komodo, labuan bajo dan pulau komodo, labuan bajo ke pulau komodo, komodo lodge labuan bajo, gambar pulau komodo labuan bajo, paket pulau komodo labuan bajo, pulau komodo di labuan bajo, pulau komodo labuan bajo, komodo tours from labuan bajo, sylvia resort komodo labuan bajo, wisata labuan bajo pulau komodo, wisata pulau komodo dari labuan bajo

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top