Connect with us

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Informasi

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali – Bali adalah tujuan wisata Indonesia yang sangat populer di dalam dan luar negeri. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang datang dari negara lain. Selain keindahan pasir putih dan panoramanya

, Bali juga menyimpan keindahan terumbu karang di bawah laut. Salah satu terumbu karang terindah di Bali adalah Pulau Menjangan. Pulau Menjangan masih sangat alami dengan bintik-bintik

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 60 km dari Lovina. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam dari Denpasar.

Snorkeling Rasa Diving Di Pulau Menjangan Bali Barat

Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dalam perjalanan sekitar 4 jam, Sobat Traveler akan disuguhkan dengan pemandangan hijaunya persawahan Bali dan laut biru. Disarankan untuk menyewa mobil dengan sopir untuk menikmati waktu yang menyenangkan. Namun bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum, Anda bisa memulai perjalanan dari Gilimanuk. Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menyeberang dengan perahu selama 30-45 menit dari Pelabuhan Lalang. Dalam perjalanan, Teman Traveler akan disuguhi pemandangan gunung berapi Jawa Timur hingga Prapat Agung beserta laut biru jernih.

Di Pelabuhan Lalang disediakan fasilitas lengkap seperti restoran, akomodasi, bar, dan lainnya. Di Pelabuhan Lalangan tersedia berbagai paket

, asuransi dan penyewaan peralatan snorkeling. Memiliki paket wisata ini sangat menguntungkan karena nantinya Sahabat Traveler tidak perlu repot menawar. Pulau Menjangan juga bisa diakses dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Akses menuju Pulau Menjangan tidak hanya dari Bali, namun dapat diakses melalui Pantai Bangsring atau Pantai Grand Watudodol dengan menggunakan perahu motor. Jalan menuju Pulau Menjangan banyak dilayani oleh operator paket wisata yang dikelola oleh nelayan milik Bangsring Boats. Perjalanan dari Grand Watudodol ke Pulau Menjangan memakan waktu sekitar 1 jam.

Lovina And Menjangan Snorkeling Bali Tour

Saat berangkat dari Bali menuju Pulau Menjangan, biasanya dipatok rincian harga sewa kapal antara Rp 400.000-600.000 per hari. Untuk peralatan snorkeling per orang adalah Rp 40.000-50.000. Harga tiket masuknya adalah Rp 2.500 per orang, sedangkan untuk asuransi, setiap orang dikenakan biaya Rp 4.000. Jika ingin menggunakan jasa driver, Teman Traveler harus membayar biaya sebesar Rp 100.000 per rombongan. Bisa lebih murah menyewa perahu jika Anda menyewa perahu dengan turis lain. Jika berangkat dari Banyuwangi, harga paket trip adalah Rp 250.000 per orang dengan minimal keberangkatan 2 orang dan mendapatkan paket lengkap masker snorkeling, jaket pelampung, tiket lokal, serta dua kali makan dan air mineral.

Pulau ini merupakan definisi sempurna dari keindahan panorama bawah laut dengan pasir putih dan keanekaragaman hayati laut yang melimpah. Pulau Menjangan berasal dari bahasa Jawa yang berarti kijang atau menjangan. Setiap musim semi kawanan besar rusa liar berenang ke pulau dengan jarak 1,2 mil. Di pulau ini banyak terdapat rusa liar yang jumlahnya semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Sehingga pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Ini merupakan upaya pemerintah untuk membentuk sebuah konservasi untuk melestarikan rusa dan keanekaragaman hayati di pulau itu.

Saat Teman Traveler berkunjung ke Pulau Menjangan, wajib untuk snorkeling atau diving. Pulau Menjangan terkenal dengan wall-diving-nya. Wall diving adalah kegiatan penyelaman dalam dengan melintasi bawah air dengan kedalaman 20 sampai 60 meter atau lebih. Meski terkenal dengan wall diving, Pulau Menjangan memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman 10 meter. Anda akan menemukan banyak ikan kipas gorgonian di sini. Kondisi perairan di sini tergolong tenang sehingga jarak pandang Teman Traveler bisa mencapai 50 meter dalam beberapa kondisi cuaca.

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai bentuk dan bentuk. Formasi batuan dengan kedalaman 60 meter ini membentuk gua-gua kecil dan besar yang menjadi habitat terumbu karang seperti karang lunak, kelompok besar dan belut moray. Di gua-gua kecil ini terdapat ikan kakap kecil dan

Menjangan Island Snorkeling Experience

, penyu, dan bahkan hiu. Disini pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa pura, diantaranya Kuil Segara Gili Dharma Kencana. Kuil ini adalah ikon pulau dan patut dikunjungi. Yang paling terkenal adalah Patung Ganesha yang merupakan patung yang terbuat dari batu putih berukir Pulau Menjangan Harga Tiket Masuk: Mulai Rp 750.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: -Alamat: Sumber Klampok, Gerokgak, Buleleng, Bali, Indonesia, –

Di daerah Buleleng. Pulau ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Meski pemandangannya gersang, keindahan bawah lautnya banyak dicari wisatawan. Spot diving Pulau Menjangan bahkan diakui dunia sebagai salah satu spot terbaik.

Untuk aktivitas snorkeling atau diving, harga paket standar mulai dari Rp 750.000. Jumlah rombongan minimal 2 orang dan maksimal 10 orang untuk perahu motor.

Area snorkeling dan diving di sekitar pulau dibuka untuk umum setiap hari. Keberangkatan dari pulau biasanya dimulai pagi hingga sore hari.

Pulau Menjangan Buleleng Snorkeling Asik Di Utara Bali

Destinasi wisata bahari Bali utara kini mendunia karena atraksi bawah lautnya yang unik – Foto: Google Maps/Stepen Sahrun

BACA JUGA!!!  Menu Makanan Sunda Yang Enak

Untuk liburan? Kawasan timur Indonesia selalu menjadi destinasi wisata bawah lautnya yang unik. Tapi, jangan ke Raja Ampat atau Bandaneira lagi. Di Pulau Bali saja, terdapat tempat-tempat yang keindahannya diakui dunia.

Pulau Menjangan adalah tempatnya. Pulau ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Destinasi wisata bahari ini populer dengan pemandangan bawah lautnya yang unik. Tertarik untuk mengunjunginya saat liburan mendatang? Mari kita lihat keindahannya.

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Ada dua titik keberangkatan dari Bali ke Pulau Menjangan. Yang pertama adalah Pelabuhan Labuan Lalang di Kampung Sumber Klampok. Pelabuhan ini terletak sekitar 15 km dari Gilimanuk.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Menjangan

Moda transportasi yang diutamakan adalah perahu bermotor yang mampu menampung hingga 10 orang. Waktu tempuh untuk menyebrang kurang lebih 20 sampai 30 menit tergantung cuaca. Biaya sewa perahu ini biasanya sudah termasuk paket untuk kegiatan

Selain Labuan Lalang, ada juga Pelabuhan Banyumandi yang berada di sebuah teluk. Letaknya di Banjar Dinas Batu Ampar, Kampung Pejarakan. Masih menggunakan perahu motor dengan kapasitas yang sama, namun waktu tempuhnya lebih lama. Di antara dua pilihan tersebut, pilihan yang paling populer adalah Labuan Lalang.

Selain pulau Bali, Anda juga bisa menuju pulau tersebut dari Banyuwangi. Traveler bisa menemukan banyak alternatif titik keberangkatan. Waktu tempuh maksimal adalah 45 menit sampai 1 jam dengan kapal motor. Pilihan yang tersedia adalah Pantai Watudodol, Grand Watu Dodol, Pantai Kampe dan Pantai Bangsring.

Keberangkatan dari suatu tempat di Banyuwangi biasanya sudah termasuk dalam paket wisata. Dengan biaya mulai dari 1 juta rupiah, wisatawan tidak hanya naik perahu pulang pergi. Biaya tersebut sudah termasuk peralatan snorkeling, pelampung, makanan dan minuman serta guide.

Menjangan Island Private Snorkeling Tour Start Bali

Kegiatan rekreasi utama di kawasan wisata ini tidak lain adalah menikmati keindahan bawah laut. Wisatawan bisa memilih snorkeling atau diving bagi yang sudah memiliki sertifikat. Ada juga opsi

Pulau Menjangan memiliki banyak spot diving dengan atraksi yang berbeda-beda. Ada tempat yang cocok untuk pemula, ada juga tempat yang bisa dicoba oleh penyelam berpengalaman. Wisatawan hanya perlu menyesuaikan dengan kemampuan dan instruksi masing-masing pengemudi.

Harta bawah laut pulau ini masih sangat indah dan terjaga. Banyak jenis terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya hidup disini. Bentang alam geografisnya juga beragam dan menarik untuk dijelajahi. Palung, gua, lumpur dan fitur indah lainnya di sekitar area pulau.

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Lautnya jernih dan biru. Beberapa spot snorkeling bahkan menawarkan terumbu karang yang bisa dilihat dari permukaan laut. Wisatawan harus memperhatikan petunjuk dari pemandu, terutama bagi pemula. Untuk menjaga keindahannya, wisatawan tidak boleh merusak terumbu karang.

Snorkeling And Diving At Menjangan Island

Pulau Menjangan merupakan rumah bagi rusa liar atau kijang yang menjadi asal muasal nama pulau tersebut – Foto: Google Maps/Reyner Gunawan

Seperti namanya, pulau ini adalah pulau satu atau lainnya. Pulau itu menjadi rumah bagi rusa liar. Wisatawan bisa leluasa berinteraksi dengan rusa. Namun, Anda harus memperhatikan untuk tidak memberi makan sembarangan, oke?

Berkumpul bersama adalah bentuk hiburan lain selain snorkeling dan menyelam. Selain rusa, pulau ini juga menjadi rumah bagi jalak Bali. Hewan endemik ini bisa diikutsertakan dalam kegiatan birdwatching bagi yang menyukainya.

Banyak candi berdiri di pulau itu sebagai tempat ibadah dan upacara umat Hindu – Foto: Google Maps/mohamad fadeli

Keindahan Bawah Laut Pulau Menjangan

Pulau Menjangan sendiri merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Keadaan geografisnya tandus dan kering. Pulau ini memiliki pantai, tetapi sebagian besar tanahnya kering. Pohon-pohon yang tumbuh di sini juga jarang tumbuh.

Pantai hanya sebagian kecil dari wilayah tersebut. Pantainya berpasir putih dan landai. Sedangkan lautnya tenang dan ombaknya kecil. Sangat nyaman untuk bersantai setelah berenang kesana kemari.

Hal menarik lainnya di pulau ini adalah bangunan candinya. Kuil Ganesha berdiri di sini untuk menghormati dewa yang menjaga laut. Candi ini bisa menjadi objek wisata lain dari sudut pandang budaya.

Snorkeling Di Pulau Menjangan Bali

Sebagai pulau tak berpenghuni, tidak ada warung atau kios di Menjangan. Untuk itu, wisatawan harus menyiapkan peralatan sendiri. Baju ganti, makanan, minuman dan obat-obatan adalah hal yang wajib dibawa. Gunakan tas tahan air untuk melindungi segala sesuatu dari cipratan air laut.

Menjangan Island (pemuteran)

Akomodasi penginapan hanya tersedia di sekitar pelabuhan Bali dan Banyuwangi. Ada beragam pilihan akomodasi, mulai dari homestay sederhana hingga resor eksklusif. Hampir semuanya menyediakan paket dan panduan untuk perjalanan terbuka.

Fasilitas yang ada di Pulau Menjangan adalah toilet, kamar mandi dan ruang ganti serta gazebo. Selain itu, tidak ada fasilitas pendukung lainnya di pulau tersebut. Fasilitas akomodasi baru di sekitar pelabuhan keberangkatan.

Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Terletak di Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. pulau

Harga snorkeling di menjangan, snorkeling pulau menjangan bali, biaya snorkeling di pulau menjangan, harga snorkeling di pulau menjangan, pulau menjangan di bali, paket snorkeling pulau menjangan, pulau menjangan snorkeling, snorkeling menjangan bali, hotel di pulau menjangan bali, snorkeling di menjangan, snorkeling di pulau seribu, snorkeling di pulau menjangan

Continue Reading
You may also like...

Seorang Traveler dan Reviewer Wisata Yang Tinggal Di Pulau Dewata Bali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi

To Top